Seputar Tenda – 02

Bagian serambi tenda

Tenda yang baik haruslah juga yang memiliki serambi di bagian depannya. Ada beberapa tenda yang memiliki bagian serambi yang sedemikian besarnya hingga bisa digunakan sebagai tempat untuk tidur tambahan. Tenda yang memiliki dua pintu salah satunya pasti memiliki serambi yang bisa digunakan sebagai tempat barang atau tempat untuk memasak. Jika Anda memilih untuk memasak di dalam serambi tenda karena cuaca yang sangat buruk ingatlah bahwa bahan dasar tenda adalah barang yang sangat mudah terbakar dalam beberapa detik saja. Jadi pastikan kompor yang anda gunakan tidak kontak langsung dengan bagian tenda, juga pastikan pintu terbuka ketika anda memasak di dalam tenda karena gas yang keluar dari kompor dapat langsung musnah karena terkena angin.

Bagian dari tenda haruslah juga terpisah antara lapisan luar dan dalamnya. Lebih baik bagian dalam tenda bukanlah lapisan bahan yang berbahan dasar nylon. Sebab, nylon cenderung menahan panas dan panas yang tertahan di dalam tenda akan melembabkan bagian dalam tenda. Perhatikan juga jarak yang ada di lapisan luar dan dalam tenda. Semakin jauh jarak antara lapisan luar dan dalam semakin baik, karena banyak kejadian lapisan luar yang terlalu menempel pada lapisan dalam tenda dapat membuat air masuk ke dalam tenda bila keadaan hari hujan deras.

Satu bagian lagi dari tenda yang tak bisa dilupakan adalah pasak. Ada berbagai macam pasak, berbeda-beda mulai dari bentuk, ukuran dan berat. Kecuali Anda berkemah dengan menggunakan mobil (car camping), masalah berat karena membawa pasak dari besi tidak akan menjadi masalah. Pasak yang terbuat dari alumunium adalah pilihan yang baik
untuk para penggiat kegiatan alam bebas. Tapi kelemahannya pasak jenis ini mudah bengkok apalagi di keadaan tanah yang keras. Beberapa orang yang terbiasa berkemah menemukan bahwa pasak yang terdiri dari campuran bahan alumunium dan plastik ternyata lebih baik, karena karakter sifatnya yang mengikuti berbagai tekstur tanah.

Dan tentu saja, bila kita menemukan kondisi tanah seperti pasir pasak seperti ini tidak mungkin akan dapat digunakan. Di situasi seperti ini tempatkan seluruh kantung kosong yang kita punya dengan tanah/pasir, kemudian ikat di bagian sudut tempat pasak dan pendam kantung tersebut dalam tanah. Dengan begitu terasa lebih efektif, dan berdaya guna daripada memaksakan pasak masuk ke dalam pasir/tanah lunak.

Dan jangan lupa selalu mencuci tenda tiap selesai digunakan. Jangan gunakan deterjen, tetapi cukup rendam saja tenda di dalam tong besar yang berisi air. Kalau bisa jangan disikat terlalu keras karena akan merusak lapisan anti-air tenda. Jemur di tempat yang sejuk dan tidak terkena langsung sinar Matahari dan apabila tenda sudah kering lipat kembali seperti semula.

Tempat berlindung yang baik saat berada di alam bebas adalah perangkat yang sangat penting. Karena saat berlindung itulah saat kita beristirahat dan mengembalikan kondisi tubuh kembali ke keadaan segar. Jangan sampai karena tenda yang kita bawa tidak nyaman dan malah membuat celaka diri kita sendiri.

Iklan
Explore posts in the same categories: Camping, Hiking

3 Komentar pada “Seputar Tenda – 02”

  1. Arnold Says:

    Salam kenal dan mohon maaf mengganggu
    Mdh2an informasi ini bermanfaat buat Bapak/ibu dan rekan-rekan semua. Demi untuk menjunjang dan mendukung kelancaran acara di alam terbuka seperti pendidikan, pelatihan, camping, refreshing, gathering, dll, Kami ” Mr.Camp” menyewakan alat-alat camping/ berkemah seperti tenda dome, tenda pramuka, sleeping bag, dll. Lokasi kami di tapos-ciawi-bogor, jln. Balai penelitan ternak Tapos-ciawi-bogor, no.tlp. 0251 910 8201, (022) 2035640, fax 022 2039687 atau Alex 08151 9696 749, Arnold 0815 738 40 939, 0817 230 8338.
    Terima kasih

  2. Arnold Says:

    Salam kenal dan mohon maaf mengganggu
    Mdh2an informasi ini bermanfaat buat Bapak/ibu dan rekan-rekan semua. Demi untuk menjunjang dan mendukung kelancaran acara di alam terbuka seperti pendidikan, pelatihan, camping, refreshing, gathering, dll, Kami ” Mr.Camp” menyewakan alat-alat camping/ berkemah seperti tenda dome, tenda pramuka, sleeping bag, dll. Lokasi kami di tapos-ciawi-bogor, jln. Balai penelitan ternak Tapos-ciawi-bogor, no.tlp. 0251 910 8201, (022) 2035640, fax 022 2039687 atau Alex 08151 9696 749, Arnold 0817 230 8338.
    Terima kasih

  3. Gojin Says:

    Hai, salam kenal
    untuk informasi tentang rental tenda/ tenda dome & alat-alat camping/ berkemah serta membuat dan menjual tenda & tenda promo, klika aja http://www.mrcamp.net dan http://www.tendaku.net.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: