Climbing – 5 Komponen Dasar Panjat Tebing

5 Komponen Dasar Panjat Tebing

Seperti halnya jenis olah raga lain, Panjat Tebing memerlukan tingkat fisik dan mental yang baik. Satu hal yang mungkin perlu diingat yaitu bahwa dari satu sisi panjat tebing terlihat sebagai satu olah raga yang bersifat mental, karena untuk menyelesaikan satu rute/problem kamu harus membuat strategi penyelesaian masalah (problem solving) dengan kombinasi tehnik yang baik. Disisi lain karena posisi pemanjat yang menggantung dan arah gerak/posisi tubuh yang berlawanan dengan daya gravitasi mereka perlu otot yang enggak lembek, yang ini lebih bersifat fisik.

Saya mengkategorikan komponen dasar ini kedalam dua aspek:
1. Komponen Fisik
2. Komponen Non Fisik

Yang termasuk kedalam komponen fisik yaitu:

Kekuatan
Jangan menganggap bahwa kekuatan yang dimaksud disini yaitu sekedar kekuatan tangan. Pemanjat enggak manjat cuma dengan tanggannya mereka pake kaki, pake badan dan yang penting lagi mereka juga pake otak bo. Kekuatan ini cakupannya menyeluruh termasuk kekuatan tangan dan kaki (limp strength) dan kekuatan tubuh (core strength) yaitu perut, dada, punggung dan pinggang. Kekuatan ini sangatlah diperlukan ketika kamu mulai beranjak ke tingkat mahir yang biasa dimulai dengan pemanjatan dengan kesulitan rute 5.11 keatas.

Daya Tahan
Daya tahan artinya kemampuan kamu untuk memanjat rute yang panjang tanpa terlalu banyak berhenti/ istirahat. Tentunya ini sangat mendominasi para pemanjat multi pitch. Training untuk ini jarang sekali dilakukan pada rute dengan kesulitan tingkat tinggi karena jika demikian maka akan cenderung ke training kekuatan dan bukannya daya tahan. Cukup dimulai dengan rute mudah dan terus dilanjutkan ke rute-rute yang tidak terlalu sulit untuk sekitar 15 menit sampe 45 menit (pemula) tanpa diselingi istirahat.

Kelenturan
Meskipun wanita pada umumnya tidak sekuat pria, biasanya mereka lebih menonjol dalam bidang ini. Kelenturan bisa sangat menentukan apakah seseorang pemanjat dapat menyelesaikan satu rute tertentu atau tidak, karena itu janganlah disepelekan. Selalu lakukan pemanasan kemudian melenturkan tubuh (stretching) sebelum kamu memanjat. Kombinasi kelenturan dan kekuatan akan menjadikan alur gerak (fluidity) si pemanjat tampak indah, mudah (padahal sebetulnya sulit) dan mengesankan.

Sedangkan komponen non fisik yaitu:

Mental dan Sikap
Yang dua ini harus selalu positif. Keadaan mental kamu akan menjelma menjadi sikap yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya suatu pemanjatan. Alasan-alasan seperti aku kayaknya enggak bisa, aku udah cape, rutenya bukan tipeku, rutenya untuk pemanjat yang badannya tinggi/ pendek dll merupakan contoh ketidak siapan mental. Hadapi semua rute/ problem dengan ucapan ” Saya akan coba sebaik mungkin!” Kalo kamu jatoh/ gagal coba lagi dan coba lagi, disinilah proses belajar memanjat tebing menuju kesempurnaan sampai kamu akhirnya berhasil menyelesaikan rute tsb tanpa jatuh.

Tehnik
Tehnik ini jangkauannya umum, bisa termasuk gabungan dari komponen fisik diatas. Namun kalo kita bicara tehnik biasanya enggak secara langsung berhubungan dengan otot karena itu saya kategorikan komponen ini ke non fisik. Tehnik ini didapat dari proses belajar yang enggak sebentar, makanya untuk belajar tehnik dengan cepat dan baik belajarlah langsung dari pemanjat pro yang sudah berpengalaman. Mereka biasanya bisa langsung menunjukan kelemahan dan kekurangan pemanjatan kamu. Kadang untuk belajar tehnik ini kamu harus melakukan gerakan-gerakan yang sama secara terus menerus sampai tubuh kamu hafal betul untuk mengeksekusi gerak tsb (biasa disebut engram: daya ingat tubuh dalam melakukan gerakan/posisi tertentu). Tehnik cakupannya luas termasuk keseimbangan dan perpindahan berat badan, posisi, pernafasan, gerak dinamik dan statik dll.

Selamat berlatih!

SUMBER

About these ads
Explore posts in the same categories: Climbing

88 Komentar pada “Climbing – 5 Komponen Dasar Panjat Tebing”

  1. Imran Says:

    Untuk tehnik, ada contoh gambarnya ga?? soalnya gw seorang pemula yang sedang mencari informasi hanya lewat dunia maya..

  2. catros Says:

    udah dibaca semua artuikel ttg climbing disini ?
    kalo masih kurang sebentar saya tambah

    • ERNA Says:

      coba di tambahkan lagi jenis-jenis alat yang di gunakan dalam memanjat dan fungsinya untuk apa sehingga para pemula tau dan tertarik dengan olah raga ini

    • Anonymous Says:

      kurang ditambah lg biar tau teknik teknik smuanya

  3. Imran Says:

    udah.. tapi lebih banyak membahas hanya dalam bentuk teori saja tanpa adanya contoh gambar tehnik yang dimaksud..

  4. catros Says:

    udah ada tuh beberapa……

  5. daniel david Says:

    halloooowww…. salam kenal, mengenai panjat tebing ini komunitasnya ada di mana sih?
    trus kalo mw gabung apa perlu daftar ini dan itu githu…??? soalnya uda lama tertarik sama panjat tebing tapi ga tau tempat comunity nya…. thanks, Daniel

    lokasi kamu dimana ?
    kalo di Jakarta, bisa sering2 nongkrog di wall climbing di Pasar Festifal, disana hampir setiap hari ada yg latihan di wall Climbingnya, gabung aja ama mereka, pasti mereka mau ajarin.
    atau kalau kamu di daerah lain, coba cari yg ada wall climbingnya di areal terbuka atau kampus2, dan datengin deh tuh yg lagi pada latihan, minta ajarin ama merekasaya yakin mereka akan dengan senang hati ngajarin

  6. Budi Says:

    Blog yang bagus, salam kenal ya. kalo boleh tolong dong, blog kami fptijateng dimasukkan di link anda. Terima kasih. Majulah panjat tebing Indonesia

    terima kasih atas kunjungannya
    link nya segera terpasang, dan sekalian mohon izin untuk share info juga disini

  7. bagaz Says:

    kita perwakilan dari mahameru climbing club,,, mu ngajak climbing bareng gmn… kpn nieh kt date line sambil isenk ja n nmbh temen…trimsss.
    bandunk

    wah..terima kasih undanganya
    sayang saya dah gak aktif lagi climbing, dan teman2 regional bandung gak banyak
    hmm.. tapi coba nanti saya kasi tau teman2 yg masih aktif, pasti mereka senang
    kasi contact personnya dong

  8. zaenal Says:

    kalo bisa,,kasi tau step by step nya (tehnik)….

  9. yulius putra Says:

    saya yulius putra juga hobi dengan olahraga panjat tebing saya mau mempromosikan tebing diderah saya yang cukup terjal untuk dibuat jalur pemanjatan.

  10. wirli Says:

    aq salah satu penggiat alam bebas yang hobi aq di panjat tebing, kapan klen buat pemanjatan bareng?

  11. sodiq Says:

    salam kenal, terima kasih untuk info yang tersedia di bog ini. jangan lupa untuk lebih sering upload. agar para pemula seperti saya bisa cepet dapat materi. bravo untuk tukang panjaat. matur thank you…..

  12. aidem Says:

    lah…semua na kalo peralatan gak punya ….ya sama aja…gak bisa ampe atas….kecuali ada jalan belakang…..hehhehhe

    banyak kok yg gak punya peralatan tapi masih bisa manjat, kan bisa minjem…:D

  13. syubhan Says:

    salam kenal!!!. saya dari mapala USU medan,tepatnya KOMPAS-USU!. saya lagi nyarik referensi tentang perawatan tali kernmantel. kalo boleh saya minta tolong di kirimin!. thaks be4!!!

  14. khemBhank Says:

    hi…..lam knal mua..,thanks bt infox,sy dari Enggang borneo climbing club(EBCC) YG Da di kutai timur,jgn lupa bt srnng upload yc..cz,sy msh pemula,so prlu byk materi.thnx be4..chayoo climbing

  15. junior anwar Says:

    merdeka

  16. free_223 Says:

    ellow…lam kenal ya…

    gw pemula ney, butuh materi tentang rock climbing khususnya tentang suplay kalori yang dibutuhkan seorang pemanjat juga tentang simpul2 lain selain clovehitch, single 8, doble 8, fisherman.

    Thank’s

  17. febri Says:

    haluu salam kenal nama saya febri sebenernya saya sangat tertarik dengan yang namanya panjat tebing cuman yang saya pengen tau di mana saya bisa menemukan comunity panjat tebing lokasi saya ada di jakarta pusat

    tolong donk kasih info kalaupun mesti daftar buat jadi anggotanya berapa ya msti bayar ???
    trs di mana lokasi buat latihanya

    kalo bisa balas ke e mail aku

    jack_quincs@yahoo.com

    tq

    Salam
    kalo mo ikutan climbing gak jauh kok, coba tiap minggu sore / sabtu sore / rabu sore main2 ke pasar festival kuningan, disana rutin ada yg latihan di climbing wall nya, ajak ngobrol aja mereka, pasti mereka akan menyambut baik kalo emang kamu serius mo gabung…

    Selamat memanjat

  18. euro rosyana Says:

    haii…salam kenal namaku euro!!!!!!!!!!aku udah menekuni pemanjatan sekitar 1 bln,,,aku agak sedikit kesulitan dalam menguasai tekhnik2 dalam memanjat apalagi kelenturan tubuh….apakah mungkin bentuk tubuh mempengaruhi?ya secara aku ini agak sedikit gemuk….hehehehehe…sebenernya berat badan berpengaruh ga sih?

    tolong di balas k mail ku yah! sebelumnya makasih………………

  19. bowo Says:

    tolong diberi penjelasan beserta latianee apa aja prend????


  20. [...] Climbing – 5 Komponen Dasar Panjat Tebing [...]

    maksudnya apa nih ?
    linking ?

  21. ichsan.fn Says:

    manjat.manjat.terus.manjat

  22. racun_neraka313 Says:

    kapan-kapan ke Malang…..
    Manjat di Lembah Kera….
    Jalurnya Asyik Bos

  23. nia Says:

    Salam kenal dari saya.Saya ada sedikit masalah dengan latihan panjat tebing saya,yang saya herankan mengapa saya setiap latihn selalu dlm kesulitan seperti tidak kuat lama dlm pemanjatan.Tetapi klo wktunya lomba saya bisa msuk 7 besar dari banyak peserta sampai kadang-kadang di waktu final saya masuk tiga besar.apa ya yang membut saya tidak dapat maksimal disaat latihan

    Salam kenal…
    Latihan dan pertandingan beda sekali, disaat pertandingan dipacu dengan semangat tinggi yg dibutuhkan adalah tenaga besar [power] sesaat, sementara dalam latihan yg paling dibutuhkan ada semangat bertahan dan stamina/daya tahan [enduro], apalagi kalau pemanjatan tebing yang sebenarya akan sangat membutuhkan stamina dan daya tahan yg bagus untuk menuntaskan pitch tertentu.
    Melihat dari ceritanya berarti kamu kurang latihan utnk ketahanan, coba deh banyakin jogging dan berenang, jangan cuma pemanasan trus manjat, tapi juga disokong dengan olahraga lain seperti lari & renang untuk daya tahan [enduro], untuk tenaga [power] bisa latihan di gym pakai barbel + pullup stock [cara bikin pullup board lihat disini] disamping gizi dan gaya hidup juga berpengaruh.

    Selamat berlatih

  24. shev Says:

    ada lomba panjat tebing nasional ga?
    gua mau ikutan tapi gua taelat informasi mulu, gamana donk…
    tulungin gua…

  25. ana Says:

    sy sdh 1 thn trjn di dunia pnjt tpi di mslh ketahanan sy msh sgt krng bgt sy msh srng istirahat ktk sdng mjt ya prblmx mslh nfs.
    n bgimn cr mlth mntl n sikap ?

  26. amink-alut Says:

    lh ikut nongkrong ga??
    aku terbilang anak baru d dunia panjat.. aku jg br pindah ke bandung, lm pny tmen ank panjat.. da yg mau ga tmenan ama aku??
    call me at this no 081809695211..
    thanks..

  27. eko Says:

    Yang ada di malang plizzz kontak aku soalnya aq tertarik banget tapi g tau harus ke mana

    ada g yang bisa ngajarin ……..plissssssssss

  28. aya Says:

    salam kenal…
    saya hobi banget yang namanya panjat tebing, tapi masalahnya di kota tempat saya tinggal sarana dan prasarana untuk memanjat belum ada dan juga untuk club panjat tebing disini belum ada. gimana ya cara untuk membuat club panjat tebing?

  29. Taufik Himawan Says:

    Hey All, sudah lama saya gak mengikuti perkembangan climbing. Saya sempat aktif selama 2 thn di club Zona Brigadir rimba – Jatinangor sbg simpatisan thn 2003-2004. Sekarang pengen aktif lagi. boleh minta contact number untuk wall climbing yang di Pasar festival?
    terima kasih..

  30. dwi Says:

    da yang punya diktat atw modul climbing ga…??

    kirimin ke gue dunk….

    lagi pengen pendidikan dasar climbing nech.

    Trim’s.

  31. bram Says:

    untuk para pengurus FPTI saya mau tanya kenapa sekarang ini panjat tebing hanya diutamakan pada wallclimbing aja(olah raga prestasi) yang berbau adventure kok gak ada gaungnya terutama pada generasi muda saat ini kebayakan hanya mengenal olah raga panjat tebing hanya wallclimbing tanya kennnnnnnnnnapa????? thx

  32. khembhank Says:

    hayyyyooo,,,,,

    camiiiikuuuum cmuax…
    mo tau dunk climber mania di surabaya,,n t4 latianx yg asiik..
    slm y bwt ronald..yg msh stay di sby,,msh g tu rmbt mohagx..??
    bwt mr.obenk..latian lg dunk,
    buktikan merrrrrah u…!!!!
    knln yuuk,,,
    call me at 085246995207..(aktip s.umur idup)
    heee,,,

  33. jafar Says:

    kalo boleh minta dikirimi dong materi panjat tebing terutama tentang artificial

  34. V_len7 Says:

    wWwwW….
    da teknik buat kelenturan n` kekuatn otot lengang g`…
    aq da mzlh dgn ney….^

    untuk kekuatan coba pull up & finger grip
    untuk kelenturan biasakan stretching sebelum melakukan kegiatan + banyak renang

    Salam

  35. hary Says:

    krennn,, iy neh sya pemula dlm olh raga ini jd blm memhami tekhnik2nya.

  36. iteung Says:

    salam panjater!!!
    halo semua para pemanjat dmana pun klian brada.
    yg expert dan yg masih pemula.

    knalken, sy iteung, pemanjat (ceritanya)dr jatinangor.
    senang sekali melihat minat anak muda sekarang dalam dunia panjat jd semakin meningkat.

    pesen2 d atas membuktikan bahwa dunia panjat ga kalah menarik dg dunia anak muda lainnya.

    buat yg bingung,”harus kemana saya blajar manjat?”, emang bener, cara yg paling gampang adalah cari kampus yg ada fasilitas wallclimb’ny. biasanya anak2 panjat akan dg sangat baik hati menyambut kdatangan temen2 dan akan dg sabar membimbing klian.GRATIS. caranya, berkenalanlah baik2 dg mereka.biar akrab. bahkan jika klian bruntung,bukan hanya dapet temen,klian bsa dapet jodoh, minimal,pacar. hehehehe

    buat yg ada di daerah bandung dan skitarnya, silakan datang berkunjung ke kampus sastra unpad jatinangor. biasanya kita ada manjat tiap hari. klo klian bruntung klian dapat latian bareng kita.ga usah malu, ga usah ragu.klopun kalian mentok di tengah2 papan ga akan kita gantung kok.hehehe

    ok! selalu ingat ya,jangan injak tali.kalian akan di push up 10x karena kalo terinjak maka serat talinya akan gampang putus.hehehe

    klo da yg mw berkirim surat elektronik, silakan layangkan surat anda ke : iteung_23@yahoo.co.id
    atao klo mw talking2 lewattelp seluler klian bisa hub ke 085294952186. aktip s umur hidup. insyaAllah.

    makasih.

  37. kembhank Says:

    camikuuuum,,,,
    mo tw dunk,kampus mana jja yg ada di surabaya yg ada fasilitas wall climb nya..
    thx b4.

    wah banyak kok…
    kayanya hampir setiap kampus besar ada wall climbingnya
    cari temen ajah yg masih kuliah

  38. billy Says:

    hi…
    lam knl yea..
    oy leh nax ga nie ?
    jwra 1 pnjt tbng dunia zpa n org dr mna ?
    tkz b4 !!

    gak ada yg nomer 1, karena banyak kriterianya, contohnya Chris Sharma
    yg sering menjuarai kejuaraan dunia wall climbing, tapi di tebing asli masih kalah ama Dan Osman yg manjat tebing dah kaya monyet. tapi dan Osman juga gak berdaya di pegunungan Alpen yg banyak dinding es nya alis Ice Climbing.
    Jadi masing2 punya kriterianya / spesialisasinya

  39. wira S Says:

    kalau bisa di tambahkan cara pengolahan fisik, mental yang lebih detail…. cos kami belum begitu mengerti gitu….ups salam kenal dari saya

  40. alung in the gank Says:

    Bro ayem pemanjat pemula neh! pengen nanya cara manjat tanpa kepala tanpa kaki dan kepala di bawah. caranya gimana bro

  41. nia says Says:

    nia says:

    20 mei 2009

    hi………….
    slm knal…………………..
    gimana sih caranya jadi pemanjat tebing yang hebat??????

    cuma 3 syarat :
    1. Latihan
    2. Latihan
    3. Latihan

  42. fitri Says:

    kapan gi da pertandingan untuk kejuaran tingkat nasional n tempatnya dimana?

  43. shakti Says:

    hi..
    lam knal…
    im shakti
    tinggal d depok..maaf sblumny sya mau crita.sya alumni SMAN 1 CITEUREUP 04/05.
    swaktu sya sekolah,sya trmasuk ank yg rajin untk mslah manjat memnjat.wlaupun eksskul sya olahraga bkanya “pa”
    akn ttpi hobi sya yg stu ini g bisa trlepaskn.smpai2 ktika pra atleet pnjat bgor sdang latihan di pemda bogor,sya pst hadir.tp it dlu,wktu sya msh dbngku skul.
    pertanyaannya:::
    -bolehkah sya ikut brgabung dgan comunitas anda??
    kl bleh , ap syaratnya dan dmn sya bsa brgabungnya????

  44. Topan k.267 Says:

    U para climber poko’e latihan,latihan n latihan..

  45. akang Says:

    salam kenal semua.
    aku salah satu atlet manjat di kotabima NTB.
    mohon bantuan untuk meningkatkan prestasi.
    salam ma mas Kuntono.

  46. akang Says:

    salam kenal.
    saya juga salah satu atlet di laskar hijau climbing team sekolah tinggi seni dan tekhnologi Bima.
    salam sama temen yang penah tampil di PON Palembang.

  47. marganda sinurat Says:

    salam k”al saya orangnya hobby manjat tebing.apalagi yang namanya vertikal rock_ slm qe sM smua pencinta panjat

  48. herawati Says:

    gimana biar ga cepet bosen untuk manjat,karena biasanya aku cepet bosen ..

  49. herawati Says:

    eh lupa .lam kenal ya dari hera orang banten, oya aku minta nomor teleponnya dong boleh ga?????????

  50. aya Says:

    hai…salam kenal, nama Q aya, langsung aja diskol aQ tu kan ada forum perpaduan antara pramuka & PA, trus yg selama ni kayaknya yang lebih dominan tu kegiatan PA nya, yang aQ mo tanyakan ni gimana kita cari literatur2 tentang kegiatan hiking, treking atw rock climbing, seenggaknya info tentang latihan / Diklat tentang kegiatan2 tu.
    da sementara tu ja….

  51. ARIS TIPIS Says:

    Salam kenal dari Semarang,

    Gimana memulai yang baik untuk manjat

  52. faizal Says:

    gimana cara memanjat yg bagus

  53. faizal Says:

    harus latihan yg bener !

  54. ridwan Says:

    tolong dong kasih penjelasan tentang panjat tebing

  55. Deno Says:

    salam kenal dr DENO gimana sih cara supaya sukses dlm latihan panjat tebing..ak baru jadi seorang atlit belum jd pamanjat..cuman numpang nama aj d panjat tebing..banyak sx kekurangan ku tuk berlati terutama tehknik dasarx

  56. ipul_citaka Says:

    hai saudara2q para pemanjat salam lestari

  57. sigit Says:

    salam kenal, saya mau tanya manjat tebing itu ada
    sekolahnya ngak..? kalau ada kasih tau yah.. he.he

  58. falaq Says:

    Tehnik juga bro…


  59. [...] Climbing – 5 Komponen Dasar Panjat Tebing [...]

  60. wawan Says:

    tolong literatur tebing 45 makassar ya,,,,,,

  61. haroem Says:

    hai, saya suka /pengagum para para panjat tebing, klo boleh tahu, persiapan apa saja yang sering dilupakan para pemanjat tebing ? seperti misal obat, peralatan kecil, karena gua pengen bantu siapin dalam bentuk paket !!, bantuin ya

  62. aboys Says:

    climbing adalah olahraga yang mengesankan bagiku dimana kita bisameng expresikan tubuhkita jri tangan dan kakikita diatas poin tanpa ada yng melarang

  63. nanda Says:

    mantap ni,
    makasih ya nambah wawasan gue ni

  64. andre Says:

    mantap gan. makasih ya tip tipnya

  65. alim muthia Says:

    thanks ilmunya om…..
    datang lah k tebing alam lembah harau…
    FPTI kota payakumuh


  66. [...] Climbing – 5 Komponen Dasar Panjat Tebing [...]

  67. arizal Says:

    woww bgus brother blog nya .
    q jga msih perlu materi karena msih pemanjat pemula .
    oh iya bukan nya setiap olh rga pnjat itu, anak anak PA bukan ?

  68. theboy Says:

    mantap bro artikelnya, bekal buat pemanjat pemula.
    oya barusan sy jg nemuin panduan2 climbing yg bagus di sini:

    http://pinchlittle.blogspot.com/2011/06/how-to-learn-to-climb-rocks.html

    blog yg di link tsb sudah dihapus, sepertinya ada masalah di artikel-nya


  69. waahhh bagus ni blog nya …. salam lestari dari cam HIPAMA malang…. ni saya juga baru belajar….. wahhh butuh bayak belajar & pantang menyerah…. salam rimba….

  70. Anonymous Says:

    sip.. sip…. i like…..

  71. enda... Says:

    sip,,,,sip,,,,


  72. [...] sumber:http://catros.wordpress.com Like this:SukaBe the first to like this post. [...]


  73. keren…. tinggal d coba sja

  74. Anonymous Says:

    bang tebing didaerah bogor yg cocok buat dipake pendidikan lanjutan dimana ya?

  75. yadhin boghel Says:

    Gmna shi pngalaman abang2 mnjat tebing alam

  76. maz_kurni Says:

    wajib dibaca..

  77. Coky Says:

    Atur nuhun kang,mau jd anggota komunitas wall climbing di bogor dmna ya?ane ♏ǎ̜̣̍Ų daftar jd pemula.mohon infonya ya kang.

  78. KARYANTO Says:

    Reblogged this on nto_74 and commented:
    share…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: