Memilih Lokasi Berkemah

Memilih Lokasi Berkemah

Berkemah memang mengasyikan, apabila perlengkapan, suasana dan tempat kita mendirikan tenda sesuai dengan kebutuhannya. Seringkali Walaupun perlengkapan sudah oke dan makanan sip, namun saat malam datang menjelang, kita merasakan sesuatu yang tak nyaman. Apalagi ketika hujan datang, tempat yang kita pilih ternyata jadi saluran limpahan air. Untuk itu tips ini akan mengupas bagaimana memilih lokasi untuk mendirikan tenda itu. Tips ini berdasarkan teori dan penelitian penulis selama bergiat di alam terbuka.

Jangan mendirikan tenda di antara 2 punggungan, atau di cekungan lembahan karena akan menjadi jalan angin.

Jangan mendirikan tenda di lembah yang terlalu dekat dengan sungai karena saat hujan bisa jadi tempat kita mendirikan tenda akan menjadi jalur air hujan atau menjadi genangan.

Perhatikan pohon sekitar, apabila terdapat pohon mati atau lapuk jangan mendirikan tenda di dekat pohon itu apalagi di bawahnya langsung.

Jangan mendirikan tenda pada punggungan yang kecil atau tipis karena selain tidak leluasa, sewaktu-waktu akan menjadi lintasan angin yang berbalik pada saat malam.

Sebaiknya bila terpaksa berada di atas satu puncakan bukit atau gunung, jangan memilih mendirikan tenda pada puncaknya. Walau dari sisi pemandangan lebih leluasa, namun posisi itu akan menjadi sasaran empuk angin, hujan dan petir, otomatis udara akan menjadi terasa lebih dingin. Carilah lokasi yang agak terlindungi dan lebih rendah.

Sebaiknya tidak mendirikan tenda di dataran terbuka, selain udara akan terasa lebih dingin, juga riskan bila ada hujan dan petir.

Perhatikan areal sekitar lokasi apabila terdapat sarang semut atau lebah.

Bukan berada di lintasan jalan setapak dan jalur binatang.

Jangan terlalu jauh dari sumber air kecuali kita siap untuk mengangkutnya.

Perhatikan alas tanah dimana kita mendirikan tenda, jangan sampai terdapat akar atau batu yang akan mengganggu saat kita tidur.

Walaupun datar, lihat seputar lokasi yang kita pilih apakah lebih tinggi? Jangan sampai lokasi itu saat datang hujan akan menjadi kolam.

Tetap berdoa agar terhindar dari gangguan.

Sumber (Buletin Wanadri No.20 Agustus-September 2003)

Iklan
Explore posts in the same categories: Dan Lain - Lain

One Comment pada “Memilih Lokasi Berkemah”

  1. alul Says:

    its oke lah tapi bhs nya kurang banget di mengerti


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: