Gunung Rinjani

GUNUNG RINJANI (3.726 m)

Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726mdpl, mendomonasi sebagian besar luas pulau Lombok. Terletak disebelah timur pulau Bali, dapat ditempuh dengan bus langsung Jakarta-Mataram dengan menyeberang menggunakan ferry dua kali (selat bali dan selat lombok). Dapat juga ditempuh dengan menggunakan pesawat terbang dari Bali.

Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi ke dua di Indonesia di luar pegunungan Irian Jaya. Gunung Rinjani masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, dengan luas taman sekitar 40.000 hektar. Dikelilingi oleh hutan dan semak belukar seluas 76.000 hektar.

Gunung Rinjani memiliki kawah dengan lebar sekitar 10 km, terdapat danau kawah yang disebut danau Segara Anak dengan kedalaman sekitar 230m. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang curam. Danau Segara Anak ini banyak terdapat ikan mas dan mujair, sehingga sering digunakan untuk memancing. Dengan warna airnya yang membiru, danau ini bagaikan anak lautan, karena itulah disebut “Segara Anak”.

 

 

anau segara anak menyimpan berbagai misteri dan dan kekuatan gain, itulah sebabnya manusia merasa betah tinggal lama di tempat ini. Disinilah komunitas mahkluk gaib yang disebut Jin bermukim dalam jumlah yang sangat banyak. Keyakinan masyarakat apabila Danau Segara Anak terlihat luas menandakan bahwa umur orang orang yang melihat itu masih panjang. Sebaliknya jika tampak sempit maka menandakan umur si penglihat pendek, untuk itu harus melakukan bersih diri artinya harus berjiwa tenang, bangkitkan semangat hidup, pandang kembali danau sepuas-puasnya.

Setiap tahun diadakan upacara adat di danau ini baik oleh masyarakat yang beragama Hindu Bali atau pun Islam masyarakat Sasak. Masyarakat Hindu Bali dua kali setahun mengadakan upacara agama di danau ini. Masyarakat Sasak bisa beberapa kali mengadakan perjalanan dalam satu tahun. Terdapat air terjun kokok putih dan juga air panas yang sering dikunjungi orang untuk tujuan pengobatan

alur yang biasa digunakanan para pendaki ialah jalur Sembalun Lawang yang panjang dan jalur Senaru yang lebih pendek namun lebih terjal.

Desa Senaru terletak di wilayah Lombok Barat, berjarak sekitar 80 km dari kota Mataram, berada di sebelah utara lereng Rinjani. Terdapat juga air terjun yang sangat menarik, yakni air terjun Sinanggile. Di desa inilah terdapat kantor Rinjani Trek Center yang berada pada ketinggian 601 mdpl.

Curah hujan yang terjadi berkisar antara 2.000 – 4.000 mm/tahun. Pada bulan desember – januari biasanya ombak di selat lombok sangat besar sehingga sangat menyiksa bagi yang mabuk laut. Perjalanan ferry dari Bali ke Lombok bisa lebih lama bila sedang musim ombak besar lebih dari 2 jam.

Curah hujan yang terjadi berkisar antara 2.000 – 4.000 mm/tahun. Pada bulan desember – januari biasanya ombak di selat lombok sangat besar sehingga sangat menyiksa bagi yang mabuk laut. Perjalanan ferry dari Bali ke Lombok bisa lebih lama bila sedang musim ombak besar lebih dari 2 jam.

Disebelah selatan dan barat Gunung Rinjani di tumbuhi hutan hujan semi selalu hijau primer. Pada ketinggian 1.000 – 2.000 meter banyak ditumbuhi Dysoxylum sp, pterospermum, dan Ficus superba. Pada ketinggian 2.000 – 3.000 meter banyak ditumbuhi cemara gunung Casuarina junghuhniana. Pada ketinggian diatas 3.000 meter yang miskin akan tumbuhan, hanya ditumbuhi rumput dan edelweiss ( Anaphalis javanica ). Di sebelah timur gunung yang bertiup angin musim kering, banyak ditumbuhi pohon acasia. Puncak Gunung Rinjani diyakini oleh masyarakat Lombok sebagai tempat bersemayam ratu jin, penguasa gunung Rinjani yang bernama Dewi Anjani. Dari puncak ke arah tenggara terdapat sebuah kaldera lautan debu yang dinamakan Segara Muncar. Pada saat-saat tertentu dengan kasat mata dapat terlihat istana Ratu Jin. Pengikutnya adalah golongan jin yang baik-bauk. Menurut kisah masyarakat Lombok Dewi Anjani adalah seorang putri raja yang tidak diijinkan oleh ayahnya menikah dengan kekasih pilihannya, maka ia pun menghilang di sebuah mata air yang bernama Mandala, dan akhirnya dia menjadi penguasa dunia gaib

Diantara 109 jenis burung yang tercatat di gunung Rinjani, terdapat beberapa diantaranya adalah jenis burung yang ada di Australia. Terdapat monyet perak yang berasal dari bali, rusa, dan landak. Di Pelawangan Sembalun terdapat monyet ekor panjang yang suka menggangu kemah para pendaki, mereka sangat pandai membuka tenda untuk mengambil makanan, jangan pernah meninggalkan tenda tanpa penjaga, selain itu monyet-monyet sangat garang dan berani

Jalur Senaru
Senaru – Pos 2 2 Jam
Pos 2 – Pos 3 ( tempat kamping ) 2 Jam
Pos 3 – Plawangan 1 2 Jam
Plawangan 1 – Perkemahan 2 Jam
Perkemahan – Plawangan 2 3 Jam
Plawanagn 2 – Puncak 3 Jam

Jalur Sembalun Lawang
Sembalun Lawang – Pos I 5 jam
Pos I – Pos II 1 jam
Pos II – Jembatan Bolong
Jembatan Bolong – Persimpangan
Persimpangan – Bukit penyesalan
Bukit penyesalan – Pos III
Pos III – Plawangan 2
Plawangan 2 – Puncak Rinjani 3 jam
Plawangan 2 – Danau Segara Anak 3 jam

Iklan
Explore posts in the same categories: Rute Pendakian

55 Komentar pada “Gunung Rinjani”

  1. rahmat mario Says:

    kira2 klo kami brangkat orang 5 brapa ya dana nya, kami anak PA dari palembang,dan brapa jam dari motel(tempat singgah pertama) sampe ke pintu rimba,tolong ya mas informasi na


  2. Wah menyenangkan sekali bertualang ikut dong

  3. dwiningrum Says:

    klo dari pulau jawa kelombok itu butuh waktu berapa lama?dan klo jumlah anggota PA da 19 orang yang berangkat apa ada potogan biaya untuk memasuki kawasan pegunungan tersebut, dan perlu surat izin?

  4. bogel Says:

    saya dari bandung nama organ pelesiran adventure photography….berangkat 2008 …dana yang dihabiskan untuk 10 org berapa?transportasi dari bali menuju center?

  5. andri Says:

    gunung merapi bukan,,,,sekarang kan lagi jamannya gunung meletus..,,,,ih ih ngeri…………..

  6. ROLANDO Says:

    gue dari Palembang, gue pernah mendaki G.Rinjani dengan anak-anak Green Mechine Spirit (GMS) Palembang. Tapi waktu itu kami tidak bisa mencapai puncak di karenakan badai disertai hujan selama 3 hari berturut-turut, sehingga kami yang waktu itu mendaki melalui jalur Sembalun terpaksa turun lewat jalur Sembalun. TAPI, satu hal yang nggak bisa dilupai dari Rinjani, indah……………………….banget. Kalau sempat pasti kami akan kembali mendaki Rinajin lagi. Thanks 4 ur beauty Rinjani

    Pendakian terbaik untuk Gn. Rinjani pada bulan juni – september, pada musim kemarau, akan dapet pemandangan spektakuler, apalagi waktu summit, diusahakan start dari pos terakhir (pelawangan sembalun) berangkatnya jam 1 atau 2 malam, jadi bisa jalan santai dan dapet sunrise dipuncak, bisa dapet pemandangan pucuk Gn. Tambora dan Gn. Agung dan jangan lupa bawa pancingan karena asik banget mancing didanau segara anakan, bentuk & rasa ikannya unik, gak akan ditemukan ditempat lain.
    Siapin batere kamera yg banyak dan jangan pelit photo, pemandangannya luar biasa

  7. kelink Says:

    bikin ktagihan…..pa lagi ikannya yg mak nyuss

  8. gun Says:

    gw ke rinjani dah lama, th 1996 berdua via senaru, dari sekian banyak gunung indah yg pernah gw kunjungi, rinjani adalah yang terbaik …………………kapan gw bisa kesono lagi, ul kapan ni>??

  9. dilla Says:

    haaaaaaa………..pengen banget daki gunung rinjani…,,sama temen” hehe….indah banget tuw pemandangan di cana…
    asik klo bisa ke sana.
    duh. .. kapan y…
    mungkin….ntar klo di blhin ma papa mama…hehehehe……….

  10. ATWAPALA SOLO Says:

    Bos ni dari mapala AT.Warga Surakarta(Solo) ingin ngadain exspedisi ke Rinjani sekitar bulan Juni 2008. Kira-kira dana per orangnya berapa? jumlah personel sekitar 4 orang. Tank’s. Salam Rimba

  11. rizky al kochino Says:

    mmmhhh………estimasi budget klo dr surabaya ke rinjani ampe brpa si?
    ada yg bsa kasi tau ga?
    mulai dr trnsport,trnsport lokal, perijinan, mpe masuk?
    aku pemula baru naik gunung 1 kali
    hehehe
    kirim testi di fs donk

    fs: kochino albani

  12. nuril Says:

    bagus banget pemandangane jadi pengen kesana tuch tahun depankali berangkat kesana

  13. Mozra Says:

    Ayo..siapa mao ajakain gw !! pokok resdy slalu….tapi tolong dibayarin ya..

  14. izzul fahmi Says:

    Perjalanan yang melelahkan tapi sangat menyenangkan sobat, pertama aku mendaki ya di gunung Rinjani ini.
    Kenangan manis gue ketika berfoto bersama TENYOM

    wakakakakaka
    emang salah satu kenangan selama pendakian Gn. Rinjani adalah berfoto / bercengkrama sang TENYOM,… kalo lagi apes ada aja peralatan / prabotan / makanan yg digondol dibawa kabur…hehehehehe

  15. Sinyo Says:

    Bro, minta advise-nya dong untuk ekspedisi ke Rinjani. Termasuk berapa lama total waktu perjalanan, biaya per orang, saran, tips2 yang berguna untuk perjalanan.
    Thanx bro.

    wah..
    bakalan panjang lebar nih..

    kalo mo enjoy, mending ambil waktu libur 1 minggu
    dengan asumsi : jakarta – lombok – pos pendakian = 1 hari, pp jadi 2 hari, pendakian 4 hari, jalan2 1 hari.
    kalo naik dari sembalun abis 1 hari sampe di pelawangan sembalun, basecamp terakhir sebelum pendakian (kalo kondisi fisik bagus), kalo naik dari sembalun yg paling penting dipersiapkan adalah persiapan air yg banyak (sumber air cuma ada dpos awal dan pos terakhir) dan sunblock, jangan sungkan untuk bawa payung, terutama kalo pendakiannya pas musim kemarau karena akan panas banget dan nyaris gak ada pohon besar, mayoritas hanya rumput dan alang2. disini mending sewa porter aja biar perjalanan bisa lebih cepat dan nyaman.

    Bermalam di pelawangan sembalun harus extra hati2, semua barang / perlengkapan harus berada didalam tenda, kalo ngga nanti digondol monyet, start summit attack diusahakan jam 2 malam biar dapet sunrise, jadi jam 12 malam udah bangun untuk persiapan peralatan dan makan, summitnya bawa daypack aja, sisanya bisa ditinggal dijaga ama yg gak ikut summit, atau di timbun. turun dari puncak paling lambat jam 9 pagi, karena selepas jam itu akan ada kabut tebal dan angin kencang.
    kalo cuaca pas bagus dipuncak akan keliatan puncak gunung agung di selatan dan gunung tambora diutara.

    turun dari puncak sebaiknya langsung ambil barang2 dan dilajutkan ke segaranakan… perjalanan turunnya bisa makan waktu 2 jam lebih. nah silahkan bersantai disini, jangan lupa bawa pancingan, karena ikan karper disini rasanya unik & nikmat, disamping itu gak jauh dari danau ada sumber mata air panas, silahkan berendam yg puas…gratis…!!

    Pulangnya ke arah senaru lebih baik, walaupun jalur pulangnnya harus mendaki terjal dulu, tapi nantinya akan enak jalurnya, landai dan hutan lebat, disini ada sumber air lumayan.

    udah turun dari rinjani jangan langsung pulang, tapi jalan2 dulu ke gili air, gili trawangan….gak akan nyesel deh…
    dan jangan sungkan masuk pasar tradisional disana, coba cari makanan lokal seperti plecing dan ayam taliwang…slurrrpp..!!

    itu dulu deh…baru itu yg keingetan…:D

  16. fathur Says:

    duh pengen banget naek neeh jadinya tapi sayang nya gw skrg masih di jepang neeh,pulangnya masih lama lagi,syapa donk yg mongajakin naek agustus 2009

  17. Edy Says:

    Saya adalah pemuda asli Lombok, dan telah 2 kali naik ke Rinjani melewati jalur senaru, saya rekomendasikan untuk teman2 PA kalau mau lebih baik ambil jalur ini, lebih adem dan mengasyikan walau meman lebih terjal, Waktu tempuh dari Bali (PADANGBAI) samapi LOMBOK (LEMBAR) sekitar 4 jam perjalanan. Dari Mataram (Terminal Mandalika) ke Sendanggila sekitar 3 jam. Sekarang sejak saya telah menjadi Pegawai Pemerintah saya tidak pernah lagi ke sana (saya lakukan pendakian waktu KULIAH). PENTING ; KALAU MAU KE PUNCAK BERANGKAT DARI DANAU/PELAWANGAN SEMBALUN JAM 24 – 03 PAGI DAN BARU SAMPAI KE PUNCAK SEKITAR WAKTU MATAHARI TERBIT (JAM 5.30) HANYA INI WAKTU YANG ADA SELEPAS WAKTU INI BERBAHAYA… JANGAN ANGGAP REMEH, BIASANYA KORBAN MENINGGAL (TERJATUH) KARENA TIDAK MENGINDAHKAN HIMBAUAN INI. UNTUK INFO DI wien_sasak@yahoo.com

  18. Boombel Says:

    Cintailah alamku seperti mencintai dirimu

  19. WARMAN PRIATNO Says:

    gue mendaki gunung rinjani pada bulan agustus tepatnya tanggal 12 Agustus 2006 dalam kegiatan Ekspedisi Jawa Bali Lombok (JABALOK) Mapala Green Justice Fakultas Hukum Universitas Andalas. Bulan Agustus Naik Rinjani Asyik Banget Men….,karena pada bulan tersebut kita banyak bertemu dengan berbagai golongn pendaki dari seluruh tanah air bahkan dunia…klo diceritai jadi gak seru neeh…mendingan lo siapin Carrier lo, perlengkapan lo en go to Rinjani Mountain…..

  20. tito Says:

    wah aku tuh pengemar pendakian pengen sekali naek ke Rinjani

  21. puspa Says:

    kueren bangetzzzz seeh bali…
    tapi kayaknya klo pergi kesana ga sama doi ga asik dech..
    cz aq lom punya someone ntu gue jadi males kesana dech mending seeh dirumah ja he……. (sebenernya duwit juga gak ndukung seeh….)

  22. teduh Says:

    ayo berbondong2 qt naik gunung rinjani

  23. fery Says:

    alow..lam kenal aku fery ank palembang dari mapala brimpals…..

  24. arum Says:

    hwa ha ha… kapan neeh kesampe’anaku naek gunungnya… hu..hu..hu.. pengen… jangan ceritain yang indah indah dunk… jadi tambah pueeengeennnn

  25. APAS APENDOS Says:

    WOU…….RINJANI
    BULAN AGUSTUS
    Q AKAN BERKUNJUNG KE PUNCAKMU
    KAN Q NIKMATI PEMANDANGANMU SEPUASNYA
    KAN Q REKAM DI HATI Q DALAM-DALAM
    KEELOKANMU KAN Q KENANG SEPANJANG HIDUP Q
    DAN Q KAN CERITAKAN KEMEGAHANMU KEPADA ANAK CUCU Q
    OH…RINJANI IJINKAN Q MEJAMAH MU DEGAN PENUH PENGHAYATAN!!!!!!!!!

  26. nara Says:

    pengen rasanya naik rinjani,kapan ya?????????????moga kesampean!!!!!!!!!

  27. joshbudhi Says:

    Salam kenal… gw anak Jogja, rencn ber:3 mo ke G.Rinjani (agst 17-an) tlg dunk ksh inpo ttg izin pndakian, route n porter yg dpt dihubungi. Ato ada yg mo kesana tgl2 tsb,boleh kami gabung? Plz hub gw 085643187515 mail joshbudhi@gmail.com ok thxs.. (tlg inpo secepatnya..)

  28. emilio Says:

    klo naik rinjani kayak naik gunung di mana gitu……. pokoke indah…… banget sampe gue mikir gimana klo di bikin filem yg lokasinya di rinjani temanya tentang pendakian dengan sedikit bumbu percintaan,pasti heboh deh gimana pak produser oke nggak?udah dulu ah salam sejati dari petualang sejati

  29. Lelyz Says:

    Q pInGiN BaNgEt KeSnA…
    tApI kUg gK kUaT YG DiNgIn – DiNgIN…
    gImAnA DuNK….????

    kan ada yg namanya jaket, sleeping bag, tenda, dll

  30. Dina Says:

    Rinjani…….I’m CoMiNg….!!!

  31. Dina SMK PGRI 2 SIDOARJO Says:

    Gng.RiNjAnI….

    uNtUk YaNg KeEnAm KaLiNyA aKu mAmPiR kE KaMu….

  32. kenyek wong rimba Says:

    enek tenan mendaki gunung ter tinggi ke2 salam rimba,salam teko cah alas’jare sopo munggah gunung ora pegel…………’

  33. Yudi Says:

    Haloooo semua saya rencana naik rinjani berempat di bulan Oktober ini dari sembalun? Ada yang tahu contact persons disana untuk guide dan porternya yg harganya tidak terlalu mahal. Makasih ya bisa hubungi saya di yudisaptono@yahoo.com

  34. Anonim Says:

    kalo dari jogja kira” habis biaya brapa ? Apa benar sampe 1.5 jta ? Mohon d blas karena ini penting seX . Insya 4Wi saya akan naek rinjani bulan juli . Amien 🙂 . Makasi

  35. joshbudhi Says:

    Hari ini msh dibln syawal 1429h,
    kpd: Admin, teman, rekan,sahabat dan seluruh penghuni alam raya, kami turut mengucapkan
    selamat hari raya IDUL FITRI
    Minal Aidzin Wal Faidzin
    mohon maaf lahir batin,,,
    هذه هي النبيل
    ونحن نعتذر إذا كانت هناك أخطاء ونأمل من جميع ذنوبنا محت اليوم..
    امين..
    Trimakasih jg ats smua advis, suporting n sgl bntk bantuan dr rekan2, kru/patner terutama anak2 ds:Karangbaru, kec:Masbage-utara, LOTIM, NTB shg rencana pendakian g.rinjani (17-an) sukses melebihi apa yg telah kami rencanakan,, sekali lg Trimakasih n Inzya Allah kutapak disana jejakku kembali..

    Minal aidin wal faizin
    mohon maaf lahir batin

  36. adi Says:

    Gunung yg menurut gw paling indah…mmang sich butuh biaya bnyk bgt ksna,tp smua itu semua bakalan terhapus ketika sudah smp puncak,.oh ya..klo gk trlalu capek..sewa porter aj,thn 2004 lalu smlm 40rb,gw jamin loe semua lenggang,.brg2 di bawain..masak di masakin,smp air aj di ambilin,.servis yg luar biasa..!!!
    sukses bwt teman2 pncinta alam yg mau mendaki rinjani…ca yoo!!

  37. Pasha Says:

    kok gw gak suka ya sama rasa ikannya 😦 amis banget, tapi pemandangannya emang kueeren bangett

    Baca ini jadi pengen kesana lagi :((

  38. qid Says:

    waktu itu aku ke rinjani karena ada suatu kegiatan. aku dari mpalh unp ngadain ekspedisi putri. nama ekspedisinya ekspedisi putri jabalok…. kami pergi berempat dengan ditemani pendamping 1 orang laki n anak fkip unram juga yaitu alus….. wuisss…asik banget deh rinjani…. yang paling berkesan dari gunung rinjani adalah jalan kepuncaknya…. aku yang lagi sakit ampe muntah kuning 5 kali…. tapi nyampe juga puncak pukul setengah sebelas siang…..pdhal kami berangkat ke puncak jam setengah 3malam.. lama kan….setelah sampai di pos senaru …orang2 disana tanya jam berapa kami nyampe puncak….waktu kami bilang kami nyampenya siang…mereka langsung terkejut…n mereka nyeritain kalo biasanya di puncak rinjani itu mulai dari jam 9 pagi biasanya ada badai…kami kaget…jadi langsung saja kami mengucapkan syukur pada Allah SWT… ternyata walaupun aku sakit n dah hampir nyerah …tapi masih diberi kekuatan untuk jalan…. dan dilindungi lagi…. terima kasih Tuhan….

  39. qid Says:

    smbung lagi ya…. oya, ekspedisi aku waktu itu ada 3 gunung… gunung rinjani, gunung agung, n gunung semeru. …. wktu ke rinjani aku juga kenalan ama bule coz aku bs ngmong b.ing juga sdkit2… dia dari canada. his name is fabian… kmi juga kelebihan makanan krena terlalu banyak bw makanan…. jadi kerel kami tetap berat walaupun udah pulang… tapi rinjani memang mengundang orang untuk kembali kesana…..besok kalo aku dah nikah, aku ingin pergi kesana dengan suamiku dengan tujuan gunung semeru, gunung rinjani n gunung tambora….

  40. eko kusuma p Says:

    aku angota wamapala GEMPA fp unsri
    untuk rinjani aku tak banyak bicara deh asik betul aku udah 2 kali mendaki gunung tersebut disana aku hanya teringat ketika pertama kali aku mendaki gunung tersebut aku terjatuh kedalam jurang lumayan dalam disana aku tak kan melupakan kejadian tersebut karna aku hampir koit kalo saja enggak bisa berpegangan dengan batu. tapi kalo mau maen kepalembang gak kala asik juga gunung yg dimiliki palembang gunung dempo lo gak tinggi sih hanya 3.159 mdpl tapi kita punya jalur namanya dinding lemari sama asik dng jalur penyiksaan kalo gak percaya datang aja ke palembang entar kita temani. kalo ke palembang ke sekret wamapala GEMPA fp unsri indralaya kita tunggu kehadiran teman2 dr mana saj yg berminat mendaki gunung DEMPO. gunung nya WONG KITO

  41. vasha Says:

    mau bgd ni ke rinjani… ada yang mau ngadai pendakian ke rinjani ga ya???

  42. roto Says:

    kpn rencn ke rinjani? butuh dana brp ya?

  43. hayadi Says:

    aku ingin sekali naik gunung renjani karna aku pingin ngelihat segara anak,makanya dah aku pingin sekali naik ke gunung renjani gimana ya rasanya,tolong dong kasih tau jawabannya sekarang supaya aku bisa naik ke gunung rejani.

  44. hayadi Says:

    aku ingin sekali naik gunung renjani karna aku pingin ngelihat segara anak,makanya dah aku pingin sekali naik ke gunung renjani gimana ya rasanya,tolong dong kasih tau jawabannya sekarang supaya aku bisa naik ke gunung tersebut.

  45. hayadi Says:

    kalu aku sudah bisa naik ke gunung tersebut aku akan sungguh seneng sekali karna belum ada yang pernah naik ke sana dari rumah keculi aku makanya dah aku pingin sekali naik ke sana.

  46. emmi Says:

    aku pernah ke gunung Rinjani
    pemandangannya se luar biasa buagus buanget
    tapi dinginnya alamaaaaaaaaaaaak ga tahaaaaan bo!!
    tapi Alhamdulillah aku masih hidup se…. hehehehee
    pokoknya rugi deh kalo ga pergi ke Rinjani

  47. dhelon Says:

    dulu waktu kecilku pernh kegunung rinjani ….

  48. lehan Says:

    padahal orang Lombok asli tapi blm pernah ke Gunung Rinjani….
    InsyaAllah taun ne pengen ke sana minimal liat_liat dari deket aj lah,

  49. Mr.guy Says:

    sob,kmrn rencananya mo ke semeru,krn ada beberpa kejadian,akhirnya di tutup untuk sementara,jadi bingung mo kmana..
    kita bertiga dari bandung,pas semeru di tutup rencananya mo ke rinjani,tapi low budget..kira2 dari bandung sampai sana bth biaya brp?yang serba murah deh,harap maklum,he..
    rencanaya brangkt tgl 12 agustus,bentar lagi sech,klo ngepack udah,cm mikirin ongkosnya,,makasih sblumnya bwt bantuannya bro!di tunggu…wslm

  50. Inka Says:

    ajak” dunk kLo mo naik gnung. Cz Q um pNgaLman nich….

    Tapi mau nyobain, pasti seru ya…….. (^,’)

    Tlong info k’ No. Q’a : 021-93096061

    Thnk’s…

  51. evik Says:

    visiting today

  52. cikumunyah Says:

    kami dari MAPALA IAIN RF Palembang, mw expedisi k rinjani. kira2 seberapa lah… transport k sana dari plembang PP. n bagaimana jalur2 yang ditempuh dari palembang
    trima kasih…..

    soal biaya transportasi relatif harganya, tergantung jenis kendaraan yg mau dipakai, kalau punya banyak waktu, enaknya pergunakan jalur darat, naik bus dari palembang ke jakarta, trus sambung kereta ke surabaya, dari surabaya sambung bus langsung ke mataram, lombok. dari lombok naik L300 sampai gerbang pendakian, terserah mau naik dari sembalun atau senaru

  53. viru Says:

    waduch……..
    ikyut….,,,,,,,
    liath gambarx ajwah kykx cuantikh.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: