SHERPA, SIAPAKAH DIA ?

SHERPA, SIAPAKAH DIA ?

Tahukah anda rahasia di balik kesuksesan para pendaki puncak-puncak Himalaya, Mount Everest misalnya ?. Sebagai puncak tertinggi di dunia (8848 m dpl), gunung ini selalu merangsang hasrat petualangan orang-orang dari berbagai belahan dunia. Mereka “berjudi” di atas ketinggian. Banyak yang pulang dengan kebanggaan dan keberhasilan, namun banyak pula yang ditakdirkan untuk tidak kembali, mereka membeku bersama salju abadi.
Selain dukungan perlengkapan serta kualitas fisik dan tehnik para pendaki, faktor yang tidak kalah penting dalam keberhasilan pendakian adalah keberadaan para Sherpa. Lalu, apa dan siapakah sesungguhnya Sherpa ?. Sherpa adalah nama sebuah suku yang tinggal di pegunungan sebelah timur dan tengah Kerajaan Nepal. Seperti nama sukunya, penduduknya pun dipanggil dengan sebutan yang sama, yaitu Sherpa. Orang-orang Sherpa hidup dalam lingkungan iklim yang sangat ekstrim (dingin), di pegunungan yang tinggi. Desa terrendahnya saja berada pada ketinggian 3600 m dpl, setara dengan ketinggian puncak Mahameru gunung tertinggi di tanah Jawa. Adaptasi mereka terhadap lingkungan telah mampu menciptakan daya tahan dan kekuatan tersendiri. Mereka terkenal sangat tangguh dalam udara yang dingin dan mampu bekerja berat di atas ketinggian.
Banyaknya jumlah pendakian Himalaya, dimanfaatkan oleh suku Sherpa sebagai lahan pencaharian. Bagi mereka, pendakian adalah sebuah bisnis yang menjanjikan. Di kalangan para pendaki, Sherpa dikenal sebagai pemandu, pembuka jalur pendakian, pengangkut barang (porter) hingga pemasak di ketinggian. Sebuah tim pendaki pada umumnya menggunakan jasa belasan hingga puluhan Sherpa. Setiap Sherpa mendaki dengan tugas masing-masing di bawah koordinasi seorang pemimpin yang dinamakan Sirdar. Dalam pendakiannya, mereka membawa berbagai macam peralatan dan perbekalan, beratnya bisa mencapai puluhan kilogram. Dengan demikian, tim pendaki dapat lebih berkonsentrasi pada pendakiannya tanpa direpotkan oleh masalah pengangkutan dan perbekalan.
Dalam catatan sejarah pendakian Himalaya, ada beberapa nama Sherpa yang melegenda. Nama tersebut antara lain : Tenzing Norgay Sherpa dan Ang Rita Sherpa. Tenzing mendampingi Sir Edmund Hillary (Selandia Baru) ketika mereka berdua menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di Mount Everest pada tanggal 29 Mei 1953. Sementara itu, Ang Rita memegang rekor pencapaian puncak Mount Everest sebanyak 12 kali. Luar biasa.

Sumber : http://www.kompas.com

Explore posts in the same categories: Dan Lain - Lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: