GUNUNG WELIRANG

Puncak Gunung Arjuna dan G. Welirang terletak pada satu gunung yang sama. G. Arjuna dapat didaki dan berhagai arah; arah Utara (Tretes) melalui G. Welirang, dan arah Timur (Lawang) dan dari arah Barat (Batu-Selecta). Dari Surabaya kita naik bus jurusan Malang, turun di Pandaan dan ganti kendaraan (Colt) ke jurusan Tretes. Tretes merupakan tempat Wisata dan Hutan Wisata serta terdapat air terjun yang indah yaitu Air terjun Kakek Bodo. Di Tretes banyak tersedia hotel maupun Losmen, hawanya sejuk dan merupakan tempat peristirahatan yang nyaman.

Dan Pos PHPA Tretes kita dapat langsung rnendaki G. Welirang dan juga G. Arjuna. Setelah berjalan antara 4 – 5 jam ke arah barat daya dari Tretes kita dapat berhenti dan bermalam di pondok tempat orang mencari bijih belerang, disini kita dapat mengambil air dan memasak atau mandi, karena air cukup melimpah. Hampir setiap han sekitar 20 — 30 orang buruh mencari dan membawa batu belerang ke Tretes.

Besok paginya kita dapat mulai mendaki ke puncak G. Welirang atau berbelok kita langsung kearah G. Arjuna. Perjalanan dan pondok sampai ke puncak G. Welirang, akan melewati hutan Cemara yang jalannya berbatu. Setelah berjalan 3 jam kita akan sampai di puncak G. Welirang. Di bawah puncak G. Welirang ada sebuah kawah yang menyemburkan gas belerang. Perjalanan dari Tretes sampai ke puncak G. Welirang memakan waktu 7 – 8 jam.

Bila kita akan melanjutkan penjalanan menuju G. Arjuna maka setelah kita sampai di puncak G. Welirang kita berjalan turun ± 10 menit tepatnya ke arah selatan. Hutan yang dilalui adalah hutan cemara dengan melewati sebuah jurang dan pinggiran G. Kembar I dan G. Kembar II. Setelah berjalan 6 – 7 jam kita akan sampai di puncak G. Arjuna. Tetapi sebelumnya kita akan melewati tempat yang dinaniakan “Pasar Dieng”, ketinggiannya hampir sama dengan puncak G. Arjuna dan terdapat batu­ yang sebagian tersusun rapi seperti pagar dan tanahnya rata agak luas. Dari sini untuk ke Puncak G. Arjuna hanya memakan waktu ± 10 menit. Untuk mencapai G. Arjuna dan G. Welirang dibutuhkan waktu 5 sampai 6 jam.

Puncak G. Arjuna anginnya sangat kencang dan suhunya antara 5-10 derajat celcius. Disini kita dapat menikmati suatu Panorama yang sangat indah terutama bila malam hari, kita dapat melihat ke bawah, kota-kota seperti Surabaya, Malang, Batu, Pasuruan. serta laut utara dengan kerlipan lampu- lampu kapal.

Puncak G. Arjuna disebut juga dengan Puncak ‘Ogal-Agil’ atau ‘Puncak Ringgit. Setelah berkemah di puncak, besok paginya kita dapat turun ke kota Lawang atau ke arah timur dengan melewati Hutan Cernara, Hutan tropis dan perdu. setelah itu kita akan melewati Perkebunan Teh Wonosari bagian utara. Turun ke arah Lawang lebih dekat dan menyingkat waktu daripada kembali ke arah G. Welirang/Tretes. Perjalanan turin ke arah Lawang kurang lebih 6 jam.

Mendaki G. Arjuno dari kota Lawang merupakan awal pendakian yang praktis karena kota Lawang mudah sekali kita tempuh baik dan arah Surabaya maupun Malang, selain itu Puncak G. Arjuno dapat langsung kita tuju dan arah ini.

Bila kita menginginkan mendaki dari kota Lawang, dari arah Surabaya kita naik bus jurusan Malang dan turun di Lawang (kira-kira 76 Km) dan bila dari Malang, dari Terminal Arjosari kita naik bus menuju Lawang dengan jarak 18 Km.

Dan Lawang kita naik kendaraan umum (angkutan desa) menuju desa Wonorejo sejauh 13 km. Pendakian ke puncak dimulai dari desa ini menuju ke Perkebunan Teh desa Wonosari sejauh 3 km. Di sini kita melapor pada petugas PHPA dan juga meminta ijin pendakian, persediaan air kita persiapkan juga di desa terakhir ini.

Dari desa Wonosari terus berjalan dan melewati kebun teh Wonosari serta terus naik selama 3 – 4 jam perjalanan kita akan sampai di “Oro – Oro Ombo” yang merupakan tempat berkemah.

Dari ”Oro-oro Ombo” menuju ke puncak dibutuhkan waktu 6-7 jam perjalanan dengan melewati hutan lebat yang disebut hutan “LaliJiwo” untuk menuju puncak terakhir ini. Setelah kita melewati Hutan LaliJiwo kita akan melalui padang rumput yang jalannva menanjak (curam) sekali. Mendekati puncak, kita akan berjalan melewati batu-batu yang sangat banyak dan menjumpai tanaman yang sangat indah setelah itu kita akan mencapai puncak G. Arjuna.

Rute pendakian lainnya yaitu dari kota Batu lewat Selecta yang terletak di sebelah Barat G. Welirang. Kota Batu merupakan tempat wisata yang memiliki sumber air hangat dari kaki G. Welirang dan keadaannva tidak berbeda jauh dengan Tretes. Dari arah Kediri atau Malang untuk menuju Batu kita dapat naik bus/Colt, selanjutnya perjalanan dari Batu menuju Selecta menggunakan Colt (angkutan pedesaan). Selecta salah satu tempat wisata yang ada di kota Batu dengan ketinggian 1.200 m dari permukaan laut.

Setelah tiba di Selecta kita dapat bermalam haik di Hotel maupun Losmen. Besok paginya dengan colt, kita menuju desa Kebonsari. Di desa ini kita harus menyiapkan air secukupnya untuk perjalanan ke puncak dan kembalinya.

Kita memulai pendakian dengan melewati ladang sayur-sayuran dan jalan setapak menuju ke arah timur laut dan terus naik melewati hutan tropika, dalam perjalanan ini samar-samar akan terlihat puncak G. Arjuna.

Mendaki selama 5 – 6 jam akan mengantarkan kita pada punggungan gunung yang menghubungkan Puncak G. Welirang dan G. Arjuno, tepatnya sebelah tenggara G. Kembar I. Kita masih harus menempuh perjalanan 1 – 2 jam lagi untuk menujupuncak G. Welirang ke arah kiri atau G. Arjuno ke anah kanan selama 4 – 5 jam.

Explore posts in the same categories: Dan Lain - Lain

25 Komentar pada “GUNUNG WELIRANG”

  1. Itsnain maulana Says:

    SAYA SANGAT SENANG KARENA SEKARANG TELAH MENAKLUKKAN DAN MENDAKI PUNCAK WELIRANG ARJUNO YANG SUDAH TELAH DI TAKLUKKAN OLEH TIM KAMI O.PA GASPALAS pada 30 Desember 2007 Dengan hikmah

    wew…selamat yah udah menjejakkan kaki dipuncak Welirang…!!
    share catper, Info biaya, jalur dan foto2nya dong, buat di posting disini…..

  2. jason luwatuhu Says:

    hi……. naek gunung i……….

  3. jason luwatuhu Says:

    asik

  4. andyka musfi abdillah Says:

    haluw saudaraku.apa kabar sebelumnya?
    aku andyka alias bhugenk yang sekaligus senior dan pernah bergabung dalam crew “GABUNGAN SISWA PECINTA ALAM SMKN 02 BANGKALAN”.
    aku sendiri menjadi tim gaspalas tahun 2003-2005. aku angkatan ke-2 dari seniorku sebelumnya.
    yang namanya seperti : pelar,cingoer,acoel,kopling,tugis,omlet,penyet dan yang lainnya!!!
    angkatanku sendiri yaitu bawok,liteng.
    ywada,salam bwt mas nyemouth dan anak2 gaspalas lainnya. gaspalas jaya……..assalamu’alaikum

  5. deden palz Says:

    salam rimba bravo palhisma..

    aku deden anaq sma palhisma, sebuah organisasi pecinta alam di sma 5 di kota malang. Hiking ke Gunung Welirang merupakan hiking pertamaku. Pengalaman yang tak terlupakan bagiku. Pada awalnya emank terasa berat dan capek, tapi setelah sampai puncak,, wuihh… “it’s so awesome”.. hanya kata2 kagum yang aku keluarkan. Pokoke wenak puol . . .
    So, bwt pendaki laenx, slamat menikmati keindahan alam yang diberikan…:=)

  6. warbon Says:

    salam rimba.
    sekitar awal juli si aku ma tmn2 mo k g.welirang nich,..
    boleh mnta bntuan gk minta infonya donk..
    khususnya kendaraan yg bakal dipake dari bandung sampai ke tretes..
    matur nuhun.

  7. ajiib Says:

    welirang emang keren banget bro. udah empat kali aku muncak kesana. aku terakhir kesana agustus taon lalu. tapi sayang banget banyak para pendaki yang lancang mengotori alam. dengan seenaknya tanpa rasa berdosa mengotori gunung yang indah…….

  8. sulis Says:

    nantik hari jumat tgl 08-07-08 aku akan berangkat ke gunung wlirang siapa yang mau gabung hub 031 72675735 zombie

  9. abool Says:

    hiks… aku punya hutang ma mz.Welirang…
    ga’ smpe puncak..
    gara2 salah waktu. saking ngebetnya sama mz.Welirang qa maksa buat ndaki pas bulan desember… dasarrr geblek…
    ywd d ta x ne qt selingkuh ma mz.Arjuno… hwe hwe..

  10. joe Says:

    gunung arjuna misti abis..bos…
    aq prnh tersesat disana…sampe muter2 gk ketemu2 jalanya..
    akhirnya tidur di tengah kebun teh…tahun2003 brow..
    arjuna kerenabis pokoke….

    ayra

  11. goenoeng Says:

    klo kalian istrhat di di pondok tempat orang mencari bijih belerang,,w saranin,,,,,ati2 ja!!!!
    dl 1 klompok w yg spatux ilang da 3 trus rain coat 2 ma carier 1…….

    oya,,,,
    kok g’da pnjlsan klo mo kpuncak welirang yg lwt pacet, mojokerto ya,,,,,,,
    klo kalian mo lht pmndngn yg sippp abisss,,,,kalian bs coba naik lewat pacet, stlh nymp pnck welirang turunx lwt jalur tretes,,stlh nymp pondok tempat orang mencari bijih belerang,,istrht ja dstu,,,butttt take care ya!!!!!! stlh tu br tu lnjtin prjlanan ke ogal-agil…..

  12. bam_nug Says:

    welirang adlh tmp diklatQ aq dr kompass sby
    dri sna aq bs mngnal alm…trnyata khidupan d sby sngt brbda saat qt brda d ats gnung,,d jklau org naik gnung akn keluarlh siwat asli dr org trsbt!!
    krn mnrut pnglmanQ org yg naek gnung adlh org yg meltih fsik utama’na!!
    ksbarn,n k’egoisan
    dan d saat itu jga,wkt d gnung qm bs mnetukan jln hidup d massa mndatang!!

  13. lin Says:

    Welirang…

    Ciptaan Sang Kuasa yang amat indah.
    Pertama ksana waktu aku kelas X SMA. Pengalaman berharga yg sekaligus bisa nglatih mental & fisik kita. Dtambah lg bisa tau gmana sifat asli pendaki.
    Skrg udah mau naik ke kelas XII. Liburan ini ank2 udah punya rencana mau ksana lagi,.

    Welirang,.tunggu aku disana!

  14. garepalas surabaya Says:

    welirang udah 10th sy ndak pernah naik lagi,katanya uda kotor,tercemar lagi.betul nda sich??? email aku ya? nur.nursalam@yahoo.co.id wasalam

  15. ditta Says:

    baru turun 2 hari yg lalu dr welirang,,,pendakian pertama setelah sekian lama, ga pake persiapan apa2 malah,,akibatnya pegel2…
    tp sayang sekarang lagi kebakaran,,bukan human error sih,,karna musim kemarau aja..tap bener2 amaze sama view-nya…what a great view from there!!

  16. ARIS ARUFVANI Says:

    PINGIN KE PUNCAK GUNUNG LAGI..UDA 5 TAHUN OFF

  17. pian Says:

    thnks bro info ne

  18. Be@mBe@n Says:

    Buat SMua Ank Gaspalas Jaga Organisasimu Dg sebaik- baikx Smg TTp Jaya N kPn munCak Lg NIehh…

  19. amoeba Says:

    t’akhr muncak 4 org, 3 mlm 4 hr, arjuna welirang lewat lawang keluar tretes smpt d tunjukin smber air yg msh d rahasiakan ma petugas yg antr smp kluar dr kebun teh,.. wow best.. pengen muncak lg nh, ud 9 taun gak muncak,.
    krng ak kj d bumi org laen (m’sia) rencnany sblm blik indo mo buat trip ke gunung kinabalu, sabah, t’tnggi asia tenggara.. doain temen2…

  20. Hafizhnet Says:

    Mana ne hsl documentasinya pengen liat…

  21. Anonim Says:

    klo lewat jurang kuali,lebih cepat/lama ?

  22. lukman abraham Says:

    ” nuansa alam ”

  23. Anonim Says:

    Membaca pengalaman anda saya jadi kepingin,tapi saya udah tidak muda lagi alias umur udah mau setengah abad, ketika masih muda tak pernah terpikirkan kegitannya cuma nongkrong doang.ya waktu tidak bisa kembali lagi…..

    gak udah risau pak, saya juga masih ABG kok (ahh.. belum gocap), tetap senang dgn kegiatan ini, sehat dan menyegarkan. kapan2 bisa jalan bareng pak

  24. Anonim Says:

    aku takkan berhenti mengagumi ciptaan mu ya allah,..
    ayo rekk. arek2 GAZ_ROCK kpan mndaki ng wlirang,..???


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: