Tali temali – 01

Simpul dan Tali-temali
Simpul adalah ikatan pada tali atau tambang yang dibuat dengan sengaja untuk keperluan tertentu. Ikatan itu sendiri, khususnya yang digunakan pada saat Panjat Tebing, terbagi kedalam empat macam. Klik pada rantai tulisan bergaris bawah untuk keterangan dan gambar lebih jelas tentang beragam simpul dan cara membuatnya.

PERINGATAN! Semua tutorial pembuatan simpul dan mekanisme teknis panjat memanjat enggak bisa dipelajari dari sekedar membaca artikel. Carilah nasehat profesional langsung dari para ahli karena kesalahan dalam pembuatan dan penggunaan bisa berakibat FATAL.

Simpul Pengunci/ Kancing (Stopper Knots):

simpul yang dibuat untuk menghindari lepasnya ujung atau ekor tali dari ikatan yang berbentuk lingkaran pada tali tersebut. Dengan adanya simpul pengunci ini ujung tali akan terjerat/ terkunci sekiranya ekor tali tersebut akan terlepas/ keluar dari satu lubang tertentu.

Simpul Penyambung (Bends):

sheet_bend_x2.gif

simpul yang digunakan untuk menyambung dua tali/ tambang untuk menghasilkan tali gabungan yang lebih panjang. Simpul ini bisa digunakan juga pada dua tali yang ukuran diameternya berbeda.

Simpul Melingkar (Loops):

seperti yang disebutkan oleh namanya, simpul yang satu ini membentuk satu lingkaran atau lebih, biasa juga disebut mata, dan umumnya dibuat pada bagian ekor tali/tambang. Simpul ini kuat dan sangat tidak mudah terlepas.

Simpul Pengikat (Hitches):

simpul yang diikat pada benda atau objek lain, contohnya karabiner atau alat proteksi tradisional. Benda/ objek lain ini bisa juga tali/ tambang lain yang bukan digunakan untuk mengikat simpul ini (simpul tali yang diikatkan ke tali lain).

About these ads
Explore posts in the same categories: Climbing, Dan Lain - Lain

57 Komentar pada “Tali temali – 01”

  1. desy Says:

    ga ad yang laen

    ada, banyak…
    mau..?

  2. O-S Says:

    mau dong….buat belajar panjat pohon. pasti berguna buat temen2ku yang bertugas nyari benih di hutan. maksudnya untuk meningkatkan faktor keselamatan buat mereka.

  3. che Says:

    boleh dong simpul yang lain, gue lagi nyari simpul yang bisa bikin jala gawang, or buat panjat-panjatan, u tahu ga..?

    simpul2 ini sebagian besar diaplikasikan dalam pemanjatan / climbing.
    coba deh perhatikan simpul unt jala gawang, itu pakai simpul bowline, tinggal di ikatkan pada jajaran tali yg sesuai dengan gawangnya

  4. inor Says:

    leh minta yang alen g seh…??
    soale aku butuh banget nich!?

  5. krisna busana karya Says:

    saya juga lagi nyari simpul-simpul dalam membuat jala-jala ikan
    semoga ada yang mau berbaik hati ngirimin saya artikelnya

    trims berat (sampe gak kuat ngangkatnya

  6. galang d Says:

    bagaimana cara menyimpul

    kan ada contohnya..
    liat aja tuh


  7. Hai Pramuka, apa kabar pasti semuanya sehat-sehat saja kerna pramuka tidak mudah sakit kayak PMR. Hmm!!! Ngomong2 kalian semua tau kan tentang simpul2 di pramuka. Kalau belum tau buka saja website http://www.apparent-wind.com. Kalau sudah kalian harus mengingat-nya dan tidak boleh di lupakan, kalu perlu kalian harus rajin membuka website2 pramuka. SALAM PRUMUKA DARI SMP NEGERI 2 RANTEPAO TANA TORAJA SSN.

    • ronny Says:

      raimuka emang g mudah sakit seperti PMR tapi sering hilang di gunung,sebnyak-banyaknya simpul di RAIMUKA(SAKAWANAKAMPRET) tetep aja dari dulu pramuka TIDAK SETANGGUH PECINTA ALAM.,

      • widhi Says:

        Bgaimana dg saka Wira Kartika?pramuka didikan TNI AD ini
        coba deh liat, ada krida montainering,pioneer,navrat,penanggulangan bencana,survival
        setiap sesutatu itu ada kelebihannya masing”.sory gan gwe anggota PA juga pramuka
        bukan caranya saling meninggikan,baca lg kode etiknya dong

    • Abdullah Says:

      kk Khok Gax Bisa D Bka Kya P Nh?

  8. ir_one Says:

    hai semua
    gimana nih perkembangan pramuka?

  9. Edi (KESI PA) Says:

    Salam rimba,
    maaf yach kalau bisa simpul talinya yang lebih komplit………………………………………..
    cause,bisa berguna bagi orang yang masih pemula…………………………….
    THANK YOU…………..

  10. Dian Says:

    AsS,SalaM PramuKa. . . . . .

    Q cM Mw Blg yg koMpLiT DUnK,KhaN ByR GaMpAng DiHpL,Cz Lw da EvenT” G’rEpT GiE. . . ?

    Bs khaN CuY, , , ,

    thaNk’s,wassaLaM

  11. hengky hebat Says:

    Salam rimba……

  12. Authra Says:

    mass bikin gelang dr tali prusik ttu gimana sse??
    sulit bener yak nyimpulnya ??

  13. dih_yeaz Says:

    Wh bgZ nieh materi wt nambah – nambah materi diklat

  14. saut Says:

    bagi lagi dong yang lain masih banyak yang saya perlukan ok

  15. saut Says:

    bagi lagi dong simpul yang lainnya masih ada yang kuperlukan buat murid 2 saya

  16. saut Says:

    ga ada yang lain

  17. ery Says:

    salam rimba.
    unntuk membuat jala sebenarnya sama dengan membuat hamouk (ayunan) tali nya tidak terputus,menggunakan simpul anyam.

  18. Anonymous Says:

    salam lestari dari bumi lapung barat…….!!!
    mksh berkat da nya simpul” w bsa lbih bnyak tau tntang simpul”!!!!
    cz w hobi pnjat tu sngat brguna bnget!!!!!
    leh w upload nie smpul” na bat berbagi?????
    leh kan???

    boleh…silahkan..
    sebutin sumbernya yah

    • prikitiu Says:

      yach.. mohon di share sekalian cara buatnya, bukan cuman gambar tok. biar mudah untuk para pemula.. thanks for share ( genta PA)

  19. Tyas Says:

    Asslkum
    makasi y dh nyediain cara nyimpul yg bner,tp aq susah mraktikan a cz aq ru pemula,
    ksi tips dumz biar cpt bza
    makasi wasslkum

  20. Marto Says:

    aku anggota muda brimapala sungkai………

    bisa tampilkan gak tali temali yang lebih mendalam and simpul2 terbaru…..

    soal nya spesialisasi ku tentang taki temali….

    trim’s

  21. pendakibonek Says:

    wah-wah…ini yang saya cari…. kupas abis donk sampe akar-akarnya…thx

  22. rakaziwi Says:

    wah, kak……

    pengen banyak lagi dong simpul”nya….
    tapi dengan gambarnya, biar lebih mudah belajarnya….

    ( I_<)b…. goooood

  23. ulil amri Says:

    TLONG DIBNYAK LG SIMPULNYA

  24. REZA Says:

    SAYA INGIN BISA CARA TALI TEMALI

  25. heri Says:

    nama nama simpul nya yang jelas dong (simpul nelayan)

  26. bara Says:

    joz gandoss…!!

    mungkn klo bgusnya lgy klo lbih banyak lgy metode talimenalinya….biarbanyak pilihan dan wawasan..

    matur thgkyu

  27. CYNTA Says:

    BAGUS..ADA KETERANGANNYA

  28. Ridho sitorus Says:

    bantu saya dlm tali temali

  29. feli Says:

    gmn sih cara’na..

  30. Violeniea Ayin Says:

    Keren…

    Bagus……

    Nama gelang nya apa????!!!???He…he…he…

  31. flarty Says:

    simpul2 ini bermanfaat buat orang2 yang banyak mengikuti kegiatan pramuka

  32. leha Says:

    sebenanya semua simpul sering kita pakai dalam kegiatan sehari-hari, hanya kita tidak tahu apa itu namanya. orang yang mngerti ilmu itu dan suka menggiatinnya,,, karena sangat berguna dalam bidangnya.
    jangan pernah sepele dgn hal yang kecil, karena bagi climmber simpul ini adalah nyawa,

  33. adi Says:

    simpul sipul parmuka

  34. Chairil Moca Says:

    bagi donk cara ngikatin simpul_a.

  35. Anshori Says:

    aq dari anak Brigpala stembo mau tanx simpul apa sih mas eang paling simpel buat panjat n pastix aman….

  36. Anonymous Says:

    saya pengendd tw cara tali-temali dengan cepat……
    by.. wahid perkucid

  37. BIPALA Says:

    salam lestari…..
    keren mas bro..
    lbih dlengkapin lgi mas bro..

  38. Anonymous Says:

    mau minta gambar-gambar simpul donk buat belajar….

  39. Tegar Says:

    Apakah tali loops kuat?

  40. Ebony Says:

    Precisely how long did it acquire you to post “Tali temali – 01 | Adventure”?
    It contains an awful lot of fantastic material. Appreciate it ,
    Wilbert

  41. Devin Says:

    “Tali temali – 01 | Adventure” was in fact quite enjoyable and helpful!

    In modern society that’s difficult to carry out. Many thanks, Hershel

  42. Allie Says:

    This specific post, “Tali temali – 01 | Adventure” ended up
    being great. I’m generating out a replicate to show my colleagues.
    Thanks for your time,Peter

  43. jevrymahendra Says:

    kalau cara mmbuat jala ikan gmana,


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 41 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: