Tips Melakukan Perjalanan di Daerah Pantai

Tips Melakukan Perjalanan di Daerah Pantai

Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat luas, setiap pulau memiliki pantai dengan ciri dan karakternya masing-masing. Sebagai seorang penggemar kegiatan alam terbuka, medan apapun merupakan sesuatu hal yang memiliki daya tariknya tersendiri termasuk pantai dan pedalamannya, dibawah ini ada beberapa tips yang berguna sewaktu melakukan perjalanan di pantai:

1. Kenalilah terlebih dahulu karekter daerah pantai yang akan dilalui, daerah-daerah selatan indonesia umumnya mempunyai banyak lintasan pasir dan karang, sedangkan di daerah utara pulau jawa umumnya terdiri dari daerah rawa-rawa karena pengaruh laut jawa yg tidak terlalu besar bagi geomorfologi utara jawa.

2. Minumlah terlebih dahulu obat anti amlaria karena daerah pantai umumnya merupakan daerah yang rentan terhadap nyamuk.

3. Bawalah perlengkapan yang sesuai untuk medan pantai misalnya, sunblock, topi penutup kepala yang lebar. untuk perbekalan dapat membawa buah-buahan atau minuman yang segar, gunakan sepatu yang lebih kuat dari kemungkinan rusak oleh air.

4. Waspada jika medan yang ditemui adalah batu karang, karena ombak bisa datang dan menyeret kita.

5. Jika berjalan di daerah rawa, usahakan untuk bisa melihat ke arah laut ataupun bejalan dan menginjak kayu-kayu dari pohon bakau, usahakan tetap memiliki acuan jalan (bisa melihat ke sebuah titik acuan), jika anda ragu-ragu berjalanlah dengan sudut kompas.

6. Selalu perkirakan posisi anda berada dan sesuaikan dengan peta untuk melihat titik-titik sumber air berikutnya.

7. Tetap lakukan navigasi pantai dengan membidik tanjung dan belokan-belokannya, pulau-pulau kecil atau tanda2 lainnya di sepanjang pantai, misalnya karang, titik triangulasi pantai, bukit-bukit pasir ataupun medan berbukit yang bisa terlihat dari pantai.

8. Berhati-hatilah saat menyeberangi sungai, orang pertama yang menyeberangi selalu mengaitkan dirinya dengan tali ataupun membawa pelampung, jika ingin melambung ke arah hulu sungai pastikan anda tidak terlalu jauh ke arah daratan agar mudah kembali ke pantai. Bisa dicoba juga membuat rakit dari kayu atau batang pisang, perhatikan arus sungai.

9. Usahakan berjalan di medan pasir yang agak basah, lintasan pasir kering biasanya lebih berat dilalui, kecuali lapisan pasirnya padat, lapisan pasir yang berwarna kehitaman, padat dan agak basah biasanya dapat dijalani lebih cepat.

10.Gunakan sepatu ! karena benda ini akan melindungi kaki anda dari banyak bahaya di pantai, hindari pemakaian sendal jepit karena mudah lepas, sulit dipakai berjalan di medan pasir kering, dan tidak dapat melindungi kaki secara keseluruhan.

Explore posts in the same categories: Dan Lain - Lain

2 Komentar pada “Tips Melakukan Perjalanan di Daerah Pantai”

  1. Arman Lubis Says:

    gw btw ama u. bls 02

  2. Arman Lubis Says:

    Mau ngenalin sobat gue.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: