Penakluk Pertama Mount Everest

Penakluk Pertama Mount Everest
Edmud Hillary Dan Tenzing Norkay

Tanggal ini pada 1953, Sir Edmund Hillary dan Tensing Norkay pemandu Sherpanya menjadi manusia pertama yang mencapai puncak Mount Everest, gunung tertinggi di bumi, sekitar 8.850 meter.

Edmund Hillary danggap sebagai pendaki gunung terkenal sepanjang masa. Ia lahir di Tuakau, Auckland, Selandia Baru pada 20 Juli 1919. Hillary merupakan anak pengusaha koran lokal.

Ia mendapatkan pengalaman pertama dengan pegunungan ketika sekolah dasarnya melakukan darmawisata ke Mount Ruapehu.

Tahun 1939, Hillary melakukan pendakian gunung pertamanya, Mount Olivier di Southern Alps. Ia sempat bergabung dengan angkatan udara pada 1943 dan belajar navigasi.

Pada 1951 Hillary diajak George Lowe untuk bergabung dalam ekspedisi Selandia Baru ke Himalaya. Kesempatan itu digunakan Hillary berkenalan dengan penduduk lokal, Sherpa dan mencapai ketinggian pendakian 6.000 meter. Setahun kemudia ia bergabung dengan tim Eric Shipton untuk menjelajah sisi baratdaya Mount Everest.

Tahun 1953 Hillary diundang bergabung dengan Ekspedisi British Everest dipimpin oleh Kolonel John Hunt beranggota sembilan orang. in an attempt to make it to the summit. Hillary ditemani George Lowe dan seorang pendaki Sherpa, Tenzing Norgay.

Kemah utama dibangun Maret 1953 di Solu Khumu, Nepal dan kemah terakhir di South Col, ketinggian 7.900 meter. Pada 26 Mai dua pendaki mencoba mencapai puncak, tetapi gagal. Pada 28 Mei, Hillary, Tenzing dan tiga pendaki lainnya bergerak dengan membawa tabung oksigen mencapai ketinggian 8.500 meter. Keesokan harinya, cuaca terang dan cerah, Hillary dan Tenzing mencoba pendakian terakhir dan emncapai puncak pada pukul 11.30 siang.

Atas keberhasilannya, Hillary dianugerahi gelar kebangsawanan Inggris dan pulang ke Selandia Baru dan menikah dengan Louise Rose. Mereka dikarunia satu putra dan dua putri.

Tahun 1987, Tenzing Norgay meninggal sebelum sempat menuliskan biografinya. Tenzing kurang dapat menjaga kesehatan dan seorang alkoholik.

-Tulisan ini pernah dimuat di Koran Tempo-

Iklan
Explore posts in the same categories: Dan Lain - Lain

3 Komentar pada “Penakluk Pertama Mount Everest”

  1. naksigit Says:

    tensing nurkay koq gak di anugrahi apa2 yah..padahal mestinya dia sebagai pemandu yang lebih dulu berada di puncak

  2. Anonim Says:

    okrai info’y gann,,,,,,,,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: