ARUNG JERAM – Dari Bertualang hingga Bertamasya

Lama digeluti sebagai hobi, arung jeram berkembang menjadi wisata komersial sejak era sembilan puluhan. Berawal dari kenekatan segelintir pehobi, wisata pemicu adrenalin itu terus menggeliat. Operator-operator baru bermunculan. Mau tak mau, persaingan pun kian menajam. Agar bisa bertahan, dibutuhkan kejelian melihat animo pasar. Itu sebabnya, para operator membuat paket menarik untuk merayu konsumen. Yang pasti, wisatawan tak lagi sekadar menikmati ”galaknya” arus sungai yang sampai berbuih-buih itu.

Para petualang bersorak saat mengarungi jeram Sungai Cikandang.

Masyarakat di Sungai Citarik percaya , pernah ada seorang ibu yang sedang mencuci di sungai kehilangan anaknya karena dimakan ikan. Lokasi hilangnya anak tersebut kemudian dinamai Desa Cigelong (Ci = air, gelong = tertelan). Desa Cigelong saat ini menjadi meeting point dan start arung jeram yang diselenggarakan oleh operator Arus Liar, di Sukabumi Jawa Barat.
Masyarakat di seputar Citarik masih percaya bahwa pelaku kejahatan yang menyeberang Sungai Citarik pasti akan tertangkap. Mitos dan kepercayaan menjadi kekayaan batin penduduk di desa-desa sepanjang aliran Sungai Citarik.
Di sepanjang Sungai Citarik terdapat empat operator arung jeram. Pada mulanya hanya BJ’S di tempat ini. Lalu ada Arus Liar, Ardis dan Selaras. Dan pernah ada operator Citra tetapi kini sudah kolaps.
Arung jeram dewasa ini bukan lagi olahraga air yang asing bagi masyarakat. Sudah dikenal oleh pecinta alam sejak dekade 70-an. Pasalnya pada awalnya kegiatan arung jeram sempat bercitra buruk. Olahraga alam yang berisiko mencabut nyawa. Ini karena Citarum Rally yang menelan korban tujuh orang tewas pada tahun 1975.
”Waktu itu, reputasi arung jeram jadi sangat jelek. Musibah itu bisa terjadi karena banyak orang belum tahu arung jeram. Sama saja kita nggak bisa bawa motor terus disuruh ikut balap motor,” kenang Lody Korua, Direktur Utama PT Lintas Jeram Nusantara, pengelola Arus Liar, di Sungai Citarik, Sukabumi.
Lody yang bekerja bersama istrinya ini memulai usaha itu pada tahun 1995. Berawal dari hobi, kini usahanya berkembang pesat. Padahal dulu, tamu-tamu yang datang hanya segelintir pekerja asing di Indonesia. Kini, wisatawan lokal justru menjadi pasar utamanya.
Diungkapkan pula oleh surpervisor Arus Liar, Komarudin, pilihan Sungai Citarik ditempuh melalui survei panjang. Setelah dua tahun mengadakan survei yang dilakukan di banyak sungai, pilihan akhirnya jatuh pada sungai ini yang berhulu di Taman Nasional Gunung Halimun. Harapannya, debit sungai diperkirakan tidak terpengaruh di musim kemarau. Tetapi ternyata dalam satu tahun Arus Liar praktis hanya mampu beroperasi selama 8 bulan saja. Penebangan hutan menjadi salah satu faktor turunnya debit air di sepanjang Sungai Citarik.
Pada waktu Lody memulai kegiatannya, peralatan masih seadanya. Sekarang peralatan berkembang. Namun hingga saat ini mereka masih memesan peralatan dari luar negeri.


 

 

Paket Wisata
Arus Liar membagi jarak tempuh paket wisata arung jeram. Misalnya saja rafting sepanjang 13 kilometer dari meeting point menuju ke Desa Cikadu pelabuhan Ratu. Atau paket rafting yang dimulai dari Parakan Telu menuju ke Desa Citangkolo Kecamatan Cikidang sepanjang delapan kilometer. Dan paling pendek rute empat kilometer yang ditempuh selama satu jam.
Menyadari bahwa jualannya sangat terpengaruh oleh faktor alam, Lody Korua berimprovisasi mengembangkan jenis kegiatan lain. Pelanggan yang datang berulang, repeat customer, maka alternatif petualangan alam lain yang mereka pikirkan. Akhirnya diadakan fasilitas untuk kegiatan paintball (main perang-perangan seperti perang sungguhan), off-road (jalan-jalan di gunung naik jip), trekking (jalan-jalan di lereng gunung), berkemah, menginap di delta Citarik dalam rumah sederhana berbentuk saung, dan yang terakhir adalah fasilitas petualangan buat anak-anak.
Di tengah persaingan usaha yang cukup ketat, Arus Liar menyiasati dengan meningkatkan keamanan bagi tamu-tamu. Operator ini yang pertama memberlakukan kebijakan untuk tiap lima perahu didampingi satu perahu rescue. Mereka yang pertama melengkapi perahu rescue dengan tim medis. Antisipasi keadaan darurat dengan memelopori tim rescue darat menggunakan mobil off road. Kalau terjadi apa-apa, seperti mendadak banjir, evakuasi bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Cikandang
Salah satu kiat dalam berusaha adalah meniru keberhasilan usaha. BJ yang pertama di Citarik, berasal dari pengelola arung jeram di Sungai Ayung, Ubud, Bali. Pada gilirannya pengelola di Sungai Ayung, Ubud Bali adalah operator arung jeram di banyak sungai terkemuka dunia yang berawal dari keberhasilan di Sungai Colorado,AS. Loddy Korua pun berawal dari BJ sebelum ia mengelola Arus Liar.
Rupanya usaha getok tular ini pun menjangkit ke kawasan lain di Jawa Barat. Di Sungai Cisadane dan hulu Ciliwung pun ada yang mengelola kegiatan arung jeram. Memang tidak sebesar dan seterkenal di Citarik. Sedangkan yang baru di Sungai Cikandang, Garut.
Bila Citarik telah terkelola rapi, Sungai Cikandang, Bungbulang, Garut justru menanti kehadiran investor. Dengan sejumlah kelebihan, Cikandang dipandang punya potensi sebagai pilihan wisata arung jeram. Apalagi saat berjalan menuju lokasi start kita disuguhi aneka panorama. Jalurnya juga menantang. Dari aspal mulus hingga medan off-road berbatu-batu.
Sungai yang punya tingkat kesulitan 3 – 4 itu telah lama diarungi para pehobi arung jeram. Walau tak ada data pasti, namun sejak akhir sembilan puluhan Cikandang berhasil merayu kedatangan para petualang. Mereka datang dari mana-mana. Dari tingkat lokal hingga luar daerah, seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Bali dan lainnya.
Bagi wisatawan pencari kenikmatan adrenalin alias olahraga pacu jantung itu, Cikandang adalah tempat yang tepat. Karakteristik jeram yang menantang dan layak diarungi berbalut dengan panorama alam. Tebing-tebing batuan andesit dengan selingan akar pohon tua amat memanjakan mata. Di daerah datar, tumbuh permukiman penduduk yang jumlahnya tak banyak.
Pesona alami berpadu dengan jeram yang penuh kejutan tentu membuat rasa penasaran para petualang. Tiap kali mata menatap rangkaian jeram yang ganas, seolah hati ini bergetar. Kadang getaran itu berupa kekhawatiran, bahkan mungkin ketakutan. Tapi yang lebih sering, getaran itu hampir persis seperti giuran ”syuur” ketika seseorang menatap wanita berparas cantik.
Air sungai berhulu di Gunung Papandayan ini amat jernih. Polusi masih jauh dari sini. Tak ada pabrik dan perilaku jorok pengaruh kota besar. Penduduk lebih banyak memanfaatkan derasnya sungai sebagai pembangkit listrik tenaga air berupa kincir.
Lokasi finish yang dekat dengan pesisir selatan pantai Desa Cijayana, Bungbulang makin menambah keasyikan. Empat ratus meter di depan, mata disuguhi panorama pantai. Jadi kalau mau berlanjut dengan penyisiran pantai, sungguh sesuai dengan idaman.

Sulit Bisnis
Menurut Fajar Bakri dari Boogie Adventure Club, Cikandang jadi favorit petualang gara-gara debit airnya yang cenderung stabil. Walau surut saat kemarau, jeram sungai ini tak banyak yang hilang. ”Kita masih bisa menikmati jeram ber-grade tiga. Tantangannya juga masih ada.” Keistimewaan itu tentu amat memanjakan para petualang. Cikandang tak kenal musim pengarungan.
Kondisi itu tampaknya tak banyak dijumpai di sungai-sungai Jawa Barat. Maraknya penebangan liar di kawasan hulu tentu berdampak langsung bagi debit air sungai. Itu sebabnya, saat kemarau, operator wisata arung jeram di sungai Sungai Citarik menjerit.
Variasi jeram yang tergolong komplet, juga menjadi daya tarik tersendiri. Ini diakui Bakri. Di sungai ini, manuver yang dilakukan haruslah tepat. Bila salah langkah, hanya dalam hitungan beberapa detik perahu akan mengalami flip (terbalik). Atau lengah sedikit, tubuh bakal tertendang jeram.

”Di Cikandang, kita nggak perlu nunggu lama buat dapat jeram. Beberapa meter dari lokasi start, di depan sudah ada jeram ”selamat datang”. Apa nggak asyik tuh,” ujar Adiningrat, pehobi arung jeram bersemangat. Buat yang pertama kali turun, tentu kejutan itu terasa istimewa.
Selain jeram ”selamat datang”, ada sederet jeram dengan tingkat kesulitan tinggi yang telah menunggu. Sebut saja, Jeram Bangkai, Jeram Sobek, Jeram Erlan Hole, Jeram Tepung, Jeram Batu Nunggul, Jeram Panjang, Jeram Anis, Jeram Parakan Lubang dan Jeram Goodbye. Selama empat jam, kita bisa menikmati semua itu.
Walau punya sederet kelebihan, bukan berarti Cikandang jadi favorit di mata operator arung jeram. Jauhnya perjalanan ke lokasi start menjadi hambatan tersendiri. Ini jelas mempengaruhi perhitungan harga jual dan waktu kegiatan. Meski begitu, beberapa operator dan klub pecinta alam memasukkan nama Cikandang dengan option khusus.
Kata Bakri, dulu ada operator bernama You Can Raft yang coba menjual potensi wisata sungai ini. Tapi itu tak berlangsung lama. Mahalnya harga paket, membuat para peminat surut. Padahal mereka telah membuat paket terpadu. Racikan antara kemping di hutan, arung jeram dan diakhiri dengan offroad.
”Lamanya kegiatan itu, juga berpengaruh untuk paket wisata yang ditawarkan. Orang kan biasanya pengen arung jeram buat ngisi waktu weekendnya. Nah, sekarang kalau kita ke sini (Cikandang), paling tidak butuh waktu minimal tiga hari,” ujar Bakri yang dibenarkan dengan anggukan oleh Adi. Bakri lantas berharap, pembangunan jalan lintas selatan Jawa Barat dapat selesai dalam waktu dekat. Dengan begitu, investor pun datang untuk menggarap. Apalagi bila didukung oleh pemerintah daerah.

Iklan
Explore posts in the same categories: Rafting

60 Komentar pada “ARUNG JERAM – Dari Bertualang hingga Bertamasya”

  1. taufik Says:

    tolong info tentang citarik lebih dilengkapi dengan hotel2 kita mau ke citarik mau tour dari kantor tapi masih belum tau banyak tentang info2 citarik, kalau bisa kasih info ke kita yang berhubungan dengan citarik, dan kalau bisa semua info yang kita perlukan

    baru kemarin ngobrol ama salah satu operator rafting citarik, dia bilang untuk sekarang ini s/d bulan agustus, untuk main rafting di citarik dan citatih masih kurang bagus debit airnya, disarankan setelah bulan september aja, biar asik main rafting nya.

    kalo sekedar tour aja disana kurang menarik lho, dan kebanyakan hotel2 atau penginapannya rada jauh dari lokasi untuk rafting, mendingan hubungi provider2 rafting yg biasa main di sana, bisa ambil paket rafting dgn berbagai macam klasifikasi, atau mau sekalian outbound juga bisa, kalo minat kirim email kesaya, nanti saya kasi rekomendasi contact person yg biasa rafting disana

  2. susan Says:

    Dear Adventure,

    Tolong info tentang citarik lebih dilengkapi dengan hotel2 kita mau ke citarik mau tour dari kantor tapi masih belum tau banyak tentang info2 citarik, kalau bisa kasih info ke kita yang berhubungan dengan citarik.

    Terima kasih,
    -susan-

  3. susan Says:

    tolong info tentang citarik lebih dilengkapi dengan hotel2 kita mau ke citarik mau tour dari kantor tapi masih belum tau banyak tentang info2 citarik, kalau bisa kasih info ke kita yang berhubungan dengan citarik

    Terima Kasih,

    kalau berminat ke citarik dan main rafting, mending sekalian outbound aja, karena disana gak enak kalau nginep di hotel, mending nginep di saung2 disana, mantaf punya, berbaur dengan alam dengan nyaman
    lebih lengkapnya hubungi saya japri ke catros@myself.com

  4. galz Says:

    info raftingny bagus banget.. saya dan teman² dr bdng berencana untuk mencicipi petualangan ini, tapi blm tahu harus kontak kmana untuk info lbh lanjutnya.. adakah website atau CP yg bs dhubungi?

    email anda dmn? jika bisa tolong infokan ke saya d email: galih.ratri@gmail.com

    terimakasih, 🙂

    kalau anda berminat untuk rafting / sekalian outbound, bisa kontak saya di email catros@myself.com

  5. betz Says:

    tolong info raftingnya lebih lengkap dong…harganya brapa??1 perahu bisa berapa orang??trus saya ada rencana nanti sekalian mau kemping langsung ke gunung halimun apakah bisa??maksudnya lokasi berdekatan??thx bgt atas infonya…tolong infonya dikirim ke email saya betzkids@gmail.com

    harga apa ? harga perahunya atau harga paket rafting dengan operatornya ?
    untuk kapasitas perahu tergantung dari besaran perahu karetnya, yg biasa di pakai untuk rafting sering di isi 5 – 7 orang.
    dari citarik ke halimun gak terlalu jauh kok (areal perkemahan Taman Nasional Gunung Halimun), tapi emang jalannya memutar, kalau bawa kendaraan sendiri lebih baik jenis jeep, karena jalannya lumayan parah, semi offroad

  6. Dhee2 Says:

    Tanggal 26 Agustus lalu, saya dan kawan2 berkesempatan untuk menikmati wisata arung jeram di sungai Citatih, Sukabumi. Semuanya ok, kecuali air sungai yang agak keruh dan sampah yang mengapung di sungai. Saya sangat sedih melihat kondisi sungai Citatih yang seperti itu. Sebetulnya, wisata arung jeram itu akan lebih mengasyikkan jika sungai yang kita lalui bersih dan bebas sampah. Menurut saya, jeram2 yang ada di sungai hanyalah salah satu daya tarik wisata arung jeram. Kebersihan dan kejernihan air sungai juga dapat menjadi daya tarik bagi pewisata untuk menghabiskan liburannya dengan wisata arung jeram.

  7. Angga Says:

    mas mu nanya !!! harga paket untuk arum jeram di sungai citarik berapa ?
    ato perorangnya di kenakan berapa ?

  8. adie Says:

    minta info donk mengenai arung jeram di daerah sukabumi dan mana operator yang bisa di hubungi , saya biasa pergi ber 5 atau 10 orang apakah bisa dan brp biaya nya . serta ada permainan apa aja saya berencana berangkat malam minggu and pagi udh sampai di sukabumi dan minggu sore hari saya kembali ke jkt. thank

  9. IlhamG Says:

    bang poenya informasi tentang boku aj(arung jeram) ma materi aj ga klo poenya kasi tao dong. thank’s yach sebelumnya

  10. widy Says:

    bisa tolong dikirim info harga 1 paket rafting di sukabumi untuk 5 orang, satu orang kena berapa, berikut jam operasi, serta kontak person yg bisa di hub klo mo nanya2 tentang permainan yg ada di sana. trims

  11. diey Says:

    minta contact person buat ikutan atung jeram cokandang or cimanuk dong!thanks

  12. diey Says:

    cintact person buat ikutan rafting di cikandang dan cimanuk siapa?minta donk.
    thanks

  13. ella Says:

    yup!preparation,budget…contact persons.gimme the detail ya…thx! =)

  14. inu Says:

    kira2 kalau mau rafting di sukabumi ada paketannya gak?,kalo ada brp?kalo bisa yang murah.

    ada kok… untuk brapa orang ?
    harga mulai dari 150rb

  15. fina Says:

    klo mw rafting,,,bisa cuma dua orang aja g???trus digabung ma yang laen???n bisa minta harga paket2 NYA DUNK………..

  16. Ejooy Says:

    Boss..mau tanya harga paket rafting Citarik berpa yach..???
    Untuk Bulan Mey Or juni…truss..kira – kira debit airnya bagus gak..??!!!
    Reply to my email aza…
    Thx..

    Mey – Juni biasanya masih bagus kok, apalagi sungai yg ada dam nya, pasti stabil airnya

  17. icha Says:

    Bro, citarum tuh sungainya bersih ga? Operator apa aja yg ada disana? Soalnya rencananya feb gw mau kesana. Bisa tlg infoin yg plg murah ga? Klo bisa yg incl river boarding

    citarum lumayan bersih kok…

  18. rahman Says:

    assalamualaikum……

    saya mau minta tolong mas, saya punya rencana mau rafting di citarum…
    sekitar 16 orang pengen treknya yang mudah aja mas buat pemula ada g mas?, untuk penyewaan perahu karet + pemandunya kira2 berapa ya mas? dan aksesabilitas kesana kalo pake kendaraan bermotor dari arah Bandung lewat mana ya mas? thank’s

  19. henny Says:

    mas, tanya dong..
    harga paket rafting lengkap dengan operatornya berapa yah? saya ini pemula.. belom pernah ikutan acara beginian. tapi karena terlalu sering denger cerita orang-orang soal arum jeram, jadi penasaran juga pengen nyobain. setelah berhasil memprovokasi adik-adik, sepupu, suami, ipar, dll, akhirnya tercapai kesepakatan, kita mo nyobain arum jeram di citarik bulan maret (bulan depan). tapi gak tau mesti kontak siapa, di mana, berapa harganya. bisa kirim info lengkapnya gak mas? makasih banyak sebelumnya nih atas infonya 🙂

    sepertinya agak mahal kalo pake operator resmi hanya untuk beberapa orang, mending cari kenalan
    sebentar saya telp temen, coba tanya dia mau gak bawa rombongan kecil di citarik
    nanti liat postingan ini lagi yah, saya post disini hasilnya


  20. dear Adventure,

    bisa kirim info lebih banyak ga tentang arung jeram? dari harga paket per orang, sampai lokasi2nya. kalo bisa kirim ke e-mail aku ya.
    thanks before…

  21. angel Says:

    gw anak pariwisata yg lagi nyusun tugs akhir.. kalo boleh tahu, based on kita baca tadi, presentase wisatawan mancanegara and domestik gimana ya ?? buat referensi gw gitu. karena gw lagi membahas arung jeram di jawa gt… thankz yahhh…

    (mm…kalo bisa sih reply-nya di email…hehehe…thankyou befoRe)

    data lengkapnya bisa didapeting di dept pariwisata

  22. Cancer Says:

    minta info semua paket rafting yang ada di citatik donk….+ harganya
    thanks a lot…
    kalo bisa di rep ke email saja yach…..

    coba call 021 714 500 68

  23. dewi Says:

    minta info paket rafting yang ada di citarik dounk… yang maksimal 2 hours aja ya.+ fasilitas yg di dapat. rencana kantor gw mau outing nich… tq ya.. g sah yang mahal2 heheheheh
    thanks a lot…
    kalo bisa di rep ke email saja yach…..

    silahkan hubungi 021 714 500 68

  24. pokta Says:

    mas, minjem perahuya aja bisa gak??? hub aku dong klo bisa>..


  25. bozz aku dari slh satu agen travel di jogja. aku minta paket2 utk arum jeram dunk. tlg sekalian contac person dan alamat jelas nya ya. thx….

    Arung Jeram untuk wilayah mana nih ?
    kalo saya wilayah Banten dan Jawa Barat ada paket2nya
    kalo diluar itu paling cuma bisa kasi no kontak

  26. vhee Says:

    mas yg di citarik thu gradenya berapa?

    setahu saya, rata2 grade 2+

  27. dila Says:

    hi adventure 😉

    saya ada keinginan bgt bwy coba arung jeram di citarik tp saya ga ada kelompok gitu. klo misal khan gabung dengan kelompok lain bisa ga??? and biaya na brp yah??mau na yg murah meriah aja. saya juga pemula n ga bisa renang.

    makasih

    Hi Dila…
    hmm.. saran saya mending ke ciberang ajah, lebih alami
    gak bisa berenang bukan halangan untuk ber-arung jeram, banyak kok yg gak bisa berenang ikutan arung jeram ….dan ketagihan…:D
    kalo mo cari temen yg hoby advanture, coba deh gabung di OANC
    jangan lupa registrasi dulu, trus bisa cuap-cuap dan kenalan disana, akhir bulan ini pada mo mendaki ke gn gede, dan awal bulan depan mo rafting ke ciberang…buruan daftar deh
    kalo kurang jelas silahkan telepon lagi ajah

    Info

    OB Bandung :
    TRIGGER OUTBOUND
    Jl Hegarmanah 152. Bandung
    Telp : 62 22 70229277, 2000597
    Fax : 62 22 2000597

    Bumi Kahyangan
    Kp. Cibacang, Jt Nangor
    08159062990

    Adventure Indonesia
    7196061, 7194427, 7193480

  28. Devi Apriyani Says:

    Dear Adventure,

    Mo Dunk Info Arum Jeramnya yg didaerah sukabumi?
    Biaya berapa? 1 perahu brp org ? arusnya deras ga yach, coz qt2 blm pengalaman nich? bisa minta alamatnya?

    coba telp 021 71450068

  29. asep Says:

    minta no telp pengelola arus liar,dong ?

    PT LINTAS JERAM NUSANTARA
    Komplek Gudang Peluru
    Jl. Gudang Peluru Barat Blok X No. 557
    Tebet, Jakarta Selatan 12830

    Phone
    +62 21 835 5885
    Mobile
    +62 811 103397. +62 813 199 199 85 (SMS only on weekdays)

    Faximile
    +62 21 837 05448
    E-mail
    info@arusliar.co.id


  30. klo mau arum jeram di sukabumi citarik, sekita 10 orang, tapi kita blom punya pengalaman ama sekali.harus mengubungi siapa??kita semua orang bandung, apa ada alamat yang bisa dihubungi di bandung?apa nanti akan ada instrukturnya?klo sekitar akhir desember ato januari, apa arusnya bakal deras banget??aduh maap banyak pertanyaan..

    Pada umumnya kegiatan arung jeram komersial di Indonesia masih cocok untuk pemula / belum punya pengalaman sama sekali [kegiatan ini adictive lho..sekali nyoba pasti pingin lagi] jadi gak usah khawatir. Standart Safety setiap perahu akan didampingi minimal 1 orang skipper, dan disetiap group pengarungan akan dikawal 1 perahu rescue.
    Biasanya dimusim hujan begini arus sungi akan sangat memadai utnuk pengarungan, terutama untuk sungai2 yg mengandalkan alam [belum ada bendungannya] seperti sungai cicatih dan ciberang.
    Kalau saya sih menyarankan coba ke sungai ciberang, memang agak jauh kalo dari bandung, tapi sungainya masih baru dan masih relative bersih.
    saya kenal baik ama korlapnya… hub 021 71450068 / david

    Arung Jeram di Sungai Ciberang

  31. sara Says:

    Hi adventure, numpang tanya, darurat banget nih…

    Tahu yang menyewakan perahu karet ga di jakarta, surabaya, medan ama pontianak…? Thanks banget atas bantuannya… aku udah desperate banget…

    Sepertinya kalo khusus menyewakan perahu karet agak susah yah, walaupun saya pernah melihat disalah satu situs komunitas ada yg menawarkan penyewaan perahu karet, tapi saya malah gak yakin dengan mutunya, mending hubungi operator arung jeram setempat untuk nego sewa perahunya, atau hubungi Universitas setempat biasanya MAPALA punya perahu karet sendiri dan bisa disewa tinggal bisa2nya kita ajah PDKT…. btw mo main dimana ?

  32. agung Says:

    Halo, saya ada rencana sabtu ini kesana bersama 3 orang tman saya, jadi ber4 .. Minta paket buat rafting dong tapi yang tracknya panjang.. Sekalian harganya dong makasih…

    silahkan hubungi 021 71450068 / 08164827661

  33. da f00l Says:

    Waah lagi ribet browsing malah ketemu kang catros disini.

    Salam kenal kang,saya biasanya monitor fr kang catros di thread oanc aja di forum sebelah dan blm register di oanc,hehehe… V(”,)V

    Kang bisa minta tolong gak?
    Kang bisa tolong kasih paket rafting di citatih yg 2 jam tapi sekaligus antar jemput ke jakarta untuk 20 orang gak?? Harganya pake harga calon anggota oanc aja yah kang,hehehee…

    Boleh kang catros reply disini sekalian buat info temen2 yg laen atau japri ke anom.widohartono@gmail.com

    Thanx in advanced yaah kang..

    wedeh… team “safe as” yah..:D
    oks..harga resmi untuk umum paket adventure trip 12KM Rp. 261.800 / orang, gue kasi buat elo 250.000/orang deh.
    kalo mo sewa bus 3/4 AC, biasanya sewanya 1,6jt kapasitas max 32 kursi untuk wilayah sukabumi. busnya mending lo aja yg sewa kali ajah dapet yg lenih murah

  34. naif Says:

    askum,insyaallah tgl 30-31 ini ingin kesana,kami ada kira2 15 orang,bisa minta infonya masalah biaya dan paketannya??tolong kirim k e-mail saya,thanks

    ciberang atau cicatih maunya ?</e

    m>

  35. ridwan Says:

    Ass, Kang,
    Mo minta tolong,
    tolong kasih paket rafting di citatih yg 2 jam/ 9km tapi ga usah antar jemput untuk 15 orang,
    kite mau jalan tanggal 9 mei, ditunggu yech kang,
    tolong kirim imelnye ke ridwan.hadiansyah@gacworld.com

    cek email pls

  36. hence Says:

    Pak, bisa minta paket buat citarik, rencana pg tgl 9 or 22 may nih. Pls email to hencemel@hotmail.com
    Thanks

    Email sudah terkirim, ditunggu responnya
    terima kasih

  37. Echo Says:

    Kang saya tinggal di daerah Sentul Bogor, dah lama pengen baget Ikut rafting gitu ama keluarga, bisa bantu kah tmpt2 yang deket dari rumah & bagus buat ama keluarga….Please replay my email Esantos1@fmi.com

    call 021 71450068 / 08164827661 [david]

  38. imam Says:

    saya juga ada rencana untuk rafting kantor di daerah Citarik. kurang lebih 150 orang. tapi gak nginep.

    Halo. adakah operator yang bisa bantu…?

    Silahkan hubungi 021-714 500 68 dgn David

  39. imam Says:

    saya juga ada rencana untuk rafting kantor di daerah Citarik. kurang lebih 150 orang. tapi gak nginep. berangkat mungkin tanggal 10 – 15 Agustus (Sebelum puasa)

    Halo. adakah operator yang bisa bantu…?

    Silahkan hubungi 021-714 500 68 dgn David

  40. ayu Says:

    halo…
    sebelumnya saya sdh prnh rafting ke citatih tp biaya,transport and semuanya gratis dr kntr saya.
    saya pengen nie rafting lg tp sm keluarga tolong email utk biaya raftingnya dong.klo bisa sie pengan ambil paket rafting,lunch,dinner,transport and penginapannya.

    tolong kirim via email saya y
    thanks alot

  41. Taufikguntur Says:

    Halo!!
    bs minta Info harga paket rafting dan nginap 1 mlm, untuk yg 12 km, peserta kira – kira 25 – 30 orang.
    harga mahasiswa ya..he..he..pls info lewat email ya.

  42. wike melanie Says:

    mas, kalo anak2 paling kecil umur berapa boleh rafting sekalian camping…..pengen kasih hadiah liburan yang ga ngebosenin and bisa banyak diceritain…gitu …thanks

    umuran 5 tahun udah bisa ikutan rafting di ciberang kok
    aman, kalo kemping sih bebas aja…masih balita juga udah bisa asal orang tuanya gak kerepotan ajah

  43. wike melanie Says:

    eh lupa bilang….kami semua pemula…kalo saya waktu SMP and SMA doyan camping tapi dulu gbs renang jadi ga mau brhubungan dengan kegiatan2 air …sekarang mah udah bisa….dikit….thanks

  44. uyasukaparamore Says:

    mau tanya . pgn paket arung jeram di cimanuk u/ 20-30 org tp sama outbond kira2 brp ya per orang ? boleh mnt cp-nya ? makasii 🙂 reply via e-mail aja mas .

    wah sayang saya gak ada koneksi dgn provider sungai cimanuk
    kalau cicatih dan ciberang saya ada
    silahkan hubungi 021 71450068 / 08164827661 dgn mas david

  45. sukma Says:

    klu mau daftar jd anggota OANC gmn ya caranya ????

    silahkan buka llink ini
    http://www.kaskus.us/forumdisplay.php?f=98

    trus registrasi, masuk ke thread buku tamu untuk memperkenalkan diri, setelah itu silahkan ngobrol di threal ::Lounge::, pasti diterima dengan baik
    akhir bulan ini mereka ada agenda rafting ke pangalengan tuh

  46. dewooll Says:

    umur 13 tahun boleh kan mas

  47. devy Says:

    saya mu ada kegiatan rafting di citarum. operator yang biasa bikin di sana siapa ya? bisa minta kontaknya? terus di sana ada camping ground-nya ngga? soalnya pake acara nginep juga. thx!

  48. icha Says:

    mau tanya, kalau mau rafting di citarik untuk paket 2oan orang bisa hubungi hubungi siapa ya? ada cpnya nggak?
    itu sudah termasuk transport atau belum? bisa nggak kalo berangkat dari bandung? atau harus berangkat sendiri baru di citariknya diurusin agen?
    oiya minta nomor agen wisata rafting di bandung dong. saya orang baru di bandung jd nggak tau tempat. tks

  49. citra Says:

    mas , saya sama temen temen (40 org) mau rafting sekalian outbond di daerah citarik atau gak sukabumi , kita juga mau nginep tpi jgan di hotel yg agak berbaur dgan alam aja . minta infonya dong skalian harganya ya.

  50. nia Says:

    kasih info dong untuk rafting di daerah sukabumi, rencananya tanggal 11-12 desember temen2 kampus mau coba arung jeram yang 5 km…kalo bisa yang bisa kasih harga mahasiswa ya kang..sekalian sama penginapannya juga…tolong hubungi email saya
    nia_enjoyyourfriend@yahoo.com
    makasih 🙂

  51. winna Says:

    alamat lengkap syngai sitarik dimana ya?n sungai citatih??
    biaya lengakp perorangnya berapa??
    saya kalu ber6 memerlukan biaya berapa ya?
    mohon balas

  52. sari Says:

    bulan ini saya dan teman ada rencana untuk ke citarik…untuk refting n outbond ada paket perorangan ga ya…? n harganya berapa…?
    terima kasih…

    mau pakai provider mana ?
    di citarik banyak sekali providernya,
    kalau ke cicatih dengan arus liar mau ?
    coba kirim email ke catros@myself.com

  53. Anonim Says:

    saya mau kenalan nih dari citarik sukabumi nama saya sudarjat alamat cikidang rajagan arum jeram ok balas

  54. Anonim Says:

    ko ga di balas

  55. arus Says:

    I quite like reading an article that will make men and women think.
    Also, many thanks for allowing me to comment!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: