Gua Karombo Wera

Secara administatif gua ini terletak di Desa Sangiang Kecamatan Wera Kabupaten Bima. Gua ini termasuk gua fosil yang memiliki lorong horizontal. Pada penelusuran ini dilakukan mapping grade 4B yang leader oleh Asep, pointer oleh Rino, shooter oleh Slamet dan sketser oleh Azjar.Gua ini memiliki sangat banyak lorong besar dan kecil. Di goa ini para atlet melakukan teknik penelusuran goa horizontal. Teknik penelusuran goanya pun bervariasi sesuai dengan lorong yang berada di goa tersebut. Kadang memakai teknik berjalan, jongkok dan bahkan merayap. Selain itu gua ini juga memiliki jenis tanah yang bercampur dengan goano yang bersifat gembur dan sangat baik untuk pupuk organik. Biota yang di temukan dalam gua ini adalah kelelawar dan ular. Penelusuran dilakukan selama dua hari oleh para atlit.

Deskripsi Existing

Kecamatan wera termasuk ke dalam Kabupaten Bima sebagai penghasil Bawang Merah setelah kecamatan Sape dan kecamatan Belo.Kabupaten Bima, kecamatan wera. Secara umum, mata pencaharian masyarakat di wera cukup kompleks dengan kondisi masyarakat yang lumayan maju dan budaya yang hampir sama dengan tempat-tempat lainnya di Bima.Yang membedakan orang wera dengan orang-orang Bima yang lain adalah dialek mereka yang cukup khas. Namun di sekitar Goa Karombo Wera yang kami tuju, kami tidak menemukan perkampungan. Hanya bibir pantai dan sabana yang telah dibakar untuk pertanian yang terhampar luas. Petani-petani yang berladang di tempat ini umumnya berasal dari Bima dan beberapa warga Transmigrasi yang letaknya cukup jauh dari Entrance Goa.

Iklan
Explore posts in the same categories: Caving

3 Komentar pada “Gua Karombo Wera”

  1. SABIQ Says:

    WAH SANGAT MENARIK,SEHARUSNYA TULISAN INI DI LAMPIRKAN FOTO-FOTO GUA DAN PANORAMA DISEKITARNYA SERTA PETA LOKASI. DAN SANGAT BAGUS DIJADIKAN OBYEK PARIWISATA ADVENTURE.

  2. rolis Says:

    karombo wera mengeluarkan asap yg mengandung belerang

  3. Anonim Says:

    Klw da fotonya pasti lbh bagus n thank dh membntu bngat….!!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: