GUNUNG CIKURAI

Cikuray yang identik dengan sebuah kerucut raksasa adalah salah satu gunung yang terletak di selatan kota Garut Jawa Barat. Gunung yang termasuk dalam kelompok pegunungan muda ini dikategorikan sebagai gunung yang non aktif. Meskipun gunung ini indah, tetapi termasuk jarang didaki dan dijamah dan harus mengakui kepopuleran gunung lainnya seperti Gunung Gede Pangrango ataupun Gunung Ciremay. Untuk mencapai lokasi pendakian, pendaki bisa memulai dari Cilawu, selanjutnya menuju perkebunan Dayeuh Manggung, sebelum memulai pendakian menuju puncak gunung ini. Dari daerah tersebut pendaki dapat menemukan sebuah tower yang cukup tinggi (TVRI) yang nantinya dapat dijadikan arah (pedoman) dalam perjalanan menuju puncak.

Seperti karakteristik dari gunung-gunung lain yang memilikik bentuk seperti ini, mata air mengalir akan sulit ditemukan atau bahkan tidak terdapat sama sekali dalam perjalanan menuju ke puncak gunung, dan mata air yang ada di gunung ini pun hanya ditemukan di bawah (Cilawu atau Dayeuh Manggung). Oleh karena itu para pendaki sebaiknya membawa persediaan air yang cukup.

Untuk mencapai puncak gunung yang tingginya mencapai 2821 meter diatas permukaan laut ini, diperlukan waktu tempuh selama 7 sampai 12 jam untuk waktu normal dan pada waktu tertentu sebaiknya pendaki diasarankan agar beristirahat untuk menjaga kondisi dan tenaga. Karena jalur pendakian yang masih termasuk jarang dijamah orang, maka kita akan disuguhkan sebuah pemandangan hutan asri dan alami, tetapi perlu diingat oleh setiap pendaki bahwa dalam perjalanan selama menuju ke puncak kita akan menemukan beberapa percabangan jalan, karena petunjuk menuju puncak gunung tidak terdapat dengan jelas seperti halnya Gunung Gede yang telah menggunakan tanda panah untuk mencapai ke puncak, maka sebaiknya pemimpin rombongan selalu ekstra hati-hati dalam mengambil jalur pendakian, karena tidak sedikit pendaki yang tersesat karena salah dalam menentukan jalur yang akan dilalui dalam pendakian.

Hutan yang terdapat di gunung ini merupakan salah satu hutan yang sangat sempurna, karena pada beberapa bagian lereng ataupun lembah hampir tidak pernah dijamah oleh manusia, itu terbukti ketika penulis mencoba membuka jalur baru, penulis tidak menemukan bekas-bekas eksploitasi tangan manusia, bahkan pencari kayupun tidak pernah mencapai lokasi tersebut.

Itu terbukti dari tidak adanya jejak yang berupa potongan ranting yang membuka jalan setapak, baik menuju puncak ataupun menuruni puncak. Dan keadaan ini berbeda dengan kebanyakan gunung di Jawa Tengah. Gunung-gunung di Jawa Tengah selain Gunung Slamet (3428 M) telah mengalami eksploitasi besar-besaran sehingga fungsi hutan sebagai penyangga daerah sekitar dan sumber air bersih untuk penduduk menjadi terganggu bahkan di beberapa tempat hampir tidak ditemukan mata air mengalir.

Setiap pendaki pasti akan merasa gembira setelah mencapai puncak, begitu juga dalam pendakian ke puncak Gunung Cikurai ini. Pendaki merasa puas setelah mencapai puncak. Khususnya puncak cikurai, pendaki akan disuguhkan pemandangan yang mungkin berbeda dengan pemandangan di puncak gunung lain, karena kalau kita berdiri di puncak gunung ini yang luasnya kurang lebih sebesar “lapangan sepak bola”, pandangan mata kita akan sangat jelas melihat sekeliling gunung, karena tidak ada pohon ataupun bangunan apapun yang menghalangi pandangan kita. Oleh karena itu sebaiknya pendaki mencapai puncak pada dini hari karena ketika matahari terbit, pemandangannya mungkin tidak akan pernah bisa dilupakan.

Setelah pendakian puncak selesai, pendaki diberi pilihan untuk jalur penurunan. Pendaki dapat turun menuju Cikajang atau turun melewati jalur awal ketika pendaki memulai pendakian.

Untuk mencapai Cikuray dapat ditempuh dengan naik kendaraan umum dari Bandung atau dari Tasikmalaya menuju terminal Guntur. Dari terminal kota kita dapat menumpang angkutan kota nomor 06 jurusan Garut – Cilawu dan turun di portal perkebunan teh nusantara (PTPN) VIII atau Dayeuh Manggung. Dari sini, perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 10 km menuju pemancar beberapa stasiun televisi sebagai titik awal pendakian. Kalau mau cepat, kita dapat menyewa ojek seharga Rp.30 ribu per orang.
Atau bisa gunakan 2 jalur pendakian lain yg biasa digunakan  (Cikajang & Bayongbong). Ketiga jalur tersebut menawarkan medan yang sangat menarik dengan karakteristik masing-masing. Jalur bayongbong adalah jalur yang paling terjal, tetapi dapat cepat sampai di puncak.

About these ads
Explore posts in the same categories: Hiking

115 Komentar pada “GUNUNG CIKURAI”

  1. idos Says:

    waaa…..garut…
    dulu waktu kecil ane pernah disana, soalnya bokap pernah dinas didaerah sana
    daerah cilawu – dayeuhmanggung…lumayan masih inget juga, suka ngikut bokap maen kesono :)

    udah pernah naik gunung cikuraynya dos ? bagi catpernya dong buat nambah referensi nih…

    • diias Says:

      cowo aku baru brangkat ke cikurai siang ni tadi . moga slamet sampe tujuan ddeh , hhehe .

      kata nyh cii emg kerenn yyah nihh gunung ? pengen ci ikuut , tp takuut .
      :p

      • Anonymous Says:

        sy keturunan garut sekarang mukin di sumedang.yuk mendaki gunung tampomas yang punya banyak legenda

  2. puput Says:

    wah q belum pernah ksana tuh. kayaknya indah bgt stelah baca infonya.
    kapan ya q bisa ksana???
    kalo dr jkta timur perlu ongkos brp ya??

    kalo sekarang sih kira2 gini :
    * Jakarta – Garut : 40.000 – 60.000 (terminal Guntur)
    * Garut – Cilawu (portal): 5.000 (angkot)
    * Portal – Stasiun TV : 30.000 (ojeg)
    sekitar segitu deh

    • lukman Says:

      yoi bu u bner banget v tnang z klo breng w ntar bisa tdur di rmah w wat siap” naek ke cikurai v enak jLAn kaki ke pamancar’na ya……..
      lewat kampng cikoneng…..
      naek ojeg dari kampung cikoneng ya…..

  3. enith Says:

    pengen bgt ke sana…..padahal aq sering loh kerumah ne2k di jln guntur tuh……tp yah…pad daya…..ga sempet..pi kayaknya seru kale yah…..!!!!!!!sekarang aq di lombok…da yang pengen ke lombok ga ney……????????????

    • clara anastashia Says:

      rencananya sih juli 2010 atau klo gak abiz lebaran pengen k’lombok [naek k'rinjani]
      klo dari bali nyebrang k’lombok naek apa??
      qra2 butuh biaya berapa dari jakarta-lombok??

  4. nty_marchlove@yahoo.com Says:

    18 sept’07

    1 bln lalu aq ke puncak g.cikurai…..elok….yg pngn tau,bs buka fs aq aja ok

  5. loekman Says:

    hay sadayana abdi warga garut salam knal ti loekman

  6. mang asep Says:

    mang naek taun 88 dari bayongbong dari selatan kota Garut waktu itu cikurai udah cukup rusak ENGGA TAU sekarang rencananya emang mau naek lagi taun ini PINGIN liat perubahan setelah 20taun moga2 engga banyak yg rusak

  7. sukanda Says:

    padahal dah 10 thn ku bolak balik jkrt grt ke pamengpeuk bungbulang cuma lewat doang tuh gunung!jadi pengen juga tuh nyobain dahdahan sih kuat!karna dulu sih suka hiking gede salak

  8. sukanda Says:

    padahal dah 10 thn ku bolakbalik jkrt garut pamengpek bungbulang cuma dilewatin doang tuh gunung jadi pengen jg tuh naik kesana

  9. aiiaii Says:

    GILA ! Cikurai ! Fantastis ! kangen uii .. walaupun bukan gunung pertama yang didaki,, tapi gunung yang paling berkesan buat aiiaii ..

  10. sukanda Says:

    Hai penulis kapan atuh naik gunung lagi nanti saya mo ikutan

  11. sicantikclara Says:

    Maaaaaaaaauuuuuuu…….ke sana……hiks..hiks… Mbah Aki….yuuukkk

    lho..??? blom jadi tho ..??
    katanya minggu lalu udah mo berangkat bareng2 ama si selop ?

  12. y tunjung wibawa Says:

    pada tanggal 20 juni 2008 besok gue dan temen mau camping ke cikurai. s3emoga petualangan ini sangat berkesan (karena gue cuma duaaan,gak tahu jalan,gak tahu garut dan minimnya pengetahuan tentang jalur pendakian, but itu adalah suatu seni mendaki gunung)

  13. aLberd Says:

    uMm.. gw mau bawa anggota sekoah gw, kalo lewat garut dulu menurut gw bayarnya mahaL,,tanya dong,, kalo dari jakarta(kmpung rambutan) emang harus lewat garut dulu?? ga ada jalan cepet??

  14. sura Says:

    salam rimba buat semua ya……..
    tlg saya d bagi info tentang jalur d gunung cikurai…….
    rencana 17 agustus saya mau kesana mohon dukungan dari teman semua trimakasih

  15. isti Says:

    boleh minta data lengkap cikuray ga

  16. sagatt Says:

    insya allah tgl 17 agst 08 bsk, saya dan teman2 kerja mau kecikurai. Doain yach biar dapat puncak Cikurai yang menawan, ntar dikasih deh infonya dari sana

  17. Ade Sukanda Says:

    isti salam knal ya

  18. erfin Says:

    wahhhh. . .t4 kelahiran ku~ jd pgen ke sana lg T_T

  19. jabal Says:

    cikuray paling berkesan sampai anaku hampir diberi nama JabaL CikuraY,tpcikuray nya ga jadi karna cikuray artinya “tempat angker yg bikin bulu kuduk berdiri”..AllahuAkbar..cikuray gunung yang kokoh dan indah..

  20. egel Says:

    salam lestari
    saya sangat senang dengan cerita pendakian cikurai,karena ikut mempromosikan gunung tertinggi di daerah saya.bagi yang mo ke cikurai call me:08987754820.

    wah terima kasih…
    bisa dijadi in referensi nih…
    boleh kasi tau namanya sekalian ?

  21. Ade Sukanda Says:

    lestary salam knal ya,aku jg mou tuh kepuncak cikurai

  22. daniar rachman jani Says:

    wih kangen banget ke cikurai ! jad inget hamparan awanya tapi sayang bunga edelwisnya masih malu2 untuk menampakan diri

  23. bob Says:

    gunungna muanteppp pisan

  24. pitoy Says:

    salam…
    di stasiun tvri bisa bwt parkir mobil ga???

  25. ulfah Says:

    duch kyanya asik jg ya law ksana,lburan skarang tmn2 cwo zi la pd ksna loch.gmn crita bis dr sna ya kaya nya seru dech

  26. ulfah Says:

    tyuz law mw ksana lg ajk2 donk pngin nyoba eum adventure

  27. Sudarwan Says:

    Haii Man, ada info nihh buat temen-temen yg hobi naik gunung
    terutama gunung Cikurai, ada patokan lagi di sana sekarang udah banya Tower TV Swasta, jd Tower TVRI udah ada temennya.

    dan kalau mau bawa mobil juga bisa parkir di atas, pokoknya yg penting bawa timbel sama sambel terasi, makan di atas nikmat boangeet, apa lagi 2 hari belum makan pasti lebih nafsu makanya, suasana di sono dingin boangat jangan lupa pake baju gunung

  28. Rommy Says:

    elehh….elehh, geningan tehh aya babaraya di die, Kumaha sadayana daramang, Allahamdullilah TAhun BAru mah pasna ka gunung Cikurai sareng rerecangan. inya hente AA sareng Teteh
    Heee…12x di gunung mah dingin-dingin empukk

  29. HILMAN ZOY Says:

    cikurai…oh cikurai …puncak mu sudah ku daki.. puas rasanya hati ini… walau sempet putus asa krn salah jalurny..he..hee,tp akhirnya dpt kutaklukan jg..

    • lahem Says:

      cikuray nyasar? dmna’y? krng mh d puncak’y dh gk ada tower lg dh pd d bongkar….tinggal bangunan’y….indah bngt d puncak’y….pha lg sunrise’y gunung slamet ma garis pantai keliatan….coba deh ksna….

  30. dani-greenforest-4ever Says:

    euleuh euleuh jaman uedan… Naek ojeg 30rebu mahal ya? Dulu mah dari bayongbong sampe pabrik
    ( ga tau pabrik apa, org sana bilangnya pabrik ) cuma 3rebu (th 97…. He he he) ya memang tahun itulah terakhir sy naek gunung, puncak cikuray memang indah

  31. dani-greenforest-4ever Says:

    kalo cuaca lagi bagus kita bisa liat laut selatan

    Next kalo anakku udah siap, mau ku ajak ke sana, lewat bayongbong lebih cepet, dulu 5 jam, ga tau kalo sekarang, mungkin bisa 2×24 jam (maklum udah tua)

  32. zanah Says:

    dulu ku pernah mendaki ke ciremai,,

    wah jadi kangrn pengen ke sana lagi

  33. zanah Says:

    deuh,,,
    ku wkt klz 2 sma pernah ke ciremai
    deuh ku jd kngn pngen ke situ lagi,liat sunrise

  34. Shinta Agustin Says:

    gw uda ke cikuray, yah,,kurang lebih 2 mingguan yang lalu lah..berlima,ceweny gw sndiri
    waktu itu lewat dayeuh manggung,seru..
    lewat kebun teh yang luaaaas bgt, ampe2 bkin tenda dlu dsitu..hehehe
    pas nyampe puncak..wuihhh garut dkelilingin gunung,kaya bandung
    ati2 kalo ujan banyak kabut+dingiiin bgt
    banyak kejadian lucu n seru..
    pokonya g bakal lupa n nyesel d kl k cikuray

    • harry Says:

      salam lestari!!mau tanya nih kondisi cikurai,
      bagaimana ya jalurnya apakah bercabang,jalurnya celas atau tidak??
      trimakasih..

  35. Anonymous Says:

    waduh berat banget eyyyyyyyyyy

  36. tecko Says:

    sunrise and sunset nya keren!!!!!!!!

  37. Fauzan Says:

    Pengen kesana tapi g tau jalur eunk

  38. yuda adui Says:

    cikuray memang gx ada duanya sya bilang dmikian bukanya karena saya orang garut asli… saya saya pernah ke puncak cikuray 3 kali….saya ingin mendaki gunung lainnya….diharapkan rekan rekan bisa mengajak saya

    • hamdi Says:

      naek yuk bln agustus tgl 10?

    • rendi Says:

      ah saya tetap kangen dengan cikuray tak mau pindah ke gunung manapun day

    • rendi Says:

      duy urang sangat senang ke gunung cikuray dibawa ku maneh.lain kali mun maneh rek kikituan dei hilangkan sifat egoismu teman jangan arogan dan berasa kamu pemimpin karna itu akan mengakibatkan kecelakaan.terima kasih teman atas perjuangan kita dulu moga kita bisa melakukanya kembali.kita pudarkan masalah yang kita hadapi dengan mendaki ke gunung cikuray meski sudah sering kesana juga

  39. yunni Says:

    huuh.. cikuraii keren ..gunung pertama aku tuh .. hha
    eh puncaknya gx segede itu kalii ..

  40. lukman Says:

    alow kwan”

    LAm knAl ya…

    w asLI oraNg gaRUt ramah w tPAt didpan gunung cikuray….
    jL.cigarungsang RT.01 Rw.1

    w mau mnta fo gunung cikurai dong da yang pnya ngga…??????????
    hub w di fb ya
    manjunkal@yahoo.com

  41. hamdi Says:

    mas bnr agustus mw naek gn cikuray? blh ngikut kgk? soalnya ane org grt!

  42. egel Says:

    visit to garut.cikuray,talaga bodas gunung guntur,jelajahi keindahannya,we serve you. call me 08112117929.pokoknya GARUT edan euy….

  43. Mapala STTG Says:

    sy sdh 3 kali main k gunung cikuray, kemarin tanggal 17 Agustus 2009 sy punya angan-angan pgn ngibarin merah putih di puncak gunung Cikuray tp g jd, sedih aq. maybe next time at the same moment.
    to akang egel msh knh inget k sy (M.031.ERA)

  44. hilmi kabut Says:

    salam rimba dari hilmi kabut ( kelompok alam barudak tasik ) …. saya pernah hiking kesana .. saya mulai track dari dayeuh manggung .. bener banget kerucut raksasa itu .. apalagi waktu ngecmp di kebun teh dekat stasin pemancar tpi … eh,katanya menara thower tua yang di puncang hilang ya ? …

  45. agus Says:

    akhir nya setelah di rencanakan dengan matang dan sangat matang akhirnya team S A T ( SIMBANG ADVENTURE TEAM ) berhasil menginjakan kakinya di gunung cikuray
    pokoknya ci kuray mantapp abis apa lagi rombongan ojek mang wawan yang mengantar team kami ke pemancar nanjak abiss …. pokoknya sukses tuk team S A T

  46. roni Says:

    kawann-kawan para penggiat alam terbuka di seluruh indonesia.yang mo bertualang di garut ato hanya sekedar butu informasi tempat2 petualangan di garut.contact us 08112117929, or datang aja ke sekretariat KELANA GREENERS GARUT.

  47. Fadli Says:

    Buat u yg ingin mndaki Gn.Cikurai…u hrs siapin air sbnyk mngkin,krn di Gn ini trmsk ssah air’y.Untuk mndaki Gn ini enak’y kta lwt Cilawu prkebunan teh.Dipnck Gn ini trdpt pos prmanent yg kta’y dlu bwt lthn tntara RI.Pemndngn dipnck Gn ini lumayan top,trutama disaat fajar dan mtahari tngglm.w rsa u hrs mncoba Gn yg trtnggi dikota Garut ini…

  48. ZOY Says:

    walau sempat mau mati karna wktu sudh malam,hujan turun terus (malam 1 suro). gw ga nyerah krn gw pengen tau seperti apasih puncak cikukrai.subhanallah ternyata muannntaaaap rek…ilove cikuray..

  49. hermawanpopo Says:

    nanti tgl26 feb q mau ke sna.slm knl gn,cikuray.

  50. yusuf Says:

    aku ingin sekali kesana tapi lum ada waktu yang tepat untuk ini…????

  51. anak gunung Says:

    cikuray fantastis

  52. abdoel Says:

    woiiiiiiiiii pengen naik nihhhhhhhh…………

  53. billi Says:

    tks buat referensinya gan!
    dari sini gua bisa tau sedikitnya ongkos yang di perluin!

  54. audriana aliani viska marqueenza Says:

    aku pernah ke atas puncak cikuray bagussssssssssssssssssssssss banget australia aja kelihatan laut yg indah kota yg semerbak bagusssss bunget

  55. asep kobamz Says:

    aku dari cihurip aku pernah mendaki ke gunung cikuray buat

  56. axw APRAK Says:

    mesti tak mdlg,35th.semangat gunungku msh ok.dh 2x mnck,tp cuaca buruk wae.trhir bln mei,lg nunggu uaca n dompt bagus,mklm ninggln istri n 3 ank.klo dgng ketmu pndki lain,seringny aku plg klot,dn mrk sll acungkn jmpol buat istriku trcnta.munck yu.

  57. akmal Says:

    gue, dah berkali-kali naik tapi ga pernah bosan tuh ma, cikuray, pokoknya alus pisan pamandanganana, komo lamun ningali awan dihapan, jiga dina film-film,
    tapi jangan salah, jika kamu naik dengan mksud lain, lo akan dapat rintangan,

  58. dede Says:

    waahh….saya br mw naek neh, kira2 jalur pendakiannya gmana yach???

  59. rendi Says:

    cikuray juara bagi saya.wisata dan perjuangan yang paling indah dalam hidup saya hanya cikuray.begitupun teman saya yuda adui

  60. rendi Says:

    pengalaman saya sangat senang disana apalagi fisik saya meskipun lemah tetapi saya sampe ke cikuray.sepertinya klo saya hidup disana saya kaya tak merasakan masalah.hanya keheningan senyap yang adem rasanya dan tak ada duanya.teman2marilah kita wisata kesana.enak lho,,,,

  61. rendi Says:

    apabila ada yang berangkat mendaki gunung cikuray hubungi saya untuk sekedar ngobrol karna saya orang garut untuk mengantar ke cilawu tapi gx sampe pemncar ya.he,,,,

  62. rendi Says:

    hubungi saya kalo ada yang mendaki kita ngobrol sebentar mengenai gunung cikuarai kepada yang belum pernah kesana .

    hubungi : 081222871934

    no hp saya

  63. rendi Says:

    sampe menangis saya sampe kesana karna saya orang yang terpuruk dalam masalah ternyata terlupakan sebentar setelah saya berangkat ke gunung cikuray bersama teman saya diatas yuda adui.dan dia yang memimpin perjalanan karna dia sudah tau perjalanan kesananya.

  64. Feisal Says:

    waduhh.jadi pengen yeuh.
    saya mau naek rencana tgl 23 an ber2 ama temen kalo ga ber4..

    tapi da ga tau apa2 kesana ama disananya gmn.
    kalo dari cikarang teh deketnya lewat mana ya?

    ada yg bisa bantu ga?
    =D


  65. Sekalinya Ke Cikurai…Start Setelah Adzan Magrib…Nyampe Puncak Jam 2 Dini Hari…Puas BAnget deh…Sekalipun di puncak tidak ada sumber MAta Air…YAng paling penting bisa melihat matahari terbit…

  66. mulyadi juga chimenk Says:

    pengalaman w di G cikuray…. sangat indah n susah dilukiskan dengan kata2. di G cikuray w dapet yang nama y pulaw diatas awan n matahari terbit y bagus,,, lo semua harus coba naek G cikurai supaya percaya ma kata2 w,,,, hehehe

  67. dadan permana Says:

    3 desember 2010 alhamdulillah bisa sampai ke puncak gunung cikuray,
    jalur bayongbong emang jalur yang ga ada bonusnya( jalan datar ) hampir 95 % jalan terjal apalagi 15% menuju puncak ,treknya amat berat . emang kalo mau dapet sesuatu yang indah , mesti ada perjuangan ekstra , i love u cikuray …..

  68. don Says:

    poto2nya mana boss
    gw pengen kesana sekitar bulan juni
    untuk jalur pendakian yg ada penunjuk arahnya lewat mana yaa??

  69. shandrie Says:

    ea btul klo mau naik gunung ci kurai sebaik nya persiap kan air dari bawah! atau bwat minum nya beli dari warung-warung,,,,heem kebetulan saya orang cilawu pas gerbang masuk jl.pt perkebunan dayeuh manggung “iklan dikit klo mau beli air+mie dsb beli nya di sini yah,di waung nya bu Any”,makasi,,,,! saya juga gx mau ktinggalan sama orang2 yg naik gnung ci kurai,saya pernah naik 1 kali,,,sampy skarng blom ksana lagi,,,,!

  70. andika .n Says:

    tanggal 11 feb ini saya mau ke cikurai nih..

    jalur pendakian lewat cilawu..

    ada yang mau ikut??

  71. budi Says:

    saya sudah dua kali ke puncak gunung cikurai
    dijamin ga bakalan nyesel,apalagi kalau pas sunrise.. wuahhhh.. keren abis, serasa negeri diatas awan. walaupun tracknya lumayan berat dan memang benar diatas tidak ada air, air bisa didapat terakhir dari bangunan tower pemancar tv.
    disarankan membawa kompan air.
    dipuncaknya terdapat bangunan kecil bekas tower, anda bisa tidur disitu drpd ditenda karena anginnya dingin dan kenceng banget.
    persiapan harus bener2 mateng dan persedian yg cukup, terutama air.
    oke selamat berpetualang..

  72. tedy Says:

    tgl 22 april 2011 gw ama tmen2 mo ke cikuray doa’in ya, ini pendakian pertama kali gw ke cikuray…….

    • gaban Says:

      ini dia akhirnya ada kawan juga yg mau naek.
      klo boleh gabung, nti ketemu disana ya
      kebetulan sy dr sby tugas kerja di jkt, sayang klo cikuray di lewatkan begitu saja..

  73. Anonymous Says:

    bagaimana keadaan cikurai skarang.?
    soalnya insyaallah saia akan melakukan pendakian ke gunung cikurai pada tgl 18 april 2011

  74. wiwit Says:

    wualah… itu cikuray top banget deh !!
    mhmmm, kayaknya gak ada abiz2nya tuh tanjakan. 5 jam gue sampe puncak turun 2,5 jam.

  75. Anonymous Says:

    Salam rimba,,,
    sangat amat mengesankn, kami nge-trek malam hari sempat tersesat 4 jam,tnpa ada tanda jalur,semak,akar,batu,hjn,kabut menemani kami sepanjang jalur pndakian,untk turun lg jgn hrp dpt bonus yg ada hnya jackpot (terpeleset) tanah licin,krna kelelahan kami hnya sampai di puncak bayangan,krna rencana prsedian logistik hnya untk 1 hari, tpi,,ga apa2 suatu saat kami akan dtng lagi,,
    cikuray we will come back again,,

  76. Halimount Says:

    Perjalanan saya pada tgl 19 Maret 2011 gagal gk nyampe ke puncak, cuma nyampe Pemancar, karena ada beberapa rekan yg tidak sanggup melanjutkan perjalanan. Maklum jalan kaki mulai turun dari angkot… Kalau rekan2 ada yang berencana mendaki pada Bulan Mei atau Juni 2011 bisa kabari saya (halimuntea@gmail.com).
    Tq,

  77. syapar Says:

    aas…
    mas broo ftho ftho titik titik pendakian bisa di add g buat jalur pendakian ke puncak G.cikurai.
    insallah temen temen bln nov ada pendakian ke G.cikurai
    selumnya erimakasih.

  78. Anonymous Says:

    salam lestari
    kami Anak pecinta alam Bayongbong mau ke puncak cikuray tgl 27 juni 2011 buat kawan2 di tunggu partisi pasinya d puncak..

  79. muzvi Says:

    salam lestari
    kami Anak pecinta alam Bayongbong mau ke puncak cikuray tgl 27 juni 2011 buat kawan2 di tunggu partisi pasinya d puncak..

  80. niar novian Says:

    salam rimba.
    saya ber terima kasih dan sangat senang dengan ada nya web ini dan saya 100% dukung karena anda salah satu orang yg ikut andil mempromosikan salah satu tempat wisata/cagar budaya bagi teman teman PA dan masyarakat luas lain nya. saya juga ingin berbagi pengalaman dengan teman teman semua , , saat itu saya ber ulang tahun yg ke ”17” (anak muda sering menyebut nya sweet seventeen) tepat nya tanggal ”151107”… 2 hari sebelum nya saya Berwacana untuk merayakan ultah saya d puncak Gunung Cikuray tetapi saya tidak yakin karena saat itu benar benar lagi (boke) dan akhirnya saya berinisiatif menghubungi teman saya yg berada d cikajang dan menanyakan semua perlengkapan untuk pendakian dan ternyata alhamdulillah teman saya memberi kabar baik,,,,tidak panjang lebar saya pun langsung mempersiapkan diri,packing dll.setelah tiba hari Htepat nya tanggal 141107 saya berangkat dari rumah jam 9 pagi u/ menuju cikajang setelah tiba di sana jam 10.30 saya pun langsung mendengar kabar yg membuat saya pesimis,,”hari itu bertepatan dengan “Larang Bulan” menurut warga setempat. “cenah lamun ker poe larang bulan teu menang naek gunung cikuray sok kawenehan maung” begitu yg saya dengar dari teman saya. tetapi saya tetap nekat dengan pendirian saya..akhirnya saya pergi d temani 2 rekan saya,,saya pergi dari rumah rekan saya jam 14.20.setelah berjalan kurang lebih 5 km saya bertemu dekan rekan saya lagi yg baru saja turun dari G.cikikuray setelah mengikuti pendidikan PA,lalu rekan saya berkata “tong jadi naek na,, urang ge di titah balik ges weh isukan deui bisi aya nanaon” tetapi saya tetap ingin menerusakn pendakian,,dan saya pun meneruskn pendakian. setelah saya berjalan dan bisa dibilang setengah perjalanan saya tepat pas adzan magrib berkumandang,, lalu saya beristirahat sejenak untuk solat lalu rekan saya berkata “ges weh istirahat heula sapeuting didieu isuk tuluykeun ka puncak” dan suasana hutan pun sangat sangat berbeda tetapi saya masih tetap dalam pendirian saya,,lalu mereka pun mengikuti saya untuk terus melanjut kan pendakian…setelah sampai di puncak bayangan saya melihat jam sudah menunjukan pukul 20.25 lalu beristirahat untuk kedua kali nya,,5 menit kmudian kami lanjut karena sudah hampir tengah malam,,,,kami pun bergegas dan ketika itu saya tidak menyadari kalo lewat jalur cikajang itu pasti melewati jurang jurang yg terjal,tepat nya setelah puncak bayangan ,,saya pun tidak menyadari berjalan di pinggir pinggir jurang yg sangat terjal,,,dan kami pun sampai d puncak menjelang pukul 00.00 tepat nya hari ulang tahun saya yg ke 17..saya sampai d puncak jam 23.17 dan langsung naik ke atas bangunan bekas tower salah satu televisi swasta lalu kami mengucapkan syukur atas semua perlindungan allah sehingga saya/kami bisa sampai d puncak dengan selamat..dan akhirnya pukul 00.00 yg sangat saya tnggu2 pun tiba dan saya sangat senang bisa merayakan ultah ke 17 saya d puncak Gunung Cikuray dengan di suguhkan hadiah View yg sangat indah ,dan moment itu tidak pernah terlupakan se umur hidup saya :D ,,G.cikuray memang mantap dan saya saran kan kepada seluruh PA / yg sangat hobby hiking kalian harus mencoba track mendaki dan menikmati view G,cikuray :D sekian dan terimakasih . . . Good luck all.

    met sweet seventeen yah… kalau saya sweet seventy.. :D
    asik bener ultah nya di cikuray…mantaf.. kenangan yg sulit terlupakan

  81. Dzo Says:

    Lo smua hrus ngrasain bray…rugi klo gak prnah nyobain track cikuray…
    Mantab…

  82. Ahmad Rozali Says:

    Kami dari team “Caterpillar Indonesia Adventure Club”,,,,,, jg pernah mencoba sampai ke puncak “Cikuray” beberapa tahun silam tepatnya sebelum G.Papandayan meletus. Team merasa takjub dengan kondisi alam yg msih asli,,,,dan harus tetap kita pertahankan keasliannya,,,pada saat dipuncak team sempat mengabadikan aktifitas seekor “Elang” yg terbang mengitari kawasan puncak,krn sudah sangat langka dan dpat kita jumpai burung tsb,semoga Team CIAC bisa singgah lagi ke Cikuray,,,,,,,

  83. Anonymous Says:

    Alhamdulillah saya sudah pernah menjamahi puncak cikurai hanya “berdua” saja sama sahabat saya n Alhamdulillah selamat sampai tujuan,pengalaman saya yg tak akan pernah saya lupakan.karena mendapatkan sunrice n sunset yang sangat indah,serta lautan awan dan pemandangan lain yg membuat saya sadar betapa indahnya ciptaan YANG MAHA KUASA.
    Dipuncak saya dan sahabat saya di sambut oleh burung” dan tikus yang sangat ramah…

    Saya k cikurai bulan Maret 2010,3 bulan setelah sdri reni hilang pada bulan desember 2009.

    Menurut saya penuh keganjilan atas hilangnya sdri reni tsb,karena mereka berpersonil 12orng..

    Inilah Pengalaman Saya di Gn.Cikurai..Terima Kasih

    “BERBAGI WAKTU DENGAN ALAM”

  84. denys back to nature Says:

    Alhamdulillah saya sudah pernah menjamahi puncak cikurai hanya “berdua” saja sama sahabat saya n Alhamdulillah selamat sampai tujuan,pengalaman saya yg tak akan pernah saya lupakan.karena mendapatkan sunrice n sunset yang sangat indah,serta lautan awan dan pemandangan lain yg membuat saya sadar betapa indahnya ciptaan YANG MAHA KUASA.
    Dipuncak saya dan sahabat saya di sambut oleh burung” dan tikus yang sangat ramah…

    Saya k cikurai bulan Maret 2010,3 bulan setelah sdri reni hilang pada bulan desember 2009.

    Menurut saya penuh keganjilan atas hilangnya sdri reni tsb,karena mereka berpersonil 12orng..

    Inilah Pengalaman Saya di Gn.Cikurai..Terima Kasih

    “BERBAGI WAKTU DENGAN ALAM”


  85. mungkin hampir tiga tahun tidak mendaki gunung cikuray…sudah kangen kepengen silaturahmi ke gunug cikuray…

  86. Rida Ananto Says:

    pendakian ke Gunung Cikurai udah luayan lama sekita 15 tahun yang lalu. Sempat tersesat sehingga memaksa kami untuk menunda perjalanan kami semalam. Pagi harinya baru kami baca peta dan potong kompas menuju jalur semula. Alhamdulillah akhirnya sampai dipuncak, tapi sayang nggak kebagian sun rise. Tapi walau bagaimanapun juga , luar biasa pemandangannya.

  87. jamal thea Says:

    rncna tgl 17 mei 2012 kami ingin mendaki cikuray,,mohon info biaya dari jkrta ??? mkasih

  88. de2n Says:

    . Nanti kmi mau brangkt k’ c’kuray. . Ma ank2,

  89. de2n kopong Says:

    nnti tgl 25 juni kmi dri tasik mau k’gnung c’kuray, mohon informasi k’adaan n’ kondisi d’ sna. . .

  90. de2n kopong Says:

    kondisi c’kuray skrng gmN. ?


  91. kami dari organisasi REPALA 73 hari kamis nanti tanggal 12-jul-12 hendak melakukan perjalanan ke gunung cikuray, dibantu doanya ya :)

  92. Agus salim Says:

    Insyallah tgl 15 agustus ini brngakat,
    mudah”n sukses

  93. Agus salim Says:

    Insyallah 15 ini brngkat mudah”n sukses,

  94. widhi Says:

    kang untuk bulan april nanti gunung cikuray bisa didaki? dan biasanya jalur mana yang sering dilalui pendaki kang?

  95. Anonymous Says:

    Gunung Cikurai


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 41 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: