Climbing – Bouldering 02

ROCK CLIMBING

Singkatnya, apa itu Bouldering?
Seni Gerak Memanjat Batu

Apa itu Panjater?
Istilah yang saya pake untuk seorang pelaku bouldering atau tukang manjat batu. Saya bakal pake istilah ini untuk ngebedain dengan Pemanjat Tebing secara umum. Bahasa Inggrisnya Panjater yaitu Boulderer.

Alat apa aja yang diperlukan untuk bouldering?
Sepasang sepatu panjat tebing, kantong kapur berikut kapurnya dan sebuah boulder.

Apa itu Boulder?
Boulder dalam bahasa Inggris berati batu besar. Dalam Bouldering, Boulder bisa diartikan media atau sesuatu yang akan dipanjat oleh seorang panjater. Ini bisa berupa bebatuan, tebing atau dinding yang rendah atau juga struktur bangunan.

Apa itu Problem?
Problem adalah sesuatu yang akan dipanjat yang harus mempunyai titik awal dan titik akhir/ selesai. Problem bisa memiliki banyak gerakan ataupun cuma 2 (dua) gerakan. Dalam Panjat Tebing biasanya disebut rute, yang dimulai dari dasar tebing sampe ke puncak tebing. Disebut problem karena satu batu yang harus dipanjat dianggap sebagai satu masalah yang harus dipecahkan, layaknya satu teka-teki yang perlu perasan otak agar bisa dicari jalan keluarnya. Kalo bouldering bukan cuma perlu perasan otak tapi juga perasan otot.

Bouldering itu cocoknya untuk siapa?
Siapa aja, tua atao muda khususnya kamu2 pecinta alam yang kantongnya enggak tebal. Anak-anak sekolah/ kuliahan yang hidup pas-pasan tapi pengen aktif dan menghindari tawuran. Mereka yang pengen panjat tebing tapi ngeri ama ketinggian atau dilarang ama bokap nyokap yang takut kalo lo’ jatuh. Kamu semua yang sering stress di kerjaan atau punya konflik dengan manusia, Bouldering bisa jadi satu alternatif remedi yang mujarab. Kalo kamu kuper alias kurang pergaulan Bouldering efektif buat ajang mencari kawan, karena paling seru kalo manjat batu rame-rame. Dan kamu yang mau kedamaian, pergilah bouldering sendirian dan rasakan persahabatan akrab dengan tembok-tembok alam. Kamu yang bener-bener suka tantangan dengan melakukan kegiatan alam yang sulit dan perlu otot juga konsentrasi penuh tapi tetep having fun. Dan juga untuk para pemanjat tebing, mereka udah tau kalo Bouldering adalah salah satu training terbaik untuk manjat tebing.

Apakah Bouldering cocok buat cewek?
Terus terang panjater cewek yang sering saya liat adalah cewek2 keren dan ehem..cakep yang punya otot. Banyak dari mereka yang “kick my ass” alias bikin gue malu kalo manjat dengan mereka, soalnya cewek2 itu jago banget manjatnya. Maklum seperti umumnya cowok2 , gue pantang dikalahin ama cewek. Jadi kalo liat cewek manjat problem yang sulit gue jadi ter-MOTIVASI banget ….alias PANAS dan NGIRI..hahaha 😉

Siapa pelopor Bouldering?
Di Amerika sport ini dikukuhkan oleh John Gill tahun 1950-an meskipun pemanjat Eropa dan Inggris sudah melakukan bouldering sebelumnya. Pasalnya kegiatan bouldering di Eropa waktu itu belum dianggap sebagai satu olah raga yang berdiri sendiri dan hanya sekedar aktivitas training untuk panjat tebing. John Gill-lah yang memasyarakatkan bouldering dengan pendekatan jimnastik yang terbukti dengan penggunaan kapur, gerakan2 yang dinamis selain memerlukan otot yang kuat. Selanjutnya pada tahun 1990-an seorang pemanjat muda yang sangat berbakat bernama Chris Sharma dari California, USA menjadi idola di percaturan panjat tebing dan dia aktif melakukan bouldering dengan sangat mengesankan yang menjadi satu titik pangkal promosi olah raga bouldering yang lebih modern.

Apa artinya Grade? (baca: gred)
Di arena Panjat Tebing dan Mountaineering, Grade artinya tingkat keseriusan suatu pemanjatan atau pendakian. Dari segi petualangan kadang diukur dengan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu jenis pemanjatan. Kebanyakan orang menggunakan istilah Grade dan Rating untuk arti yang sama yaitu (rating) tingkat kesulitan teknis.

Apa artinya Rating? (baca: reiting)
Rating yaitu nilai atau tingkat kesulitan teknis suatu rute atu problem yang biasanya dijelaskan oleh skala tertentu. Setiap problem memiliki rating fungsinya untuk membedakan problem mana yang gampang dipanjat dan mana yang lebih sulit dari segi penguasaan tehnik memanjat juga kekuatan. Dengan menggunakan rating kamu bisa memilih dan menentukan jenis problem yang mau kamu panjat sesuai dengan keahlian tehnik kamu dalam bouldering.

Skala tingkat kesulitan apa yang digunakan pada bouldering?
Saat ini skala tingkat kesulitan problem boulder yang paling populer digunakan yaitu V-Scale (baca: Vi skel) atau dalam bahasa Indonesia disebut Skala-Vi. Skala ini diciptakan oleh John Sherman dari Amerika pada tahun 1990-an saat dia praktek bouldering di Hueco Tanks, Texas. Huruf V berasal dari nama panggilan akrab John Sherman waktu itu yaitu “Vermin”, dipendekkan jadi Vi. Skala ini dimulai dari V0 dan berlanjut V1, V2, V3 … sampe V15. Problem boulder paling sulit sampe sekarang yaitu V15 dan masih ada kemungkinan untuk ditingkatkan.

Bagaimana perbandingannya dengan skala Yosemite?
Skala Yosemite atau YDS adalah skala yang digunakan untuk mengukur tingkat kesulitan satu rute Panjat Tebing. Diawali dengan angka 5 dan diikuti dengan angka desimal dan huruf dari A sampe D. Contoh 5.6 adalah rute yang mudah dan hampir setiap orang bisa memanjatnya. Pada rute yang makin sulit barulah digunakan huruf seperti 5.10b, 5.12d, 5.14a dan rute tersulit didunia saat ini yaitu sekitar 5.15a.

SUMBER

Iklan
Explore posts in the same categories: Climbing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: