Pecinta Alam Ditengah Isu Lingkungan

Terkesan oleh satu rumor yang mempertanyakan dimana pecinta alam saat ini. Pertanyaan ini sekaligus menjawab teka-teki bahwa ternyata masih ada orang yang tahu tentang pecinta alam.

Berbicara pecinta alam bagi kita tidak lebih seperti berbicara masalah lingkungan yang semakin absurd tidak tahu ujungnya. Tercatat hampir sekitar 250 perhimpunan pecinta alam di Yogyakarta saja, belum di Indonesia. Pada umumnya terdiri dari berbagai elemen masyarakat dari mahasiswa,pelajar sampai organisasi PA (pecinta alam) umum pun hadir menjamur dewasa ini.di mahasiswa terkenal dengan sebutan Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam) di pelajar terkenal dengan nama Sispala (siswa pecinta alam).

Secara umum orang tahu pecinta alam, mereka adalah orang yang suka atau punya hobi naik gunung dengan rambut gondrong, pakaian, aksesoris yang khas menandakan seorang pecinta alam. Sayangnya opini yang menempel pada diri PA ini lebih menjurus pada konotasi yang negative, ini lebih karena sering terjadinya praktek-praktek vandalisme di gunung, tempat wanawisata bahkan dipuncak gunung sekalipun ada coretan-coretan iseng. Terlepas dari apakah ini perbuatan seorang pecinta alam atau hanya kebetulan orang yang iseng saja yang naik gunung membawa spidol atau cat semprot.

Karena sulit membedakan antara pecinta alam asli yang peduli alam dan lingkungannya atau hanya pecinta alam gadungan yang hanya menempelkan nama kerennya saja, anggapan pun semakin luas terhadap perilaku sosial yang tidak terpuji seperti membuat kegaduhan di tengah malam dengan teriak-teriak bahkan lebih kaget lagi adalah sering ditemukannya berbagai macam sampah sampai kondom sekalipun di Taman Wisata Kaliurang, ini siapa lagi kalau bukan orang yang sering main ke gunung.

Terlepas dari konotasi negative tadi, pecinta alam mempunyai satu posisi yang sangat penting perannya dalam membina generasi muda untuk kepedulian terhadap alam ini seperti bisa kita lihat kegiatan-kegiatan penghijauan di lereng Merapi yang dilakukan oleh kelompok-kelompok pecinta alam di Yogyakarta atau aksi bersih kali oleh beberapa pecinta alam di Bandung beberapa bulan. Ini menandakan adanya satu persepsi yang masih belum diketahui oleh kebanyakan orang tentang kegiatan pecinta alam yang tidak saja berkutat di acara mendaki gunung.

Namun dalam tataran politik lingkungan pecinta alam cenderung apolitis dalam tataran gerakan lingkungan secara keseluruhan pecinta alam belum memperlihatkan sebuah sinergi gerakan yang dinamis, sepertinya belum ada satu pemikiran taktis gerakan pecinta alam dalam mengkritisi kebijakan pemerintah yang tidak ramah lingkungan. Lebih jauh lagi pada peran mahasiswa pecinta alam, masih sedikit aksi-aksi advokasi dari para mahasiswa pecinta alam untuk masalah lingkungan. Ini terkesan apatis untuk melakukan advokasi bagi korban pencemaran lingkungan atau penolakan untuk rencana pembangunan yang tidak memperhatikan lingkungan. Ambilah salah satu contohnya di Yogyakarta, ditengah maraknya isu pembangungan kawasan konservasi air dan hutan oleh Pemkot, Jalan Lintas Selatan yang melewati kawasan hutan yang masih alami, Taman Nasional Gunung Merapi, Safir Square , Plaza Book UGM, Pelabuhan ika di Pantai Glagah yang nyata-nyata tidak sesuai dengan Ketentuan kebijakan lingkungan mengenai Tata Ruang, AMDAL, UU No 23 taqhun 1997, Transparansi dan Akuntabilitas public. Mahasiwa pecinta alam atau kelompok pecinta alam lainnya terkesan acuh tak acuh tidak mau peduli mengkritisinya.

Dikutip dari satu catatan Gerlorfd Nelson senator Amerika tahun 1970 yang disampaikan dalam Catalyst Conference Speech of Illionis tahun 1990, ia mengatakan “ jika ingin mengubah Negara untuk kegiatan-kegiatan yang sulit tentang persoalan kebijakan politik, pecinta lingkungan menjadi sumber kekuatan dengan apa saja dapat dilakukan, jika anda ingin mempunyai Negara untuk kepentingan ekonomi, pikirkan diri anda dan generasi yang akan datang, kita yakin anda dapat melakukannya“. Catatan ini yang menjadi dasar untuk bergerak dalam wacana lingkungan melawan kapitalisme global.
Kini bukanlah sesuatu yang tidak mungkin untuk membangun sebuah sinergi gerakan dari para pecinta alam baik itu mahasiswa pecinta alam, siswa pecinta alam ataupun kelompok – kelompok pecinta alam lainnya untuk masa depan lingkungan hidup karena masalah lingkungan adalah permasalahan bersama sehingga korelasi antara banyaknya pecinta alam dengan kelestarian alam ini dalam tanda positif bukan sebaliknya.
“Sedikit ide yang kau tuang dalam karya, akan lebih berarti daripada seribu kata yang terucap”

SUMBER

About these ads
Explore posts in the same categories: Dan Lain - Lain

52 Komentar pada “Pecinta Alam Ditengah Isu Lingkungan”

  1. ayoE Berkata

    bang catros…
    ayu minta tolong, data base seluruh pecinta alam di Indonesia yach!!
    makasih

    waqz….
    data base apa nih maksudnya ?
    alamat ? web address ?

  2. cipenk_zoox Berkata

    Sinergitas gerakan lingkungan di kalangan pecinta alam ?….
    kangen euy… seandainya sudah seperti itu alangkah indahnya dunia ini.
    Sayangnya tekanan modal begitu kuatnya hingga kadang ke-pecintaalam-an kita terbeli oleh mereka yang jelas-jelas telah merusak lingkungan.
    Dengan alasan pengadaan alatlah… untuk pendanaan event2 kejuaraanlah bahkan untuk menyukseskan program ekspedisi dan kegenitan kita dalam ‘menaklukan’ alam… kita tidak ragu-ragu menjual cinta kita. Klo sudah begitu, pertanyaanya kemudian, apa benar kita cinta alam? atau hanya karena genit saja…
    tapi tidak ada perjuangan yang sia-sia kan?…
    Dengan berbuat hal kecil yang bisa kita lakukan, sinergitas itu akan tercipta
    karena kita diikat oleh cinta yang sama…
    Bangkitlah pecinta alam Indonesia..

  3. meiy Berkata

    sepertinya cukup kompeks ya permasalahannya, apalagi kalau sudah melibatkan politik…

    namun saya setuju setiap orang, meskipun tanpa label pencinta alam, mulai dari hal-hal kecil di dirinya, membuang puntung rokok, sampah permen pd tempatnya, dsb, tak mesti dg ikut organisasi, LSM, dsb…atau hal-hal yg spektakuler. sedikit, tapi kalau semua orang peduli & melakukan, insyaallah berhasil

    mungkin dasar kepedulian kurang ditanamkan mulai dari level TK bahkan sampai PT, setahu saya sangat sulit untuk memasukkan pelajaran penyadaran lingkungan/konservasi ke dalam kurikulum…padahal sangat penting…

  4. TOLE ATJEH Berkata

    aq stuju banget dengan pencinta alam ditengah isu lingkungan,coz aq PA jg tp klo sperti yang diatas sih sampah alam (SA) bukan PA

  5. rizki Berkata

    bisa dimulai dengan kampanye…kampanye dan kampanye tentang lingkungan hidup….bukan larangan tapi lebih mangarah pada edukasinya dulu. awalnya memang kurang ber-efek tapi lama kelamaan dan konsisten itu akan bekerja dengan baik.

  6. de_ren Berkata

    sebenarnya semuanya kembali pada diri kita sendiri..kesadaran dan konsekuensi apa yang harus kita hadapi nanti.mulailah dari diri sendiri, insyaAllah akan berujung pada kebaikan.kita bukan Perusak Alam tapi kita adalah Pecinta Alam…

  7. marhapik Berkata

    wow,ternyata ada juga anak2 pecinta alam yang mau n berjuang lewat tulisan,ok bro aku tunggu tulisan2mu yang lainnya.
    kita nggak akan menyerah pada berbagai masalah, keep fight and be a enviro hero

    kalo lo jeli, ada banyak kok penggiat alam yg jago nulis
    contohnya yg paling ngetop tuh Bung ” Norman Edwin ”
    dia penggiat alam yg jago jurnalis

  8. tungpeng Berkata

    Waduh, emang berat nih nyandang predikat PA, anak-anak yang naek gunung trus ninggalin celana dalam buat bendera dan coret-coret dibilang anak pencinta alam, setau gua itu namanya anak yang otaknya PA( parah abis).Setau gua anak PA aseli dalam pendidikan diajarkan jangan meninggalkan apapun kecuali jejak tapak kaki, kalo bisa lu jalan terbang, kalo masih bisa dilalui jangan bikin ngebuka jalur biar kaya jalan tol. Ada orang bilang buat apa masuk hutan ha-ha-hii ngomong PA malah ngerusak alam. Tapi harus kita tahu mau tidak mau dalam bergiat dialam kita pasti akan merusak tetapi bagaimana kita meminimalisir kerusakan tersebut itulah filosofi pencinta alam . Kalo soal pelestarian anak pencinta alam hanya segelintir dari penduduk Indonesia.tatapi asal tahu saja alumni-alumni pencinta alam banyak yang mempelopori gerakan-gerakan lingkungan hidup seperti WWF Indonesia, Walhi bahkan ada alumni PA yang duduk di DPR yang sangat memperjuangkan lingkungan Hidup. Hal kecil ya paling banter saya tidak buang sampah sembarangan.Saya juga mendapat ilmu dari menggeluti organisasi pencinta alam selain keterampilan teknis,nonteknis, jasmani dan rohani. Dan juga semakin cinta akan bangsa dan tanah air …tidak melalui pembelajaran dikelas atau segala seremonial upacara tetapi melihat dari dekat dengan bersahabat. Mungkin cara yang efektif pelestarian alam adalah menyadarkan rakyat Indonesia……setiap anak pencinta alam tanamkan dalam diri kalian , kalian adalah duta lingkungan yang sebaiknya memberikan pelajaran dan pemahaman kepada seluruh rakyat Indonesia dimanapun berada tentang pentingnya pelestarian alam demi lestarinya bumi pertiwi.

  9. cooleb anak Medan Berkata

    lestari…!
    lestari sudah tdk asing terdengar ditelinga Qta, khususnya kalangan penggiat alam bebas ataupun Pecinta Alam di Indonesia. Namun sangat sedikit dari mereka yang mengerti ataupun lupa untuk mengamalkan akan kata lestari itu.. mengapa??? itu pertanyaannya…
    sebenarnya sudah banyak kalangan Pecinta Alam yang melakukan diskusi-diskusi khusus membahas isu lingkungan. akan tetapi kebanyakan rumusan2x yg dihasilkan tidak terlaksana seperti yang diharapkan. contoh saja seperti TWKM yang merupakan forum tertinggi MAPALA Se Indonesi yang diadakan 1x dlm setahun. yang mana disana banyak dibahas permasalahan lingkungan yang ada di daerah masing2x. ini juga merupakan suatu bentuk usaha dalam menyikapi isu lingkungan yang ada di Indonesia. walaupun tidak semua permasalahan dapat di selesaikan.
    satu yang perlu kita ingat bahwa : ” Perjuangan belum berhenti, bertindak lebih berarti, mari kita lakukan karya nyata bukan karya kata”
    lestari….
    horas lae

  10. kumpul bareng all PA indonesia Berkata

    Salam hijau to all PA di indonesia….
    gw mau sampaikan pd lu semua…
    kapan yach semua anak pencinta alam bisa kumpul bareng terus bikin kegiatan>?

  11. mr.xxxxx Berkata

    salam lestari……
    penampilan bukanlah hal yang utama,namun otaklah yang berperan.dimana ketika kita harus mampu untuk berfikir dan bergerak untuk alam dan masyarakat itu sendiri. namun banyak kita temui PA yang saat ini ada kurang melakukan advokasi dan konservasi,dan lebih cenderung ke adventure.maka salahkah jika aku berkata:
    “GARIS PERJUANGAN PECINTA ALAM PERLU DIPERTANYAKAN KEMBALI”
    VIVA ECOLOGIA…………..
    VIVA MAPALA…………….

  12. picaso Berkata

    memang betul selama saya mendaki gunung banyak pencita alam terlihat seprti bukan seorang pencinta alam atau memang benar hanya namanya saja pencita alam tapi jiwanya perusak alam, memang indah jika kita pencinta alam jiwanya juga mencitai alam.

  13. fitriansyah Berkata

    salam lestari buat mapala seindonesia

  14. ririn Berkata

    gw PA n PA iutu bgs bgt

  15. wawan Berkata

    salam lestari kami nak makassar sgt prihatin atas kondisi lingkungan by kpa perspa indonesia

  16. wawan Berkata

    kami yg tergabung dlm 3 kpa di mks akan melakukan pendakiaan di pulau jawa skaligus pengambilan data mohon doax yach

  17. roma KPAM Berkata

    salam lestari………
    buat qta2 anak PA manado sangat mengharapkan agar tidak ada tindakan2 yang seperti itu lagi……….
    mari qt tanamkan prinsip “PA sebagai mitra Pemerintah untuk menghijaukan Indonesia dengan tanaman bukan “menhijaukan” indonesia dengan coretan2 yang tiadk berguna”

  18. Berbagi waktu dgn alam.,agar kau tau siapa drimu yg sebenarx Berkata

    Salam lestari.
    w0y br0…cman pngen ngaseh tau nih yeh…percma lo2 pade c0rat-c0ret di enternetan…
    Alam qt bkn dsni “p0litik mulut”…n0h hutan…udah pd hancur.

  19. phy purwokerto Berkata

    Salam Lesatari…!
    Sepakat bro dengan tulisanmu mari kta bersama rapatkan barisan untuk menuju Indonesia hijau dan pekikan bersama STOP GLOBAL WARMING

  20. marganda Berkata

    salam lestari…..
    saudara PA tolong kirim panduan untuk pemahaman alam.

  21. zaini (KEPAL) kemanggisan P A Berkata

    Salam P A ……
    Pencinta Alam hanya untk orang yang punya hati dan keinginan untuk melestarikan
    ALAM, dan untk kita bertafakur atas ciptaan allah swt,
    jadi apabila ada sekelompok orang yang datang hanya untk merusak dan mengotori alam, mereka tidak pantas dibilang pencinta alam, melainkan perusak alam.


  22. SALAM LESTARI ALAM!!!
    Pencinta alam bukan sekedar “titel” atau peng’AKU’an komunitas yang menyatakan mereka sendiri adalah pencinta alam, dalam artian bahwa pencinta alam bukan berdasarkan pada penilaian diri sendiri (cenderung pd pembenaran diri) tapi orang lainlah yang bisa menilai hal tersebut. Intinya yang utama dari “pencinta alam” adalah kredibilitas kita terhadap lingkungan (tidak sekedar beretorika belaka) untuk kegiatan yang sifatnya adventure menurut saya hanyalah sampingan dari hal yang utama tersebut. Jadi satu orang berbuat lebih baik daripada seribu orang bicara.

    eco: gempa_fisip_untan

  23. rafflesiafmipaunand Berkata

    Berbuat sedikit tapi punya arti…..
    mana kode etik pecinta alam yang sering di agungkan,jangan2 jadi hiasan sekre saja

  24. mimin Berkata

    salam Lestari
    salam kenal tuk tmn2
    .Aq Ank Mapala Sakai Fisip Universitas Riau
    aq pengen kenal ma semua ank mapala atw kpa dimana pun berada

  25. Hendra Berkata

    Lestari…
    Lestari
    Mari kita semua yang ANAK2 KPA dan MAPALA,SISPALA
    Wujudkan Kecintaan kita terhadap alam dengan melestarikan hutan lindung di seluruh INDONESIA RAYA KITA INI

  26. hasqy Berkata

    pecinta alam is the best ………
    mereka yang akan berusaha menjaga kelestarian alam ditengah pemanasan global

  27. resta(GEMA MAHA PETA) Berkata

    DITUNGGU KEDATANGAN SEMUA MAPALA SE INDONESIA,Di SEKRETARIAT KAMI…G.RAUNG MENUNGGU…….SALAM LESTARI

  28. rizal Berkata

    salam rimba lestari

    hay nak pecinta alam
    sebaiknya jangan rusak alam. menurut tiga etik PA
    kita harus menjaga alam sebagai mana mestinya
    kesipea (sma handayani pameunpeuk)
    spirit of brotherhood

  29. radian Berkata

    Salam lestari
    tuk smua anak2 v-pala & sispala d mna lo brda cntailah alam sprti lo cnta trhadap nyokap lo, bokap lo,saudra lo, cwek lo, pkok ke pa ja yg bner-bner lo cntai.

  30. radian Berkata

    tuk nak2 tangerang gw nya brita ni, bru ja gw ma sluruh anggota PA yg da d tangerang ngadai pertmuan,smua nak2 PA d tangerang gokil2 lo

  31. radian Berkata

    Salam lestari
    e ye…. gw bru ja naik kmaren ma tmen2 gw tpi syang’y, cma 3 o0rang doang,tpi gw ttep seneng soal’y tmen gw tu gokil2 yg bner2 akrab, pa lgi pda saat di alam tmen gw tu keliatan bnget k akrapan’y. mulai dr makan & mandi mareng padahal temen gw tu yg satu cwek,et tpi jngan pkir yg gak-gak yeee………..

  32. radian Berkata

    salan kenal smua’ tuk nak2 PA d mna sja brada

  33. ody EQuilibrium Berkata

    sering-sering bagi info plus undang (ajak kita dong..) kalo ada kegiatan.
    bagusnya mungkin kalo bikin ekspedisi di wilayah Timur Ind..esp sulawesi.
    salam equilibrium..

  34. ody EQuilibrium Berkata

    buat smua anak PA yg ada dan lagi ada di Makassar, datangki’ nah ke acara seminar sehari DGN TEMA “pecinta alam dalam konteks kekinian indonesia” .hari Rabu 22 April 2009 bertempat di Gedung Pusat Kegiatan Penelitian (PKP) UNHAS.
    organized by :
    CAREFA FH-UH
    KOMPAS FISIP-UH
    EQUILIBRIUM FE-UH
    UKM PA EDELWEIS FIB-UH

  35. dollar Berkata

    Coba lihat tulisan di atas sama tulisan yang ini : http://guruhgemurai.blogspot.com/2009/02/pecinta-alam-ditengah-isu-lingkungan.html
    Penulisnya siapa ya yang bener?
    Hayoooooo? Siapa? Ngaku?

    Hehehehe….


    kan udah tertulis link SUMBER nya

  36. yuspianal Imtihan Berkata

    salam lestari…………….

    From Oasistala Lombok Timur
    Untuk semua Anak pecinta alam yang hari ini sedang berbuat apa untuk lingkungan kita??

    Lingkungan sedang mengharapkan kehadiran kita untuk segera berbuat bukan menghujat sesama, “untuk itu mari lakukan sesuatu untuk bumi kita mulai dari hal kecil karena itu justru akan membawa kita ke hal yang lebih besar”

    Mari Lestarikan alam dengan semangat pembaharuan demi tercipta lingkungan yang indah dan sehat,

    Pecinta alam sejati itu ada dalam diri kita bukan untuk dipampang ketika kita mendaki

  37. MRA Berkata

    yth.seluruh komunitas pecinta alam di indonesia, saya berasal daris alah atu provinsi baru di indonesia,dan di daerah saya,penambangan liar sangat marak,terutama pada 2-3 tahun belakangan . walaupun sekarang sudah sepi tapi sisa-sisanya angat menyedihkan. tidak ada RELOKASI lahan,padahal hal itu sudah diatur secara jelas di aturannya.
    saya bingung kenapa hal itu bisa terjadi,apakah kurang cukup banyk aparat yang berkeliaran?????
    saya benar-benar sedih,padahal dulunya daerah saya masih asri dan hijau….
    sungai -sungai masih mengalir jernih……..
    kepada teman-teman saya mohon sarannya.thx

  38. puteri Berkata

    Wah..seneng banget ya bagi para pemuda pemudi yang punya komunitas yang bersahabat dengan alam, aku sebenarnya sudah lama pingin tergabung dalam komunitas tsb tp belum ada jalan..curhat nich he he…
    okey good luck for you all guys

    coba register di http://www.kaskus.us, trus masuk thread OANC [Outdoor Activities & Nature Club] disana banyak temen2 online yg sehoby
    ini link nya
    OANC

  39. rieichie Berkata

    well,,,,
    ne tulisan menggugah banget!!!!!!!!
    teruslah berjuang dalam menjaga setiap ciptaan Tuhan,,,
    karena itu sudah menjadi kewajiban kita!!!!!
    SALAM LESTARI!!!!!!!!!!

  40. v_deey Berkata

    tq,tulisanmu bisa buat inspirasi q…
    salam lestari…

  41. ayu_wanasetya Berkata

    hay..hay..
    gw aiu…nama rimba gw Ai..
    hmm,,
    saia ank mapala di kampus yang ketarunaan^^
    waahhh,,perjuangannya berat abiz,,,
    buad seluruh PA minta doa dan dukungannya yah!!!^^

  42. kevin Berkata

    hyy semua…
    salam rimbah…
    saya nak SMA N 7 Manado ‘n ikut Pramuka SAKA WANABAKTI (Kehutana)

    mau tax
    klo anak luar mau msok KPA blh gak??.

    • Anonymous Berkata

      Salam Lestari
      Aku tahu semua Hidup ku Tergantung padanya
      Di Tengah hutan belantara aku merasa mahluk yang paling kecil, yang tiada berarti, Hembusan angin begitu menusuk tulang, di tengah belantara yang gelap gulita, ku serahkan semua hidupku Kepada NYa

      Epul Syarifuloh

      KALAPATAR

  43. Syifa Rizky Amelia Berkata

    Kelompok Mahasiswa Pecinta Alam (KMPA) sudah hilang dari Eksistensi nya…hanya beberapa KMPA yang tetap eksis….Mahasiswa di kenal pada saat Demontrasi di jalanan…..tapi mahasiswa di tengah masyarakat dan lingkungannya mana…… apa lagi di masyarakat pesisir dan pulau pulau kecil……Organ tubuh terdiri dari sel sel…. di sel sel itu lah peran mahasiswa harus ada sebagai bahkti pada masyarakat…. Salam Lestari..

  44. arianakdesa Berkata

    lestari……………..

    marilah kita menjaga nama baik pencinta alam se Indonesia……..

    jangan sampai kita di nilai negatif oleh masyarakat..

    MARILAH KITA TNJOLKAN BAHWA PENCINTA ALAM ITU BERALIRAN POSITIF BUKANNYA NEGATIF..

    by :

    Bho_sue

    SISPALA CAKSA SMA N 6 MERANGIN

  45. Siswanto (Pendiri Ketum) Berkata

    Berdiri sejak thn 1997. Pernah mengikuti pendidikan Gladi Nasional ke 12 Thn 1998 di Jember JaTim.


  46. salam rimba raya lestari…….

    mari sama2 tanamkan arti pecinta alam yang sesungguhnya di dalam dada.PECINTA ALAM bukan hanya rangkaian kata tapi kita harus mampu memahami arti yang sesungguhnya!
    mana bukti kecintaan kita terhadap alam? pertanyaan itu yang akan sering muncul ketika kita memploklamirkan diri sebagai PECINTA ALAM!
    THANKS

  47. Sispala Adiwiyata Berkata

    Klo diselesaikan lewat forum via maya sperti ini, yang ada pertanyaan jd mengambang, lebih baik dicarikan solusi lakukan pertemuan dengan mengundang seluruh elemansi penggiat alam yg ada diseluruh Indonesia ato biasa kia kenal dengan TPA atau Gladian Nasional, nah disini lah kita bisa membahasnya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: