Gunung Guntur

GUNUNG GUNTUR

Lokasi : Garut

ini gue yg gue recomended buat di daki…soalnya baru kali ini gue naik gunung yg botak dari awal ampe akhir…nyaris ga ada tumbuhan sedikit pun…sehingga kalo loe lagi mendaki gunung ini…mungkin orang2 nun jauh di terminal garut bisa ngeliat elo lagi merayap naik..heheheh..

dari terminal garut naik angkot ke pemandian air panas / cipanas , dari situ bisa jalan kaki atau naik ojek atau carter angkot menuju penggalian pasir

dari situ ada jalur utk mendaki gunung guntur, setelah melewati air terjun, perjalanan di dominasi oleh tanjakan yg lumayan terjal, medannya berupa batu kerikil yg lumayan licin….dan yg perlu di inget SAMA SEKALI gak ada pohonan utk berteduh rumput2 aja jarang bgt ada…pokoknya full batu kerikil

jadi kalo lo mau istirahat di tengah jalan siap2 aja bawa payung

gue juga ga ngerti kenapa gunung guntur ini sama sekali ga ada pohon…kalo lo sekali2 lewat daerah garut…trus ngeliat ada gunung yg botak keseluruhannya…nah itu lah dia gunung guntur

setelah mendaki sekitar 3-4 jam sampai lah di kawah…lalu dari kawah ada jalan menuju puncaknya…dengan menyusuri jalan tanah yg masih panas berasap

o ya…setelah kawah kita akan melipiri jalan kecil dimana sebelah kirinya ada lembah yg lumayan indah tapi juga lumayan mistis….waktu itu sih gue ga sempet turun…tapi dari atas keliatan di bawah itu ada taman yg pohonannya itu tersusun seperti lingkaran…asli rapi bgt deh..kayak ada yg sengaja motongin biar rapi…apa ya itu…ga tau deh… >

Explore posts in the same categories: Rute Pendakian

9 Komentar pada “Gunung Guntur”

  1. v Berkata

    bl ransel yang murah di mana sich ??????
    ingi jg PA yang baik itu hrs gmn sich?????

    maksudnya ransel daypack atau carrier nih ?
    kalo daypack sih banyak banget yg bagus, dari yg merk biasa / lokal ampe yg mahal / import, coba cari toko2 outdoor di sekitar kediaman kamu..

    Jadi PA yg baik :
    - Berbakti kepada ke 2 orangtua dan agama
    - Menjaga kelestarian alam, setidaknya tidak ikut menambah kerusakan alam

  2. ndre Berkata

    salam kenal
    om,bulan february tar,aku pengen naik gunung Guntur ini.yang mo ditanyain niy;kira2 bisa ga niy gunung”dikebut”naik dan turun dlm waktu 1 hari/ga nginep?kalo bisa,kira2 jam berapa Start dari Citiis-nya?
    Makasih sebelumnya

    gunung guntur terbilang gunung dengan taraf yidak terlalu berat, untuk anak2 muda seperti anda pasti bisa di “kebut” alias pulang hari, tapi jangan lupakan perbekalan, peralatan dan keselamatan… sebaiknya dari citiis pagi buta….selamat mendaki

    • oden Berkata

      sekedar nambahin nih, kalo mau naik ke guntur jangan lupa bawa air yang banyak. air bisa diambil di sepanjang sungai. tapi selepas habis sungai itu tidak ada supply air lagi. juga hati2 saat melangkah soalnya medanya cukup terjal n licin karena pasir dan kerikil.

  3. Taufik Irmansyah Berkata

    masa kecil saya di Garut dan sering ke Cipanas yah tentunya lihat gunung Guntur. Gunung Guntur relatip botak penuh ilalang saya juga heran kenapa jarang ada pepohonan. Pernah sewaktu thn ahir -70an saya naik gunung tsb dgn kawan 2x pergi subuh sampai puncak lalu kembali turun sore sdh di Cipanas lagi. Satu 2x nya pohon yg tumbuh ya cuma di puncak tsb tingginya sekitar 1 1/2 meter lumayan buat berteduh apalagi dasarnya penuh dgn lumut tebal & hangat. Setelah saya lulus geologi baru saya paham bahwa kumpulan bebatuan hitam yg berserak sampai ke Cipanas adalah hasil luncuran lava yg membeku pas diatas Cipanas – kenampakan ini masih kentara apalagi kalau dilihat dr jatak yg agak jauh.Karena proses pelapukan batuan belum itensip maka tak memungkinkan pepohonan berbatang keras untuk tumbuh saat ini. Berdasarkan data volkanologi ex Belanda bahwa terahir kali Gunung Guntur ini meletus thn 1700-an. Ternyata setelah terurai 300 thn lalu belum mampu membentuk pelapukan bebatuan disana. Sama hal-nya dgn keadaan Gunung Krakatau yg meletus < 250 thn lalu jarang terdapat pepohonan disana hingga kini. Untuk calon pendaki G.Guntur disarankan membawa air secukupnya juga peralatan sep. pisau karena saya pernah menemui semak 2x ilalang yg terjalin sep. tali simpul membentuk 1/2 lingkaran yg saya tafsirkan sebagai sarang babi. Kedua perhatikan cuaca jika mendung cepat cepat turun karena pengalaman erahir saya kesana tiupan awan dr bawah berjalan begitu cepat sehingga menutupi pemandangan jalan setapak.

  4. tunjung Berkata

    mas, aq kemaren habis ndaki gn cermai, tapi besok mei aq pengen ndaki gn guntur,,apa tantangannya bagi para pendaki di sana? thenks…habis “hidup pendaki indonesia!!!!

  5. C'nuy Berkata

    Kmrn naek guntur, lmyn bkin adrenalin brpacu..kok bd ya sm merapi? Guntur tuch pns bgt, bru x itu naek gunung spnas itu tp, ya pnya ksn trsndiri, air terjunnya yg alirnnya airnya tuch pnjng itu yg bkin indh aplgi suara airnya lantang bgt..tp, ckup sX aje naek k’sna hahaha..

  6. hhhh Berkata

    :)

  7. Santa Berkata

    Gunung penuh dengan belerang. Akibatnya tumbuhan tidak akan dapat tumbuh.

  8. Anonymous Berkata

    Gw naek ke guntur 2005, saat itu musim hujan tiba di terminal garut jm8 mlm lngsung carter angkot n minta anterin ke penggalian. sblm naek gw nginep di sebuah mushola yg sngat kbetulan gw ktmu sama sesepuh desa.
    Jam 5 pagi mulai mendaki dgn disambut gerimis hujan. ,y… jalurnya licin bnget, disepanjang jalur tumbuh2annya ada yg botak/gersang n ada juga tumbuhan alang2 yg mncapai 3 meteran.
    sampai di puncak tetap aja masih dikasih hujan, tuh ujan gw tungguin sampe gw bisa kejemur matahari. akhirnya skitar jam 2 siang cerah. sumpahhh!anginnya kuencengg bnget dipuncaknya.
    jam 4 sore barulah gw turun, akhirnya gw bermalam dilembahnya. “kt orang sih tmptnya angker” gw akuin tmptnya bagus banget tob-markotob. yg anehnya dari mulai diriin tenda dome sampe aktifitas lainnya…bulu kuduk gw merinding terus..sampe-sampe gw mutusin tuk begadang dilembah guntur, y….emang sial!! jam 11 malem gw ngeliat tangan yg gede banget lewat di belakang tenda. n ternyata tenda gw di orak2 ky gempa!!. gw istigfar n br-doa trus sampe kira2 stngh jam,setelah itu, gangguan lainnya brupa suara kunti n macan. pas ba’da subuh jam 4,gangguan tsb hilang,lanjut tayamum dlm tenda tuk solat subuh. setelah itu,gw memberanikan diri kluar tenda dgn kedua tangan pegang golok tebas.
    yang anehnya tanah n tumbuhan disekitar tenda,rapih!! gw kira smlm bner2 gempa. trus gw lanjutin pengontrolan semua tenda, trnyata satu buah ransel yg isinya pakaian kotor hilang, y..memang ransel itu ditaro diblkng tenda.
    jam 7 pagi meninggalkan lembah menuju perkampungan desa. disepanjang jln gw masih tringat kjadian smlm,(gangguan gaib). sesampai didesa gw mncritakan smua kjadian,tanggapan orang desa, y…hal yg biasa terjadi. dari situ gw ambil kesimpulan, ‘dimana pun lo berada, jgn lo kotorin tuh tempat sekalipun noda tak terlihat’. n gw simpulkan, sosok gaibnya raksasa/butoijo.

    Trims berbagi pengalamannya.
    Salam Rimba.


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

