Climbing – Bouldering

Apa itu Bouldering?

Bouldering (baca: buldering) secara literal berasal dari akar kata boulder yang artinya Batu Besar. Bouldering adalah olah raga seni panjat memanjat di bebatuan besar, tebing ataupun dinding yang relatif tidak terlalu tinggi tanpa menggunakan pengaman tali ataupun harnes dan dalam geraknya mementingkan aspek jimnastik dengan kelincahan dan kekuatan tenaga penuh. Kebanyakan rute pemanjatan bouldering berorientasi horisontal atau menyamping berbeda dengan panjat tebing yang arah pemanjatanya vertikal. Dalam dunia perpanjatan, Bouldering dianggap sebagai bentuk murni dari Panjat Tebing “Pure form of Climbing” karena si pelaku bouldering tidak mengenakan alat pengaman yang tertempel pada badan sehingga memungkinkan pergerakan tubuh yang lebih bebas. Tanpa ketinggian yang signifikan kamu enggak usah terlalu khawatir akan kecelakaan akibat jatuh jadinya kamu bisa lebih fokus ama ritmik gerak dan alur dinamis penyelesaian problem. Itu sebabnya Bouldering punya standar kesulitan yang lebih tinggi ketimbang Panjat Tebing.

Bouldering memiliki nuansa high energy atau semangat yang berapi-api dimana dalam olah raga ini kamu dituntut untuk kuat secara fisik dengan penguasaan tehnik juga strategi dan pantang berhenti dalam memecahkan sebuah problem. Sport yang satu ini di Amerika sangat digandrungi oleh anak-anak muda, yang sebagian dianggap PUNK dan super CUEK. Tapi sebetulnya olah raga ini bisa ditekuni dan dinikmati juga oleh siapa saja, mulai dari anak umur 2 tahun sampe kaum dewasa, dari yang kasual seperti seniman dan yang serius kayak engineer.

Perjalanan perkembangan Bouldering enggak lepas dari pertumbuhan dunia Panjat Tebing itu sendiri. Ini dibuktikan dengan banyaknya pelatihan dasar Panjat Tebing yang menggunakan bouldering sebagai tahap paling awal dalam memperkenalkan Panjat Tebing. Karena penggunaan peralatan yang sangat minimal, Bouldering adalah salah satu cabang Panjat Tebing yang paling sederhana.

Kesimpulannya yaitu Bouldering adalah segalanya tentang Kekuatan, Tehnik, Penyelesaian Masalah, Kesederhanaan dan Semangat Maju Terus yang dibumbui dengan sorak dukungan dari sesama Panjater.

SUMBER

Iklan
Explore posts in the same categories: Climbing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: