Pendakian Solo 17 Gunung Jawa

JAKARTA – Dana pas-pasan ternyata tak cukup menyurutkan langkah Budiyanto (30) untuk melakukan pendakian solo 17 gunung populer di tanah Jawa. Pendakian yang diawali 6 Mei lalu mengambil start dari Desa Bremi, kaki Gunung Argopuro (3.088 m dpl), Jawa Timur dan berakhir pada Senin (30/6), sehabis menggapai puncak Gunung Gede, Jawa Barat.
”Sebetulnya persiapan saya lebih banyak terfokus kepada pencarian dana. Dari tujuh perusahaan yang disodori proposal, semuanya nolak, Mas,” sebut Budiyanto yang akrab disapa Iwan
Avtech ini. Maklum, dalam ekspedisi ini Iwan tak membentuk tim pendukung yang bisa menyokong si atlet. Semuanya, dikerjakan sendiri. Dari masalah pembuatan proposal, perizinan sampai lobi-lobi kepada pihak penyandang dana. Tentu, segala sesuatu yang dikerjakan sendiri membuat jatah persiapan fisik menjadi kedodoran.
Untungnya, kepala Kelurahan Sunter Agung mau membantu meringankan beban pemuda yang bercita-cita melakukan perjalanan ke Sumatera itu. Untuk perlengkapan, ”Saya mendapatkan ransel berikut cover-nya, matras, sleeping bag, fly sheet, dua celana lapangan, dan kaos dari Avtech,” sebut Iwan ketika dihubungi SH, kemarin (1/7).
Minimnya persiapan fisik memang sempat membuat mental Iwan agak jatuh. Ini terjadi ketika dihantam hujan berkepanjangan di Gunung Argopuro. Saking down-nya, lelaki yang sudah menikah lima tahun ini butuh waktu delapan hari untuk menuntaskan gunung yang sarat peninggalan arkeologi ini. ”Saya naik dari desa Bremi lalu turunnya lewat Baderan.”
Setelah Argopuro, berikutnya Iwan menuju gunung populer di Jawa Timur, seperti Penanggungan, Arjuno, Welirang, Wilis, Kawi, Semeru dan Lawu. Untuk wilayah Jawa Tengah, dari Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing sampai Slamet berhasil disinggahi. Lalu dilanjutkan dengan mendaki puncak-puncak favorit Jawa Barat, macam Ciremai, Cikuray, Pangrango dan Gede.
Soal perbekalan, Iwan mengaku tak pernah membawa panganan khusus. ”Buat makan di gunung, paling saya bawa beras, roti tawar, susu kental manis, telor puyuh, kadang-kadang sayuran, terus ada mie instan dan ikan asin. Buat cemilannya, saya beli kacang-kacangan dan jagung.”
Meski pendakian solo gunung Jawa kerap kali dilakukan para petualang negeri ini, tapi untuk menuntaskannya bukan perkara mudah. Tetap saja dibutuhkan persiapan dan perencanaan yang matang. Bila tidak, siap-siap saja menelan kekecewaan sesudahnya. Dari situ, tinggal semangat dan motivasi yang harus terus dijaga.
”Kalau saya, melihat kegiatan naik gunung ini harus terus didukung. Olahraga ini memang kurang diminati para produsen alat-alat outdoor, tapi Avtech justru ingin mengawali lagi naik gunung jadi tren di kalangan anak-anak muda,” papar Yudi Kurniawan dari Avtech, produsen perlengkapan alam bebas yang mendukung penuh pendakian solo ini.
Yudi kembali mengingatkan, naik gunung memang aktivitas yang bisa mengundang bahaya tetapi bila didukung dengan perlengkapan yang memadai dan skill yang oke, pendakian akan berlangsung aman. ”Buktinya, Iwan bisa melakukan pendakian solo 17 gunung Jawa selama lebih kurang empat minggu. Prestasi ini hanya bisa dicapai dengan dukungan alat dan skill yang memadai.” Tapi, dana juga jangan sampai kedodoran kan Mas?

BErita diambil dari Sinar Harapan

Iklan
Explore posts in the same categories: Dan Lain - Lain

31 Komentar pada “Pendakian Solo 17 Gunung Jawa”

  1. jinro Says:

    salut bro!!! gila 17 gunung! gw bareng teman2 aja baru merbabu dan lawu,, udah coba naik merapi lewat bebeng lum? katanya extrim tuh trek nya.. semangat!!!

  2. Jati Says:

    Definisi pendakian solo sendiri masih belum jelas, apakah bener2 naik gunung sendirian atokah naik gunung sendirian ditemani porter bisa disebutpendakian solo?
    Truz kalo manajemennya dilakukan orang lain apakah masih bisa dikatakan sebagai pendakian solo.
    Apapun definisinya, salut tuk Mas Budi!

  3. amelinda Says:

    kalo aku mau daftar jadi anggota, boleh gak?

  4. ozi Says:

    saluuutttttttttttt……………… hebat dah. ngeriiiiiiiiiiiiiii. gw pengen bagt kayak lo.

  5. Ctra Says:

    Hebaaatt……
    Boleh neh bagi2 pengalaman selama pendakian solo?
    pasti persiapannya mateng banget ya?punya rencana buat naek gunung lagi ga?
    Ajak2 ya.. Sekalian berbagi ilmu (Pengen dapet ilmu gratis,hehehehe…….)

  6. rega Says:

    bro gw salutttttt bgttttt ma lo…., gila 17 gunung udah lo taklukin, lo emg petualang sejati,sang pemberani.jangan menyerah sampai disini bro..,klo bisa gunung di indoesia lo taklukin bro..!!! ok..!! semangat terus bro..!! sukses bwt lo..

  7. MARSIANO Says:

    Dana yang dikeluarkan berapa mas?

    Proficiat aja…

    wah..saya nda tau, cuma link artikelnya kok

  8. Lelaki Sunyi Says:

    manusia memang istimewa dengan berbagai keragaman aktivitasnya. salut untuk lo bro. lo istimewa dengan apa yang lo lakuin.karena kesibukan gue baru solo 2 gunung aja (welirang n arjuno).

  9. eva Says:

    wahhh… manstab tuch mas!

  10. mas janadi Says:

    kenapa gak sekalian Gunung merapi n merbau??????????

  11. arief_cijez Says:

    mantav pasti cape juga yaw… tapi bisa buat contoh dehhh…
    ok ….

    GUUD LUCK MAZ….

  12. atar Says:

    Salam hijau,,,di daerah kudus jateng ada 29 puncak Bro,,,,sekitar 17 masih alami.Dari puncak itu bisa ngelihat hampir semua gunung di Jawa Tengah.Coba deh,,,,

  13. bendol Says:

    salam lestari!!!!!!!

  14. ponkky Says:

    Tuhan selalu bersama dengan mereka yang pemberani_
    salut buat Mas Budi_saya jg punya teman dari lampung yang pernah melakukan pendakian solo mulai Ciremai sampai Lawu, tapi mas Budi lebih Gendeng lagi karena sampai argopuro_

    OK…Selanjutnya Carstensz Piramid dan Everest_ Berani Mas??

    wah hebat bener…
    share pengalamannya dong mas disini..
    nanti saya buatkan artikel tersendiri

    Everest –> Pasti berani !, Carstensz Piramid –> impian pendaki Indonesia, termasuk saya
    tapi sepertinya masih jauh dari jangkauan kaki saya, terbentur dengan biaya dan birokrasi

    thanks

  15. yudha Says:

    Salam Rimba . . .!!!

    Goqil Abis lu.
    Sumpah…

  16. Lelaki Sunyi Says:

    He2 gue uda ada peningkatan bro, kmaren bulan Agustus 2008 gue daki solo di 4 gunung: Penanggungan, Semeru, Rinjani n Agung. Moga2 taon depan ada peningkatan lagi. Doain y !!!

    wow.. hebat..
    target berikutnya daerah mana ?
    perjalanannya dibikin jurnal dong, kirimin kesini nanti saya pulish, biar khalayak ramai jadi tau

    sukses yah

  17. daus Says:

    Salut , mungkin aku berikutnya yang meneruskan ukiran catatan Pendakian Solo ke Gunung di Jawa. Bukan untuk menaklukan tapi untuk menunjukan kemampuan kita dengan niat yang besar. Semangat terus Bang Iwan , lanjutkan perjalananmu

  18. arnold Says:

    Hai, Salam Kenal
    sekedar membagi Informasi tentang penyewaan tenda dan alat-alat camping , pembuatan dan penjualan tenda,
    Berkemah, Camping, kemping, Even, Wisata Alam, Mabim, Outbound Training, Tenda Dome,
    Tenda Sarnafil atau Tenda Kerucut;
    silakan hubungi kami di http://www.tendaku.net atau http://www.mrcamp.net
    thx..

  19. gorip Says:

    hebat euiyyyyyyyyyy

  20. arief n'dut Says:

    gila bang iwan hebat buanget euy…gw aja naek tripel s (sindoro,sumbing,slamet) az udah down,pokoknya acungan 4 jempol sekaligus buat bang iwan…azibbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb”carilah jati diri berpetualang bersama alam”

  21. Sul bogor Says:

    Wah,gila beneer….salut tuh..buat semangatnya.saya juga pengen nyoba daki semua gunung,supaya tau sampai mana kekuatan fisik saya…tapi sayang…perlengkapan dakinya gak ada.cuma ada carriel ama matras doang…bener2 minim bgt…

  22. Cliff Damora Says:

    Kembalilah Hijau Indonesiaku……..

  23. murtono Says:

    Sebentar lagi aku mencoba mendaki solo Gunung di Jawa. terakhir aku mendaki solo ke Lawu 2008 lewat Cemoro Kandang turun Cemoro Sewu. Aku akan mencoba Gunung2 di Tatar Sunda apa segarang Gunung2 di Tapal Kuda. Bambang 085655866799 Slowly but sure

  24. Nur_Keceng Says:

    SALUTO……… (100 kali)
    U emang gila friend, kasih dong resep kegilaan u !!!

  25. wawan.derwan Says:

    selamat brow .. anda menjadi inspirasi saya untuk melakukan pedakian seorang diri ke 7 puncak gunung dijateng selama 15 hari (12 – 29 desember 09).. salam kenal

  26. dar wan Says:

    yea .. sy sikit mengikuti jejak bang iwan .. dsember kmaren 7 puncak dijawa gw puncakin .. lam kenal

  27. Fitrah Says:

    Jadi terinspirasi.

  28. Anonim Says:

    hebat bang bagi2 ilmunya dong.
    send to email aja ia lupus_baks@yahoo.com

  29. arga Says:

    mas,salut aq…………..
    di argopuro ndaki solo wih gag ngebayangin(serem bgt)rutex luar biasa(naek dr bremi(rute gila tuh(apalagi sendirian)) ,
    di wilis medanx berat, di slamet ngeri,
    tp salut bwt mas budi……………

  30. arga Says:

    gokil abis 4 minggu 17 gunung, apa gag putus tu kaki mas…………………….

  31. Anonim Says:

    keren mas..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: