GUIDANCE FOR RAFTING ACTIVITY 04

GUIDANCE FOR RAFTING ACTIVITY

b. Intermediate Paddle Technic

Teknik lanjutan tentang cara menggunakan dayung ini jarang diberikan dalam safety talk atau briefing peserta. Maksudnya agar peserta kegiatan tidak dipusingkan dengan berbagai cara mendayung yang ada. Bukankah kegiatan arung jeram yang akan dilakukan untuk mencari kegembiraan?

Namun tidak ada salahnya bila anda mengetahui teknik lanjutan tesebut dan coba mem-praktikkannya pada pengarungan anda berikutnya. Karena prinsip dari teknik lanjutan ini hanya penggabungan dari teknik dasar diatas dan tidak sulit untuk dilakukan. Teknik lanjutan mendayung tersebut adalah :

1. Draw
Instruksi yang diberikan untuk menggeserkan perahu kearah yang dimaksud, yaitu Left Draw (Geser Kiri) dan Right Draw (Geser Kanan).

– Left Draw (Menggeser perahu ke kiri)
Dilakukan oleh peserta yang duduk pada bagian kiri, mirip dengan dayungan maju, bedanya bilah dayung diarahkan pada bagian luar danditarik kedalam atau kearah perahu, sementara peserta yang duduk pada bagian kanan berada pada posisi stop mendayung.

– Right Draw (Menggeser perahu ke kanan)
Kebalikan dari Left Draw (Geser Kiri), Dilakukan oleh peserta yang duduk pada bagian kanan, mirip dengan dayungan maju, bedanya bilah dayung diarahkan pada bagian luar dan ditarik kedalam atau kearah perahu, sementara peserta yang duduk pada bagian kiri berada pada posisi stop mendayung.

2. Pry
Instruksi yang diberikan untuk menggeserkan perahu kearah berlawanan dari arah yang dimaksud.

– Left Pry (Menggeser perahu ke kanan)
Dilakukan oleh peserta yang duduk pada bagian kiri, dengan melakukan dayungan seperti mencongkel. Bilah dayung diarahkan kearah luar perahu, sementara peserta yang duduk pada bagian kanan berada pada posisi stop mendayung.

– Right Pry (Menggeser perahu ke kanan)
Dilakukan oleh peserta yang duduk pada bagian kanan, dengan melakukan dayungan seperti mencongkel. Bilah dayung diarahkan kearah luar perahu,sementara peserta yang duduk pada bagian kiri berada pada posisi stopmendayung.

3. C-Strokes & C-Strokes Reverse
C-Strokes (Gabungan Forward dan pry) hanya dilakukan oleh peserta padasalah satu bagian (kanan – C-Strokes dan kiri – C-Strokes reverse)dengan maksud untuk mengarahkan perahu sedikit demi sedikit kearah dimana pendayung duduk, sementara peserta yang duduk pada bagian laintetap melakukan dayungan maju.

C-Strokes dan C-Strokes Reverse dilakukan dengan dayungan maju yang membentuk sudut 300 – 450 dari perahu sejauh 30 – 50 cm ditarik kearah dalam selanjutnya diputar kearah luar seperti membentuk huruf C (untukpeserta pada sisi kanan) atau hurup C terbalik (untuk peserta pada sisikiri).

4. J-Strokes & J-Strokes Reverse
J-Strokes (Gabungan Forward dan Draw) hanya dilakukan oleh peserta pada salah satu bagian (kiri – J-Strokes dan kanan – J-Strokes reverse)dengan maksud untuk menggeser perahu sedikit demi sedikit kearah berlawanan dari pendayung duduk, sementara peserta yang duduk pada bagian lain tetap melakukan dayungan maju.
J-Strokes dan J-Strokes Reverse diawali dengan dayungan maju,selanjutnya bilah dayung ditarik kebelakang searah dengan jalan perahu diakhiri dengan gerakan bilah yang menyapu kearah dalam seperti membentuk huruf J (J-Strokes – untuk peserta pada sisi kanan) atau menyapu kearah luar seperti membentuk huruf J terbalik (J-StrokesReverse – untuk peserta pada sisi kiri).

5. Spin/pivot
Dilakukan dengan maksud untuk memutarkan perahu pada satu titik secara cepat, biasanya dilakukan untuk mengeluarkan perahu yang terjebak dihole atau hydraulic. Spin/pivot dilakukan oleh seluruh peserta dengan melakukan dayungan secara berlawanan (misalnya posisi peserta dibagiankiri melakukan dayungan maju, maka peserta yang berada pada bagian kanan melakukan dayungan mundur) secara serempak, begitu pula sebaliknya.

Explore posts in the same categories: Rafting

One Comment pada “GUIDANCE FOR RAFTING ACTIVITY 04”

  1. vgoes Says:

    gimana sih penyelamatan dalam refting


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: