Gunung Gede – Lewat Gunung Putri

Gunung Gede – Lewat Gunung Putri

Orang suka naik lewat Gunung Putri karena lebih cepat sampai. Kalau berjalan normal, dalam 5-6 jam kita udah bisa sampai di sisi timur alun-alun Suryakencana Gunung Gede.

Syarat pertama tentu kita musti ngelengkapin dulu segala persyaratan administrasi (lihat info naik gede lewat cibodas). Abis itu, sasaran kita adalah Pasar Cipanas yang bisa ditempuh dengan mudah dari Jakarta dan kawasan lain.

Setiba di pasar, berjalan sedikit ke terminal Cipanas. Di sini naiklah angkot warna kuning yang menuju Gunung Putri. Kalau udah malem, angkot diganti sama ojek atau musti nyarter.

Kira-kira setengah jam, sampailah kita di desa Gunung Putri. Ada beberapa warung untuk nambah perbekalan. Saran : beli 2-3 bungkus nasi/orang, untuk bekal makan siang/malam, sehingga kita ga perlu masak di jalan.

Perjalanan dimulai menyusuri jalan kecil yang membelah kampung. Cukup terjal dan sekitar 10 menit sampailah kita di pos penjagaan volunteer. Lapor di sini, kalo ada yg mau dititipin (pisau dsb) bisa juga dikasih ke petugas. Tentu saja dengan catatan kita akan turun lewat Putri juga.

Dari pos ini, susuri jalur tanah di sisi kebun kol dan 30 menit kemudian akan melintasi sebuah sungai kecil. Dari sini jalanan langsung menanjak. Setelah itu sampai di pos informasi lama yg kini udah bobrok.

Dari sini udah ga ada air lagi, jadi bersiap2lah. Sekitar 20 menit kemudian akan sampai di Pos 1 yg berbentuk bangunan kecil. Setelah itu melewati pos 2 (saung), pos 3 (tanah datar), pos 4, pos 5 dan akhirnya pos 6 yang ada di sisi timur alun2. Dari sini, perlu 30 menit untuk menyebrangi kawasan menuju sisi barat yang memiliki mata air kecil.

kalau mau melanjutkan ke puncak Gede, dari alun2 barat ambil jalur ke kanan dan nanti akan ketemu jalur berbatu2. Perlu waktu kira-kira 1 jam untuk sampai ke puncak Gede.

Iklan
Explore posts in the same categories: Rute Pendakian

12 Komentar pada “Gunung Gede – Lewat Gunung Putri”

  1. IPANK Says:

    minta info nya donk……. di bulan agustus nanti gede – pangrango buka ga….
    klo buka saya mo boking…….
    untuk kira – kira 8 orang
    THANK’S
    DI TUNGGU INFO NYA
    bobranukumbolo@gmail.com……………………….please?….

    lokasi ente dimana ? berita terbaru adalah semua calon pendaki diluar area jabodetabek & jawa barat, bisa langsung datang tanpa harus booking terlebih dahulu, bulan agustus tetap dibuka, tapi sebaiknya jangan pas 17 agustus, karena akan banyak sekali orang yg naik, bejubel

    • --a Says:

      kira” bln agustus skrng ada upacara 17 agustus gak di gunung gede pangrango?tnks..

      seperti biasa, selalu ada tapi lebih baik gabung ajah dengan rombongan besar lainnya biar lebih gampang urus perizinannya

  2. bob Says:

    bekasi utara, GOMPAL (GABUNGAN OPINI MASSA PECINTA ALAM)

  3. shantie Says:

    o’k neee… w jg suka naek gunung gede. dan mnurut W Gunung Gede lah yg paling berkesan

  4. shantie Says:

    o’k jg. tapi, klo berikut gambar pasti lebih great.

  5. bob Says:

    shantie…..kita ketemuan di gede nanti yach 02198367413

  6. Coky〃coky Says:

    kira2 kalo bulan desember s/d januari di buka ga yah…?

  7. yogenk Says:

    punya acara wat 17an besok gak?

  8. die Says:

    tiap pos ap hrus ngerogoh kocek brpa..??

  9. Dulkamar Says:

    Aku Pengin ke Gede Pangrango, bulan Mei 2010 ini….tapi masalahnya aku Pendaki Tunggal,…katanya minimal 3 orang. gimana kalo aku gabung dgn kelompok Pendaki lain……apa bisa yach. soalnya aku Pendaki dari Probolinggo Jawa Timur. kalau nggak diijinkan rencananya, aku mau cari Jalur Tikus………..kan mesti ada ditiap2 gunung.

  10. bondan Says:

    Insya Allah akhir Mei 2010 aku ke Gede Pangrango, kalo dari Jawa Timur apa langsung ngurus perijinan yach,….dan langsung naik….Apa bisa yach


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: