Climbing – Memanjat tebing miring

Memanjat tebing miring

Tebing alam yang yang kita panjat enggak selalu 90 derajat vertikal. Tebing yang derajat kemiringannya lebih besar dari 90 biasa disebut SLAB. Tergantung dari jenis batu ditebing tersebut, untuk memanjat slab pada umumnya diperlukan banyak friksi atau kontak dari sebagian besar karet sepatu. Pada saat memanjat tebing slab posisi badan harus cenderung tegak lurus yang memungkinkan pusat gravitasi yang jatuh (tekanan berat badan) sepenuhnya tertumpu pada bagian kaki yang menempel pada tebing. Kalo kamu memanjat tebing slab dengan posisi badanmu paralel/ sejajar denga kemiringan tebing, kamu bakalan mudah tergelincir dan jatuh. Posisi yang salah ini sangat populer dikalangan pemula dikarenakan rasa takut jatuh yang membuat mereka berpikir
dengan memeluk/menempelkan badan ke tebing akan menyelamatkan mereka.

Sedangkan tebing yang kemiringannya lebih kecil dari 90 derajat biasa disebut OVERHANG kecuali Nol derajat kemiringan atau sepenuhnya horisontal disebut ROOF (atap). Untuk memanjat tebing overhang diperlukan kekuatan yang tinggi dan tehnik memanjat yang baik. Salah satu kekuatan yang penting yaitu core strength atau kekuatan otot-otot perut kita, kenapa demikian? Karena otot perut inilah yang diperlukan untuk menjembatani kekuatan tangan dan kekuatan kaki sehingga badan akan tetap dekat dengan tebing yang akan membuat kita lebih mudah untuk mengontrol keseimbangan. Untuk memperkuat otot perut ini sering-seringlah melakukan CRUNCH atau juga SIT-UPS, ini bagus supaya
perut enggak buncit buanget 🙂
Lebih bagus lagi kalo kamu melakukan olah raga kelenturan dan kekuatan
PILATES (seperti YOGA hanya lebih terfokus pada kekuatan otot perut).

Tip-tip dibawah ini bisa digunakan untuk memanjat tebing overhang:

1. Manjat dengan cepat. Saat kamu memanjat tebing overhang kamu bakalan
lebih cepat cape dan akhirnya jatuh. Dengan memanjat cepat kamu
menggunakan energi kamu se-efeektif dan se-efeisien mungkin. Ini bukan
diartikan kamu memanjat dengan kaku dan enggak karu-karuan. Memanjat
dengan cepat artinya kamu harus cepat dalam mengambil keputusan dimana
kamu bakal menempatkan kakimu dan pegangan mana yang akan kamu sambar berikutnya.

2. Pertahankan tiga titik kontak atau dalam bahasa inggris sering disebut “Three points of Contact”. Rumus ini udah bukan rahasia lagi dan dikenal sebagai aturan dasar memanjat tebing untuk para pemula. Kita punya empat titik kontak saat kita memanjat: 2 tangan dan 2 kaki. Pada saat kita melakukan gerak vertikal usahakan tiga titik tetap menempel yaitu dua kaki dan satu tangan, atau sebaliknya; dua tangan dan satu kaki. Artinya, kita memindahkan hanya satu titik kontak setiap saat kita bergerak. Kalo kedua kakimu terlepas maka kedua tanganmu akan menahan berat badan sepenuhnya (seperti pada saat melakukan pull-ups) dan ini sangat melelahkan. Dan kalo kedua tanganmu terlepas pada saat manjat tebing overhang maka kamu sudah pasti bakal terjungkal dan melayang jatuh bo! Ngerti kan maksudnya?

3. Pada saat posisimu kukuh/solid (pegangan dan tumpuan kaki sangat bagus dan mendukung) istirahatlah dan lenturkan/stretch, goyang-goyangkan/shake tangan dan jari-jari kamu supaya otot-ototmu lebih segar untuk mengeksekusi gerak selanjutnya. Untuk pemanjatan rute panjang kamu harus pintar-pintar mengambil kesempatan untuk sering beristirahat.

4. Tetaplah fokus dan bernafas dengan baik!

Semoga berhasil.

SUMBER

Iklan
Explore posts in the same categories: Climbing

5 Komentar pada “Climbing – Memanjat tebing miring”

  1. yulius putra Says:

    penilaiyan saya tentang pemanjatan di vertikal,overhang ataupun roof itu sama saja tetapi yang menentukan gerakan kita pada saat pemajatan adalah bentuk jalur yang akan dilakukan pemanjatan. karena setiap jalur pemanjatan mempunyai tingkat/karakter tersendiri yang semuanya harus dilandasi dengan tehnic.


  2. saya sepalaku panjat tebing ingin megumpulkan para panjat tebing lain yah untuk melakukan silaturahmi

  3. kidah Says:

    seruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu!!!!!kasih tau dong olah raga yang mendukung buat panjat tebing.

  4. Andi gunawan Says:

    Oke…dg apa yg udah aq baca,aq kn trus coba plajari n praktekan. Cz aq amat awal didunia panjat memanjat dkk. Mhon bimbinganya lewat materi2nya za? Tanx.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: