MISTERI GUNUNG RAUNG

MISTERI GUNUNG RAUNG

Keangkeran Gunung Raung sudah terlihat dari nama-nama pos pendakian yang ada, mulai dari Pondok Sumur, Pondok Demit, Pondok Mayit dan Pondok Angin. Semua itu mempunyai sejarah tersendiri hingga dinamakan demikian.

Pondok Sumur misalnya, katanya terdapat sebuah sumur yang biasa digunakan seorang pertapa sakti asal Gresik. Sumur dan pertapa itu dipercaya masih ada, hanya saja tak kasat mata. Di Pondok Sumur ini, saat berkemah,juga terdengar suara derap kaki kuda yang seakan melintas di belakang tenda.

Selanjutnya Pondok Demit, disinilah tempat aktivitas jual-beli para lelembut atau dikenal dengan Parset (Pasar Setan). Sehingga, padaMore… hari-hari tertentu akan terdengar keramaian pasar yang sering diiringi dengan alunan musik. Lokasi pasar setan terletak disebelah timur jalur, sebuah lembah dangkal yang hanya dipenuhi ilalang setinggi perut dan pohon perdu.

Pondok Mayit adalah pos yang sejarahnya paling menyeramkan, karena dulu pernah ditemukan sesosok mayat yang menggantung di sebuah pohon. Mayat itu adalah seorang bangsawan Belanda yang dibunuh oleh para pejuang saat itu.

Tak jauh dari Pondok Mayit, adalah Pondok Angin yang juga merupakan pondok terakhir atau base camp pendaki. Tempat ini menyajikan pemandangan yang memukau karena letaknya yang berada di puncak bukit, sehingga kita dapat menyaksikan pemandangan alam pegunungan yang ada disekitarnya. Gemerlapnya kota Bondowoso dan Situbondo serta sambaran kilat jika kota itu mendung, menjadi fenomena alam yang sangat luar biasa. Namun, angin bertiup sangat kencang dan seperti maraung-raung di pendengaran. Karenanya gunung ini dinamakan Raung, suara anginnya yang meraung di telinga terkadang dapat menghempaskan kita didasar jurang yang terjal.

Sebelah barat yang merupakan perbukitan terjal itu adalah lokasi kerajaan Macan Putih, singgasananya Pangeran Tawangulun. Di sini, juga sering terengar derap kaki suara kuda dari kereta kencana. Konon, pondok Angin ini merupakan pintu gerbang masuk kerajaan gaib itu.

Konon, di perbukitan yang mengelilingi kaldera itulah kerajaan Macan Putih berdiri. Sebuah kerajaan yang berdiri saat gunung ini meletus tahun 1638. Pusatnya terletak di puncak Gunung Raung. Kerajaan tersebut dipimpin oleh Pangeran Tawangulun. Beliau adalah salah-satu anak raja Kerajaan Majapahit yang hilang saat bertapa di gunung. Keberadaan kerajaan itu sedikit banyak masih memiliki hubungan yang erat dengan penduduk setempat. Misalnya bila terjadi upacara pernikahan di kerajaan, maka hewan-hewan di perkampungan banyak yang mati. Hewan-hewan itu dijadikan upeti bagi penguasa kerajaan.


Konon, menurut masyarakat setempat, seluruh isi dan penghuni kerajaan Macan Putih lenyap masuk ke alam gaib atau dikenal dengan istilah mukso. Dan hanya pada saat tertentu, tepatnya setiap malam jum’at kliwon, kerajaan itu kembali ke alam nyata.

Pangeran Tawangulun dipercaya merupakan salah satu suami dari Nyai Roro Kidul. Setiap malam jum’at itulah penguasa laut selatan mengunjungi suaminya. Biasanya, akan terdengar suara derap kaki kuda ditempat yang sakral. Suara tersebut berasal dari kereta kencana Sang Ratu yang sedang mengunjungi sang suami Pangeran Tawangulun. Bila mendengar suara tersebut lebih baik pura-pura tidak mendengar. Jika dipertegas, suara akan bertambah keras dan mungkin akan menampak wujudnya. Bila demikian, kemungkinan kita akan terbawa masuk ke alam gaib dan kemudian dijadikan abdi dalem kerajaan Macan Putih.

 

 


About these ads
Explore posts in the same categories: Dan Lain - Lain

105 Komentar pada “MISTERI GUNUNG RAUNG”

  1. QQ Says:

    QQ: hiiiii…..omigod….

  2. arif Says:

    salam kenal…
    mohon informasi nya tentang gunung raung…karena rencananya saya sama dan teman2 maw kesana…klo boleh tolong kirim ke email saya
    arifphysics07@yahoo.com
    terima kesih

    salam..
    seingat saya disini ada 3 artikel ttg gunung raung, di halaman download malah ada peta topografinya..
    kalo masih kurang nanti saya posting lagi aja yah, jgn kirim ke email, supaya bisa berguna juga untuk yang lainnya

  3. GMPT Dhoemenk unibo Says:

    disini terdapat kekurangan yaitu setelah pondok sumur terdapat pondok mega atau disebut dengan pondok tonyok sekian terima kasih.

  4. Rhea Says:

    Wow,, menarik sekali! :)
    Sebenarnya dari kecil saya sudah sering dengar cerita ttg Pasar Setan itu tp saya lupa dimana lokasinya, ternyata di Gunung Raung ini ya? Benar2 sangat menarik! :)

  5. umar "nyambieks" Says:

    kirim informasi tentang raung di email q ni
    detupai@yahoo.com
    trims

  6. dadung Says:

    minta alamat emailnya Nyai Roro Kidul donk?
    penting bangeeet nich!
    pleeeeeasee!!!!!!

  7. Augusta Says:

    boleh gak kirim2 gambar pendakian dan cerita misteri gunung raung

  8. aang Says:

    minta tolong informasinya tentang gunung raung. karena gunung ini memiliki hubungan erat dengan keberadaan leluhur saya di tanah jawa
    terimakasi…

  9. hariyono Says:

    Tahun 1985 saya pernah mendaki gunung raung via sumber wringin, dan memang banyak keanehan yang sebelumnya tidak pernah saya temui sewaktu mendaki gunung lainnya. Saat meninggalkan desa terakhir dan sudah berjalan +/- 1 km kami tersesat dan berputar-putar tanpa arah sehingga kami memutuskan untuk berdiam diri saja, sambil berdoa dan anehnya setelah berdoa dan mohon maaf karena tidak ‘kulo nuwun ” terlebih dahulu, baru kami dapat jalan yang benar untuk meneruskan pendakian.

    • riyan Says:

      bagi saya anak desa yang tumbuh besar di kaki gunung raung (sumber wringin) itu sudah biasa,,,
      kalo lewat sumber wringin kenapa gakmampir ke rumah maz????
      tp waktu itu saya masih blum lahir

    • maharddhika Says:

      tepat pisan bro… pengalaman itu sama persis sama yg sya alami, bedanya kami bertiga tersesat sampai-sampai harus ngecamp 1 malam.

  10. hakeem Says:

    cerita2 misteri yg biasa beredar di gunung ialah hanya untuk alasan konservasi aja, karena masyarakat kita tuh dah kebal ma yg namanya hukum dan larangan.dengan cara inilah mereka dapat menjaga kelestarian lingkungan. karena rata2 masyarakat kita kebanyakan masih berpikiran klenik.

  11. noenk Says:

    wuih menarik banget,, walau ikutan merinding juga hehehe,, tolong donk informasi lengkapnya ke email saya janah_aja@yahoo.co.id
    pliess,, saya ma temen2 mo ke sana thx b4,,

  12. u_nee-tha Says:

    assalamualaikum…
    wah sya sring denger crta2 mnrik ttg gnung raung,, mkany insyllah lbran ntr lg sya ma tmen2 mw k raung… jd mhon info ttg raungnya dunk…. mkch..

    wassalam…^_^

  13. zaini Says:

    dulu pernah di ajak temen ke gunung raung ama anak COMPORS Corps. tapi ga mau….. karena ga punya duit..sekarang malah kepingin lagi naik gunung kaya dulu cuma ada yang bebas biaya ngga ??? alias gratisan.. he..he..

  14. jigong Says:

    hhahahahaha ……… bagus hahahahahaha ada yang kurang pondok motor mas,

  15. idad Says:

    menarik sekali ,tegang mengasikan

  16. ghoib Says:

    btw raung & semeru jaraknya jauh pa tdk??slnya insya allah hbs idul fitri w & tmn mo ke sana

    • dea G Says:

      wahhh yo jauh ta satux via malang low raung lwt jalur bondowoso (sumberwaringin) dan banyuwangi (glenmore, mnding jala” skalian k ijen za tow argopuro skalian bro low k raung, deketan

  17. ronal Says:

    gunung raung.. saya sangat terkesan dengan pemandangan dari puncak,22.08.06

  18. angga Says:

    saya ksn sktr agustus 2007,dsn g ada air,tuh aja dr rmh cmn bw 10 liter/orang,cz jlannya jg terjal bgt hampir 50%.
    dsn puncaknya kecil kira2 bs7orng aja.hati dsn,saya jg denger suara kyk dangdutan&suara bising pdhl jauh dr kota,pdhl jg kita d pondok angin.ini bkn nakut2in tp knyataan.tp gpp klu kita niaynya baik psti slmt brngkt&pulng…amin.thanks

    • ardi Says:

      tul sy juga sktar mei 2006 ksna juga denger dangdutan waktu sblum subuh di pondok sumur.tpi qta cuekin kirain ada penduduk yg lagi punya hajat. tapi ko dini hari udah muter lagu kenceng2 ya?sekarang jadi merinding ni.tapi karena waktu yang terbatas gagal ke puncak, juga waktu itu hujan lebat. disaranakan jangan waktu musim hujan sangat licin.bawa air jangan banyak2 10 ltr berat, 5 ltr cukup ko.

  19. dabol a.k.a dani bolang Says:

    wah serem banget apakah orang2 yg mendaki d sana sering hilang tidak?
    lebih menyeramkan dari salak..

    • riyan Says:

      pernah sempat kejadian tp gak begitu lama ahirnya di temukan,,,
      pemandu pendaki gunungnya itu guru olahraga sd saya
      alm.bapak solikin

  20. garepalas surabaya Says:

    memang seru and tegang


  21. Sebelum Pos Pondok Sumur, September 2007…Aku dikagetkan oleh Penampakan Hantu Ikan yang Besar sekali…giginya runcing. Tapi aku yakin, waktu itu aku hampir kesurupan. Mungkin kepayahan dan Halusinasi…Penampakannya sekitar Pukul 7 malam. Rombongan 7 orang, cuman saya yang kelihatan… aneh ya..


  22. Surabaya jurusan Probolinngo. Ganti Bus Jurusan Bondowoso, tapi setelah pukul 19.00 tidak ada Bus di Terminal Bondowoso. Dari terminal Bondowoso ganti Angkutan Pedesan ke Sumber Wringin melewati Wonosari. Biasanya ada Carteran yg mangkal di Terminal untuk ke Sumber Wringin. Sesampainya di Sumber Wringin kita ke Basecamp yang dikelola oleh Mbak Endang seorang Pegawai PEMKAB yang ramah. Disitu daftar dulu, lalu nyarter Mobil bak terbuka ke Pondok Motor…diketinggian 1300 mdpl. Selamat mendaki

  23. atan jogja Says:

    wuw……serem banget, , , he…
    tapi gw yakin ada mahkluk cantik…tinggal di bwh .raung.,,maniz n baik bgt..g.raung tolong sampaikan slmku ma siska yg kul di UNEJ.THK

  24. belong_solo Says:

    dulu waktu q ma anak teknik unej k sana qt juga merasakan banyak keanehan. ada yang melihat sosok hitam besar di depan dia pada saat istirahat di padang rumput sblm edelwis, di situ juga suasana jadi aneh ketika qt sholat di situ….

    untuk yang angin tidak masalah…. paling di mayit yang agak seram. yang penting jangan jalan wkt malam. itu saran saya….

    • dita Says:

      wah wah wah
      sama anak teknik?
      mahadipa tah?
      aq anak mahadipa juga
      mw ksana
      ikut lagi yuk?

  25. cyzka_cimud Says:

    uwh….serem abiz dah…..oia bwt andrew yg jauh dsana ….aq harap dy tau sremx,,,hehe….aq sayang dia,,,hehe

  26. cyzka_cimud jember Says:

    klo aq bsa sampein rsa cnta q ma dia lewat angn yg berhembus,,,aq kn katakn….aq sayang bgt ma dia,,,
    mski bnyak hal yg kan mhalangi cintaq setinggi gunung raung ini tapi aq yakin cinta q ini te2p utuh bwt dia……

  27. tuti erlina Says:

    ceritanya seru banget

  28. joherujo Says:

    Gunung Raung, hampir seminggu saya bedua, ya cuma bedua dengan kawan seperjuanganku selama 6 hari akhir Desember 2009 kemarin. Naik turun full hujan, sebuah kenangan perjalanan terakhir ku naik gunung. Alhamdulillah kami tidak mengalami hal aneh, selain hujan dan hujan juga kabut yang tiba2 datang saat mau muncak hingga badai di Pondok Angin yang memaksa kami menunda ke puncak sampai hari berikutnya..

    • riyan Says:

      kalo ke raung lagi lewat bondowoso silahkan mampir di rumah saya ya mas
      kecamatan sumber wringin sebelum tempat pelaporan camp pasanggrahan

  29. aji Says:

    salam kenal semuanya :)
    trims sekali infonya, boleh saya minta referensi lebih banyak. saya dari bandung, sedang berencana mau mendaki dan sekaligus penelitian sos.bud di raung,..

    ajie_donk@yahoo.com

  30. viollette Says:

    Hii.. mang ngeri tuh.. Raung.. g ah.. g m ksana… tkuuttt..!!

  31. bejo Says:

    anank2 HIMACITA JEMBER mau ke raung numpang lewat y

  32. ikie17 Says:

    weleh…weleh….
    ni gunung parah banget….
    asli gag ktulungan seremnya….

    trus buat yang mo nanjak gimana nasibnya….
    apa kudu bawa sesajen dolo sebelum mule pendakian….

    oia dari bawah sampe puncak ada berapa pos….
    trus info tracknya gimana????
    sama pantangan apa za yang gag boleh dilakuin???
    ma’lum blom pernah ngejajah daerah timur jawa nih….
    infonya ya plis….

  33. doglo hmc Says:

    gila raung!!!!!!!!!
    asyikk bngett…
    loe hrs cb ksna

  34. Marco Says:

    Coba kalian ke sumsel tepatnya gunung dempo di sana waktu naik pasti nemuin keganjilan,,,

  35. dini Says:

    gunung raung asyik bgt tuk adventure, jangan pikit macem2….puncak menanti…masyaallah indah sekali,, ingat kalau niatnya baik semua insyaallah lancar….

  36. yoga Says:

    wah ,,,ternyata tetep mengerikan jga ,,,raung OFF road jember,hahahah,,,tp pas naek raung sempet ktemu pocong jga,,,alhamdulilah skali …karena itu yg aku cri ,,,bkn cma sunrise ja ,,,tp v

  37. yoga Says:

    wah ,,,ternyata tetep mengerikan jga ,,,raung OFF road jember,hahahah,,,tp pas naek raung sempet ktemu pocong jga,,,alhamdulilah skali …karena itu yg aku cri ,,,bkn cma sunrise ja ,,,tp view dri dunia laen jga lbh mnarik,thanks
    yoga arek jember
    UNIVERSITAS DIPONEGORO

  38. beenz Says:

    iiiioooooooooooooooooooooooooooo

  39. beenz Says:

    salam rimba…,,,iiiiooooooooooooooooooooooooooo,,,,

    gunung raung mank terkenal dari pos”nya…,,,,tetapi msh kurang je bwt pAra pendaki dari jwa barat yg mau minati daki raung tersebut…,,,,,,,,

    oohhh,,,yy ibu pmilik rmh yg bwt camp register baik sekali..,,thx bfr madam…,,,iiioooooooo

  40. caeks Says:

    ada petanya nggak bang…??

  41. sutjipto Says:

    mmg gile, aku sdh prnh naik, brgkt sore, banyak kejadian aneh aku alami. Selama naik gunung baru di Raung lihat yg aneh2

  42. Ki PASUPATI Says:

    Gunung RAUNG !! dari namanya saja sudah angker yaitu raung artinya bergema !! Pada jaman dahulu sekitar tahun 700 tempat ini dipakai beryoga oleh Maha Rsi Markandeya, setelah beliau mendapatkan petunjuk dari Yang Maha kuasa hasil pertapaaanya di Gunung Dieng.
    Dari pertapaan Gunung Raung inilah beliau berangkat ke Bali (dulu namanya pulau Bangsul) untuk mendirikan pura di bali daerah timur yang bernama besukian, sekarang dikenal bernama PURA BESAKIH. yang menjadi pura pertama dibali dan Paling besar dibali. untuk menghormati Gunung Raung sebagai tempat pertapaan beliau yng di Jawa timur, maka beliu mendirikan Pura yang juga namanya PURA GUNUNG RAUNG di bali yaitu di daerah Taro tegalalang Gianyar. dari tempat inilah belau berkonsentrasi untuk menuju Gunung RAUNG (banyu wangi) untuk memohon petunjuk yang maha Kuasa, apa yang harus mereka kerjakan di Bali dalam rangka pengembangan Kehidupan beragama di Bali.
    Untuk itu saya mohon bagi para Pendaki atau mapala kalau ke Gn.Raung, sebut nama beliau untuk mohon petunjuk ! semoga segala permintaan dan petunjuk beliau mengkabulkan !!

    Suksema
    KI PASUPATI – Denpasar Bali

    • Anonymous Says:

      inget fuk………
      bukan MAHA RSI MARKANDEYA yang maha memberi..
      dia hanya orang biasa….
      ALLAH SWT sang MAHA PEMBERI .. camkan itu.

    • MUSLIM SEJATI Says:

      inget fuk………
      bukan MAHA RSI MARKANDEYA yang maha memberi..
      dia hanya orang biasa….
      ALLAH SWT sang MAHA PEMBERI .. camkan itu.

  43. dwi haditirta Says:

    percaya atau tidak hanya yang kuasa yang berkehendak,,

  44. Anonymous Says:

    boleh percaya atau tdak,cerita yg di tulis tadi emang benar.tentang mitos gnung raung.kalau aku 100’/, percaya.karna aku tgal di lereng gunung raung.aku asli banyuwangi.pesanku yang mau mendaki agar berhati2 jangan berbuat yang macam2 mksih

  45. supr Says:

    jika kita mau ke gunung raung takut setan,ya sudah pasti jadi bulan2an d kerjain setan golongan jin itu.

    tapi kalau gk takut y gpp !

  46. Anonymous Says:

    klo saya pribadi paling serem bermalam dipondok tonyok ya…

  47. ghale Says:

    jangan macam2 dengan gunung ini kita pernah ekspedisi , pada tahun 1994 melalui rute kali baru. medan gunung raung tidak seperti gunung yg lainya , kalau enggak ada persiapan yg benar2 matang terutama fisik jangan harap sampai ke puncak!

  48. shobermout Says:

    Yang doyan serem2 coba
    G. Salak (bogor)ditengah perjalanan hingga puncak. G.Karang (serang)di puncak.
    G.Merbabu kira2 1000 langkah dari desa terakhir hingga puncak palsu.Siang hari sy mendengar berkali2 suara spt memanggil2 dari arah kawah, sy coba mencari2 tau, tapi ga ada siapapun disana, hawa di kawah semuanya angker, sy terdorong untuk terus mencari asal suara ke arah selatan, tetapi pikiran saya berkata untuk segera kmbali. Dari sisi barat saya selalu mendengar suara anak2 kecil sdang bermain riang gembira. Dari arah timur sering terdengar suara alunan gamelan.

  49. mahapala Says:

    wao…sungguh menarik,,,mudah2an saya en teman2 bs k gunung raung,,

  50. odha Says:

    yang penting kita harus menerapkan etika bertamu apa lagi etika alam

  51. Mo2n Says:

    Wah, ngeri bgt… Potensial utk dbuat film ptualangan horor, bnr2 ngeri! Hanung ato Riri Reza mau buat film ky gini gak yo?Hiii…

  52. Anonymous Says:

    wah zeru 6unun9 raun9 trnyata an9xer j6 jd pen9en main xe zana neh..

  53. junaedi Says:

    artikelnya menarik banget, aku merasa menjelajah gunung raung meskipun aku belum pernah melakukannya. aku merasa takut untuk mendaki kesana soalnya kata warga sekitar memang seperti itu

  54. Suwandi Says:

    Betul tuh emang serem. Saya pernah naik tu gunung th 1991. Ama anak2 REMAPENTA. Buat anak2 remapenta tolong kontak aq d sini ya: sukar_74170@yahoo.com

  55. Na2nk Says:

    G. Raung 1995. Gunung yg pertama kali ku daki, bnyk kenangan yg tak terlupakan disini. Terimakasih pd penduduk desa, sesama pendaki dan juru kunci yg saat itu telah bnyk membantu selama kami berada di sini

  56. Anonymous Says:

    weeeh serem bgt

  57. Fhadha theem Says:

    berapa biaya menuju raung dari pelabuhan tanjumg perak

  58. Fhadha theem Says:

    kami dari CAKRABUANA UMI MAKASSAR berencana melakukan pendakian di GUNUNG RAUNG mohon bantuannya

    • riyan Says:

      kalo maw lewat jalur bondowoso
      dari Surabaya jurusan Probolinngo. Ganti Bus Jurusan Bondowoso, tapi setelah pukul 19.00 tidak ada Bus di Terminal Bondowoso. Dari terminal Bondowoso ganti Angkutan Pedesan ke Sumber Wringin melewati Wonosari pake mobil lin namanya (warnanya biru)di sini mobil hanya sampai magrib jam 6 udah gak ada. Biasanya ada Carteran yg mangkal di Terminal untuk ke Sumber Wringin. Sesampainya di Sumber Wringin kita ke Basecamp yang dikelola oleh Mbak Endang seorang Pegawai PEMKAB yang ramah. Disitu daftar dulu, lalu nyarter Mobil bak terbuka ke Pondok Motor…diketinggian 1300 mdpl.
      tapi maz/mbak juga bisa beristirahat atau mampir di rumah saya di desa sumber wringin silahkan saja,,,
      inget bawa persedian air lebih soalnya di perjalanan gak ada sumber air
      ini alamat fb teman sekaligus kakak yang sudah pernah ke raung
      Bagas Raungger
      email

      * b4ghost@gmail.com
      samoga perjalanan mbak?mas menyenangkan

  59. SINGAPALA Says:

    GUNUNG RAUNG AMAN DAN ASYIK, KAWAHNYA…LUAR BIASA. KAMI MENGUNDANG PARA HIKER UNTUK MENDAKI GUNUNG RAUNG…… BILA DI MUSIM HUJAN, (OKT -FEB) ADA RESIKO TERHADANG BADAI BAHKAN HUJAN ES. BILA MUSIM KEMARAU (MEI-JULI), ADA RESIKO UDARA SUPER DINGIN.
    KAMI DARI SINGAPALA (SISWA SMK SUMBERWRINGIN BONDOWOSO PENCINTA ALAM)

    JGN LUPA BAWA KAMERA/ VIDEO…

  60. dudy Says:

    Bkn mksd kami menaklukan alaam..kami hanya mncari & mensyukuri knikmatan SANG PENCIPTA ALAM..
    Krn kami hanya manusia yg tak akan prnah sanggup menanadingi kekuatan alam

  61. Indra Shah Says:

    Para “Hikers”/Adventure Groups, saya berminat untuk bergabung atau mengikuti ke tempat-tempat yg menarik seperti mendaki gunung atau ke pulau-pulau Indonesia.
    Harap kabari untuk kesempatan tersebut. Terutama apa saja persyaratan maupun kelengkapan yang harus di siapkan.
    Makasih dan salam sejahtera. .

  62. Anonymous Says:

    buat indra bs gabung ma group km PA2 banyuwangi…..ya kebetulan kt punya rencana ke raung tp buat track baru dr kabupaten banyuwangi yg mngkin belum di buat oleh tmn2 hiker lain yg lbh senior…..insyaallah klo mau mau adventure ke banyuwangi bs gabung dng kami PA2…mulai dr G land sampai sukomade,teluk hijau raung,n masih banyak lg….bs confirm ke fb..pecinta alam dan aral(pa2.banyuwangi@yahoo.com)

  63. dedy iman sutejo Says:

    jd inget sama mbah serani, dulu waktu daki gn raung dikasih tongkat kayu,selama pendakian ga boleh hilang/dibuang,ktnya kalau sampai dibuang kita akan berputar2 didaerah itu saja dan tersesat ga bakal sampai puncak,ada yg tau kabarnya mbah serani skrg ga?

  64. rio prafa Says:

    wah, emang bener gan, bulan kmaren saya pergi ke gunung raung bersama teman” and kita disana camping, nah, pas wektu hari ke-2 qta mengunjungi pabrik karet dan perkebunan karet, disanalah keanehan mulai terjadi, pada saat qta ber-foto ria tnpa disengaja terdapat bayangan putih dibelakang teman saya yang waktu itu ikut berfoto, dan kejadian i2w tdak hnya sekali, di pabrik karet pun kita juga tdak sengaja menangkap bayangan aneh yg terdapat pada camera photo qta, rasanya qta seperti di ikuti oleh seseorang misterisu,,.!!

  65. slow Says:

    g.raung asyik banget… semua indah… trak, pemandangan, menejemen air .. bagus.. siapkan fisik anda untuk mencumbui puncak g.raung..

  66. komang rio Says:

    boleh tau ngk..alamat dan daerah nya pura gunung raung?
    txs atas infonya..siapa yg bisa sy hub dekat di pura gunung raung.


  67. Aku orang kembng ikv bersyukur atas bngktx gunung raung


  68. HAI MANUSIA2 PEMBOHONG,JANGAN KAU LEBIH2KAN CERITA TENTANG KEANGKERAN GN. RAUNG ATO GN LAINNYA…
    SAYA SALAH SATU POCONG GN RAUNG TAK PERNAH SEKALIPUN MENGGODA ATO MENAKUTI KALIAN…DASAR PEMBUAL…..

    • Oniex Says:

      smw gn PSti ad Pnghuninya, krna mreka udh ad sjak jman Dlu……
      Cm tnggl kta aj yg MNJGA HBuNGN dNGAN pra pngHuni trseBut
      jgn smPai mreka mrah, krna kurangx sopan santun kita pd mereka pr Makhluk halus…..
      “Tk knal mk tk Syank”

  69. teguh Says:

    knlin guyz,ne gw azli nak gnung raung zblah zltan…

    bwt xg pngen daki gunung raung,krim e~mail aj…
    gw ziap ngantrn…
    free ko’…

  70. Bikin Betah Says:

    Hemm gunung raung menyimpan misteri yaa,,! dan skarang kabarnya ditahun 2012 sedang aktif, dan mau meletus

  71. BELLA GRAVE Says:

    tapi tentang pasar demit itu saya pernah dengar cerita dari tetangga saya di genteng
    saya bella terimakasih

  72. Tiara Mutia Says:

    ih…,serem, apa hanya mitos si…,

  73. Anonymous Says:

    g pingin k situ

  74. Lek Paidjoe Says:

    yang comment alay semua, ampe gek ngerti artinya…. semua kejadian itu tidak ada yang tiba2, tidak ada yang tidak di sengaja, semua karena kehendak NYA.

  75. Anonymous Says:

    Serem bgt ya ….

  76. Fikri Says:

    Wooow serem juga yeah…


  77. Q rsa smw gnung psti ad pnghunix krna mreka ad sblum qt lahir,, tp sy prnah dksih nasehat sm alm. Mbh sahati yg wktu itu jd ju.kuncix gn raung, pz wktu naik beliau brpesan,, bc bismilah 3x cz mmbca/ brkata “niat sy naik gnung utk mncari rzeki dan ilmu”


  78. Eiiitt… Tp ad pntangn bwt pr pndaki,, jgn prnah brkata capek tw msih jauh, wlau qt dlm prjlanan tw camp dgnung, krna lo prsaan qt sprti itu, mk kextaan prsaan yg akn trjadi… baikx kita mrsa sbalikx, agr t’ ad hlngan tw ksulitan dlm tjuan..
    By oniex…

  79. eko Says:

    Sy udah 2 kali gagal ke G. Raung (lwt S. Waringin).
    yg pertama gr” kena hypothermia
    yg kedua kehabisan bekal air.
    smg aja yg ketiga thn depan ini bisa nyampe puncak.
    Amin.
    Ada yg mau bareng?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: