Rute Pendakian Gn. Semeru

Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru termasuk dalam 4 (empat) wilayah Kabupaten, yaitu Kab. Proholinggo, Kab. Pasuruan, Kab. Malang dan Kab. Lumajang. Kawasan ini banyak dikenal oleh wisatawan asing maupun do­mestik, terutama kawasan Bromo.

Untuk menuju G. Bromo dari arah Pasuruan: Dari Surabaya kita naik bus jurusan Probolinggo dan turun di Pasuruan. Selanjutnya naik Colt jurusan Tosari – Wonokitri. Di sini kita dapat bermalam di hotel atau losmen atau dapat juga langsung meneruskan perjalanan menuju G. Penanjakan, atau masuk ke lautan Pasir dan menuju puncak G. Bromo.

G. Penanjakan merupakan titik pandang terbaik ke arah kawasan G. Bromo, dimana Kawah Bromo nampak sebagai suatu panorama yang amat eksotis, dengan kepulan asap dan warna-warni punggungan bukit bekas lelehan lava belerang disekitarnva dan hamparan padang pasir mengelilinginva. Disini pemandangan matahari terbitpun nampak lebih indah dengan puncak G. Semeru sebagai latarnya.

Bila dari arah Probolinggo, kita naik Colt atau bis jurusan Sukapura terus Ngadisari. Dari Ngadisari naik kendaraan/berjalan kaki menuju Cemoro Lawang sejauh 3 Km. Di Cemoro Lawang kita dapat bermalam di hotel maupun losmen atau di rumah-rumah penduduk. Besok pagi-pagi sekali kita dapat melanjutkan perjalanan ke kawah G. Bromo yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki maupun naik kuda sewa, untuk menyaksikan panorama matahari terbit.

Masyarakat sekitar G. Bromo yaitu masyarakat Tengger mempunyai upacara tradisi tahunan yaitu upacara melempar sesaji pada tengah malam (tepat pkl. 24.00 WIB), yang disebut dengan upacara “Kasodo”. Upacana adat Tengger ini, biasanya sangat meriah dan sering dihadiri oleh pejabat-pejahat tinggi serta masyarakat Indonesia lainnya juga para turis asing yang jumlahnya mencapai puluhan ribu pengunjung.

Suhu di kawasan Bromo ini antara 5 – 14 C. Dan padang pasir Bromo kita dapat naik ke G. Batok, G. Kursi, maupun G. Pananjakan. Di kawasan G. Bromo ini banyak dijumpai panorama yang sangat menakjubkan.

Untuk menuju Gunung yang tertinggi di Pulau Jawa yaitu G. Semeru ( 3.676 m)~ paling mudah dicapai adalah dari arah Malang dengan naik Colt jurusan Tumpang, kemudian menuju desa Ranupane (2.200 m) dengan melewati desa Gubug Klakah (1.100 m) dan Ngadas (2.000 m) dengan Truk atau Jeep ongkosnya Rp. 6.000 sampai Rp. 10.000,- per onang (tahun 1999).

Desa Ranupane (2.100 m) adalah desa terakhir dan tempat pemeriksaan serta pos untuk melapor bagi para pendaki untuk naik, dan juga terdapat pondok pendaki untuk bermalam dan beristirahat. Ranu Pane mempunyai penduduk sekitar 60 orang yang merupakan perkampungan kecil, pekerjaan mereka pada umumnya bertani sayur-sayuran. Selain terdapat Ranu (danau) Pane, disebelahnya tendapat ranu lagi yang namanya Ranu Regulo.

Perjalanan ke Puncak G. Semeru dimulai dan desa Ranupane menuju Ranu Kumbolo pagi harinya pukul 7.00 melalui jalan setapak, jaraknya 13 Km., tidak terlalu terjal dengan memakan waktu sekitan 3-4 jam perjalanan. Di Ranu Kumbolo ada Pondok Pendaki untuk istinahat dan memasak. Daerah ini airnya inelimpah dan berada pada ketinggian 2.400 m dari permukaan laut. Ranu Kumbolo memiliki pemandangan yang sangat indah terlebih pada pagi hari bila kita dapat melihat matahani terbit dari celah-celah bukit.

Dari Ranu Kumbolo perjalanan dilanjutkan menuju Kalimati (2.700 m) melalui hutan cemara dimana kadang kita jumpai burung dan kijang. Penjalanan ini ditempuh 2 – 3 jam / 10 Km. Disini kita dapat mendirikan tenda, dan apabila kita membutuhkan air dapat menuju Sumbermani, kearah barat menelusuni pinggiran hutan Kalimati dengan menempuh perjalanan 1 jam pulang pergi. Tetapi dianjurkan kehutuhan air telah dipersiapkan di Ranu Kumbolo.

Sebenarnya kita dapat juga berkemah di Ancopodo 1 jam perjalanan dari Kalimati ke arah puncak G. Semeiru. tetapi kondisi tanahnya kurang stabil dan sering tenjadi tanah longsor di kawasan tersebut.

Dari Kalimati biasanya para pendaki memulai pendakian menuju puncak pagi-pagi sekali, yaitu sekitar pukul 2 – 3 pagi dengan melalui hutan cemara 1 jam dan bukit pasir selama 2 – 3 jam untuk sampai di puncaknya, dengan keadaan jalan yang terjal menanjak.

Puncak Semeru yang biasa didaki adalah Puncak “Mahameru”. Dari puncak ini akan terlihat kawah yang disebut “Jonggring Saloko” dan yang uniknya setiap 10-15 menit sekali menyemburkan batuan vulkanis dengan didahului asap yang membumbung tinggi. Suhu di puncak Mahameru dingin sekali yaitu 0-4 C yang kadang-kadang berkabut tebal disertai badai angin. Pada saat badai dianjurkan untuk menunda pendakian ke puncak.

Panorama dari Puncak Mahameru tak akan pernah terlupakan indahnya, dimana terlihat puncak-puncak gunung di Jawa Timur, pesisir dan pantai, serta matahani terbit di ufuk timur.

Mendaki G. Semeru sebaiknva dimusim kemarau yaitu pada bulan-bulan Juni, Juli, Agustus dan September. Pendaki juga dianjurkan untuk tidak mendaki pada musim hujan di bulan Januani dan Februari, dimana sering terjadi badai dan tanah longsor.

Dari puncak turun kembali ke kemah (Kalimati) dibutuhkan waktu 1 jam, dan 3 jam untuk sampai di Ranu Kumbolo dan diperlukan 3 jam lagi untuk mencapai Ranu Pane. Bila sampai di Ranu Pane menjelang sore, kalau ada mobil kita bisa terus turun ke Gubug Klakah atau ke Tumpang, atau kita bisa bermalam di Ranu Pane dan besok paginya kita dapat turun kembali ke Tumpang.

Turun dari Ranupane ke arah Tumpang kita dapat juga menuju ke kawasan G. Bromo, melalui pertigaan Jempiang (2 Km sebelum desa Ngadas) ke arah kanan.

About these ads
Explore posts in the same categories: Dan Lain - Lain, Rute Pendakian

34 Komentar pada “Rute Pendakian Gn. Semeru”

  1. Imran Says:

    dear: catros
    gw punya beberapa pertanyaan mengenai gn. semeru
    1. Apa Info gn. semeru ini up 2 date??
    2. Tolong diperinci lagi untuk akomodasi mulai dari stasiun malang hingga menuju ke ranupane + biaya akomodasinya??
    3. Apa aman jika pendakian dilakukan pada pertengahan bulan ini(Mei 2007) mengingat musim kemarau di estimasikan pada bulan juni??
    4. Berapa hari estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mendaki gn. semeru mulai dari ranupane hingga kembali lagi ke ranu pane??
    5. Apakah di gn. semeru hanya terdapat 1 gerbang utama untuk naik dan turun atau ada alternatif jalan turun selain kembali lagi ke ranupane??
    6. bagaimana kondisi terakhir dari gn.semeru ini (apakah masih aktif)??
    7. bagaimana musimnya kemarau atau hujan??
    Ditunggu jawaban secepatnya yah..
    trims,

  2. catros Says:

    wedeh…banyak amat pertanyaannya….
    saya coba jawab yah,,,mudah2 memuaskan
    1. Teman saya ada yg baru dari sana, sekarang dia saya minta untuk bikin catpernya, mudah2 cepat selesai jadi cepat di posting juga
    2. Soal ongkos saya lom bisa kasi kepastian, soalnya kan harga bensin baru naik lagi nih, paling2 beda 10% deh dari harga pertengahan tahun kemarin, asal bisa2nya aja nawarnya untuk mobil carterannya
    3. Untuk bulan2 ini kabar terakhir yg saya dengar keadaan disana masih gak bagus, masih sering badai, dan ada beberapa tempat yg longsor, lebih baik nantinya aja pada bulan Juli / Agustus
    4. Soal waktu pendakian tergantung dari stamina dan kesiapan team, tapi rata2 kalo gak pake leha2 dulu sih sekitar 2 hari 1 malam, santai lho..
    5. Setau saya sih gitu, mungkin kamu pernah dengar ada gerbang lain ?
    6. Masih batuk dan ngebul2
    7. Musimnya sama aja kaya di Jawa Tengah pada umumnya,

    Ini udah cepat lho..

    • BENJO Says:

      SOB TANGGAL 17 SEPTEMBER 2010 SEMERU DI BUKA PA TUTUP,. . . . . .???
      SOALX GUA MA KK GUA MAU NAIK,. . . . .

      • BENJO Says:

        ADA LAGI SOB,. . . . .
        GUA NAK MADYOPURO GANG 6,. . . . .
        KLO BISA DATANG AJA KERUMAH BUAT KABARIN,. . .
        AQ TUNGGU SOB,. . . . .

  3. gembong Says:

    saya cm mau ngasih informasi terbaru mengenai semeru.
    #Biaya Kendaraan
    – Terminal Arjosari MALANG – Tumpang Rp. 5000 (naik angkutan umum warna
    putih)
    saran : kalau bisa sampai tumpang sore atau malam max. pukul 9 mlm,
    trus cari informasi buat naik ke ranu pane subuh harinya, nginep dulu aja
    di tumpang di rumah yang punya kendaraan (kl udah dpt kend.)
    KALAU BELUM DAPAT AKU PUNYA TEMEN YANG BISA BAWA
    KALIAN KE RANU PANE SUBUH HARINYA pkl 04.00 (naek truk
    sayur, berapa orang aja diangkut kok, kl naek jeep mahal!!!!!)
    [INI BUKAN PROMOSI KOK, CM MAU BANTU KALIAN AJA]
    Hub. Pak Hasan Ruseno = tlp. +62-341 789 162
    (biayanya 50.000/org PP. dari tumpang ke ranupane – ranupane
    ke tumpang, janjian aja mau plg jam brp dari ranupane nanti
    di jemput)

  4. hangi Says:

    em…gimana kabar semeru akhir2 ini?trus biaya kesana skr kira2 berapa dari surabaya?

  5. Ruri Says:

    Assalamu’alaikum
    Ane mau tanya boz,keadaan terakhir semeru gimana?
    untuk pendakian dibulan maret depan gimana?
    kira-kira dah dibuka pa blm?


  6. ass,SALAM RIMBA saya anak LOMPALA (LOMBOK PECINTA ALAM)BEKASI TIMUR
    N saya mau tanya gmna status gunung semeru apakah boleh buat pendaki apa ditutup


    kabar terakhir masih tertutup untuk pendakian

  7. Daniel Sakidin Says:

    Assalamu’alaikum
    saya mau tanya,kalau saya melakukan pendakian akhir bulan juli,gimana?
    apakah masih ditutup?atau udah dibuka?

  8. OGIE Says:

    DICARI…………. tenda second ukuran 4 org.segera……………….

  9. Jeff Says:

    thanx for sharing… plan-nya mau ke sana liburan lebaran buat nyari inspirasi…. :)

  10. Lee Says:

    WRC-Wild Ranger Community
    Salam Patriot Bumi….
    wew.. semeru… mau dong info nya di bulan desember2008…
    rencana mo nutup taun di mahameru nih… pendakian di tutup ga yah? coz baru2 ini kan lahar dingin turun…

    trus ongkos dari jakarta-puncak mahameru brapa ya skrg… estimasi premium turun 500 perak.. tapi tarif ttp tuh.. mohon dibantu… trus ada yg punya peta topografi nya gak?

    oiya boleh bawa alat2 dokumentasi spt digicam/hndycam gitu ga?

    satu lg.. hehe anak dibawah 17 th blh ikut ga? coz anggota PALA gw banyakan sma dan smp.. nya..
    boleh tuh no hape yg punya truk sayur… daripada naek jeep mahal..

    makasih sebelumnya… Salam Patriot Bumi

  11. Riventure Says:

    Sahabta Alam :

    -saya mo tanya tetnag satus semeru sekrang ? saya punya rencana naik kesana 26 desember 2008 nanti..

    -ada no tlp pos pendaki ga ?

    -bisa kasih informasi tentang biaya perjalanan kesana ga minimal pertengahan tahun 08 dech sebelum BBM naik ? terutama naik jeepnya brp yach ?

  12. adi(BEKAP) Says:

    GW MAU TaNYa KiRA2kLO gW Naik BuLan AgUstUs SEmEru BuKa NgK??????????????
    gW MiNTA no TLppon POs PNDAkIAN seMERU dONK!!!!!!!!!!!!!!!!!

    tHAnksSzzzzzzzzzzzz ya

    pesan PeNdaKI:
    JaNGn PU lang nmvS”BeLUM pUncAk……………………..

  13. aL Says:

    mohon bantuannya !! mo tanya status terahkir gn. semeru gimn? udh d buka blom? truz, pake boking ga?safety ga Lw naik d blan april thanxkyu

  14. hendry Says:

    salam petualang!!!!!!!!!!!!
    bos naek ke semerunya itu booking tempat dulu seperti di gede pangrango atau kita bisa langsung registrasi
    di pos ranu pane apa pos yang lain

    bisa langsung kok

  15. hendry Says:

    bos bisa kasih tau harga penginapan atau tempat penduduk yang lain

  16. hendry Says:

    salam rimba,
    bos ko blom dbls

  17. deni Says:

    Salam.
    Saya mau tanya pendakian ke semeru bulan juni sudah di buka atau belum? Rencananya mau ke Semeru akhir juni besok.
    Terima kasih.

  18. mira Says:

    salam lestari!
    permisi.. saya mau tanya, kira2 ada yang tau nggak ya harga angkot dan jeep untuk transport malang-tumpang-ranu pane itu kira2 brapa? trims..

    saya juga ada info mengenai semeru, dari website bbtnbts, dikatakan bahwa semeru akan dibuka tapi hanya sampai ranu kumbolo.. tepatnya kapan dibukanya saya kurang tahu.. untuk info lebih lanjut, bisa dilihat di http://www.bromotenggersemeru.com/pendakiankegnsemeru.php

  19. mira Says:

    maaf, salah address.. seharusnya http://www.bromotenggersemeru.com/berita.php

  20. adam Says:

    bisa minta rute dari bandung yang terdekat ke semeru?makasih

  21. indra Says:

    ass..

    salam lestari..

    Mhn bantuannnya.. Gw mw nanya nh.. kbr semeru terakhir gmn? kalau naek bulan agustus kira2 safety gk? mnta no telp pos pendakiannnya donk.. THX

  22. robert Says:

    maap ada brita terbaru ga mengenai semeru?? rec nya saya dan kawan mw naek sktiran awal juli sekitaran tggl 4 juli…

  23. willi Says:

    salam….
    saya willi
    saya bln agstus akan melakukan pendakian ke semeru tgl 27 agustus. Kira2 utk cuaca gmn ya???
    klo naik ke sn minimal berapa org yah???dan butuh berapa hari??
    trims..

  24. Wadho Says:

    pendakian bulan januari gemana?
    rencana mau naik tanggal 3 atau 4 januari 2010 gemana? apakah kami bisa melakukan pendakian?
    Thank’s…

  25. Wadho Says:

    “Salam Lestari…”
    pendakian bulan januari gemana?
    rencana mau naik tanggal 3 atau 4 januari 2010 gemana? apakah kami bisa melakukan pendakian?
    Thank’s…

  26. BENJO Says:

    TGGL 17 SEPTEMBER 2010 AKU MAU MENDAKI BISA GAK,. . ??
    OK GITU AJA,. . . . .

  27. alex Says:

    klo bulan agustusan aktifits pendakian di buka g ya.. mo ksan ni bln 8..

  28. igoy Says:

    salam lestari
    mau nanya, bulan september awal (selepas lebaran) jalur pendakian ke semeru di buka ga yah?

    menurut informasi siih biasanya buka, tapi untuk lebih pastinya kira2 mendekai hari H nya sebaiknya telp langsung ajak ke kantor pelayanan TNGS

  29. irvan Says:

    saya irvan dr smg, nanti 17 agustus 2011 ada upacara di mahameru gak ya?
    rencana saya tgl 17an mau ke sana


  30. Great work! This is the type of information that
    should be shared around the web. Shame on the seek engines for not positioning this publish upper!
    Come on over and talk over with my web site .
    Thank you =)

  31. Anonymous Says:

    semeru…semeru…msih menyisakan luka yg dalam uy…
    coz urang msh pnya hutang euy…

  32. Anonymous Says:

    H+2 lebaran besok tepatnya tgl 10 agustus 2013 brangkat sob…. alhamdulilah jalur pendakian udah dibuka mnurut info yg ada, kalo ada yg mau gabung silahkan, ntar ketemu di ranupane :D


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 41 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: