Gunung Halimun

GUNUNG HALIMUN

Jika Anda seorang trekker sejati, jangan pernah memandang remeh gunung-gunung yang terdapat di Indonesia. Hal ini perlu sekali diingatkan, karena ada pandangan yang salah bahwa gunung-gunung di luar negeri lebih menantang dan mempunyai tingkat kesulitan lebih besar ketimbang gunung lokal. Tentu saja pendapat ini tidak benar. Itu hanyalah pendapat orang yang sok gengsi.

Bila Anda berminat untuk menapaki gunung di Tanah Air, tidak salahnya untuk mencoba dari yang dekat-dekat dulu. Salah satunya adalah Gunung Halimun di Jawa Barat. Gunung yang berada di wilayah Bogor ini termasuk gunung yang masih menyimpan misteri. Sejak tahun 1992 area gunung seluas 40 ribu hektar ini diubah dan ditata menjadi taman nasional.

Meski begitu, gunung yang mempunyai keindahan alam yang sangat natural ini tetap terjaga keasliannya. Walau dibenahi menjadi daerah wisata, bukan berarti kawasan Gunung Halimun kehilangan sentuhan aslinya. Spesies burung seperti burung Elang atau Monyet Jawa tetap bisa Anda temui di tengah kerimbunan hutan yang menyelimuti gunung yang pernah dijuluki taman surga ini.

Begitu pula halnya dengan tumbuhan yang tumbuh di sana. Sejumlah tanaman obat-obatan yang diperlukan guna penelitian kesehatan banyak terdapat di sana. Begitu pula dengan beberapa jenis tamanan yang belum teridentifikasi oleh para ahli botani. Bahkan, bukan tidak mungkin, masih ada tanaman yang sama sekali belum terjamah alias masih perawan statusnya.

Semua yang serba alami inilah yang menjadikan Gunung Halimun mempunyai daya tarik untuk dikunjungi. Para pengunjung, baik itu orang yang sekedar jalan-jalan atau ingin berpetualang sungguhan, d atang ke sana selain untuk menikmati pemandangan alam, juga melakukan berbagai kegiatan seusai dengan minat masing-masing.

Gunung Halimun “menyediakan” sarana bagi Anda yang ingin berkemping, trekking, hiking, berarung jeram, dan berburu burung. Semua kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan serius dan santai. J ika mau melihat matahari terbenam atau terbit, Anda bisa menunggu di salah satu sisi gunung di pagi atau sore hari.

Oleh karena itu, penduduk setempat menyediakan fasilitas untuk bermalam di area itu. Penginapan-penginapan sederhana dan sejumlah tenda disediakan. Keramahan penduduk di sana tak perlu diragukan. Mereka siap membantu supaya Anda merasa nyaman selama berada di area Gunung Halimun.

Explore posts in the same categories: Dan Lain - Lain

7 Komentar pada “Gunung Halimun”

  1. metta Says:

    tolong infoapakah disana ada penginapan. apakah anak 7 tahun bisa ikut traking.?terima kasih sebelumnya atas infonya.

    setahu saya sampai saat ini gunung halimun gak ada penginapan resmi, adanya rumah penduduk yg bisa ditumpangi / sengaja menyediakan sebaian rumahnya untuk menampung para pendaki.
    Untuk pendakian Gn Halimun sangat tidak dianjurkan membawa anak kecil, disamping udaranya masih ektrim, treknya juga asoy ditambah mash banyak pacetnya kalo udah masuk musim ujan.

    Kecuali yg dimaksud adalah areal Taman Nasional Gunung Halimun [TNGH], kalo areal ini sih bisa untuk keluarga, dan banyak objek2 yg bisa dikunjungi, seperti curug macan dan 3 curug lainnya, ada canopy trail yg blum lama ini baru selesai direnovasi. kalo gak mau berkemah, penduduk sekitar juga menyediakan rumah2 yg bisa difungsikan jadi penginapan…
    Selamat Berpetualang…!

  2. ebit Says:

    puncak halimun sampai saat ini ga jelas ada dua puncak tolong kabari puncak yang sebenarnya…

  3. dicq Says:

    Sebelumnya..gua apreciate bgt ama anda2 smua. Statement diatas aku setuju,
    kebetulan aku juga suka gunung), cuma belum banyak gunung yang bisa aku sambangi,salah satunya g,halimun.
    Aku sekeluarga pgn ksana, bisa gak kasih rute yang enak kalo dari arah keluar tol bogor-ciawi.? bisa gak diakses mobil biasa? kalo bisa, terakhir mobil stop dimana?/apakah ada area parkir?
    dari area parkir, untuk perjalananan menuju ke puncak gunung kira2 brapa jam? bs ditempuh PP gak? trus apakah ada ijin2 khusus u/ masuk kewilayah g.halimun?
    Thanxx..atas perhatiannya

  4. gio ss Says:

    gw pngen ke halimun, bisa kirimin jurnal nya??

  5. dr.anggyna. marlina.aristhi Says:

    buat yg pnya petualangan mystic d gnung halimun.. tlg kirim fto,,via email… taw friendster,,,,, so,, sy pnya real fic adventure,,,, keren,,, bagus,,, and menakutkan,,,,

  6. NGAPRAK Says:

    WADUH CUY HALIMUN KOTOR SEKARANG AYO KITA BERSIIN ADA TEMEN GWA MATI DISANA KARNA SAMPAH


  7. halimun merupakan salah satu dari rentetan gunung gunung kidul


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: