Memilih jalur dalam melakukan praktek navigasi dihutan tertutup.

Memilih jalur dalam melakukan praktek navigasi dihutan tertutup.

Mengandalkan kompas ketika melakukan pendakian gunung atau hutan di jalur normal, memang memerlukan skill. Ilmu navigasi, pengetahuan iklim dan medan sangat menunjang selain kesiapan fisik dalam usaha mencapai tujuan yg direncanakan. ketika akan memulai berada dalam kungnungan tajuk hutan, perencanaan harus harus dibuat sedetail mungkin, berbagai faktor yg mempengaruhi perencanaan jalur tersebut salah satunya adalah dalam memilih jalur yang kita pilih di atas peta. Ada beberapa tips cara memilih jalur yang sesuai:

1. mulailah urut dari puncak, atau sasaran akhir ke arah daerah yang paling mudah dijangkau pencapaiannya ketika kita akan mulai masuk ke dalam hutan/gunung pada peta anda.

2. Jangan hanya terpaku pada satu jalur yang kita urut, buatlah sebanyak mungkin.

3. Setelah kita mendapat banyak banyak jalur itu, mulailah menganalisa kontur yang dilewati, memungkinkan atau tidak untuk ditempuh.

4. Perbandingkan satu jalur dengan jalur yang lainnya dan diskusikan dengan tim anda.

5. Sebagai bantuan dalam memilih jalur, pilihlah jalur yang memiliki bantuan alam yang mudah kita kenal ketika berada dalam hutan. misalnya:puncakan, sungai, bentuk lembahan atau punggungan yang ekstrim dll. yang bisa kita jadikan acuan/stringline untuk evaluasi tahap-tahap perjalanan kita.

6. Selain itu pertimbangkan dukungan sumber air yang mudah kita dapatkan ketika berada di dalam hutan, juga menjadi faktor yang menentukan keberhasilan rencana kita.

7. Setelah jalur dipilih, buatlah tabel navigasi rencana pergerakan dari titik awal sampai akhir. Hal ini bermanfaat ketika kita kehilangan orientasi pada saat di dalam hutan, bila sudut yang kita rencanakan seharusnya mengarah ke punggungan dan ternyata mengarah ke lembahan atau medan lain yang tidak seharusnya, kita bisa langsung mengevaluasi kesalahan.

8. Buatlah tabel navigasi sesederhana mungkin agar mudah terbaca saat melakukan kegiatan.

9. Koordinasikan jalur yang kita pilih dengan kebutuhan peralatan dan lamanya kegiatan untuk kebutuhan makanan.

Explore posts in the same categories: Dan Lain - Lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: