GUNUNG SEMERU DIBUKA KEMBALI UNTUK PENDAKIAN

GUNUNG SEMERU DIBUKA KEMBALI UNTUK PENDAKIAN

Malang, 10/5 (ANTARA) – Setelah beberapa bulan terakhir ditutup untuk pendakian dan ajang rekreasi, Gunung Semeru sudah dibuka kembali untuk umum sejak 17 April 2007 lalu.

“Setelah melakukan evaluasi dan perbaikan jalur serta melihat situasi dan kondisi visual gunung Semeru, kami putuskan untuk membuka kembali jalur pendakian ataupun rekreasi untuk umum,” kata Kepala Wilayah Barat Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jusman di Malang, Kamis.

Ia mengakui, sejak ditetapkannya status waspada Gunung Semeru bersamaan dengan beberapa gunung berapi di Indonesia, melalui surat gubernur maupun Dirjen Vulkanologi, gunung Semeru dinyatakan ditutup untuk jalur pendakian.

Dikatakannya, sampai detik ini, kondisi dan kegiatan visual vulkanologi di Gunung Semeru masih aktif normal dan tidak ada guguran lava panas sehingga statusnyapun masih tetap waspada, jadi tidak ada
peningkatan menjadi siaga. Ia juga menegaskan, perubahan dan peningkatan status Gunung Semeru dari waspada menjadi siaga itu ditentukan oleh beberapa tanda dan karakter, namun kalau saat ini masih aman sudah dikatakan siaga, nanti akan berimplikasi pada masyarakat di sekitar kawasan gunung itu
menjadi panik. Dikatakannya, kalau ada perubahan kegiatan visual di Gunung Semeru maupun Bromo bahkan peningkatan status, maka masyarakat dan instansi terkait pasti akan diberi informasi lebih awal dan tindakan apa yang harus dilakukan oleh masyarakat termasuk evakuasi dan pengungsian.

Namun yang terjadi, katanya, saat ini kondisi Gunung Semeru masih relatif normal dan tenang sehingga tidak ada peningkatan status serta tetap aman untuk pendakian.

“Selama dilaksanakan seperti ketentuan yang ditetapkan, saya yakin jalur pendakian maupun rekreasi di kawasan Gunung Semeru masih relatif aman,” tegasnya.

Iklan
Explore posts in the same categories: Dan Lain - Lain

2 Komentar pada “GUNUNG SEMERU DIBUKA KEMBALI UNTUK PENDAKIAN”

  1. RAHMAT BASUKI Says:

    Tolong Di update data apakah untuk tahun 2008 boleh didaki atau tidak. Rencana kami dari Faperta Unpad akan mengadakan pendakian pada bulan oktober.

    tahun ini tetap buka kok, ada beberapa teman yg baru kembali
    saran saya kalo bisa pendakiannya jangan akhir oktober, mending diawal oktober ajah, dengan pertimbangan kalo dah memasuki ujung oktober biasanya udah musim angin dan curah hujan udah mulai banyak… mudah2 prediksi saya salah…

    selamat mendaki

  2. muakrim... Says:

    salam lestari
    bang rencananya bulan ini aku mau ke semeru… kira kira aman kagak yach… sumpah mati jawabannya di tunggu….

    tgl 17 agustus kemarin sih ada upacara disana, jadi udah buka tuh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: