Gunung Tampomas

GUNUNG TAMPOMAS (1.684 m)

Taman Wisata Alam Gunung Tampomas masuk Kecamatan Buah Dua,Congeang, Sindangkerta dan Cibeureum Kabupaten Sumedang. Keadaan lapangan kawasan Taman Wisata ini bergunung-gunung dengan ketinggian antara 625 – 1.684 meter di atas permukaan laut. Menurut klasifikasi Schmidt dan Ferguson aebagai berikut: Iklim termasuk tipe iklim B Curah hujan rata-rata 3.518 mm per tahun.

Flora Vegetasi kawasan ini termasuk tipe hujan hujan pegunungan, floranya terdiri dari beraneka ragam jenis pohon-poonan berkayu serta jenis-jenis dari golongan liana dan epiphyt. Flora yang mendominasi kawasan adalah: Jamuju (Podocarpus imbricatus) Rasamala (Altingia excelsea) Saninten (Castanea argentea) Fauna Satwa liar yang hidup dalam kawasan ini adalah : Kancil (Tragullus javanicus) Lutung (Trachypithecus auratus) Babi Hutan ( Sus vitatus) Beberapa jenis burung.

Daya Tarik Obyek Beberapa obyek wisata yang menarik di kawasan Gunung Tampomas yaitu: Puncak Gunung Tampomas (Sangiang Taraje) Dengan ketinggian ± 1.684 meter diatas permukaan laut, seluas 1 Ha merupakan areal terbuka. Lokasi ini memiliki nilai estetika tinggi karena dari tempat ini wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang indah ke arah Sumedang dan sekitarnya. Adanya lubang-lubang bekas kawah dan batu-batu besar berwarna hitam menambah kekayaan imajinasi bagi yang melihatnya.

Makam Keramat Terletak ± 300 m ke arah Utara Puncak Sangiang Taraje, tempat ini lebih dikenal dengan nama Pasarean. Menurut kisah, kedua makam tersebut merupakan peninggalan (patilasan) dari Dalem Samaji dan Prabu Siliwangi pada waktu kerajaan Pajajaran lama

Sumber air,Terletak di kaki Gunung Tampomas sebelah Utara, dengan debet air 202 liter per detik. Keindahan alam dengan flora dan faunanya yang masih utuh/asli Kegiatan Wisata Alam Yang Dapat Dilakukan

Kegiatan wisata alam yang dapat dilakukan adalah: Menikmati pemandangan alam yang indah dan sejuk Pendakian gunung dan lintas alam Berkemah Memotret Sarana dan Prasarana Jumlah sarana dan prasarana masih sangat minim, saat ini hanya terdapat: Pos jaga Jalan setapak Pos karcis.

Rute perjalanan untuk menuju lokasi Taman Wisata Alam Gunung Tampomas adalah:
Bandung – Sumedang – Cibeureum Wetan – Cimalaka, sejauh ± 53 Km Cirebon – Kadipaten – Cibeureum Wetan ± 74 Km Dari Cibeureum Wetan – Cimalaka menuju lokasi (pintu masuk kawasan) ± 6 Km, dengan kondisi jalan berbatu.

About these ads
Explore posts in the same categories: Rute Pendakian

33 Komentar pada “Gunung Tampomas”

  1. Qnoy Says:

    wah kalo gunung ini aku sudah tak asing lagi ini gunung kedua setelah manglayang yang aku daki gunungnya enak kalo dipuncak wah pokonya nyaman dan aman paling enak naiknya dari padayungan lebih seru jalurnya asik deh bagi pemula


    wah dah pernah yah ?
    kapan tuh ?
    boleh share informasinya dong…

  2. Nitz Says:

    hhhmmm.. kalau untuk pendakiannya sendiri memakan waktu berapa lama yah? kalau sekiranya hanya untuk trekking aja (PP) memungkin kah?? :)

    Thanks ya!

  3. nunu Says:

    duhhhhh…… klo dari bdg ongkosnya berapa ya????????????????
    di puncak banyak air ga????????/

  4. Obink Says:

    Gunung Tampomas Inspirasi Bagi Para pendaki gunung lokal sumedang. untuk ke jenjang selanjutnya.

  5. santo Says:

    Berapa waktu yang dibutuhkan dari bandung ke kaki gunung tampomas ?

  6. Indra Kusuma Says:

    Bisa minta detail routenya.
    starting point kota sumedang, trus…naik apa?..sampai mana?…harga tiket?…berapa pos yg harus dilalui?…kira2 butuh berapa lama untuk sampe puncak?

    thks

  7. aisyah Says:

    MUNGKIN 4 JAM . TAPI ENAKNYA PENDAKIDN DARI DESA NARINBANG. DIJAMIN PEMANDANGANNYA INDAH BANGET.
    TAMPOMAS OKE BANGET

  8. NgguhnaNgguh Says:

    om minta detai transport jkt – puncak tampomas – jakarta dong …. :Peace:

  9. ujang Says:

    Punten bos,abdi minta tlg detailnya (bis;angkot;dll) dong dari JaKarTa ke Gng.Tampomas. sm jarak tempuhnya + doanya jg yach….!
    thx

    • andri Says:

      klo ongkos jakarta-sumedang sy kurang tw pasti.tp yg pastinya klo udah nyampe dr trmnl sumedang.anda naik angkot 02 atau 01 yang arah ke cibeureum ongkosnya sekitar rp.3000. turun di penggalian pasir cibeureum.
      trus klo ada truk yg ke penggalian, anda bisa naik truk itu. asal bicara dl sm sopir truk nya…

      selamat mencoba

  10. andri Says:

    tampomas memang salahsatu gunung kebanggan saya,sebagai orang sumedang asli.
    pengalaman yang sangat menarik disana waktu camp dipuncak manik yaitu puncak gunung tampomas selama seminggu…nice

    enjoy it

    -supertramp-

  11. oyex Says:

    sekedar informasi gan:
    ada 3 rute untuk mendaki ke puncak tampomas.

    > Ds Narimbang: kec conggeang;klo dr sumedang bs naik angkot 09 jurusan buahdua (Rp5000) turun d kmg cieunteung trs jln kaki (naik ojeg Rp3000)ke narimbang.

    > Cibeureum: dr terminal sumedang naik angkot 01-02 turun di cibeureum (jln k penggalian pasir)dr sna bs naik truk smpi galian

    > cibueuk (padayungan): dr terminal sumedang naik angkot 01-02 turun di cimalaka dr cimalaka naik angdes jurusan citimun turun di citimun, trs jln ke padayungan

    * d tampomas tidak ada air jd sebaiknya siapkan air dr bwh.
    * rute pendakian plng asik menurut sy lewat narimbang msh lumayan asri.

    – nuhun gan, mudah**an bermanfaaat -

  12. fiet Says:

    di gunung tampomaz da bnga edelwais’y gx ea…??
    grup P.A dari kmi.. penasaran bnget ingn mencoba… kpn ea.. bsa ksana….???

  13. atik Says:

    jumat kemarin tepatnya 19 feb 2010, saya dn teman2 mendaki tampomas. sekedar informasi sedikit, trek yng kami lalui longsor, dan jmbatan yang biasanya dihubungkan dengan kayu kini kayunya suah tidak ada membuat pendakian kami sangat menantang
    untuk orang yang baru pertama kali mendaki seperti saya tampomas cocok untuk latihan
    dan pesan saya jangan mendaki disaat cuaca tidak baik

  14. Ade morley Says:

    Belum lma ini sy haking k tampomas,br’2 sm tmn sy .!sngt mengesankan skligus menakutkan.!wkt pulang sy kemalaman ditngah htan.llu tdur di gubuk perhutani.jm 6-jm 7 mlm saat2 dmna kejadian2 aneh mncul.!!
    kpn2 psti sy akn kmbli k tmpmas..ktanya jika bruntung,kta bsa liat macan tutul.

  15. davin eka prasetia Says:

    saya kngen sm gunung tampomas,dh lm g mendaki lgi,ke sana.pokonya tmpat nya mntap.

  16. cdhem 412 Says:

    thanks semua infonya

  17. aat Says:

    ini gunung termasuk gunung yang berapi ga yaa???????
    saya sring ksini tp ga tw asal-usulnya…….

  18. sejarahbudaya Says:

    ada yg tau gak ya makna dari TAMPO MAS. Demikian juga dengan Sangiang Taraje. Dua kata ini kayakx nda asing di Sulawesi.

  19. ridwan nurain Says:

    kangen camping d gn tampomas… om pnya organisasi PA g, low pnya. blh gabung g.??

  20. Krisna aji Says:

    Gw suka bngt gunung tampomas..pa lg! Dg ke!ndahan alam & k’asrianx mmbt sya ga b0sen2 untk ksana..trutama di ds.narimbang di stu gw mliht ke!ndaahan alam yg bgtu mmps0na..harapn kami sm0ga pmrintah/warga narimbang bs di tingkatkn lg obyek wisatax b4!k sarana&pRasaranax trmksh

  21. Ahmad Dhani Says:

    wah Saya udah Pernah dua kali Gan naik gunung ini.. ga ada bosenya pengen naik lagi…haha

  22. eman Says:

    ih aku jga urang sumedang blm prnah naik

  23. maulana Says:

    ada peta topografinya? di share dong :D

  24. wiratama Says:

    ajiiib makamnya..berdo’a langsung 2 hari terkabul..minta tolong buat orang yg sudah 6th menghilang buat datang kerumah..eh setelah 2 hari langsung datang kerumah bayar hutang

    musyrik ga ya?? tolong buat orang yg sudah 6th menghilang buat datang kerumah..eh setelah 2 hari langsung datang kerumah bayar hutang

    musyrik ga ya??

  25. agus Says:

    sebetulnya selain pendakiabn total bs juga kita lakukan pendakian semi. bagi yang suka adventure dgn menggunakan motocross. medannya sangat menantang. kita bisa menggunakan motor separuh dari ketinggian tampomas. selanjutnya kita jalan kaki sampai puncak. utk saving motor kita titip di pos perhutani. lokasi pos perhutaninya sangat strategis. bs melihat hamparan sebagian wilayah kabupaten sumedang khususnya kecamatan conggeang, posnya sendiri berbentuk saung ( ranggon ) bersih, bisa dipakai menginap, ada warungnya utk memenuhi kebutuhan sementara bverupa makanan ringan, rokok, dan minuman tanpa es. semoga tertarik.

  26. Tatang Says:

    Aku rindu tampomas

  27. Anonymous Says:

    Aku sudah 2x mndaki gunung tampomas,perjalananku dimulai dari cibereum lewat galian pasir secara rombongan,, hampir 3 jam perjalanan menuju pncak gunung..,perjalanan sangat mengesankan ketika melewati shangiang taraje,shangiang tikoro.. Grup FISA CIBOLANG.

  28. Ulun_Andhara Says:

    Menurut saya, lbh baik rutenya lwt ds.narimbang kec.congeang sumedang ! Jngn lwt cibeureum pngalaman sya lwt cibeureum naik truk pasir trun di penambangan pasir, dan lanjut ke atas jangan sesekali lewat TPA (Tempat Pembuangan Akhir) disitu bnyak anjing jadi2an penglman gue dari situ gue kesasar 2jam harusnya belok kiri ke atas semak2 gue mlah lurus… Dari situ gue puter balik dan sampai pos 1 anjing itu bersuara trus dan ada yg mengkti kami kbtalan kami mendaki di tengah malam.. (lumayan serem) dari pos 1 ampe pos 2 jauh bngt nti kalian lwt pohon pinus disitu gua n’ tmen2 diikuti mahluk gaib… Gak bisa dlihat tp kta merasa ada yg ktwa dan meringik ksakitan,, hari dah larut trpaksa kami camp di pos 2.. Kami trbangun jam 2 malam, dan melanjutkan menuju puncak.. Setelah sampai di pos 4 awi kereteg jangan brani2 camp distu “INGET”, kalau kalian gak mau ada apa2 jngan camp distu gua saranin…. Kbtlan di pos 5 kita kena badai kabut jalan gak keliat jarak pengelihatn menggunakn senter hanya 1m.. Bayangin kesiksa banget gan !! Gak lama pas lewat kawah kita liat penunjuk arah kalau puncak bentar lg, dah sampailah di puncak jam 4pagi kita melihat sunrise yg indah :) dan ziarah ke patilasan eang prabu siliwangi dan pengikutnya….

    Semga brmanfaat,, ingt jngan lwt cibeureum gua saranin lwt ds.narimbang aja !

  29. dee Says:

    Guys….gw k tampomas lwt Cibereum kok dan asik2 aja..dua jalur itu asik lwt cibereum lbh cepet cuma jarang bonus dan lwt narimbang byk landai nya tp ya melipir..yg cuma gw saranin jgn pernah mendaki malam hari…no safety prosedure..kita k alam mo lihat keindahan alam kita..klo malam badan udh d set utk istirahat dan ga bs liat apa2 juga krn gelap, itu aja ;)

  30. Anonymous Says:

    gunung tampomas jd ciri orang sumedang, track menantang, pemandangan yg indah, kultur budaya yg kental jadi bumbu tantangan yg mesti di hadapi….
    sayang sekali exsplorasi alamnya sangat parah,,,, penggalian pasir yg tak ada hentinya,,,
    inget lur,,,
    “leuweng ruksak, cai beak, manusa balangsak”….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: