HIKING

HIKING

Hiking atau jalan kaki adalah suatu bentuk latihan dan rekreasi yang menyehatkan. Hiking bisa jadi hanya berjalan beberapa jam atau bahkan beberapa minggu. Beberapa hiker yang sudah berpengalaman, memperoleh kepuasan dengan berjalan menjelajahi alam yang masih liar di dalam Taman Nasional, suaka alam, dan tempat – tempat asing lainnya. Hiking bisa juga hanya sekedar jalan-jalan di trotoar di dalam kota, intinya adalah berjalan untuk kesenangan.

Kebanyakan orang hanya membutuhkan pakaian yang cocok dengan cuaca dan sepatu boot yang ringan dalam melakukan perjalanan. Seorang hiker pemula harus memulai jalan yang lamanya tidak lebih dari satu hari. Setelah daya tahan tubuhnya meningkat, mereka baru dapat berjalan sepanjang malam. Akhirnya mereka baru boleh melakukan perjalanan berkemah untuk beberapa hari/minggu.

Demi menjaga keselamatan seorang hiker sedikitnya harus bersama satu orang teman. Hiker harus mempersiapkan diri terhadap perubahan cuaca. Pengetahuan dasar pengobatan harus dikuasai, seperti mengobati kulit yang lecet, melepuh kepanasan, masuk angin kedinginan, dll. Ketrampilan menggunakan peta dan kompas sangat penting bila menjelajahi daerah yang tidak dikenal.

Hiker perlu membawa backpack untuk membawa makanan, minuman, pakaian, dan barang keperluan lainnya. Barang-barang yang dibawa bisa jadi untuk kebutuhan selama beberapa hari, terutama bila menjelajahi daerah yang tidak terdapat bahan-bahan keperluan.

Olahraga hiking berupa orientasi membaca peta dan menggunakan kompas. Kompetisi hiker dengan mencari beberapa pos yang tersebar di sepanjang perjalanan. Orang yang pertama dapat menemukan semua pos dialah pemenangnya.

Mendaki gunung adalah hiking khusus yang sangat sulit dan berbahaya. Persiapan fisik, dan mental, juga perbekalan yang memadai sangat diperlukan. Pengetahuan tentang medan yang akan ditempuh juga penting. Dalam mendaki gunung harus dibimbing oleh orang yang sudah berpengalaman.

Berbagai organisasi pecinta alam dan pendakian, termasuk pramuka, biasanya memiliki pengetahuan tentang hiking. Ranger di dalam taman nasional atau suaka alam biasanya memiliki peta dan berbagai perlengkapan.

SUMBER

Iklan
Explore posts in the same categories: Hiking

2 Komentar pada “HIKING”

  1. UMI Says:

    MENGAPA DI ARTIKEL INI TDK ADA DAFTAR PUSTAKA

  2. adeniez Says:

    baguuz…. i like it.,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: