Gunung Talamau

· Tinggi : 2920 mdpl.
· Letak : di desa Pinagar Kec. Pasaman Kab. Pasaman Sumatera Barat. (Peta JANTOP TNI AD tahun 1982 helai peta 1225-II).
· Karakteristik : gunung api tidak aktif, ditutupi hutan hujan tropis, mempunyai 13 telaga pada ketinggian 2750 mdpl, trek pendakian tidak begitu terjal.

· Jalur Pendakian Pinagar
-Titik start : desa Pinagar (250 mdpl), Kec. Pasaman Kab. Pasaman, lama pendakian normal + 7 jam. Berjarak + 190 Km dari Padang.

Terbantung dari mana startnya – Terminal Regional Bingkuang Padang (Rp.xxx.xxx,xx),
Terminal Bingkuang – Terminal Pasaman (Rp. 11.000,-) dengan Bus jurusan Padang-Pasaman PO. Mandala, Pastra dan sebagainya
Terminal Pasaman – Desa Pinagar (Rp. 3.000.)

· Kondisi Medan :
* Desa Pinagar (Pos I) – Pos II + 2,5 jam (+4 km): landai/jalan berbatu, ladang penduduk, terdapat sumber air.
* Pos II – Shelter I (600 mdpl) + 2,5 jam (+ 3,5 km) : tanjakan ringan sampai agak terjal, hutan sekunder – hutan primer – hutan sekunder, terdapat sumber air.
* Shelter I – Shelter II (1800 mdpl) + 3 jam (+ 3 km): tanjakan terjal, terdapat sumber air.
* Shelter II – Shelter III (2500 mdpl) + 2 jam (+ 2,5 km): tanjakan terjal, terdapat sumber air.
* Shelter III – Puncak + 1,5 jam : tanjakan ringan, padang rumput, telaga, medan terbuka, sumber air telaga banyak.

. Perizinan :
Surat tugas dari organisasi, bagi pendaki cewek harus ada surat izin dari orang tua dan lapor di Pos II atau pada kepala desa di desa terakhir. Untuk pendakian Gn Talamau dikenakan biaya Rp. 4000 yang bayar di pos II.

· Potensi : Telaga 13 buah, bunga Edelweiss, Panorama gunung Talang,Merapi, Singgalang dan Samudera Hindia.

* Ongkos transportasi selalu mengalami perubahan tarif.

Iklan
Explore posts in the same categories: Rute Pendakian

11 Komentar pada “Gunung Talamau”

  1. noel Says:

    ehm…gw noel dari jakarta!btw, u dah nyampe puncak talamau ya>?
    gokeel tuch gunung!gw liat di jejak petualangan c keren banget….
    btw,,,kalo mw naek ajak2 gw ya!!!ne no g…081808447284

    thank’s
    nanti kalo ada kegiatan gue kontak2 deh…
    sementara kalo mo ngobrol2, share elmu dan pengalaman
    tengok2 deh Kaskus OANC

  2. aldi Says:

    tau ga lo jalur bkan hanya di pinagar tapi kami dari pecinta alam RAFLESIA pasman udah bikin jalur baru di derah durian sabuik kalo lo minat buat cba trek ni langsung ja kontak gw 085263249458

  3. Dr.HP Says:

    Kemaren sama temen2 nyoba daki gunung talamau, ternyata emang mantap juga…apalagi perjalanan setelah Harimau Campo menuju Salasah, ribuan pacet ma lebah ngasih sambutan hangat…hehehe…
    Perjalanan sekitar 12 km dari Pinagar menuju puncak,dari GPS kami elevasi puncak Talamau 2911 mdpl…entah mana yg tepatnya….

  4. edri Says:

    bukan hanya di pinagar dan durian sabuik ja jlurnya,kami dari KPA Pasti juga dah buka jalur alternatif melalui durian belalang.coba aja call
    no. gw 081267333555

  5. eeng Says:

    dalam pejalanan kepuncak talamau kami sempat tersesat ke air terjun karna stringlan tidak ada. kami kira jalanx disana ternyata salah.tapi alhamdulilah kita nyampai juga di puncak.treknya cukup lumayan extrim.buat kami kewalahan

  6. gung apo Says:

    cobain deh!!!

  7. Anonim Says:

    KLUD YG MO PRG ajak nak repala donk…….kntak k no ini….081363732998….by repala


  8. adad peta jalur talamau gak gan???


  9. mantap gan,
    talamau sungguh begitu indak ..
    pengen kesana lagi,
    klw bisa rame2 …..
    😀


  10. sumpah ..
    panorama nya bagus banget,
    pengen ke puncak lagi ..
    klw ada yg mo prgi,
    ajak aku ya !!
    😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: