Gunung Kaba

GUNUNG KABA

Gunung kaba yang letaknya tidak jauh dari gunung Dempo (31172 mdpl) merupakan gunung api kembar dengan gunung hitam yang telah padam. Pada puncaknya terdapat tiga buah kawah yang cukup indah untuk dinikmati.

Untuk mencapai puncak gunung kaba ini pendaki telebih dahulu menuju Kota Kabupaten Rejang Lebong – Curup. Curup dapat dicapai dari Barat (Bengkulu) sekitar 90 km perjalanan dan juga pendaki dapat mencapainya dari arah timur yaitu dari Palembang lewat Kabupaten Lahat dan Lubuk Linggau.

Dari Curup menuju ke kampung bukit Kaba dan berkemah di Sumber Urip (sebelah utara gunung) kurang lebih 25 km dari Curup.

Pendakian menuju ke puncak sampai di Pematang Durian dari Sumber Urip kurang lebih sekitar 4 jam perjalanan. Dari Pematang Durian sampai ke puncak Kaba sekitar 2 jam perjalanan. tetapi seperti halnya gunung Dempo jalan di gunung cukup lembab sehingga juga terdapat banyak pacet yang membuat pendaki sedikit lebih waspada.

Informasi:

Sejak gempa bumi berkekuatan 7,3 skala reichter terjadi pada 3 Juni 2000, aktivitas seismik di gunung Kaba meningkat. Ketiga kawah gunung Kaba telah mengeluarkan kepulan asap. Para ahli geologi mengebor sekitar kawah untuk mengeluarkan lava, uap dan gas untuk mencegah terjadinya letusan.

Gunung Kaba juga merupakan salah satu cagar alam yang diperuntukkan untuk perlindungan bunga Rafflesia Arnoldi yang populasinya semakin menurun.

Iklan
Explore posts in the same categories: Adventures, Rute Pendakian

3 Komentar pada “Gunung Kaba”

  1. gali Says:

    saya menyukai itu

  2. ubinkayu Says:

    I LIKE IT, 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: