Misteri Gunung Ciremei

Misteri Gunung Ciremei

Tempat – tempat yang kebetulan menjadi pos tetapi mempunyai nuansa mistik teramat kuat. Uniknya, tiap – tiap nama pos mempunyai latar belakang tersendiri serta berbeda antar satu dengan lainnya. Di antaranya adalah blok kuburan kuda. Di areal ini konon terdapat kuburan kuda milik tentara jepang. Kuda tersebut , biasa dipergunakan oleh para kempetai untuk mengontrol para pekerja rodi yang menanam kopi. Dan kuburan yang terletak di sebelah barat jalur pendakian, sampai sekarang masih ada dan dikeramatkan oleh penduduk setempat.

Blok papa tere lain lagi. Konon, dahulu di sini pernah terjadi pembunuhan terhadap seorang anak yang dilakukan oleh ayah tirinya . Bermula, sang anak diajak oleh ayah tirinya untuk mendaki gunung Ceremai. Setibanya di tempai ini , sang ayah langsung menikam anaknya hingga tewas.

Sedangkan blok batu lingga merupakan tempat yang sangat disakralkan oleh penduduk setempat. Untuk itu, guna menghindari hal hal yang tak diinginkan maka para pendaki pun dilarang untuk menduduki sebuah batu besar atau berbuat yang tak senonoh di tempat ini. Konon, batu ini pernah dijadikan tempat berkotbah wali songo kepada para pengikutnya . Di dekat batu lingga terdapat sebuah in memoriam pendaki. Menurut kisah pendaki itu tewas karena sesuatu yang aneh di batulingga. Tepatnya, pada tahun 1999 dan dari ketiga pendaki, hanya seorang yang selamat. Sedangkan dua lainnya tewas dengan mengeluarkan lendir dari mulutnya. Menurut kepercayaan, blok batu lingga ini di jaga oleh dua makluk halus bernama aki dan nini serentet buntet.

Blok sangga buana, yang arti harfiahnya adalah penyangga bumi. Areal ini berfungsi untuk menahan aliran lahar bila gunung ceremai meletus. Maksudnya agar lahar tidak mengarah ke linggarjati, tetapi ketempat lain.

Dan akhirnya adalah blok pengsungan atau pengasinan tempatnya amat terbuka. Disini terdapat ladang yang tak pernah layu , edelweiss. Dari tempat ini kita dapat memandang lepas keindahan kota Cirebon serta pemandangan laut Jawa. Bukan hanya itu, disini juga kita bisa puas memandang keindahan matahari terbit . Jarang orang mengetahui jika tempati ini sejajar dengan puncak gunung Slamet yang ada di jawa tengah. Menurut sejarah, pada masa pendudukan Jepang, pengasinan merupakan tempat pembuangan tawanan perang. Mungkin karena itu pada malam malam tertentu, sering terdengar suara jeritan atau derap langkah kaki para serdadu jepang. Sudah barang tentu, suara itu datang dari alam halus.

About these ads
Explore posts in the same categories: Dan Lain - Lain

89 Komentar pada “Misteri Gunung Ciremei”

  1. chika Says:

    mau…dong….ke gunung ciremai, pasti asyiik ya…. coba aqu ada temennya pasti ke situ…. kayaknya ok tuh…

    kalo chika mo cari temen untuk pandakian atau sekedar kongkow ama temen2 sehobi, coba gabung aja di forum Kaskus OANC

    –catros–

  2. idos Says:

    ^^

    setubuh

  3. renie Says:

    Wah enak banget ya yg udah naek k ceremai, gw rencana mau naek k ceremai tp ga prnh jd coz tmn gw sllu ga bisa alias sibuk jd gw tunggu tmn gw punya waktu dulu deh. klo ada acara ksna lg mau dong gw ikut.

    ciremai emang menarik untuk didaki..
    nanti deh kalo kita2 ada acara pendakian lagi nanti diajak….
    atau silahkan gabung ke kaskus OANC disitu banyak temen2 yg sehoby yg sering ngadain kegiatan bareng

  4. renie Says:

    akhirnya gw tgl 1 juni jadi juga naek k ceremai, wah t’nyata seru juga ya traknya nyaris tanpa bonus. Walaupun cape & pegel tp puas banget bisa sampai puncak.

    wah…congratz yah….
    tambah 1 pengalaman berharga dong….
    boleh dong share catper dan foto2nya….

  5. team kuliner ciremai Says:

    kapan-2 mendaki bareng team kuliner ciremai ye..tyap tahun, dari tahun 1997 team kuliner selalu hadir di puncak ciremai untuk bersyukur terhadap Allah SWT, dan me- refresh kan stress yag selama setahun team kuliner menjalani aktifitasnya..team kuliner terbentuk tanggal 26 mei 2006,. sblumnya team kuliner mendaki cuma iseng-2 doank.. lams ciremai TEAM KULINER .

    wew. kapan nih nih pelaksanaannya…
    ajak-ajak dong
    kalo perlu pengumuman bisa post disini, atau gue bantu post deh
    kirimin aja beritanya via email

  6. reiza Says:

    wah.. gw baru tau trnyata banyak juga ya hal mistis di gunung ceremai,, padahal gw baru balik dari gunung ceremai lho minggu lalu buat penelitian,,untung taunya skarang jadi gak ketakutan pas baca artikel ini,,anyway tenkyu ya udah buat artikel ini.. gw jdi tau tempat2 mana aja yang disakralkan..o iya nanti tanggal 17 agustus ada acara naik gunung ceremai rame-rame bareng MURI,, berminat ikutan??

  7. arie Says:

    enak y naek k ciremei
    pengen dech
    kayaknya asik tuch
    bahaya g sieh?????
    tmenku da yg mo ksna
    quw takut nie dy knapa2!!!!!


    asalkan persiapan, perbekalan dan didampingi ama yg udah berpengalaman gak apa2 kok…
    dan jagnan sekali-kali menantang alam

  8. agus Says:

    kabarnya akan ada pendakian masal ke ceremai sejawa dan memecahkan rekor ni bisa tau ga daftarnya dimana?

    wah saya malah baru tau tuh..
    coba nanti saya cari informasinya

  9. zack Says:

    ada yang mo naek k ceremai agustus akhir ? saya mo gabung,bagi infonya dong! thanks

    coba deh masuk ke Kaskus OANC
    disana banyak temen2 yg sehoby dan sering naik bareng

  10. sobur Says:

    wah saya jadi mau nih mendaki gunung ceremei apalgi liat pemandangan nya indah2…….
    kapan yah aku bisa kesana……..?

  11. Dyt Says:

    wiiiih srem ya…. tpi seru deh kyk’ya

    gwe dah ad rncna cm ga jdi2 mlu….

    mnta info’ya ya klo mau pda mndki G. ceremei

    key….

  12. lulu Luthu Says:

    SumPah 9unUn9 cIreMAi kEyEn aBieZ

    toP aBieZ……………….

    ToP bEgEtE

    9 aKan nYeSel DeH nAix 9unUn9 iNi

    9ooD LucK yA buAt yanG mAu nAiX

    • v-kong satoe bekasi Says:

      huy,,,,,,,,,,,
      nak mana nich,,,,,,,,
      u kpn hiking,,,,,,,???
      hiking bareng nyok ke ceremai bulan agustus insya allah mw ga,,,,,,,,,????

  13. nunu chubby Says:

    mAuuu dunk naik gunung ceremai……

    kemrin ci mw ikut py w gy ad urusan…

    duch ngeliat ceremai jd pengen naik….

    huhuhuhu (T.T)

  14. NiLo IREGMA Says:

    ada keunggulan tersendiri gk antara gunung cermai dengan gunung”yg ada di indonesia

    soalnya gw blum pernah..hhe* piss

    keunggulannya ?
    1. tertinggi dijawa barat
    2. badainya lumayan
    3. pelit sumber air

  15. Ibone maniez,, Says:

    awal maret nanti gue mau naik ke ceremai untuk ekspedisi pendidikan terakhir gw.
    doain yeee….
    supaya gue bisa balik lagi ke rumah tercinta gue..
    oK!

    selamat sampai di tujuan
    selamat sampai di rumah

  16. blue_sonic Says:

    “Jarang orang mengetahui jika tempati ini sejajar dengan puncak gunung Slamet yang ada di jawa tengah” maksudnya sejajar apaan y?
    Kalo sama tingginya kan jelas ga mungkin puncak slamet kan 3400 sekian mdpl..

    Sharing pengalaman ajah…
    Gw pernah ke sana 2 th lalu..lewat jalur kuningan. gunung ne kalo kata temen gw, yang ‘sebenarya paling berat’ diantara gunung2 yang laen..kenapa?
    basecamp na di ketinggian 500 mdpl, n puncaknya 3000an.
    bandingin ma gunung laen (yang ketinggiannya sekitar 3000an) basecampna rata2 d atas 1000 mdpl. jadi artinya perjalanan naeknya yang paling jauh….
    so….bisa di bayangin kan??

    but…keep spririt…mendakilah….
    ‘….dan ketika manusia mencapai puncak tujuannya, ia akan merasa betapa Tuhan telah menciptakannya sebagai makhluk yang kuat, bila dia mau beusaha….’

  17. dani Says:

    wACH,,,,,,,,, asykh NICH……. naek ceremai,,,,,,
    kami berempat rencana sich mw naex .
    tanggal 3 Maret 2008,,,,,,,,
    doain Z yach kami dari team Mapala Muci angkatan VII
    KILABUT PALUNGAN
    mW BERGABUNG?????????????
    Monggo Z lgy,,,,,,,,,
    Kami tunggu LOCH,,,,,,,KEYZ.

  18. ally Says:

    ada proker nh bwat maret-april…k ceremai..ada yang mw ktemuan d atas ga!!!!

  19. combat phyton Says:

    wilujeng tepang dulur sae kacida ceremai teh poko cuakep bgt

  20. fais Says:

    gw prnh pemandnganya benar2 asyik n penuh tantangan.g

  21. Anonymous Says:

    gw am tmen2 gw mlihat sesuatu yg aneh di gunung ceremai……………….
    hampir smua melihat

  22. odol pepso Says:

    kapan ada pendakian rame lagi neh

  23. alchadaf Says:

    salam muci…….

  24. alchadaf Says:

    to anak2 muci salam toek smuanye…

    • mba mei Says:

      salam muci juga, kangen mau ke ceremai lagi….
      kapan ank2 MUCI mau naek lagi???? call me Ok.

  25. romaens Says:

    talikaki talisepatu
    kitapendaki harus bersatu……..

  26. indra Says:

    apa c pantrangan yang gak boleh di lakukan di gunung ceremai

    pada dasarnya semua gunung punya pantangan yg sama..
    pantangannya umum kok, pasti deh udah tau

  27. topan Says:

    ciremai emg paling maknyus bwat didaki..wa dah 3x kesana ampe kenal ama yang tukang bawa airnnya tuh..kuat banget tuh orang kayak songoku

  28. abe Says:

    eh,gw bsk tgl 25 mo naek ni…………
    tmen2 yg laen da yg naek juga ga?

    x ja da jodo,jd bisa ktmu dsna!!!

    first time neh k ciremai…..

  29. jimmy Says:

    wawa dari critanya keknya gw smakin semangat buat naik nihh gunung….share tanggal bukanya pendakiannya dunk plisss……………

    kayanya selalu buka deh

  30. ari Says:

    ciremay.. love you pull.

  31. Tjahya Says:

    Boz… Klo ksn resiko MIsTISnya Pa Ja/ Pantangan Klo udh di Puncak Gunung ….

  32. Tjahya Says:

    Bang… W mau Tanya…. Klo Naik Gunung Ceremai… Panatngan pa…. Trus W Mw Bawa anak2 D Bwah Umur….. BLZ!!!!

    Pada dasarnya di semua gunung / tempat mempunyai pantangan yg sama
    1. Percaya hanya kepada TUHAN
    2. Jangan sekalipun meremehkan kondisi alam
    3. Jangan buang hajat sembarangan
    4. Jangan buang sampah sembarangan, [kalau bisa dibawa turun lagi tuh sampahnya]

    bawa anak dibawah umur sih boleh2 ajah asal gak ngerepotin dan kondisi perlengkapan, konsumsi & fisiknya memungkinkan

  33. yuni_mutz Says:

    20-22 Februari kemaren gw and temen2 dari mapala palaseta angkatan X melaksanakan pendidikan wagun ke ciremai lo…..wah seru banget lewat jalurnya Linggarjati lagi.

  34. oregs Says:

    gw mo tanya klo naik ke ceremai ntu ada berapa jalur y? trus paling enak naik jalur mana? yang pemandangannya paling memuaskan lewat mana? trus yang jalur tracking paling sulit,dan paling mudah yang mana? SAMa jalur yang paling serem kira2 yang mana y? Plizz balez, mungkin akhir bulan ni gw mo kesana…

    • rudy Says:

      1. jalur ada 3 : Linggasana (kuningan), Palutungan (kuningan), Apuy (Majalengka)
      2. pokoknya jalur linggasana paling komplit mulai dari yg serem sampe pamandangannya oke
      3.

  35. oregs Says:

    oya gw lupa disana ada binatang apa ja, masih banyak binatang buasna g?

  36. lebay Says:

    Btw ngeri kgk sih klw naik gunung itu w baca semua na jdi sentimen w.apa klw kita naik gunung di temenin sama juru kunci gunung cermai tsb..Btw bgi yng udah pernah naik gunung tsb bgi^^Dunk pengalaman na itung^^ buat bekal biar kgk kaget nnti na klw naik gunung cermai whwhwhwhwhw

  37. lebay Says:

    bgi orang yng belum prnah naik gunung gimna tuh…
    persiapan nya apaan aj ya….leh tau kgk…..apa aj yng hrs di siapain whwhwhw tq

  38. lebay Says:

    yah katanya nga boleh berbuat senonoh di sana tpi klw seandanya kita mau buang air besar (BAB) gimna brb nnti di sodok lgi sama mahluk gaib heheheh

  39. Agus Says:

    gw cm mau tanya berapa jam perjalanan ke puncak ciremei & berapa kali istirahat, soalnya gw ada rencana mau kesana, thanx

  40. NURUL D.LARASATI Says:

    ASIK BGT X Y NDAKI CEREMAI W JD MAU DEH…KASIH W INFO DONX TNTG CEREMAI..YAR W NYAMPE PUNCAKNYA…

  41. Zimbonk Says:

    Gw pngen naek Ceremai ni bulan JuNi K’lo jdi…..
    bwt tmn2kli ja da yg k’sono kan bisa bareng…

    salam dari gw nak WANAPAC (wahana pecinta alam cilandak)

  42. Indra Kusuma Says:

    gabung aj brow…kta mo naek pertengahan juni

  43. alifta Says:

    2thn yg lalu wktu pendakian massal w prna ikut
    tp alhamdulillah c ga nemuin yg cerem2..

    mk nya lg kangen pngn ksna lg

  44. riCo Says:

    yoiii.. emmamg loe ajja yg maooo …
    gw jg mao …,,
    doaiiian ajj gw amm kawand” selammmat

  45. nuramal firmansyah Says:

    ya tuch dri sini ja di losari prbatasan jateng jabar cirmai terlihat jelas paga n sore hari’cirmai bnar2 ayat ALLAH yg indah

  46. Risma Says:

    Ngemeng2 ceremai ma sangga buana sama ga c?tgl 27,bsk aq mw nanjak ke sngga buana ni,
    insy 411,d0ain y iar slamat

  47. irwan hermawan Says:

    kurang lengkap nie ceritanya?

  48. Tjipto Says:

    tahun baru rencananya gw mau k’ceremai..mau ngerasain tahun baruan di puncak ceramai…
    dao’in ya biar slamet sampe tujuan….!!

  49. agung Says:

    gunung ciremai salah satu gunung tertinggi di jawa baratj

  50. elin Says:

    wah, desember abis ujian ini aku ama tim pecinta alan PASMA 54 mau naik kecermai nih (hehe,, pendakian pertamaku),, klo boleh tau apa aja sih ke unikan cermai yang tersebar selain nuansa mistiknya..??

  51. tantan massa Says:

    wah tuh mas cuma mitos doank….klo batu lingga yang sekarang tuh ganti batu lingga yang dulu….klo batu lingga yang dulu udah gw gulingin ke jurang ma anak2 PA dari magelang….liat azza k jurang…cos dipake tempat kmusrikan…coba tanyain k pa edi yang punya warung di condang amis…..

  52. ubay Says:

    wah bener bgt tu cz w pernah naik gunung ciremai pas gw tidur di tenda eh malem nya ada suara pajalan kaki ramai

  53. edi ahmad Says:

    TAHUN 93 SAYA NAEK CEREMAI BERDUA SAMA KANG YUDI DR ZABRA BANDUNG, SETELAH 17 TAHUN GIMANE PERUBAHAN GN CEREMAI YACH ?!!!!

  54. tri fauzi Says:

    wara-wara
    temen” da yg mo ikutr ga ntal abiz lbaran sya mo naek gunung ceremai ya klo mo cich hub sya

    08997344164

  55. dodiatmaja Says:

    coba dong, ceritakan sejarah jalur yg d di palutungan,,jangan jalur linggarjati ajah…ok
    salam rimba semoga sejatera alam berserta isinya

  56. shelvia Says:

    vii sendiri yang rumahnya di kaki gunung ciremai,,,, bloom pernah naek ke puncaknya… kapankapan low mauu mendakii ajakajak iiia….. :D

  57. idriez Says:

    th 2009.. pngalaman trindah, mendaki gnung cremai,,, walau sempet sakit di pngasinan,, wlhamdullilah, akirnya sampe jga puncak…

  58. rastafara Says:

    buset setanyah banyak dong baru mau kecana abis lebaran ga jadi ah serem

  59. Nopry Slash Says:

    denger cerita lu jd kangen w sama puncak gunung ciremei mengenang 1 tahun yg lalu…..

  60. sihab Says:

    oooh, ternyta begitu tentang mistis gunung ciremai,..,
    ternyta ci bapa yng pnya anak tega banget ea, ampe-ampe, di bunuh anak’x sendiri,.,,..,


  61. tahun baru 2011 kemaren aku dan kawan2 melakukan pendakian di gunung ciremai,banyak hal mistik yang terjadi pada diri saya dan kawan2,tepatnya di tempat2 yang di sebutkan di atas.kalau mau tau ceritanya berkunjung k blog q ya

  62. Muh.Musfiqin Says:

    hai..semua para petualang ayoo ah kita naik ke gunung ciremai ..hub.085881915720.ok

  63. am Says:

    rasa susah, capek, emosi, sedih, takut, senang, indah, bangga bercampur dalam sebuah pendakian ciremai

  64. rudy Says:

    Gunung Ciremai berada dalam pengelolaan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai(BTNGC). petugasnya POLHUT (Polisi Kehutanan), PEH (pengendali Ekosistem Hutan).
    Mitra BTNGC : masyarakat sekitar yang tergabung dalam Mitra pengelola pendakian gunung ciremai.
    kalo ada apa-apa hubungi 0232 613152 or btn_gciremai@ymail.com or http//btngciremai.blogspot.com or 081511946953 (penyuluh kehutanan)

  65. khelink Says:

    baru kmren w turun dari ceremai, ternyata tracknya mantappppppp bgt dah … ga da obatnya … alhamdulillah selamat … ya hanya sedikit yg melihatkan wujudnya, klo mang tujuan kita baik mah … yg terpenting salam jah … yang mau berangkat semangat dah

  66. soleh Says:

    walau pun cape tapi mengesankan tau,,,,poko ea persa’n ea campur aduk deh!,,,

  67. Anonymous Says:

    Bwt kawand” da yg mw naik g k cermai taggal 1-2 september 2011,
    Klu da kbar”in ya,
    Wassallam…

  68. arpala depok 02 Says:

    adventure never die

  69. Anonymous Says:

    salam rimba,,,
    saya ingin berbgi pengalaman
    sy udah 5 kali naik ke puncak ciremai alhamdlah smua’y lancar
    dlm perjalanan yg ke 3 ini bener” gaib
    di awali dngan bismillah km brngkat dng 6 org sehabis ashar kami jln lewat jalur palutungan karena nguber ingin sebelum maghrib hrus nyampe cigowong kami ambil jlan pintas yg sudah pernah sy lalui
    tiba di tngah jalan da tongkat kayu yg berdiri tegak,wktu mnjuk pukul 18:15, kami mengindahkanya tetap terus lanjut,tp aneh’y ko jln’y da persimpangan lg biasa’y ga ada,
    sy pilih belok kanan gelap mulai dtg,tiba” di dpn kmi ada gapura dr batu bata yg sdah berlumut tp aneh’y sy sudah ada di areal dlm gapura,ketika sy liat ada tulisan arab di atas gapura yg berbnyi ASSLAMUALIKUMALAMKUBUR
    smua’y mulai panik tp kami berusaha untuk tenang
    kami putar balik arah skitar 15 mnit kmi melangkah tiba” di sekitar,kmi melihat makam yg tertata bgtu rapih
    kmi terus melangkah terlhat di kejauhan ada cahaya dr lampu tempel,da sbuah bngunan dr bilik seprti surau atau sejenisnya,km ucapkan slm tp tdk da yg nyahut,kmi makin bingung pa maksud dr smua ini,kmi putar balik kembali,msh terlihat areal makam,tetapi tanah yg sy injak menjadi lunak gembor ky jeli,Alhmdlah sy msh melihat jln pertma sy msuk ke areal itu,kami putus kan kembali ke jalan pertama masuk turun hnya berapa meter,setelah melihat tanah agal landai kmi buka tenda,tenda berdiri pukul 22;30 kmi putuskan istirahat di lanjutkan besok pg,sekitar 06;30 pg semua sudah beres,
    kami lanjutkan perjalanan,
    sama seperti jln kemaren sore,
    setelah kami telaah jalan yg kemarin SUBHANALLAH tidak ada persimpangan lg,tidak ada gapura,tidak ada surau,tidak ada makam,hnya jln setapak lurus,itu yg sy alami bersma temen” di gunung CIREMAI,,,

  70. Fauzi Says:

    Bisa tampilkan gambar letak batu,yg di kramat

  71. anabhae Says:

    apakah gunung ciremai menyimpan rahasia lain??? misalnya ada peninggalan di peradaban masa lalu….

  72. indra Says:

    terakhir naik gunung ceremai past waktu 17an agustus bareng sama anak wana buana, masuk dilingkar djati nemuin jejak kaki macan,, wooww sampai post 3 break, gua sebagai leader siap ga siap buat bawa anak-anak jalan keatas..!! down sesaat

  73. Lukman bhae'lah soko jateng Says:

    Sbnrnya aju pnasarn ingn pendakian gunung cerme tp rencana sllu gagal..pendakianku slama ini hanya gunung slamet sbnyak 9 kali trmasuk d saat aktif siaga 3..aq brhrp suatu saat nanti aq bs mencapai puncak gunung cerme.
    AMPLAS CLUB JATIBARANG BREBES./KEMATUS CLUB GUCI TEGAL

  74. Nurul fajri Says:

    sangat bagus namun sayang banyak anak-anak yang tidak minat untuk membaca sejarah-sejarah zaman dahulu

  75. Idhu Geni Says:

    ooooooo…..begityu to critanya, riwayatnya, kisahnya….heheheh…saya main disitu +/- 3 tahun Alhamdulillah gak pernah ketemu nyang begituan….baru tau neh…sayangnya kenapa gak dulu-dulu wkt msh disitu ya….??? salam buat om Rizal,kang Agus Yudantara, Agustinus Sumarna, Syeh Suhi, Ntis, Kiki, Dwi..dll….(buanyak nehhh…gak muat)


  76. demi … bngt itu sungguh luar biasa banyak hal aneh…
    panjang ceritanya,,,,, v mantap juga …

  77. Anonymous Says:

    serem banget ya hiiiiiiii. Benar gak ya kalau Gunung Cermai jadi tempat pencari pesugihan.


  78. Aku sudah pernah naik G.Cermai Banyak kisah yg saya alami dari awal pendakian sampai pulang kermh di Jkt


  79. Kalau anda sudah pernah naik Gunung Salak Dari puncak 1 sampai puncak 7 lebih serem lagi .cerita team SAR itu benar semua.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 41 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: