Membuat Kompor dari Kaleng Soft Drink

12 oz and 330ml Pepsi12. Bali Hai Beer by Bali Hai Brewery.309. Bintang Beer. This is a 330 ml Beer can from Indonesia.
Fanta Cans through the years.

yg dibutuhkan disini hanya 2 buah kaleng bekas minuman ringan yg banyak terdapat dipasaran seperti gambar2 diatas (bukan promosi merk lho…!!) Diusahakan kalengan seukuran

STEP 1. Membuat lubang perapian.

Buat lubang pada bagian bawah kaleng sebanyak 24 atau 32 buah, agar rapi susunan lubangnya lebih baik diberi tanda terlebih dahulu, dan pergunakan jarum tebal / paku yg cukup tajam

STEP2.

Setelah pembuatan lubang selesai, lanjutkan dengan membuang bagian tengah kaleng dan potong setinggi kira2 4 cm

STEP 3.

Buat 1 potongan lagi bagian bawah kaleng seukuran dengan yg pertama tapi tidak diberi lubang dan tidak dibuang bagian bawahnya, karena bagian ini akan menjadi wadah penampungan bahan bakar

STEP 4.

Buat dinding sekat bagian dalam seperti ini dari bahah kaleng yg tersisa:


lalu satukan ujung2nya

beer.jpg

lalu satukan semua bagian seperti ini, bagian antara dinding luar dan dinding dalam boleh ditambahkan dengan serat fiber insulan

featgotorch_diagram

Testing :
fig_18a_l.jpg

**Catatan :

–Jangan lupa untuk menutup sambungan bagian atas dengan bagian bawah sebaik mungkin, pergunakan insulate / plaster tahan api yg banyak dijual dipasaran, atau kalo mau muarh dan meriah, bisa dibeli dipasar2 bahan untuk menambal panci bocor

–Sebaikinya sebelum di pergunakan, badan / body kaleng sebaiknya diamplas dulu untuk membuang cat yg menempel yg bisa bikin bau masakan

–Isi bahan bakar 1/4 bagian saja

–Sedikit kreatif dan usaha, bisa dibikinin kaki-kakinya dari jari2 sepeda motor

gotorch cup and stand.jpg

he he he he he he….saya yakin di Indonesia blom banyak yg bikin beginian, saya dah lama pakai..:D

About these ads
Explore posts in the same categories: Dan Lain - Lain

52 Komentar pada “Membuat Kompor dari Kaleng Soft Drink”

  1. noel Berkata

    g udh pernah pake,,,
    mirip2 c…
    tapi kalo gw langsung gw potong kalengnya n gw tuang spiritus ..
    simple!!

    kalo dilangsungin gitu, kurang efektif, karena sebaran apinya bakalan gak terarah yg bikin panasnya gak menyebar dengan baik, jadi boros.
    coba deh bikin yg kaya gene, sebaran apinya bagus, kalo bisa bikin windshield nya sekalian dari alumunium tipis, dijamin kecepatan dan efektifnya gak beda jauh ama trangia
    saya udah buktiin sendiri

  2. selembardaun Berkata

    klo kalengnya kecil gitu apa bisa ..?
    trus klo apinya nyebar kesamping itu, bukannya boros..?

    bisa kok, ukurannya mirip banget ama ukuran kompor trangia
    apinya emang menyebar, memang dibuat seperti itu karena kalengnya kecil, kalau terpusat nanti malah panasnya gak merata, masakan jadi gampang gosong ditengah

  3. mel Berkata

    jenius………..
    itu merupakan ide bagus yang bisa berdaya guna plus berdaya jual.

    cuma adaptasi dari kompor trangia
    mo beli yg asli tapi gak mampu he he he

  4. bgung Berkata

    berapa menit kira-2 apinya nyala. dan kalo untuk memasak/menanak nasi dari 1 ons beras kira-2 berapa kali isi ulang spiritus?? trims.Maksudnya, sebenernya efisien gag sih untuk kebutuhan rumah tangga kompor ini. atau hanya untuk kebutuhan darurat saja.

    Untuk memasak nasi dengan ukuran kaleng seperti digambar perlu maksimal 3 kali isi ulang, tidak disarankan untuk memasak kebutuhan dirumah, kecuali keluarga kecil, atau sedikit memasaknya, tapi sangat efektif untuk kegiatan outdoor, irit efisien dan enteng dibawa, mungkin untuk memasak dirumah bisa sedikit dimodifikasi dengan dibuatkan tutup yg bisa dibuka setengah.

  5. adhie nugraha Berkata

    idenya bagus banget tuh. coba kirim ke email ku biar dikumpulin dengan ide gila lain tentang bahan bakar alternatif yang ada di situs http://www.reader-extract.tk

    kan lebih enak kalo yang punya artikel yang kirim, jadi gak pake hukum copy paste.

    tul gak

    bravo alternatif energi

    silahkan copy paste ajah

  6. Wasiyan Berkata

    bisa bikin yg lbh besar gk? biar gk usah beli kompor gas, tp sayang harga spiritus n minyak tanah lagi mahal banget

    bisa kok, tinggal cari kaleng yg lebih besar, ikutin proses pembuatannya seperti disini, cuma beda ukuran aja kan

  7. nifs Berkata

    ide bagus …udah lama sih pengen beli trangia tapi belom kebeli juga…

  8. anKa Berkata

    Nice…. nice… coba ach…

  9. anKa Berkata

    anu anu anu… maaf jadi double comment… cuma mau nanya, itu lempengan yg ditengah gak di permanent kan… coz kalo dituang spirtus pasti keluar ke kiri kananya donk

  10. Khoirur Rozi Berkata

    wah kreatif sekali, patut dikembangkan

  11. ahmad Berkata

    klo sitim kaleng di bolongin di sekelilingnya atasnya di tutup. tuh gmn??… trus bahayanya apa

    karena hawa panas dan uap bahan bakar banyak tertahan didalam kaleng, kemungkinan besar akan meledak

  12. novan Berkata

    alhamdulillah..
    kenapa dulu gak ketemu ya artikel kayak gini??
    padahal sekarang udah jarang naek gunung..
    tapi tetep berguna artikelnya..

    saya jatuh cinta sama trangia tapi benci sama harganya…
    hahaha… asyik bisa bikin burner sendiri..
    thanks ya bang..

    dikalangan temen2 saya, kompor ini lebih dikenal dengan nama trangitros alias trangia ala catros…:D

  13. dias Berkata

    jujur ak pernah buat tp blm terpikir sampai ke penghematan dan penyebaran panas, jd emang boros bahan bakar.
    sippp… salut…

    dengan ukuran seperti digambar, kalo diisi 3/4 penuh, bisa nyala ampe setengah jam, kalo anginnya gak kenceng bisa lebih

  14. herru Berkata

    Moga aa penemuan ini bisaa bermanfaat,.
    dan di sini saya akan mencoba nya sebagai invention.


    Semoga bermanfaat
    silahkan kembangkan dan manfaatkan barang2 sederhana yg bisa dipergunakan lebih fungsional

  15. gorbone Berkata

    setau saya di kompor trangia itu ada benangnya buat penghantar spirtus ke lubang api biar lebih efesien. tapi mantap bgt nih artikel…. ada ide bikin penghalang angin gak biar kaya trangia beneran hehe..

  16. hamdi Berkata

    wak!! gila ni! maksi bgt mas tipsnya! pasti bakaln berguna bagi para pendaki! thxs

  17. andri Berkata

    saya tertarik tapi bahan bakarnya pakai apa ????

  18. Awy Berkata

    Sebenarnya sebelum ketemu blog ini sy sdh coba bikin atas ptunjuk dri teman, tp skdar dcritakan aja tnpa ada gmbar ptnjuk.sy coba bikin dgn imajinasi sndiri namun tdk prnah brhasil, 1 btol spirtus habis untuk menyalakn itupun dgn susah payah menyala.Namun stelah mlihat bog, trnyata sy salah bikin.Alhamdlulilh stelah liat gmbarx sy coba bikin sndiri dan berhasil…betul2 praktis.Makasi banyak atas sharing ilmunya,
    Yg mna dsebut wind shield? kl ptongan kalengnya lebih tinggi dr contoh yg ada apa ttap bagus?

  19. andri Berkata

    bahan bakarnya apa itu om …. m.tanah spirtus atau apa

  20. dhaniez Berkata

    gw juga pakee… tp gak gw buang tengahannya…. ribet… gw bawa ke ciremai kmaren… mantap…

  21. numpang_lewat Berkata

    kreatip!! :)
    bisa dipatenkan nih bang?! :)
    tapi kok ga semua gambarnya muncul yak? hmm… apa browser ane yg o’on ya? :(

  22. maz HANIEF Berkata

    .. Sekedar masukan….aja.

    Kalo lubang apinya di buat terlalu besar.. ternyata apinya jadi merah…. aku udah coba 2x dengan lubang seukuran paku kecil mmm..mm.m. diameter seukuran pensil raut….
    keungulan kompor ini tidak buat hangus panci, cuman menurut pengalamanku kalo ngak bener bener perhitungan dengan bahan bakar spiritus….sepertnya lebih hemat dengan bahan parafin….

  23. ciwin Berkata

    wah keren..ini om catros yg di kaskus bukan ya…

    yup betul bro..
    ada anak OANC juga disini yah..:D


  24. saya pernah buat di tahun 2007 karena keterbatasan dana buat beli kompor gas, maklum anak SMK. Lumayan abis

  25. zhumy maiezt fiena salawat Berkata

    aku biasanya pakai tempat ikan kaleng.

  26. Ikhwan Gaiz Azhari Berkata

    Mantap…..
    gak kalah dengan kompor gas
    waktu saya naik gunung saya mengandalkan kompor kaleng ini
    diisi spritus sampe hampir penuh bisa buat masak nasi n buat manasin air
    itupun masih ada sisa spritus di dalamnya

  27. getah Berkata

    saya ud biasa pake kompor ini sejak tahun 2001, awalnya gara2 lihat kompor bikinan penjaga basecamp Lawu di Candi Cetha, trus bikin sendiri

  28. Fauzi165 Berkata

    perlu diberi sumbu gak dipinggir2nya, karena kemarin waktu q ujikan nyalanya malah ada di tengah2 aja yang ada spirtusx, terus setelah q beri sumbu dari kapas nyalanya bisa seperti gambar diatas.

  29. arie Berkata

    bagus jg tuh idenya
    lumayan bwt klo gak da gas di rumah
    klo di bandingin ama gas murahan mana?

  30. arie Berkata

    td lp
    maksudnya sekat itu buat pa

    • catros Berkata

      dibandingkan dgn gas jela lebih mahal ini, tetapi inikan cuma dipakai dalam situasi tertentu ajah
      sekat dibuat untuk memisahkan ruang bahan bakar dgn ruang bakar agar tidak cepat menguap dan api jadi lebih terarah dan efektif


  31. kpn” tak cba est.
    klo cma bca doank msih kurang paham, lebih baek tak prktekin ja kpn”.
    heheheh

    tetep enakan gwe kompor gas….
    heheheheheheh

  32. salatiga_climber Berkata

    Penganti spirtus, bisa pake parafin kan,

    soalnya, spirtus kan mudah tumpah..

    akn akan coba buat..

    • catros Berkata

      kalau pakai parafij memang simple tapi api dari parafin kurang kuat jadi memasak akan lebih lama dibanding bahan bakar cair, disamping itu parafin mengeluarkan asap cukup tebal dan gak enak dihidung.
      untuk bahan bakarnya dgn kompor seperti itu kalau pakai parafin gak efektif, isi ulangnya susah
      mending bawa bahan bakar cair pakai wadah anti bocor dan anti tumpah

  33. ope Berkata

    mao nanya gan….sambungannya itu adanya didalem ya gan, jd kya semacem sok gtu..

    trus klo uda jdi tinggi nya 8 cm ya ato disesuaikan terserah kita aja..nah klo terserah kita aja brapa tinggi efektifnya gan…

    terima kasih petunjuknye gan…ane mao jajal bikin, soalnye ane suka mancing di alam bebas, klo uda nyesep-nyesep kg ada tukang kupi liwat ame makanan ape lgi tukang ketoprak…

  34. satrias Berkata

    bang step 4 tuhkan ngejelasin dinding sekat buat bahan bakarnya tuh.. naruhnya dipres gitu aja sama tutup atas & alas bawah atau dibuat lekukan dulu trus ditempel biar gak geser kiri kanan (pas) bang?

    karena dasar dan atas kaleng udah lekuk jadi gak usah di apa-apain lagi tinggal taro ajah, yg penting lingkaran dindingnya sama besar dgn lingkaran lekukan pada dasar kaleng dan tutup kaleng. jangan lupa tingginya dikira2 supaya pas, tidak terlalu tinggi (nanti dinding bagian atas gak nyambung ama dinding bawah) dan juga gak terlalu pendek supaya dinding dalam gak ngambang / oplak

  35. Anonymous Berkata

    trus cara atur nyalanya gmana?

    bikin rimer-nya

  36. kaos iwan fals Berkata

    tfs sob..
    kl ane pernah bkin jg,, utk dudukan ane pake yg pny kompor paravin itu sob..
    mangtabs nh artikelnya..
    oia, kalau cara bkin lampu dari karbit ada g mas bro?
    mau donks…

  37. Dhewa Rock Berkata

    KALAU DIKASIH SELANG BISA GAK…SUPAYA BAHAN BAKAR TERUS TERISI,,,JADI GAK PERLU NGISI SECARA MANUAL GTU,,KR2 BS GAK,MKASIH

  38. iwan lahong Berkata

    wah mantab mas bro..

  39. garayy Berkata

    termasuk kompor ul nih :malus
    nice share ki :thumbup

    • Anonymous Berkata

      udah saya coba, keren, cuma kendalanya pas bagian atas bawah disatuin, eh ada yang robek salah satunya mas, jadi ga enak dipandang, tapi keren. thanks, sangat membantu

  40. Si Bocah Rimba Berkata

    wah, siapa bilang blm ada. Saya sudah buat dan pakai ini 3 thn lalu.
    Menurut pnglaman saya ini kompor pling murah dan efisien dbnding trangia, parafin atau gas.

    Kunjungi blog saya http://bocahrimba.wordpress.com

  41. Zakki Berkata

    wah smoga ilmu dari aa ini manfaat…
    Tapi sebaiknya, cara mempergunakan kompornya cantumin jga a, biar lbih lngkap :)

    overall, keren !

  42. Anonymous Berkata

    kalo cara bikin dudukan pancinya gimana bro ?

  43. HeadHog Berkata

    Bro cara membuat dudukannya gimana ??
    terus itu bisa masak berapa kale ??

  44. chi Berkata

    mas klo mau matiin ap ny gmn???

  45. amaliaFWS Berkata

    ada yg tau gak sejarah nya kompor ini bagaimna?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: