Climbing – Grade

Perbandingan Skala-Vi dengan skala Yosemite (YDS) bisa diliat di link ini:

http://www.immortal.net.au/climbing/…ng/grade3.html

Terlihat bahwa V0 setara dengan 5.9 yang sebetulnya sangat sulit untuk kebanyakan pemula. Itulah sebabnya kenapa Bouldering dianggap memiliki standar kesulitan yang lebih tinggi. Untuk bisa memanjat rute 5.9 seorang pemanjat yang baru harus sering berlatih. Jika kesulitan problem dibawah 5.9 dalam skala Yosemite biasanya untuk problem boulder kita mencap kesulitan tersebut dengan nilai V0- (V zero minus) atau Vi-nol minus. Untuk problem yang gampang banget kadang disebut juga VB (baca: ViBi), singkatan dari Very Beginner (Sangat Pemula). Kamu bisa menyimpulkan untuk menjadi seorang Panjater yang bisa memanjat problem mudah V0 kamu harus rajin training.

Apa itu Spotting?
Spotting yaitu tehnik yang dilakukan oleh sesama panjater (bisa juga penonton atau suporter) untuk menjaga seorang panjater dari kemungkinan injuri atau kecelakaan yang terjadi pada saat dia terjatuh. Orang yang melakukan spotting disebut spotter.

Bagaimana Spotting dilakukan?
Spotter mengangkat kedua tangannya diatas kepala dengan telapak tangan terbukamenghadap punggung si pemanjat dengan tujuan siap menahan/ menghentikan jatuhnya pemanjat . Bagian yang paling utama untuk dijaga yaitu punggung dan kepala agar tidak membentur sesuatu apapun yang dapat mengakibatkan kecelakaan serius. Spotter juga memindahkan kraspad tepat dibawah pemanjat seiring dengan alur lintasan yang sedang dilalui pemanjat. Pada kondisi tertentu kadang spotter harus mendorong pemanjat yang jatuh supaya terpental jauh dari satu rintangan (batu, pohon dll) yang dapat membahayakan.

Apa itu Traverse? (baca: trafers)
Gerak memanjat yang arahnya menyamping/ horisontal. Kebanyakan problem boulder adalah traverse.

Pakaian apa yang harus saya pake waktu bouldering?
Enggak pake pakaian pun boleh (nude bouldering). Pokoknya yang longgar dan nyaman biar enggak membatasi gerak tubuh.

Apa itu Kraspad?
Kraspad atau yang dalam bahasa Inggris disebut Crah Pad yaitu matras yang enggak terlalu empuk yang digunakan untuk melindungi badan/ kaki si panjater saat jatuh atau mendarat.

Apa itu HighBall? (baca: haiball)
High artinya tinggi dan ball/ balls artinya keberanian. Jadi High Balls artinya Keberanian yang tinggi. Dalam istilah bouldering mengacu pada problem-problem yang tinggi yaitu sekitar 4 meter keatas. Kalo mau manjat problem highball kamu harus punya nyali yang gede. Enggak semua panjater berani manjat problem high ball karena resiko kecelakaan dan terluka sangatlah tinggi. Kegiatan manjat problem highball disebut highballing.

Apakah High Balling sama dengan Free Soloing?
Free Soloing yaitu manjat tebing tinggi tanpa tali pengaman, tanpa harness juga tanpa belayer. Bedanya dengan highballing yaitu dalam highballing kalo panjater jatuh dia bakal terluka atau terluka parah. Sedangkan dalam Free Soloing kalo si pemanjat jatuh 99% dia bakal tewas.

Apa itu SDS?
SDS adalah kependekan dari Sit Down Start yaitu awal pemanjatan boulder dengan posisi duduk. Posisi duduk ini adalah posisi paling rendah untuk mengawali suatu problem. Setiap problem yang diciptakan harus diusahakan serendah mungkin yang bakal bikin problem tersebut lebih sulit, menantang dan lebih panjang.

Apa artinya SEND? atau SEND IT?
Send adalah istilah Bouldering yang artinya Pecahkan Masalah/ Problem. Maksudnya yaitu problem boulder yang dipanjat dengan baik tanpa kecurangan dari titik awal sampai finish. Contohnya kalo seorang Panjater bilang “Saya udah send problem …” artinya dia udah memanjat problem … dengan jujur dan benar/ tanpa kecurangan. Kata send ini sering digunakan untuk memberi semangat dan motivasi buat panjater yang sedang menyelesaikan sebuah problem dengan teriakan “Ayo, SEND IT!” artinya ” Ayo, selesaiin problemnya!”

Apa artinya Crux? (baca: kraks)
Crux adalaha satu bagian/ gerakan yang paling sulit pada suatu problem dimana panjater sering terjatuh saat dia mencapai titik tsb.

Apa artinya Top-out?
Cara atau gerakan terakhir pada saat seorang panjater menjelang di puncak batu untuk menyelesaikan suatu problem Contoh kalimat: “Problem … top-out-nya susah banget en ngeri, soalnya highball dan pegangannya sloper”.

Apa itu flappers?
Berasal dari kata flap yang artinya mengepak, seperti sebuah sayap. Flapper yaitu sebagian kulit luar di tangan yang terkelupas tapi masih menempel pada tangan kamu, mirip seperti sayap yang bisa dikepak-kepakkan. Enggak jarang waktu mempelajari satu masalah boulder dan terus-terusan manjat satu problem tsb kulit tangan kamu bakal terkelupas. Selamat datang di gelanggang bouldering! Kulit terkelupas hasil bouldering adalah kebanggaan, tapi perihnya enggak ketulungaaan.

Apa itu beta?
Pengetahuan akan urutan-urutan gerak atau gerakan2 tertentu dari awal sampe akhir yang harus dilakukan untuk memecahkan satu problem. Kebanyakan problem bisa diselesaikan dengan berbagai cara yang berbeda namun ada beberapa problem boulder yang sangat tergantung pada satu gerakan tertentu yang menjadi satu2nya kunci sukses untuk menyelesaikan problem yang bersangkutan. Panjater yang mentok dan nyerah kadang minta beta dari panjater yang lain yang udah bisa nyelesaiin problem tsb.

Apa artinya dyno?
Dyno adalah salah satu tehnik yang sangat populer dikalangan panjater, yaitu kelincahan dalam menggapai pegangan tangan berikutnya yang cukup tinggi/ jauh dengan cara meloncat. Kadang diperlukan ayunan tubuh untuk mendapatkan momentum maksimal yang bakal menghasilkan loncatan yang lebih tinggi.

Gimana penampilan seorang Panjater di Amrik?
Ini cuma generalisasi aja yang kayaknya udah menjadi trend di kalangan Panjater, dimusim semi dan gugur dan pada saat cuaca masih dingin mereka biasa pake celana baggie, topi kepala ngetat atau bacalava (beanie/ touque/ stocking cap) dan sweater yang ada kerudungnya. Sedangkan dimusim panas yang cowok tanpa baju atasan dan cewek pake tangtop, biar otot-otot yang menonjol bisa terpamerkan kali ya!

Gimana perkembangan bouldering dan komunitas para panjater?
Bouldering berkembang dengan sangat pesat di Amerika dan Eropa terutama dikalangan remaja. Kayaknya dikarenakan kesederhanaan olah raga ini. kompetisi bouldering lebih sering diselenggarakan ketimbang kompetisi panjat dinding. Dan salah satu tujuan utama website TebingCadas.Com yaitu memasyarakatkan bouldering di Indonesia, bukan sekedar bouldering di dinding tapi bener-bener manjat bebatuan di alam terbuka.

Dimana saya bisa Bouldering?
Kamu bisa Bouldering dimana aja apa itu batuan besar, tebing atau dinding.

Sialan lo, Gue udah tau itu! Maksud gue dimana tempat kita2 orang Indonesia bisa manjat bebatuan yang kamu sebutkan?
Itu tanggung jawab kamu yang mau jadi Panjater. Karena bouldering belum begitu dikenal dan berkembang di Indonesia, tugas kamu yaitu nyari batu yang bisa dipanjat kemudian beri nama dan kasih tau temen-temen atau musuh-musuh kamu dan tantang mereka untuk manjat problem yang kamu buat, daripada tawuran bro!

Langkah apa yang pertama harus diambil untuk menjadi seorang Panjater?
1. Nabung
2. Beli Sepatu Panjat Tebing, kantong kapur dan kapurnya
3. Angkat kaki dan cari bebatuan untuk dipanjat.

Alasan untuk mulai Bouldering?
Bouldering adalah olahraga yang sangat sederhana dan terjangkau, kamu cuma perlu sepatu panjat tebing, kantong kapur dan kapurnya.
Kamu enggak usah ribet ama tali kernmantel, belay, jangkar pengaman, partner dll. Pokoknya manjat dan manjat dan manjat terus.
Bouldering enggak gampang dan perlu dedikasi, ini bakal bikin kamu sehat dan kuat.
Kalo kamu udah berkeluarga dengan anak kacil, kayaknya bouldering lebih cocok buat kamu ketimbang Panjat Tebing karena semua anggota keluarga bisa berpartisipasi.

Pengen tau lebih banyak tentang Bouldering?
Website-nya John Gill, pionir Bouldering di Amrik
Buku:
John Gill: Master of Stone ditulis oleh Pat Amen
Stone Crussade ditulis oleh John Sherman, pencipta Skala Vi
Better Bouldering ditulis juga oleh John Sherman (Buku panduan kecil merangkum tehnik dan cara Bouldering)

Kalo kamu masih belum jelas dan punya pertanyaan lain tentang bouldering silahkan email gue, entar aku cariin jawabannya.

SUMBER

Iklan
Explore posts in the same categories: Climbing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: