Gua Kadole Atas

Secara administratif Gua Kadole Atas terletak di dusun Kadole kelurahan Raba Dompu Kecamatan Rasana’e Kota Bima. Entrance gua ini berada sekitar 150 m dari pemukiman penduduk. Berdasarkan data dan informasi penduduk, gua ini di kategorikan gua multi pitch yang terdiri dari 2 pitch dan horizontal yang belum di explore. Untuk anchor maksimalkan dengan pemanfaatan natural anchor yang antara lain : back up anchor menggunakan pohon, main anchor menggunakan simpul delapan yang di tambatkan pada lobang tembus dan batu besar dan satu deviasi unuk mengurangi friksi tali dengan memanfatkan lubang tembus. Kedalaman dari gua ini adalah ± 24 m di pitch I dan ± 3 m di pitch II serta ditemukan beberap tulang, tengkorak dan gigi binatang yang berserakan. Untuk biota, terdapat beberapa jenis tumbuhan yang berbentuk kecambah, kecoa, jangkrik dan kutu tanah. Selain itu juga atlit tidak menemukan lorong horizontal seperti data yang kami atlit dapatkan. Atlit hanya menemukan bekas lorong horizontal yang sudah tertutup oleh batu-batu besar dan kecil. Kemudian atlit mengexplore lorong vertical yang di temui dengan melakukan pemanjatan ringan setinggi 6 m. Selain itu atlit juga melakukan penelusuran ke pitch II dengan kedalaman ± 3 m.

Deskripsi Existing

Goa kadole berlokasi di Dusun Kadole Kelurahan Rabadompu Bima. Dusun yang masuk di wilayah Kota yang sedang dalam proses Pemekaran wilayah Kota Bima ini memiliki jumlah penduduk sekitar 150 KK. Kadole adalah wilayah Kelurahan Rabadompu yang berada di atas bukit letaknya dan menjadi pembatas antara kelurahan Rabadompu dan kelurahan Kumbe. Untuk mencapai ke Kadole sampai sekarang belum ada kendaraan yang ke sana kecuali Ojek dengan jalan-jalan yang baru setengah di aspal. Sentuhan-sentuhan dari pemerintahan masih sangat kurang di rasakan oleh masyarakat di kampung ini. Terlihat dengan tidak adanya kendaraan umum yang bisa di akses ke sana. Pola kehidupan masyarakat disekitar goa kadole yang dapat dilihat secara garis besar oleh team, ialah kondisi masyarakat, mata pencaharian dan budaya masyarakat.

Kondisi Masyarakat.

Sebagaimana yang telah di jelaskan di atas, kondisi masyarakat di dusun Kadole cukup memprihatinkan. Selain susahnya Transportasi umum untuk mengakses kesana, kesusahan dalam mencari air bersih, terlebih ketika musim kemarau datang. Masyarakat Kadole hanya mengandalkan satu mata air untuk keperluan sehari-hari. Nama mata air itu adalah Mada Masa (Mata Emas) yang ketika musim kemarau airnya sangat sedikit. Saat atlet berada di lokasi, setiap hari atlet sering melihat anak sekolahan (SD dan SLTP) yang harus berjalan kaki sekitar 2 – 3 Km dengan cuaca yang sangat panas dan jalan yang sangat menanjak. Cukup melelahkan untuk seusia mereka.

Iklan
Explore posts in the same categories: Caving

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: