Gunung Klabat

GUNUNG KLABAT (1995 mdpl)

Gunung ini terletak tidak begitu jauh dari kota Manado Sulawesi Utara. Gunung ini sangat mudah dicapai dari kota Manado, hanya butuh waktu 30 menit dengan menggunakan kendaraan jenis mikrolet, kita akan sampai di Airmadidi yang merupakan akses untuk pendakian gunung Klabat. Sangat sulit untuk menemukan air d gunung ini pada musim kemarau. Jadi sebaiknya mengisi perbekalan air yang cukup di Airmadidi sebelum melanjutkan perjalanan anda.

Gapura – Pos 1

Perjalanan dimulai dari gapura Gunung Klabat yang terletak di Airmadidi, melewati jalan desa yang cukup baik kondisinya serta rumah-rumah penduduk yang memang sudah modern, karena terletak di pinggir jalan raya. Perjalanan selanjutnya memasuki perkebunan penduduk yang didominasi oleh tumbuhan kelapa. Setelah itu keadaaan jalan setapaknya mulai menanjak, ada baiknya kita menghemat air karena kita tidak akan menemukan sumber air sampai Pos VI. Vegetasi tumbuhan disini ditumbuhi oleh pohon-pohon besar dan tingi-tinggi, tapi kebanyakan pohon tersebut ditebang untuk keperluan industri, sehingga banyak sekali terjadi kerusakan. dari gapura ke Pos I berjarak sekitar 60 menit dengan berjalan normal. Sampai di Pos I kita hanya akan menjumpai tanda Pos I, karena tidak ada pondok atau shelter. Didaerah ini banyak pohon tumbang yang disebabkan oleh angin yang lumayan kencang, jika beristirahat disini tetaplah hati-hati.

Pos I – Pos II

Jarak antara kedua pos ini cukup jauh, yaitu sekitar 60-90 menit, dengan kemiringan sekitar 30 derajat, kita akan melewati jalan setapak diatara pohon-pohon besar yang masih mendominasi daerah ini. Pos II merupakan sebuah daerah yang cukup luas dan datar. Banyak pendaki yang berkemah disini, dimusim hujan kita bisa menjumpai sumber air disekitar daerah ini.

Pos II – Pos III

Dari Pos II ini kemiringan jalan setapak kira-kira 45 – 50 derajat, tanjakan yang akan memeras keringat. Kadang-kadang kita harus scrambling untuk naik keatas dengan menggunakan akar-akar pohon. Lamanya perjalanan sampai Pos III sekitar 2 – 3 jam. Di Pos III ini kita juga tidak akan menemukan reruntuhan bekas pondok. Ditempat ini juga tidak terdapat sumber air.

Pos III – Pos IV

Keadaan jalan setapaknya tetap dengan kemiringan sekitar 40 derajat, dengan lama perjalanan sekitar 60 -90 menit. Di Pos IV ini juga kita hanya akan menemukan reruntuhan bekas shelter,

Pos IV – Pos V

Kondisi jalannya masih sama, hanaya saja vegetasi tumbuhannya sudah mulai rendah. dan diantara Pos IV dan Pos V ini kita akan menemukan sumber air disebelah kiri jalan setapak, letaknya agak menurun sedikit, tetapi sumber air ini kadang-kadang kering terutama sekali pada musim kemarau. Dari sini ke Pos V hanya berjarak sekitar 50 menit perjalanan. Pos V merupakan daerah yang datar dan agak sedikit terbuka dan ditandai dengan papan bertuliskan “Pos V’ .

Pos V – VI

Jalan setapak yang menanjak dan ditumbuhi vegetasi rendah serta daerah yang sedikit terbuka mewarnai keadaan didaerah ini. Dikanan dan kiri jalan setapak kadang-kandang terdapat jurang, kita harus benar-benar waspada. Saat mendekati daerah Pos V kita akan menemui daerah yang berlumut dan cukup dingin serta kadang-kadang tertutup kabut. Di Pos V ini juga tidak terdapat pondok atau shelter, akan tetapi hanya sebuah daerah yang cukup lapang dan datar, dan cukup dingin suhunya. Daerah ini juga ditumbuhi oleh pohon-pohon pinus yang tumbuh rapat dan berlumut. Daerah ini sering dijadikan basecamp oleh pendaki, disini juga terdapat sebuah telaga kecil yang airnya dapat dipergunakan untuk memasak atau MCK. Tempat ini memang sangat baik untuk bermalam dan bersiap untuk kepuncak keesokan harinya.

Pos VI – Puncak

Perjalanan ke puncak butuh waktu sekitar 15-20 menit. dengan jalan setapak yang ditumbuhi oleh alang-alang yang dalam bahasa Manado disebut “Kusu-kusu”. Perjalanan dari Pos V ini bisa dimulai tergantung dari rencana pendakian anda, jika ingin menikmati Sunrise ada baiknya memulai pendakian kepuncak sekitar jam 04.00 dini hari. Keadaan puncaknya berupa sebuah daerah yang datar dan angin bertiup cukup kencang. Apabila cuaca cukup baik kita akan bisa menikmati pemandangan kota Manado dengan pinggiran pantainya, keindahan pelabuhan Bitung, Gunung Lokon dan Gunung Mahawu, serta Gunung Tangkoko dan Dua Saudara.

Perijinan:

Perijinan untuk mendaki gunung ini tidak terlalu rumit, kita harus melapor di pos polisi di Airmadidi yang berada dipinggir jalan raya. Semua perbekalan dan perlengkapan akan dicek disini. Bagi pendaki yang berasal dari daerah lain ada baiknya untuk mempersiapkan photo copy KTP dan surat jalan untuk lebih memperjelas data.

Iklan
Explore posts in the same categories: Rute Pendakian

43 Komentar pada “Gunung Klabat”

  1. fathan Says:

    keren men! kebetulan gw sangat menyukai gunung Klabat


  2. minta info tentang gunung dempo please…
    info terkini..
    info transport
    info perijinan
    info jalur…

    thx..

  3. Achmad rifai Says:

    Gw prnh ksasar seharian penuh diklabat!selain saya sndrian ndaki diklabat,saya jg blm prnh ndaki ksitu!coz bru kali ni jg ak diMANADO!pdhl klo diJAWA ak sring ndaki sndirian!rutenya krg jls!bnyk jalur pnduduk!gak brani lg dech kalo hrs ksitu sndirian lg!kalo ada yg mo ksitu,ajak2 ak ya!hub.081325157436!please

  4. wewe Says:

    mana gambar2nya?

    ada kok…
    liat lagi deh…

  5. Anasx Says:

    bagus fotonya

  6. Jepac jerry Says:

    Minta hal2 yg aneh atau seram mengenai gnung klabat…..Viva SMIP 2001

  7. oye Says:

    ad yg mo antar ak k gn.klabat ga..?
    mumpung ak lg d manado neh..

  8. Anda Says:

    Klo cerita seramx ad ga’..?

  9. owad Says:

    bru mo mencoba mendaki nie gunug

  10. jack eugene liow Says:

    kami dari mapala AESCULAP Fakultas Kedokteran UNSRAT, akan mengadakan DIKSAR calon anggota angkatan 25, materi mountaineering di gunung Klabat. waktu: jumat-minggu 1-3 mei 2009. mohon doa dan dukungannya.

    selamat dan sukses yah atas DIKSAR nya

  11. inho Says:

    kereN…..
    Sip 4 klabaT…

  12. Zaidi Says:

    Salam,
    Bagaimana cara mendapat guide untuk mendaki Gunung Klabat?

    tanyakan pada penduduk setempat sekitaran pos awal pendakian, biasanya ada, soal harga bisa2nya nego ajah

    • catros Says:

      tanyakan pada penduduk setempat sekitaran pos awal pendakian, biasanya ada, soal harga bisa2nya nego ajah

    • marvrits kanter Says:

      datang saja di sekertariat2 MPA n MPAB unsrat,,,
      atw hubungi di facebook aesculap sam ratulangi,
      MPA aesculap.trima kasih,,,,,…………….

  13. ete qiut Says:

    kangen pgen naek klabat lage..

  14. greenerz Says:

    harus daftar/lapor dari hari sebelumnya atau boleh langsung datang, daftar, dan langsung naik?

    tidak ada biaya masuk kan?

  15. Taufiq Wahyu Says:

    salam lestari,

    mau nanya nih, kebetulan lagi ad di manado. saya pengen jg muncak klabat, untuk di manado ada info tempat penyewaan alat outdoor ga ya? soalnya cuman bawa carrier aja, tenda dll ga bawa..
    thanks for infonya

  16. geo Says:

    tolong dong kalo ada info terbaru ttg luas daerah gunung klabat itu sendiri…..

  17. Tot's Says:

    Keren abiss…kalu di puncaknya. Coba aja bro..

  18. holven Says:

    salam..
    saya dr jkt pengen mendaki gunung klabat, tp sy blm tau sistem peraturan yg berlaku utk pendaki
    kl boleh tanya, apa ada pemandu utk pendakian gunung itu?

  19. oexz_guwondronkz Says:

    salam rimba….aq alumnus undip,mntan ketua mapala dr jrusn arsitektur(archidipala)…aq bru 2 bln di manado….prtama x liat gnung klabat jd pnasaran pengen naek….mungkin saudara2 bs bantu kasih info tmpat persewaan alat2 pendakian dimanado…atau klo ad kesemptn qt bs naek bareng…itung2 bwt tmbh saudara disini…tx….hub:topx – 085641012829

  20. ade Says:

    ada yg mau mendaki klabat, saya berencana tgl 4-5 des 2010, bisa kontak saya 0811151303

  21. Freddy Y Ruauw Says:

    SHALOM@ saya jadi kangen untuk mendaki gunung kelabat. Saya aktiv sejak thn 88 sampai 93. Semenjak itu tidak pernah lagi, thn 88 kami pernah merintis jalan bersama masyarakat setempat menanam bunga dudi sampai di puncak gunung yg di tandai peresmian batu perasarti yg di bawah pos satu.mudah2an GUNUNG KELABAT TETAP LESTARI. Salam buat teman2 LMC OPA RIMBA ANOA dan lain .FREDDY YANNY RUAUW.

  22. NeeNa Says:

    sy pengen bgt naik gunung, n klabat will be the 1st mountain. bakal kesana Januari ini. ada saran ga utk pemula seperti sy?

  23. Anonim Says:

    mntap abisssss

  24. Anonim Says:

    saya saheri dari jkt..saya pernah mendaki gunung kalabat di awal th 2009..gunung ini mempunyai 6 shelter..dan jika kita sudah sampai di puncak kalabat kita akan dapat melihat seluruh kota manado yg begitu indah…085657077447..


  25. thun 2008 aq dn tmn2 prnh mendaki gn.klabat tp kami slh jalur, pmbekalan hbs, kmi naik mulai jam 5 pagi smpe k puncak jam 9 malam…klo blh sy sarankan d bkin jalurnya yg baru ya agr gk ad lg yg k sasar ..trims b4 …

  26. santos.fals Says:

    I LIKE IT…,KLABAT dngan sircuit tangga helikopter’x…!!!

  27. adefv Says:

    asjtfdbgwlpomjh crysax

  28. febrio Says:

    bro kenapa waktu yg di tempuh dari pos V-VI tidak di cantumkan….? tapi yahhh memang lama sih dari pos V-VI sekitaran 3-4 jam.. soalnya sewaktu saya mendaki dalam keadaan malam hari…
    saya sarankan kalo mau mendaki di gunung klabat pastikan keadaan malam hari, karena kalo siang hari banyak mengeluarkan tenaga dan akan lebih cepat capek sehingga air minum kita akan lebih cepat habis di tambah juga kesediaan air di gunung klabat terbatas…

  29. Anonim Says:

    Sunrise pencinta alam BITUNG

    Kami perna di gunung klbat

    3/10-2011

  30. brom Says:

    Gan ane bm punya ktp. pake kartu pelajar bisa gak? Udah punya pengalaman mendaki juga.

  31. Riva Slank Says:

    Mantap memang ! Cma pas trang da bersih2 disana cuaca nda mendukung ! Ujang ! Kedinginan ! Tapi seru ! Biar nda smpe puncak, cma smpe pos 6

  32. Morgan Uchi Says:

    gunung Klabat…byk menyimpan kisah waktu masa2 SMU dulu….hampir tiap akhir bulan saya dan teman2 menelusuri pendakian menuju puncak.
    entah kapan lagi saya bisa berkunjung ke sana…saya rindu suasana puncak di pagi hari.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: