MEMILIH SEPATU LARI

Kini tak ada lagi sepatu olahraga multiguna; yang ada sepatu lari, sepatu tenis, sepatu sepakbola, sepatu voli, dll. Berikut ini panduan bagi Anda yang ingin membeli sepatu lari, yang sesuai dengan karakter kaki.

Lari itu olahraga yang tertua, termurah, dan paling sederhana. Tidak seperti olahraga golf yang harus memerlukan bola dan tongkat pemukul, atau sepakbola yang harus mengumpulkan orang lebih dari sepuluh serta memerlukan bola dan gawang. Lari hanya bermodalkan sepatu, kendati ada yang cekeran saja. Tempat pun tak menjadi masalah, bisa di sela-sela rindangnya hutan sekitar taman kota atau di halaman rumah.

Akan tetapi, setiap mengayunkan kaki dan tumit menjejak tanah, beban yang harus disangga tumit berkisar 3 – 5 kali berat badan Anda. Itu kalau berat badan Anda normal, kalau overweight beban tumit tentu semakin berat. Selain berat badan, kerasnya benturan yang dialami tumit sangat dipengaruhi oleh kualitas sepatu dan jenis permukaan tanah yang diinjak. Untuk menghindari cedera akibat lari, disarankan berlari di atas rumput, bata tumbuk (gravel), atau tanah berpasir.

Dalam hal memilih sepatu, banyak pertimbangan yang harus Anda ambil. Terlebih saat ini hampir semua pabrik sepatu mengklaim produk-produknya sebagai produk high-tech. Beberapa saran berikut mungkin bisa membantu dalam memperoleh sepatu yang sesuai dengan karakter kaki.

Langkah 1: Belilah sepatu yang benar-benar bagus kualitasnya. Ini sangat penting terutama bagi para pemula untuk memberikan kenyamanan terhadap guncangan, pengendalian gerakan, kelenturan, dan ketahanan. Memang, sebagai pemula Anda mungkin hanya akan berlari beberapa kilometer. Untuk itu, dalam benak Anda berpikir, mengapa tidak pakai sepatu yang sudah ada, seperti sepatu tenis atau sepatu karet lainnya?

Sikap permisif seperti itu hanya menguntungkan untuk jangka pendek. Selain itu, sikap awal dalam bertindak sangat menentukan langkah di kemudian hari. Seandainya Anda mendapat cedera dalam latihan awal tersebut, siapa yang rugi? Pada gerakan awal, kaki masih labil sehingga perlindungan yang ekstra hati-hati merupakan solusi yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Perlu pula diingat, sepatu lari yang bagus mutunya akan awet dipakai sampai jarak sejauh 650 – 800 km. Sebuah investasi jangka panjang yang sebanding dengan harga yang mesti dikeluarkan.

Langkah 2: Pahamilah apa itu pronasi. Lari merupakan proses biomekanik yang rumit. Secara umum, ketika berlari, bagian kaki yang pertama kali menghantam tanah adalah sisi luar tumit. Kemudian kaki bergulir ke bawah dan sedikit ke dalam ketika bertemu dengan tanah. Selanjutnya tumit meninggalkan tanah dan diikuti dengan dorongan yang diberikan tubuh pada bola-bola depan kaki untuk tinggal landas dan bergerak maju.

Yang dimaksud dengan pronasi adalah rotasi kaki ke arah dalam ketika mendarat di tanah. Proses pronasi ini alamiah dan normal pada setiap orang, dan sangat membantu kaki dalam menyerap dampak guncangan.

Tes basah.

Basahi kaki dan buatlah jejak pada permukaan kering yang datar.

• Kiri: kaki datar, Anda cenderung overpronate.
• Tengah: kaki normal, pronasi Anda normal.
• Kanan: Kaki berlengkung tinggi, Anda cenderung underpronate.
Namun, tingkat pronasi pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang melakukannya secara berlebihan (overpronate), dalam hal ini kaki pelari bergulir terlalu jauh ke dalam. Ada juga yang pronasinya kurang (underpronate); kaki hanya bergulir sedikit ke dalam setelah kontak dengan tanah. Overpronate banyak dijumpai pada beberapa pelari dan bisa menimbulkan cedera, khususnya di tungkai bawah dan lutut. Underpronate pun bisa menyebabkan cedera karena kurang baiknya dalam penyerapan guncangan.

Langkah 3: Kenalilah jenis kaki Anda. Dengan memeriksa ketinggian lengkungan (arch) kaki, bisa ditentukan dalam golongan manakah pronasi Anda. Bila kaki ceper, berkecenderungan untuk overpronate. Kaki yang berlengkung tinggi, sangat mungkin untuk melakukan pronasi yang kurang (underpronate). Bagi yang memiliki lengkung normal, pronasi yang dilakukan sudah tepat dan betul. Menurut penelitian John W. Pagliano, D.P.M., ahli kaki di Long Beach, Kalifornia, 50% pelari mempunyai lengkung kaki normal, 25% berlengkung tinggi, dan sisanya berlengkung rendah.

Untuk mengetahui ketinggian lengkung kaki, lakukan “tes basah” (wet test). Basahi telapak kaki dan buatlah jejak pada permukaan yang rata dan kering. Hasilnya bisa dibandingkan dengan gambar.

Langkah 4: Belilah sepatu yang sesuai. Jenis kaki dan tingkatan pronasi menentukan ciri-ciri sepatu lari Anda. Sepatu lari pada umumnya diproduksi dalam tiga bentuk yang saling berhubungan dengan tiga jenis telapak kaki seperti pada gambar tes basah. Bentuk sepatu dengan mudah bisa dilihat dengan membalikkannya dan melihat dasarnya. Bentuk-bentuk yang ada sebagai berikut:
• Bentuk lurus (straight shape), baik untuk kaki datar (flat foot) atau mereka yang melakukan pronasi berlebihan (overpronator).
• Bentuk lengkung (curved shape), sesuai untuk kaki lengkung (high-arched foot) atau mereka yang berkecenderungan melakukan pronasi kurang (underpronator).
• Bentuk agak lengkung, cocok untuk kaki normal (normal foot) atau mereka yang berpronasi normal (normal pronator).

Bila Anda bertapak datar dan overpronator, sepatu yang dipilih harus membuat kaki tidak bergulir terlalu jauh ke dalam. Sepatu yang sesuai adalah sepatu kendali gerak (motion-control shoes). Banyak sepatu jenis ini berbentuk lurus yang memberikan topangan maksimum bagi kaki. Ciri lainnya, post atau footbridge yang antipronasi, midsole yang agak keras, dan heel counter yang kuat.

Bagi mereka yang berlengkung kaki tinggi dan underpronate, penyerapan guncangan menjadi berkurang. Sepatu yang empuk adalah solusinya karena membantu kaki dalam bergulir ke arah dalam sehingga menyerap guncangan yang terjadi. Carilah sepatu yang ber-midsole empuk dan berbentuk lengkung (curved shape).

Beruntunglah yang berkaki dan berpronasi normal karena tak perlu mencari sepatu yang khusus. Pusatkan saja perhatian pada ukuran yang pas dan nyaman. Carilah sepatu yang berada di antara tipe-tipe sepatu di atas. Umumnya sepatu jenis ini disebut stability shoes.

Langkah 5: Carilah sepatu di toko khusus bagi pelari. Di beberapa negara maju, toko sepatu khusus sudah biasa. Di Indonesia memang masih jarang. Namun ada beberapa toko sepatu yang bisa membantu dalam memilihkan sepatu yang cocok sesuai dengan anatomi kaki calon pembeli. Mereka juga terbuka untuk konsultasi masalah sepatu dan kaki.
Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli sepatu:
1. Berbelanjalah pada sore hari (late afternoon) saat kaki memiliki ukuran yang paling besar.
2. Dalam mencoba sepatu, pakailah kaus kaki.
3. Pastikan kedua kaki terukur. Banyak orang yang ukuran kaki kiri dan kanan berbeda. Sepatu harus dipaskan dengan ukuran kaki yang terbesar.

Selain hal-hal di atas, Anda perlu mempersiapkan jawaban beberapa pertanyaan berikut yang biasanya ditanyakan oleh pegawai toko sepatu:
1. Sudah berapa lama Anda berolahraga lari?
2. Berapa jarak yang biasa Anda tempuh?
3. Di mana Anda lari?
4. Berapakah berat badan Anda?
5. Apakah Anda memahami istilah-istilah seperti tapak datar, overpronate, dan underpronate?
Jawaban-jawaban tersebut sangat membantu pegawai toko dalam memilih model sepatu yang sesuai dan nyaman bagi Anda.

Langkah 6: Pastikan sepatu Anda pas di kaki. Sepatu yang pas akan terasa nyaman tetapi tidak ketat. “Satu hal yang bisa mencelakakan adalah membeli sepatu yang kekecilan,” kata Tom Brunick, direktur testing sepatu atletik toko sepatu Athlete Foot. Sepatu lari yang baik harus setengah atau satu ukuran lebih besar daripada sepatu sehari-hari Anda.

Pedoman berikut mungkin bisa membantu dalam menentukan pas tidaknya sepatu yang Anda pakai:
1. Periksa apakah ada cukup ruangan di atas ujung jari kaki dalam sepatu Anda. Masukkan ibu jari ke dalam ujung sepatu dan harus pas berada di atas jari kaki yang terpanjang.
2. Periksa apakah ada cukup ruang di kiri-kanan kaki Anda. Sepatu tidak boleh ketat, tapi kaki Anda juga tidak boleh terpeleset ke sana-kemari.
3. Tumit Anda harus nyaman berada di bagian belakang sepatu dan tidak boleh tergelincir turun-naik ketika berjalan atau berlari.
4. Sepatu harus memegang kaki dengan aman, tetapi tidak boleh menekan dengan ketat pada daerah kaki mana pun.
Jika semua sudah Anda pahami, mengapa tidak langsung segera pergi ke toko sepatu? Ikatlah tali sepatu Anda dan segeralah berlari meraih tubuh yang bugar!

About these ads
Explore posts in the same categories: Dan Lain - Lain, Hiking

10 Komentar pada “MEMILIH SEPATU LARI”

  1. geranduong Says:

    ah,bang catros ini tau aja kalo saya lagi nyari sepatu :D

    makasih artikelnya bang. Bisa buat tambahan masukan.

    Klao disuruh untuk memilih mana yang pling cocok mungkin salah satunya adalah sesuai karakateristik kaki. Itu adalah benar. Tapi Di negara kita tercinta ini kan jarang ya bang ada orang yang sadar dengan kondisi badannya sendiri. Termasuk juga kaki dan karakteristiknya. Contohnya saya sendiri yang masih bingung dengan jenis sepatu apa yang mau saya pilih.

    Ada saran bang? saya penginnya sepatu yang pantas buat kuliah dan tahan buat out door activities. Dan lebih diprioritaskan yang jenis runner shoes.
    (budget menyesuaikan)

    geranduong kaskus

    hhmm….
    kalo seperti yg ente mau in sih kayanya bagusan pake merk2 tertentu (saya sebutin merknya karena produk itu mayoritas produk nya seperti yg ente mau), coba cari merk GEOX ini sepatu bagus dan kuat, cocok untuk anak kuliahan yg mobilitasnya tinggi, tapaknya tidak terlalu bergerigi tapi juga gak licin kalo jalan ditanah, kekurangannya selama ini ane blom nemu yg model boot, yg ada pedek semua…bagus juga unutk jogging, atau coba KARRIMOR model SB, bahan & jenisnya ampir sama ama GEOX, keluaran HEAD ada yg cocok tuh..Series 100, tapi yg ini kayanya dah agak susah nyarinya..soalnya murah dan bagus
    Selamat hunting….

  2. ronny Says:

    Cerita dl ya bang…
    Kemarin saya dan ibu saya mencoba s sepatu yang namanya Dr. Kxxx. Ternyata sepatunya enak sekali, empuk, mengikuti kontur telapak kaki. Saya baca2, itu memang sepatu kesehatan dari Cina. Kemudian, ibu saya melakukan tes yang disediakan, hasilnya tungkai ibu saya normal dan telapak kakinya normal (ada curvenya). Sedangkan saya, telapak kakinya datar. Krna sepatunya mahal alhasil saya membeli gel yang bentuknya seperti arch.
    Pertanyaannya bang….
    1. Apa penyebab flat feet? Saya jarang olahraga lari. Saya tidak merasa lelah kalo jalan kaki(atau ini saya aja yang maksa y?) Saya lebih rutin berenang dan bersepeda. Ketika SMA, kalo ada lari saya selalu ketinggalan, Padahal tinggi dan berat saya proporsional (170cm/66kg).
    2. Ada cara untuk memperbaiki flat feet ke normal? Saya googling, flat feet punya pengaruh buruk di masa depan. Usia saya masih 23.Sayang kan…..
    Thx bang…

    coba jawab yah
    1. flat feet bukan dikarena jarang olahraga atau akibat dari suatu aktifitas, tapi emang udah dari lahirnya terbentuk dengan sendirinya, dan setiap orang punya bentuk kaki berbeda, hanya bisa digolongkan dalam 2 jenis, flat dan curve. Jenis curve biasanya tidak cepat cape kalo berdiri dan lebih cepat larinya karena bagian yg menyentuh permukaan hanya sedikit, seperti cheetah dan harimau, tapak kaki cheetah lebih sedikit menyentuh tanah dibanding harimau, makanya cheetah dapat berlari lebih cepat dibanding harimau. kekurangan kaki curve adalah kekokohan pijakan, karena hanya sedikit bagian yg menyentuh tanah maka pijakan akan lebih labil dibanding type flat yg menyentuh tanah lebih banyak…btw..170/66 masih sedikit overweight tuh, yg ideal menurut dokter sebelah rumah..tinggi badan – 110 = berat ideal. tapi kalo cowo malah bagus, besar berisi..hehehehe

    2. Gak ada cara untuk memperbaikinya karena udah bawaan yg terbentuk dari lahir. setiap type mempunyai sisi lebih dan kurangnya, nah sekarang bagaimana kita memaksimalkan kelebihanya dan meminimalisir kekurangannya ajah..

    Salam


  3. [...] 19, 2009 by rahayu28 « MEMILIH SEPATU LARI Naik gunung, siapa takut..! [...]


  4. thanks artikel nya mas.. kebetulan saya jarang memperhatikan jenis sepatu untuk olahraga.. biasanya lari pakai sepatu futsall

  5. Anonymous Says:

    fr4ewrferf

  6. isna Says:

    artikelnya bgus
    tp apakh and jg pnah jdi atlit

  7. mici Says:

    Wah info nya sangat berguna

    sekedar sharing

    minggu lalu saya baru saya berpartisipasi dalam lari 10 miles dan 2 hari sebelum lari saya cek kaki saya di tempat registrasi dan alhasil saya memiliki kaki datar dan mba yang cek kaki saya memberi saran untuk beli sepatu yang support Pronasi (Asics – Evolution 6) dan juga kaos kaki khusus untuk lari (emm … harus saya akui kedua nya harganya juga lumayan mahal tapi nga ada pilihan untuk kesehatan kaki). Selain itu mba nya juga sangat merekomendasikan untuk cek ke dokter bedah feet n knee.

    Berkat sepatu dan kaos kaki itu saya bisa mencapai garis finis dan saya sudah membuat janji dengan dokter itu.

    Pelajaran yang dapat diambil dari kasus saya ini adalah:
    Ada baiknya cek dulu keadaan situasi kaki kita dengan dan pilih benar benar sepatu lari yang cocok untuk kaki kita masing2. Seperti artikel di atas bilang lari adalah “mengayunkan kaki dan tumit menjejak tanah, beban yang harus disangga tumit berkisar 3 – 5 kali berat badan Anda” jadi lari juga bukan olah raga yang tidak beresiko.

  8. airla Says:

    Tanya dong bang..kl ukuran kaki saya no.6 (sy ukur pake ukuran tapak kaki di toko athletis food), sebaiknya sy pake ukuran 6 atau 7(dilebihkan 1 no)??
    Mohon pencerahan…thx


    tergantung peruntukannya
    kalau untuk sepatu bola / sepatu lari sebaiknya yg pas ajah
    untuk sepatu panjat malah 1 nomor lebih kecil
    sepatu gunung bisa yg pas bisa juga 1 nomor lebih besar dgn asumsi akan memakai kaus kaki woll / rebal dan diikat kencang

  9. si Kaki Ayam Says:

    Sebagai alternatif, olahraga berlari itu juga bisa dilakukan dengan tanpa memakai sepatu. Kalau mau bebaskan kaki kita dari belenggu sepatu kaki, berlarilah tanpa alas kaki.

  10. Anonymous Says:

    semua nyaman kok dan safety pokoknya lari everytime


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 41 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: