GUIDANCE FOR RAFTING ACTIVITY 05

GUIDANCE FOR RAFTING ACTIVITY

III. Others Command

Others Command atau instruksi-instruksi lain yang diberikan oleh skipper kepada peserta dalam kegiatan arung jeram sifatnya situasional,tergantung keadaan saat pengarungan dan pengalaman skipper dalam membawa perahu. Instruksi-instruksi ini sebutannya berbeda-beda antara satu skipper dengan skipper lainnya, tergantung dari kebiasaan sang skipper. Intruksi tersebut antara lain :

* Boom / lay down
Instruksi yang diberikan skipper saat perahu melewati jeram atau rintangan yang ada diatas kepala peserta.
Instruksi ini dilakukan oleh seluruh peserta dengan duduk pada lantai/floor, dayung diletakkan pada pangkuan dan tangan yang beradapada bagian luar memegang boat line.

* Moving Position
Intruksi yang diberikan skipper saat perahu mengalami stuck akibat terhalang oleh batu atau rintangan yang lain, pada kondisi ekstrim disebut wrap dan pin. Moving Position ini dilakukan oleh beberapapeserta dengan berpindah posisi dari satu sisi ke sisi yang lain,sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh skipper, sementara peserta yang berada pada posisi yang dimaksud tetap berada pada tempatnya. Yang termasuk dalam instruksi moving position adalah :

• Right Position/Pindah Kanan, peserta yang duduk pada bagian kiriperahu berpindah kesebelah kanan sambil menarik-narik sisi kiri perahu melalui boat line, sementara peserta yang berada disebelah kanan tetap berada pada posisinya.

Left Position/Pindah Kiri, merupakan kebalikan dari Right Position/Pindah Kanan, peserta yang duduk pada bagian kanan perahu berpindah kesebelah kiri sambil menarik-narik sisi kanan perahu melalui boat line, sementara peserta yang berada disebelah kiri tetap berada pada posisinya.

* High Side, dilakukan saat terjadi wrap dan pin pada arus sungai yang kuat dan deras, dilakukan dengan perpindahan posisi kebagian perahu yang lebih tinggi atau bagian perahu yang tertahan bebatuan atau rintangan, dengan menarik-narik tali perahu yang ada pada bagian yang lebih rendah.

* Low Side, merupakan kebalikan dari high side, dilakukan saat terjadi wrap pada arus sungai yang tidak terlalu deras, dilakukan dengan perpindahan posisi kebagian perahu yang lebih rendah atau bagian perahu yang tidak tertahan bebatuan atau rintangan, dengan menarik-narik tali perahu yang ada pada bagian yang lebih tinggi atau bagian perahu yang tertahan bebatuan atau rintangan.

Iklan
Explore posts in the same categories: Rafting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: