Memilih Kursus/ Pelatihan Panjat Tebing

Bagi para peminat panjat tebing seringkali dihadapi pertanyaan ‘Bagaimana saya memulai panjat tebing?’ Apakah mungkin saya nonton orang manjat kemudian pergi ke toko outdoors membeli peralatan yang diperlukan lalu langsung cari tebing yang bisa dipanjat? Jangan coba2 melakukannya kecuali kalo rela panjatan tebing pertama juga menjadi panjatan tebing yang terakhir (artinya: jatuh dan mati konyol). Kita ingin memanjat tebing karena kita suka kegiatan olahraga tersebut, kita menikmatinya dan kita ingin kembali melakukannya. Cara yang benar yaitu selalu memanjat dengan selamat. Kata SELAMAT ini bukan sekedar didapat dari peralatan yang lengkap, tetapi lebih merupakan suatu sikap yang harus mendarah daging.

Untuk memulai panjat tebing kita harus langsung belajar dari pemanjat yang sudah berpengalaman. Enggak bisa dari sekedar nonton orang manjat atau belajar dari buku. Kita harus praktek langsung.

Kalo uang tidak menjadi hambatan, saran terbaik barangkali mencari pemanjat yang sudah terkenal dan berpengalaman, juga sudah biasa memberikan pelatihan dasar panjat tebing. Ambil les / kursus privat dari dia. Dengan kursus privat kamu menjamin bahwa kamu bakal mendapatkan perhatian penuh dari si pangajar dan dapat menyerap ilmunya sebanyak mungkin tanpa terganggu oleh murid lain. Saya bilang ‘pemanjat pengalaman yang terbiasa memberikan training’ karena tidak sedikit pemanjat2 yang mahir tetapi mereka tidak tau bagaimana mengajarkannya kepada pemula. Ingat bahwa aspek keselamatan selalu menjadi bagian paling utama dalam proses belajar memanjat tebing.

Sangatlah penting untuk menumbuhkan sikap peduli akan keselamatan ini sejak awal perkenalan dengan dunia panjat tebing

Pilihan lain yaitu mengambil kursus secara kelompok. Dinding panjat nampaknya mulai menjamur di tanah air. Cari info dimana ada dinding panjat terdekat (bisa lewat FPTI) dan tanyakan apakah tempat tersebut memberikan kursus Panjat Tebing. Dalam pandangan saya, setiap tempat dengan dinding panjat dimana pelatihan panjat dinding dilakukan, sudah semestinya membuka kursus panjat dinding untuk umum. Hal ini bukan hanya ditujukan untuk mempopulerkan olahraga panjat tebing tetapi juga dapat mengumpulkan dana untuk biaya perawatan dan perbaikan dinding panjat tsb. Kursus panjat dinding untuk pemula paling baik dilakukan di dinding panjat buatan bukannya di tebing alam, paling tidak untuk hari pertama. Kenapa? Karena didinding panjat si pengajar bisa memperagakan berbagai tehnik dan gerakan yang mungkin sulit dilakukan ditebing alam selain itu juga dari segi keselamatan dan lingkungan.

Mentor panjat tebing yang baik yaitu :
– Sabar. Sikap terburu2 bisa menjadi bakal kecelakaan.
– Selalu mempraktekan prosedur dasar keselamatan
– Punya reputasi baik di dunia panjat tebing
– Penuh percaya diri dan benar2 peduli akan keselamatan
– Mengenakan helmet pada saat manjat, belay dan diarea pemanjatan
– Selalu merawat dan memperlakukan peralatan dengan baik.
– Mengetahui dasar Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan
– Peduli akan lingkungan dengan menerapkan sikap Leave No Trace

Sebelum memilih pelatihan panjat tebing perhatikan point2 berikut (sebagian diambil dari American Mountain Guide Association):
– Syarat apa saja yang diperlukan untuk mengikuti kursus, temasuk kondisi kesehatan tubuh
– Siapa yang akan menanggung biaya rumah sakit kalo terjadi kecelakaan, apakah kursus tsb punya asuransi
– Daftar orang2 yang pernah mengikuti kursus berikut alamatnya untuk referensi (tanya apakah sekolah tsb memberikan kursus dengan baik)
– Sudah berapa lama kursus /pelatihan tersebut diadakan
– Apakah pernah terjadi kecelakaan ditempat kursus tsb
– Apakah rasio guru murid kecil. Satu pengajar sebaiknya tidak mengajar lebih dari 6 orang dan hanya satu pasang murid bisa manjat dan belay pada setiap saat.

Jika pelatihan diadakan dialam bebas:
– Pastikan mereka menyediakan helm, kalo tidak – jangan berpikir dua kali untuk mengikuti pelatihan ditempat tsb.
– Sebaiknya guide tersebut lokal dan mengenal medan tebing dengan baik.

Selamat belajar memanjat tebing.

Iklan
Explore posts in the same categories: Climbing

4 Komentar pada “Memilih Kursus/ Pelatihan Panjat Tebing”

  1. mega Says:

    wah…aku udah lama banget pengen latihan manjat mas…pengen ikutan kursus tapi g tau di jogja ada pa gak??hiks hiks…mumpung msh da ksmptn&tenaga…:p

  2. Rangga Says:

    Sepakat dah………… trims arahannya

  3. lonelywalks Says:

    bisa dicoba juga nih, pasti seru

  4. Olive Kh Says:

    Sip mantap mas bro, Bravo panjat tebing…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: