Gunung Bromo

Gunung Bromo

Perjalanan ke Gunung Bromo dari Ranu Pani, dapat menjadi menarik dan penuh tantangan bagi seorang pendaki berpengalaman sekalipun. Terutama setelah selesai mendaki Gunung Semeru.Dari Kota Malang menuju Tumpang dengan angkutan umum, disambung dengan mobil JIP atau Truck Sayuran menuju desa Ranu Pani. Di Ranu Pani terdapat Pos pendakian dan dua buah danau (ranu) yang sangat indah, yakni Ranu Pani dan Ranu Regulo disebelah bawah. Disini terdapat beberapa warung dan penginapan yang sangat sederhana. Desa Ranu Pani masuk dalam wilayah kabupaten Lumajang, bisa juga ditempuh dari kota Lumajang.

Perjalanan sebaiknya dilakukan pagi-pagi, dengan berjalan kaki menuju Pos jalan pintas yang berada di ujung desa Ranu Pani menuju Gunung Bromo. Setelah menginap selama satu malam di Pos Jaga Pendakian, Tim Skrekanek (Ade dan Steve) yang telah menyelesaikan pendakian Gunung Semeru, bergegas memulai perjalanan ke Gunung Bromo.

Perjalanan dapat dilakukan dengan menyewa JIP dari desa Ranu Pani atau desa Jemplang sekitar Rp.200.000,- lama perjalanan 2 jam, namun Tim Skrekanek memilih berjalan kaki dengan jarak tempuh sekitar 4 Jam sejauh 12 Km.

Perjalanan sangat berbahaya bila dilakukan sore atau malam hari, karena jalanan tidak terlihat dan banyak sekali terdapat anjing liar yang dapat menyerang kita setiap saat, sebaiknya membawa tongkat.

Setelah sampai di batas akhir desa Ranu Pani terdapat Pos istirahat yang berada diatas bukit, tampak pemandangan yang sangat indah kebawah bukit, terlihat jalur yang menuju Gunung Bromo.

Perjalanan dilanjutkan dengan menuruni bukit yang sangat curam, kita perlu berhati-hati karena selain jalurnya sempit juga tertutup oleh semak-semak yang tinggi. Bukit ini sangat terjal dan memanjang mengelilingi kompleks gunung Bromo, dengan ketinggian antara 200-600 meter, dan bergaris tengah 8-10 km, membentuk kaldera. Terdapat beberapa gunung di dalam Kaldera antara lain; G.Bromo (2.392m) G. Batok (2.470m) G. G.Kursi (2,581m) G.Watangan (2.662m) G.Widodaren (2.650m).

Di gunung Widodaren terdapat sebuah gua dengan batu besar di dalamnya sebagai tempat orang bersemedi dan sebagai tempat untuk menyimpan sesajen. Di dalam gua ini mengalir mata air yang tidak pernah kering.

Sesampai di bawah bukit akan disambut oleh padang rumput yang cukup tinggi. Padang rumput ini sangat luas dan memanjang menuju ke Gunung Bromo, diapit oleh bukit dikedua sisinya, memantulkan suara angin sehingga terdengar agak menakutkan.

Tim beristirahat sebentar di Pos yang berupa bangunan beratap di bawah bukit, tampak sebuah Jip melintas ditengah padang rumput dari arah Gunung Bromo yang kemudian disusul oleh sebuah Truck yang diiringi debu pasir. Pemandangan ini sedikit menghibur karena ditengah padang rumput yang luas dan panas sangat sepi dan mencekam karena kawatir diserang anjing liar.

Setelah berjalan sekitar 2 jam melewati padang rumput yang luas dan sangat panas, Steve dan Ade beristirahat sebentar untuk minum dan melemaskan kaki. Ditengah padang rumput kembali lewat sebuah mobil bak kecil mengangkut penuh sayuran dengan beberapa penumpang diatas sayuran. Terasa senang sekali berjumpa dengan sesama manusia di tempat asing seperti ini.

Perjalanan bertambah berat dengan melewati lautan pasir, matahari tepat berada diatas kepala terasa sangat membakar kulit. Berbeda dengan angin di padang rumput yang terasa panas, udara di padang pasir terasa dingin. Jalur Jip yang semula terlihat dipadang rumput kini mulai menghilang di lautan pasir, terpaksa Tim Skrekanek memperkirakan sendiri jalan yang harus ditempuh. Beruntung sekali tidak ada awan atau kabut sehingga arah jalur dapat diperkirakan.

Semakin menapak ke lautan pasir kaki terasa agak berat melangkah, jalan yang ditempuh adalah mengeliling gunung bromo dari belakang, sehingga agak membingungkan. Dari kejauhan tampak badai pasir yang bergulung-gulung menjulang ke atas. Tiba-tiba dari arah kanan muncul badai yang agak besar berjalan menuju arah Tim Skrekanek, Steve dan Ade segera berlari-lari dan beruntung sekali badai pasir melintas lewat dibelakang kami.

Tim telah sampai di sisi Timur Gunung Bromo, tampak jalur menuju puncak gunung Bromo melewati jalur yang sangat sempit dan berliku-liku. Menuju puncak Gunung Bromo ditengah hari yang sangat panas ini cukup melelahkan. Jalurnya naik turun dan bisa longsor sehingga perlu berhati-hati. Mendekati puncak bromo sudah tercium bau belerang.

Dari puncak bromo tampak kawah Gunung Bromo yang masih aktif , di dasar kawah terlihat warna keemasan belerang dan kepulan asap putih yang menjulang ke atas, menyebarkan bau belerang.

Untuk menuruni Puncak gunung Bromo Tim Skrekanek memilih melewati jalan setapak yang dibangun dari semen, dan mencoba menghitung jumlah anak tangga. Di bawah anak tangga sudah menunggu beberapa kuda untuk disewakan.

Di bawah kaki Gunung Bromo terdapat sebuah pura untuk mengadakan upacara adat dan keagamaan. Tim Skrekanek masih harus menyeberangi lautan pasir dan mendaki bukit yang terjal menuju desa Cemoro Lawang. Beruntung sekali ketika Tim Skrekanek sudah berada di atas bukit, anjing liar baru muncul di bawah bukit.

Dari Cemoro lawang perjalanan dilanjutkan dengan kendaraan umum menuju kota Probolinggo dengan ongkos Rp.5.000,- per orang. Setelah beristirahat dan mandi di terminal Probolinggo Tim Skrekanek melanjutkan perjalanan kembail ke Jakarta.



MALANG KE GUNUNG BROMO

  Rute Jarak kendaraan jalan
1 Malang – Tumpang 18 km 30 mnt  
2 Tumpang – gubugklakah 12 km 45 mnt  
3 Gubugklakah – Jemplang 17 km 90 mnt 3 jam
4 Jemplang – Gunung Bromo 6 km 30 mnt 1,5 jam

PASURUAN – PURWODADI – GUNUNG BROMO

  Rute jarak kendaraan jalan
1 Pasuruan – Purwodadi 32 km 30 mnt  
2 Purwodadi – Nongkojajar 14 km 30 mnt  
3 Nongkojajar – Tosari 20 km 45 mnt  
4 Tosari – Wonokitri 3 km 10 mnt  
5 Wonokitri – Gunung Bromo 14 km 30 mnt  
6 Wonokitri – Gunung Penanjakan 14 km 30 mnt  

PASURUAN – WARUNG DOWO – GUNUNG BROMO

  Rute Jarak Kendaraan jalan
1 Pasuruan – Warung Dowo 4 km 15 mnt  
2 Warung Dowo – Tosari 36 km 50 mnt  
3 Tosari – Wonkitri 3 km 10 mnt  
4 Wonokitri – Gunung Bromo 14 km 30 mnt  
5 Wonokitri – Gunung Pananjakan 14 km 30 mnt  

PROBOLINGGO – TONGAS – GUNUNG BROMO

  Rute Jarak kendaraan jalan
1 Probolinggo – Tongas 30 km 20 mnt  
2 Tongas – Lumbang 8 km 20 mnt  
3 Lumbang – Sukapura 8 km 20 mnt  
4 Sukapura – ngadisari 15 km 20 mnt  
5 Ngadisari – Cemoro Lawang 2,5 km 15 mnt  
6 Cemoro Lawang – Gunung Bromo 2 km 10 mnt 30 mnt

LUMAJANG KE GUNUNG BROMO

  Rute Jarak Kendaraan Jalan
1 Lumajang – Senduro 25 km 1 jam  
2 Senduro – Burno 14 km 50 mnt  
3 Burno – Ranu Pani 29 km 3 jam  
4 Ranu Pani – Jemplang 8 km 1 jam 3 jam
5 Jemplang – Gunung Bromo 8 km 40 mnt 1,5 jam
About these ads
Explore posts in the same categories: Rute Pendakian

83 Komentar pada “Gunung Bromo”

  1. marga Berkata

    Bromo dengan padang savana dan ranu pane merupakan tempat yang tak terlupakan dan sering aku kunjungi…..ada fajar yang merupakan harapan baru membelah bekunya malam, sinarnya merekah merah merobek pekatnya kabut, kilauan embun dipucuk-pucuk padang savana yang menawan,lautan pasir yang terhampar bagai perjalanan hidup yang harus dilewati….kami tgl.17-19 Mei 2007 mo travelling ke bromo lagi untuk kesekian kalinya….see you in bromo….

  2. catros Berkata

    wow….
    sukses deh ama perjalanannya…semoga selamat sampai tujuan dan kembali kerumah masing2…
    share pengalamannya dong disini…

  3. S 03 CI Berkata

    Hi..salam kenal…
    Mau tanya2 soal Bromo nieh…
    karena gue ada Planning ke sana akhir Mei ini [semoga gak ada halangan]
    Bisa info penginepan murmer di daerah situ gak ? krn kebetulan gue bukan pendaki :))
    thx b4

    S 03 CI

  4. catros Berkata

    wah…banyak banget yah penginapan kelas melati disana….ratenya sekitar 25.000 – 100.000…. abtara malang – probolinggo

  5. ayoE Berkata

    tolong doung seklaian am estimasi biayaNya …..
    jadi g survival nti!!

  6. inu Berkata

    salam kenal yah..
    ga brenti-brenti deh berdecak kagum kalo sudah ngebahas Bromo.
    pengen banget kesana, liat Kasodo sama kawahnya.
    tapi ko’ belum kesampean terus ya.
    tapi kalo ngebaca ni tulisan, hasrat buat cepetan kesana semakin gede.
    semoga cepet kesana.
    makasih udah ngebagi pengalamannya.

    semoga hasratnya segera bisa terlaksana…

  7. anies Berkata

    hi….

    sebenarnya ax pengen bgt kesana tp skulku g’jd kesana pdhl ax dah daftar,ax sedih bgt!mg aja ax bs kesana secepatnya!!dgn informasi ini membuatku makin penasaran deh!!mksh informasinya….

  8. anies Berkata

    salam kenal…
    wah,kayaknya seru bgt nih!!ax jd pengen kesana….
    ax harap ax bs kesana…….
    dan makasih informasinya yah….

    moga2 dalam waktu dekat kamu bisa pergi kesana
    amin..!

  9. Edy siswanto Berkata

    GUNUNG BROMO MEMANG SANGAT INDAH , HAMPARAN LAUT PASIR YG LUAS, SAVANA,GUNUNG PENAJANKAN YG MENAWARKAN KEINDAHAN PEMANDANGAN MATAHARI TERBIT, JUGA BISA MELIHAT LETUPAN G. SEMERU YG SETIAP 15 MENIT, JUGA PEMANDANGAN GUNUNG BROMO, BATOK, WATANGAN, SERTA KEINDAHAN GUNUNG ARJUNO,
    KAMI MENGELOLA HOTEL LAVA VIEW DAN LAHA HOSTEL YG MENAWARKAN TEMPAT MENGINAP DIMANA HOTEL LANGSUNG MENGHADAP KE KAWAH BROMO HUBUNGI KAMI DI globaladventure@indo.net.id http://WWW.GLOBALADVENTUREINDONESIA.COM

  10. sugenk Berkata

    Bromo Tengger Semeru memang sangat eksotis apalagi jika perjalanannya melalui Malang.dan jangan lupa di Malang telah ada sejak lama Oprator Tour yang bernama Baronang Adventure tour yang sangat berpengalaman dalam memandu para wisatawan dengan melihat dan menikmati bromo dari sisi yang lain . dijamin sangat memuaskan. call me at 08883810066

  11. sugenk Berkata

    Oprator Tour yang bernama Baronang Adventure tour yang sangat berpengalaman dalam memandu para wisatawan dengan melihat dan menikmati bromo dari sisi yang lain . dijamin sangat memuaskan. call me at 08883810066

  12. sugenk Berkata

    Malang-tumpang-cobanpelangi-ngadas-jemplang-ranupani-bromo by Jeep with Baronang Adventure Tour very fantastic. you must try our pacackge tour.only one real Adventure at Malang

  13. Tom Berkata

    Kami berencana mau keliling Jawa & Bali dgn kendaraan sendiri pada akhir tahun ini. Pertanyaan saya kalau saya:
    1. Kalau saya pengen ke Bromo (Harapannya bisa lihat Sunset), jam berapa berangkat dari Surabaya agar sampai sebelum matahari terbit di Bromo.
    2. Sampai dimana saya ganti kendaraan 4×4 dengan driver berpengalaman, apakah saya bisa menggunakan kendaraan sendiri CR-V 2×4 sampai Cemoro Lawang?
    3. Sekian terima kasih

  14. junet Berkata

    u Tommy
    mbl anda bisa sampai cemoro lawang,lalu ganti dengan jeep disana . bila ingin yang lebih eksotis dan lengkap paket tournya anda bisa lewat malang. sepertinya boleh juga nyoba Baronang .

  15. ida dyah Berkata

    aq sbrnya bkn pendaki, tapi aq tuh sering nya berwisata ke daerah2 pedalamn gitu, aq pernah ke pedlm suku baduy,kampung naga, trus klo daki gunung juga cuma wilayah jawa barat aja, rencana aq sm tmn aq itu bulan desember kan mau ke gng bromo, trus kendalanya cuma bingung nyari temen nya aja, lebih banyak kan lebih seru, klo mo daftar jd anggota pendaki itu ke siapa and kemana ya? thnks.

  16. rahmat mario Berkata

    klo dari palembang,kira2 naik travel/bus jurusan apa ya sampe ke malang,dan jam brapa kira2 sampe sana nggak ke sore an.
    terima kasih.

  17. Nia Berkata

    Hai…salam kenal,rencananya desmber nanti aku n tmn2 mo tour ke bromo. Pengen bgt liat sunset,tp ini kan musim penghujan jd kira2 pemandangn sun rise kliatan g ya?n tlg ksih tau dong rute dr jogja ke bromo biar ntar g nyasar.thank you!

  18. Nia Berkata

    Ralat : bukan sun set tp maksudnya sun rise

  19. Leon Berkata

    Hi Guys, yang aku sukai dari gunung Bromo yaitu berkuda. Disitu banyak orang yang nyewain kuda lo. Harganya Rp 20.000,- (harga bulan februari 2007) dan penjual bunga eldeweis. Bunganya punya beragam bentuk dengan beragam warna. Para penjual memberi harga Rp 5.000,- untuk 1 jenis, tp Klo pintar nawar bisa dapat 5 jenis dengan harga Rp 11.000,-. selain gunung Bromo, ada juga tempat yang g kalah menariknya yaitu Gunung Penanjakan. Letaknya g jauh lo dari gunung Bromo. Dari sini kalian bisa menyaksikan keindahan gunung Bromo. Kalau kalian kesini, harus bawa mantel, sarung tangan, syal, topi, dan pakaian hangat. Jangan lupa kaos kaki sama minuman + makanan hangat. Tapi di Gunung Penanjakan sendiri udah ada kok nyewain mantel dan jual perlengkapan lainnya. Saran terakhir, jangan bawa sabun cair, kalau kalian lg g beruntung sabunnya bakal beku cos disana dingin sekali….. Temperaturnya mencapai 5 derajat celcius, bahkan minus.Keren kan…..

  20. joy kastari Berkata

    menurut gua kita sebagai ank pendaki kita harus ber syukur atas …tuhan memberi indah
    nya alm” yang sangat indah bagi kita semua…slammmmmmm………..rimbaaaaaaaaaaa”””””’;;;;;;;;;;

  21. ibenk Berkata

    saya berenca tahun baru ini di bromo. bisa tidak saya bawa mobil panter dr malang melewati lautan pasir bromo? Apa ada alternatif yang paling asyik?

    wah..panter ke bromo ?
    bisa aja sih, tapi dengan syarat supirnya harus jago & menguasai medan + cuaca bagus

  22. Aneeta Berkata

    Yuupppp!!!!!!….. penyesalan yang ada, agustus’2007,, mahameru tak dpt ku raih,, perjuanganku hanya smpai kalimati.. trnyta fisik mentalku blm ckup bagus u/ mncapai puncak semeru,,,,…
    2008… moga ku bisa mencapai puncak mahameru,, puncak abadi para dewa… with sobat-sobat tercintaku…
    “sebuah kecintaan atas kelengangan liar pada bukit-bukit sekitar”

  23. difardi Berkata

    Seru banget sih petualangannya. Very inspiring!!!!!!
    Kira-kira ada gak paket tour seperti yang sudah Catros tempuh? Kemarin lihat di Trans7 ttg Bromo ini. Padang rumputnya, pemandangannya…..Keren bangettttt, kayaknya gak afdol jadi orang Indonesia kalo gak absen di Bromo ya, he….
    Tolong dong, bagi2 info kalo mau wisata ke Bromo itu sebaiknya bagaimana. Kali-kali aja ada info terkini…. Maklum saya masih amatir banget utk urusan berpetualang.
    Nuhhhuuuunnnnn……………….

    banyak kok travel agen yg menyelenggarakan tour ke Bromo, coba search aja di google, bisa pake key “Wisata Bromo”

  24. aip Berkata

    Haiiii…..Salam kenal…. Aku blom pernah nih ke bromo, crita temen2 asik katanya. rencana sih Aku mau brangkat ke Bromo pertengahan maret 2008 dari jakarta, ada yang tau rute paling enak ga?? mau dong ….. o iya skalian minta tafsiran biayanya yaa… Thank Before.

  25. anjar Berkata

    lewat probolinggo, dari sby naik bus turun di terminal bayuangga (Rp.12000/org). kemudian nyari angkutan ke cemoro lawang, bisa naik bison(warna Hijau kebiru-biruan) ato bus kecil (tapi nunggu penuh, br mau berangkat) saran:lebih baik naik bison, nyarinya diluar selatan terminal harga bisa di nego (Rp 12000-15000/org). total perjalanan 4 jam dari surabaya. setelah nayampek d cemoro lawang jangan lupa bayar retribusi (bt asuransi) (Rp 5000/orang)

  26. aip Berkata

    Thank Anjar…..!!

  27. jOe_LucHu Berkata

    Haiiiii……saLam keNaL yA??;)Wuaah……bRomO tUcH seRu bgT ya??pa Lagi pas da acara yadHya kHasada yang dilakukaN oleh sukU tenggeR…..bWt sEmerU…….KEREN AABBBiiiiiEeeZZZZZzzzz……jd ingEt pendakian pertama gW ke maHamerU?padahal itu pendakian gunung pertama gW LocH!!(maklum hobi gW fotografi di bid.jurnalistik)..daN GokiLnya gW bisa sampai puNcak berkat temeN2 gW yang sLalu gW sayangi…sO sWeet dEcH;)kapaN ya gW bs ksaNa Lagi??Luv yOu bRomO_semerU, aNd tEmeN2 FOKUS dR UMM…sEE yOu aGAIn bOoo…:)

  28. bontot Berkata

    gw merupakan orang awam mengenai pendakian atau adventure kayak gini…tapi pengen banget nih ngeliat indahnya bromo….kira2 ada ga sih semacam organisasi atau agen pariwista yang suka nyelenggarain jalan2 ke bromo. selain itu kira2 biayanya berapa? oh ya satu lagi, kalo ksana enaknya bulan apa? karena kan harus disesuaikan dengan kondisi cuaca jg…

    thanks ya

    banyak kok travel biro / biro perjalanan yg menyelenggarakan tour ke bromo
    coba googling aja

  29. Ded Suhe Berkata

    bener-bener pmandangan yang nga prnh terlupakan walau qt telat datang ke sana yg rencana jam 4-5 pagi ternyata jam 7-8 pagi jadi keduluan sama matahari trus kabaut yang bikin qt ng abisa liat batok, bromo, dan smeru dari Pananjakan tp apapun qt puas ada di bromo wlau hanya sebenatar aja turs naik kudanya juga lumayan yahud kyk film koboy aja

  30. anugrah Berkata

    klo pngen tau harga wisata ke bromo aq juga bisa biki paketnya……………..!

    tanya oom google aja, pasti ada banyak..

  31. lintang Berkata

    wa…’ bromo bener bener bikin orang kesemsem, ingat pasir berbisik dan rumput savana bener2 aduhai sungguh bikin kangen, 1 lagi wisata yg tidak kalah menariknya songa wa.. rafting disana bikin jantung berdetak nyut2

  32. elita sari Berkata

    pengalaman di Bromo bersama teman2 kulh di thun 2005 sembari menunggu wisuda.sebuah perjalanan,yg g pernah terencanakan. dan krn itulah perjalanan ini menjadi tak terlupa. sekedar iseng ‘yuk ke bromo aja’ kita nekat brgkt, pdhal kita buta informasi lho…. Bromo,adalah kenangan yg kuharap berulang kembali….bersama sahabat dan orang2 terkasihku….

    wah…asiknya bisa adventure ke tempat seperti bromo, apalagi perginya gak pake direncanaain…ditambah ama orang2 tersayang…makin asik aja deh

  33. anton Berkata

    istimewah……..
    puncak mahameru

  34. YULI VISTARIA TANJUNG Berkata

    WoOw….luar biasa…
    hamparan laut pasir… sunrise…pemandangan indah…menanjak…mendaki kira2 250 anak tangga utk melihat kawah Bromo…wah komplit deh…
    walau bru sekali kesana…masih terbayang saat melihat foto2 bersama temen2 wkt study tour kesana…keeeeeeerRReeeeeeeen deh pokoknya….
    pengen kesana lagi deh…
    jd kepikiran ntar klo bulan madu nya kesana az deh….he….100x
    seru kale yaCh…

  35. thyA Berkata

    nanya donk, kakeku kan lagi ngindam banget nih ke gunung bromo, inshallah no probs, karena beliau masih aktif sekali.
    tapi, kalo untuk nenek yang berumur 72 tahun, bisa ditempuh gak yah?
    jalannya susah gak untuk menuju ke pananjakan. makasi jawabannya…

  36. Dewa Semarang Berkata

    Sudah lama kami pingin ke Bromo….. Rencana Liburan Lebaran ini kami sekeluarga mau ke Bromo, ada saran karena kami ber4 (dengan 2 anak 11 thn dan 5 tahun). Trim’s

    sarannya…siapin duit yg banyak…hehehehe…
    karena bawa anak kecil, mending disananya numpak kuda ajah biar gak cape gendong
    trus jangan lupa bawa jaket yg tebe, sekalian zebo / penutup kepala kasian disana dingin banget dan anginnya kenceng
    selamat berlibur…!

  37. ist Berkata

    gue dah coba rutenya,asik berat

  38. eko Berkata

    seru banget kali ya ke bromo. gw ke sana th 93, ada yang bisa kasih info ttg penginapan gak? sekalian harganya fren, kayaknya akhir tahon mau ke sana. tks berat

  39. ch3phy Berkata

    Gila…..!!!keyen bgts…………..untungnya gua pernah kesana so,g penasaran bgts

  40. giet semarang Berkata

    bromo? aq kangen…

    aq ber2 ama teman dari semarang, ke bromo tgl 17 aug 2006. naek motor honda new supra fit. mungkin rekan2 aga percaya yaa? aq sendiri hanya modal nekat aja. he2.
    arah yang aq lewati sih kota PASURUAN. jalurnya mulusss..lusss kyk betis artis he2.
    tanya2 orang pasuruan arah menuju bromo. trus dikasih info arah NONGKOJAJAR! untuk tujuan terakhir desa WONOKITRI. penginapan penduduk bentuknya seperti kos-kosan anak kuliah gitu! dari situ bisa sewa jeep atao minta penduduk jadi guide. ke arah puncak penanjakan juga dekat cuma 14km. Yang aq terheran-heran waktu sampe di puncak penanjakan sekitar jam 5 pagi, ada wisatawan lokal ngajak anaknya yang masih baby! padahal suhunya duinginnya..wow…

    aq lewati aja padang pasir dengan motor honda, meski awalnya susah tapi menantang. sampe juga ke tempat parkir.

    let’s go bromo…..

  41. budi Berkata

    fantastic !
    gw kagum banget dg keindahan bromo, untuk itu gw ada rencana ke sana. Tp gw boleh dong minta infonya mengenai biaya perjalanan bila dihitung dari malang ke bromo PP. Asal gw dari Jakarta, dan bagaimana mengenai keamanan bila gw ke sana hanya sendirian.
    TQ

  42. Aji Berkata

    Menarik sekali membaca tulisan tentang perjalanan ke Bromo. Saya dan kerabat berencana melakukan perjalanan ke Bromo pada awal Januari ini dgn mengambil rute dr Malang. Bisa saya minta info mengenai perjalanan ke Bromo dr Malang? Dgn transportasi apa? Dimana sebaiknya mulai menyewa hardtop dan berapa biayanya? Juga dimana sebaiknya mengambil penginapan (yg murah meriah)? Oh ya satu lagi, bgmn pemandangan alam sepanjang rute Malang – Bromo? Mohon diberikan info lain berkaitan dengan rute Malang – Bromo, mengingat kami belum banyak pengalaman dlm bepergian. Terimakasih atas bantuannya,

  43. ahmad Berkata

    halo salam kenal,

    terima kasih saya buat penulis tentang seputar gunung bromo dan juga para komentator, keterangan diatas sangat berguna buat saya yg berencana pergi ke bromo dengan anak istri insya allah sekitar Juni or September 2009 nanti, tapi bila memungkinkan saya dengan teman-2 cowok akan pergi dulu sekitar Feb-Mar ini. Sekali lagi terima kasih banyak.

  44. d'wOx Berkata

    Duch… ajiiib bener tuch. suatu saat aku ma anak2 (khususnya yg belum) di kampus UIN Bandung pengen kesana. doain ya… semoga anak ada umur, amiiiin.

  45. na Berkata

    dulu aku pernah lihat gunung bromo wkt di TV…dan semenjak itu jd mimpi pengen ksana.yg pengen aku tanyain,gmn rute dari jkt mnuju gunung bromo sana? untuk 2 org tp dalam rangka wisata bkn hiking.trus kita nyari penginapan yg tepat dimana?pengennya sih,liat sunrise gitu…

    Banyak kok tours / travel yg bikin acara / paket ke bromo, coba deh cari yg terdekat dari rumah

  46. ade Berkata

    salam knl …. ……
    wah d bromo tuh mank seru…
    supir nya gak bleh mabuk tuh…
    nanti masuk jurang aja….

  47. Adeep Berkata

    Thanks infonya mudah2an bnyak membanti. insyAllah seminggu lg saya dan teman saya mau ke Bromo. sudah lama sekali saya ‘ngidam’ pengen ksana. kami dari Banjarmasin. modal googling aja, trus nekad brangkat. muga2 perjalanan kami lancar. ga sabar pengen merasakan petualangan spektakuler n mengagumi kebesaran Tuhan.

  48. ade rahmat Berkata

    ada guide yg bisa arrange tou disana ga?
    gw ada tamu nih
    tolong contact gw di 08161412129
    serius

  49. hani purnomo Berkata

    Gue dah pernah kesana nov 96. gue jalan dari tumpang malang, ranu pani, semeru, bantengan trus kebromo. asyik juga. pengin lagi rasanya kesana, tapi umur gue dah cukup tua and dah punya anak. Ingin rasanya nostalgia. cukup lihat foto aza klo kangen.

  50. afin Berkata

    Ada yg bisa ngasih tau jalur yg mudah bwat ke bromo dari lumajang g? Skalian tempat2 penginapan dan biayaX… Tolong y… Please :)

  51. Herry Berkata

    Hi..salam lestari
    gw rencana mo ke bromo pake kendaraan sendri…
    enaknya pake jalur mana ya…gw berangkat dari bandung..
    ada yang mo berbaik hati ngasih petunjuk???
    thanks ..

    • fauzi Berkata

      hai… salam kenal…
      Gw fauzi, tgl d bandung jg…
      ada rencana mau ke bromo dalam wkt dkt ni…
      blh barengan…?

  52. sodiq Berkata

    jika ada acara diprobolinggo bolehkah gabung?

  53. ega Berkata

    Wah bromo emang bagus lho….cocok juga buat hunting foto….mantap……

  54. Miko Berkata

    Informasi..

    Apa ada yang expert untuk kasih suggestion program tour ke Gunung Bromo+Safari Park+Jatim Park di Batu..

    Planningnya,

    Day-01:BALI-BROMO (Sabtu)
    Berangkat dari Bali Jum’at Sore/Malam pakai Bus sendiri kemudian ke Bromo. Tiba di Bromo di awal pagi kemudian acara di Bromo untuk melihat sunrise..istirahat+makan pagi kemudian menuju ke Taman Safari. Perjalanan dilanjutkan ke Kota Malang dan city tour di Malang kemudian menuju ke kota Batu, menginap di Batu.(B/L/D)

    Day-02:JATIM PARK (Minggu)
    Acara di Jatim Park serta dilanjutkan ke beberapa tempat yang bagus di seputar Batu sebelum meneruskan perjalanan kembali ke Bali. (B/L/D)

    Yang kami perlukan informasi harga per orang untuk acara tsb diatas diluar Bus dan penyebrangan karena kami bawa sendiri dari Bali…

    Jumlah peserta rencana sekitar 40 orang dan schedulenya di Bulan Agustus 2009…

    Bagi rekan-rekan yang expert untuk organize tour tsb, tolong di info ke kami..

    Regards/Miko

  55. fauzi Berkata

    hai…
    mau nanya ni, kalau ongkos dari solo ke gunung bromo berapaan ya…

  56. eyigg Berkata

    hallo .
    mo tnya nie .
    kalo dari jombang enaknya lewat jalur mana ya kalo mo kbromo ?
    trus , jalur yang aman kira2 yg mana nuy ?
    tengs before

  57. acep Berkata

    salam kenal. makasih atas informasinya jadi pengen cepet-cepet ke sana.rencananya mau bulam juli berangkatnya pas liburan sekolah.salam kenal aja dari paku buana.

  58. ken soegenk Berkata

    BARONANG ADVENTURE TOUR MALANG , PROFETIONAL OPERATOR TOUR ADVENTURE WITH BROMO-TENGGER-SEMERU.
    dRIVER AND GUIDE PENGALAMAN
    ARMADA JEEP 4 X 4 SAFETY GUARD , EQUIPMENT ADVENTURE
    BASE CAMP : TAMAN NIAGA RAMPAL KAV.1 MALANG
    FAX.0341-352218
    081233361119 – 0341-7588156

  59. ken soegenk Berkata

    BARONANG BROMO-TENGGER SEMERU ADVENTURE TOUR
    E.mail : ken_sugeng@yahoo.com


  60. Tahun kemarin mau ke Bromo tapi malah gagal.

  61. Yunetha Berkata

    Sepertinya honeymoon sambil nikmatin indah nya bromo seru ya…

  62. Anonymous Berkata

    Sepertinya honeymoon sambil nikmatin indah nya bromo seru ya…Apalagi suasana nya mendukung bngett..Smoga deh..Jodohku mengajak aku kesana..Ngarep.com.. :)

  63. Antonius Berkata

    Hayo siapa yang mau ke gunung bromo lagi?
    Kami sediakan Paket Wisata Over Land Jkt Bromo Bali.
    Berangkat tgl 28 Des 2010 s/d 4 Jan 2011.
    info lengkap klik http://yagol.wordpress.com

    salam untuk semua pecinta gunung Bromo.

  64. manggala Berkata

    mau tny, klo k’bromo dr jakarta enak’y naik ap yah ???
    tlg d’rinciin naek ap dan ongkos’y brp ???

  65. Anonymous Berkata

    Slm knl
    mau tanya klo kbromo dr jkrt enak’y dr malang pa surabaya ya?

  66. Ruli Berkata

    Saya tahun baru ada rencana k G.Bromo.. Ada yg tau ga tempat berkemah d daerah itu.??
    Jika ada yg tau.. Mohon kasih tau ya.!! Informasi itu sangat berguna bgi saya..
    Terima kasih..

  67. ilhamrsd Berkata

    wow infonya lengkap, saya rencana mo ke bromo awal tahun.. slm kenal..

  68. edi Berkata

    salam kenal…..
    ada yang kenal dengan Skrekanek-er edy mulaksono (adhit/surya/guondrong)? tlg infonya kalo ada email yang bisa dihubungi. trims….


  69. mampir nich dari jakarta selatan…
    also visit jasa pengamanan

  70. Anonymous Berkata

    hy.. mau nanyani teman-teman.. kalo dari malang ke bromo bisa pake kendaraan pribadi sampai di puncak nga???

  71. Anggara Berkata

    jarak tempuh antara semarang-Gunung Bromo kira-kira berapa Km?

    • Anonymous Berkata

      kalo lewat Salatiga – Karanggede – Sragen – Ngawi – Nganjuk – Jombang – Mojosari – Sukorejo -Wonokitri, sekitar 385 atau 9 jam perjalanan..

  72. wisata bromo Berkata

    Gunung bromo emang layak dan wajib di kunjungi… :)

  73. ner Berkata

    siapapun pasti terkesima dengan keindahan bromo

  74. sug Berkata

    best place in indonesia!

  75. Anonymous Berkata

    senengnya,,bsa baca perjalanan ke bromo,,dari dulu pengen bgt kesana,,dan baru brencana ksana d bulan juni ato juli,,,semoga hasrat yang lama ga terpenuhi bisa terpenuhi,,,,,
    sepertinya cantiiiikkkkk sekali,,,,


  76. jika ada yang membutuhkan bantuan untuk liburan ke gunung bromo bisa menghubungi saia

  77. wisata bromo Berkata

    bromo tiada duanya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: