ARUNG JERAM INDONESIA 02

Sungai Cianten (Class II – III)

Terletak di Kabupaten Bogor. Hulu sungai berada dari hutan-hutan di kawasan Taman Nasional Halimun. Sungai Cianten merupakan anak sungai Cisadane. Aliran air sungai cukup stabil, karena di atas lokasi start Batu Beulah merupakan Dam yang berfungsi untuk PLTA.

Kelas kesulitan dapat meningkat saat tinggi muka air naik. Panjang sungai yang dapat diarungi saat tinggi muka air bagus sekitar 13 km sampai di titik pertemuan dengan sungai Cisadane. Pada umumnya start dimulai dari Batu Beulah dan berakhir di Jembatan Leuwiliang.

Sungai Cisadane (Class II – III)

Bagi pemula, sungai Cisadane merupakan pilihan yang tepat untuk berarung jeram. Letaknya tak jauh dari kota Bogor. Aliran air berasal dari dari kawasan hutan-hutan di Gunung Salak. Panjang sungai yang biasa diarungi adalah sepanjang 9 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Titik awal dimulai dari jembatan Ciampea dan berakhir di kampung Pasir, sekitar satu jam pengarungan dari titik pertemuan sungai Cianten – Cisadane.

Sungai Progo (Class II – V)

Hulu sungai Progo berada di lembah diantara dua gunung, Sindoro dan Sumbing. Mengalir ke arah selatan, membelah dua propinsi, Jawa Tengah dan Yogyakarta. Arusnya cukup deras dan sangat fluktuatif terutama pada musim hujan. Entry point dapat dilakukan dari beberapa tempat.

Titik pertama adalah dari Taman Kyai Langgeng di Kota Magelang, titik kedua Jembatan Tempuran Kabupaten Magelang, titik ke tiga jembatan Borobudur, Mendut, titik ke empat jembatan Klangon. Titik akhir biasanya sampai di Dam Ancol, Kabupaten Sleman. Jarak total etape Kyai Langgeng, Magelang ke Dam Ancol, Yogyakarta sekitar 40 km.

Etape paling menantang adalah antara jembatan Klangon dan Dam Ancol dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Setiap pengarung jeram harus waspada dengan hujan yang cukup deras, karena ketinggian air dapat secara tiba-tiba naik dan mengakibatkan banjir bandang.

Sungai Elo (Class II – III)

Sungai Elo terletak di Kabupaten Magelang dekat dengan Candi Mendut dan Candi Borobudur kira-kira 35 menit dari Jogjakarta. merupakan Anak sungai Progo yang berhulu di lereng barat gunung Merbabu. Airnya lebih jernih dibanding sungai Progo.

Pemandangan di sisi kanan kiri sungai masih asri dan menarik. Pengarungan dimulai dari Jembatan Blondo, Magelang, dan berakhir di Mendut, atau di sekitar titik pertemuan antara Progo dan Elo. Lama pengarungan sekitar 2,5 jam dan jarak tempuh 8 km.

Sungai Serayu (Class III – IV)

Sungai Serayu terletak di Kabupaten Wonosobo – Banjarnegara, Jawa Tengah kira-kira 2,5 jam perjalanan dari Jogjakarta dengan melewati lereng Gunung Sindoro-Sumbing yang menyajikan kesejukan dan panorama alam pengunungan.

Panjang sungai yang biasa diarungi lebih dari 25 km dengan lama pengarungan 4 – 5 jam. Start awal dapat dimulai dari beberapa titik antara lain adalah dari jembatan di desa Blimbing, dan desa Tunggoro (Kab. Wonosobo), serta desa Prigi (Kab.)Banjarnegara, sedang finish berada di desa Singomerto (Kab. Banjarnegara).

Sungai Pekalen (Class III – IV)

Terletak di Kab. Probolinggo – Jawa Timur, Sungai Pekalen atau biasa disebut Kali Pekalen Sampean bersumber dari gunung Gunung Argopuro (3.088 m). Sungai ini disebut-sebut sebagai sungai terbaik untuk kegiatan arung jeram di Jawa Timur. Kali Pekalen bersumber di tiga tempat, Sumberduren dan Ranusegaran, dan sumber di tapal batas Guyangan-Watupanjang.

“Batang air” dari Sumberduren dari Gunung Malang (1.221 m) dan Ranusegaran itu kemudian bertemu di Desa Jangkang, Kec. Tiris. Air dari kedua sumber inilah yang kemudian membentuk kali Pekalen Tiris-Condong yang menjadi “jalan tol” arung jeram. Sedang sumber ketiga, di tapal batas Guyangan-Watupanjang, Kec. Krucil baru bertemu dengan hilir kali Pekalen di Desa Brani Wetan, Kec. Maron.

Dari sini kemudian kali Pekalen mengalir ke utara dan bermuara di Desa Penambangan, Kec. Kraksaan. ‘Barang Baru’ Dari sekitar 50 km panjang batang air di Kali Pekalen, sekitar 25 km (Tiris-Condong), berdasarkan survei, bisa dimanfaatkan untuk arung jeram. Jarak tempuh masih bisa diperpanjang lagi menjadi 40 km, sehingga bisa mendarat persis di dekat kantor Pembantu Bupati di Gading.

Sungai Brantas (Class II – III)

Sungai Brantas cukup menarik untuk penggemar arung jeram. Jeram yang terkenal disungai ini adalah jeram Suud. Titik awal pengarungan biasanya dimulai dari Gang Sembilan Gadang sampai ke daerah Dam Blobo atau daerah Karang Duren, Malang. Pengarungan memakan waktu sekitar 3 jam.

Sungai Maiting (Class III – IV)

Terletak didaerah Makale, Sulawesi selatan. Titik entry point berada di desa Dende Ma´dong. Jeram pertama yang akan kita temui adalah jeram Sella. Tingginya sekitar dua meter dan jatuh dengan kemiringan 90 derajat. Dengan alur sempit dan terapit batu besar di kiri dan tebing terjal di kanan perahu.

Sepanjang perjalanan juga terlihat banyak binatang jenis biawak yang mirip Iguana merayap di batuan pinggir sungai. Binatang melata ini sanggup melompat ke dalam air dan menyelam berlama-lama di dalamnya. Uniknya ia mampu berlari di atas permukaan air sampai sejauh 20 meter ke depannya. Selain iguana juga banyak satwa yang lain, aneka jenis burung, kupu-kupu dan ular.

Sungai ini memiliki dasar yang berpasir putih serta tebing-tebing menjulang di kiri-kanan. Di beberapa bagian tebing banyak air terjun berhamburan bak pancuran raksasa.

Sungai Sadang (Class III – V)

Sungai terbesar di Sulawesi Selatan, melintasi Tana Toraja dengan panjang mencapai 182 km ke arah barat. Sungai Sadang memiliki lebar rata-rata 80 meter dan mempunyai anak sungai sampai 294 jumlahnya. Pengarungan di sungai ini dilakukan dari daerah Buakayu dengan lama pengarungan 2 hari.

Untuk menuju ke sana dapat dilakukan dengan mengendarai jip dari Rantepao selama 3,5 jam. Jeram ´Puru´ sejauh dua kilometer berupa jeram class III akan menghadang di permulaan pengarungan. Bagian atas jeram ´Puru´ lebih dahsyat lagi. jeram-jeram tersebut pernah ´memakan´ korban mahasiswa-mahasiswa kota Malang yang pernah melakukan perjalanan ekspedisi di sana.

Selanjutnya ada jeram bernama Pembuangan Seba class IV dengan penampang pinggir sungai yang terkadang lebar dan tiba-tiba menyempit dengan cepat. Jeram dengan tingkat kesulitan V adalah jeram Fitri, berupa patahan dan arus sungai yang menabrak batu besar membuat selalu ada kemungkinan perahu menempel di batu dan terjebak di antaranya.

Setelah beristirahat semalam di rumah panggung yang biasa disebut ‘lantang’ di pinggir sungai yang berpasir putih, pengarungan dilanjutkan melewati jeram-jeram class III – IV. Exit point sungai Sadang adalah jembatan ‘Papi’.

Sungai Bongka (Class III – V)

Sungai terbesar di Sulawesi Utara dengan panjang mencapai 126 km, dan mempunyai anak sungai sejumlah 199 buah. Belum ada data lengkap tentang kegiatan arung jeram di sungai ini.

Sungai Lariang (Class III – V)

Sungai paling besar di Sulawesi dengan panjang mencapai 255 km dan memiliki anak sungai sampai 637 buah jumlahnya.

Luasnya mencapai 7.152 km persegi. Hingga saat ini masih dapat dihitung dengan jari, rombongan tim arung jeram yang pernah mencicipi nikmatnya jeram di sana. [BK]

Sumber : Boogie, Sinar Harapan Online, Jogja Adventure dan berbagai tulisan.

Explore posts in the same categories: Rafting

41 Komentar pada “ARUNG JERAM INDONESIA 02”

  1. raras Says:

    saya mau bertanya, bisakah saya meminta alamat / contact person yang bisa dihubungi untuk kami mengadakan kegiatan rafting??

    Kalau bisa yang harganya terjangkau.

    Saya berdomisili di Jogjakarta.

    Kira-kira berapa biaya yang aikan di keluarkan oleh masing-masing orang???

    Terimakasih

  2. Lego wiyoko Says:

    URGENTTTTTT

    Mohon informasi untuk paket Arum jeram di Sungai ELO based on 6 person…..
    please your detail info…

    tks ‘BRGDS
    Lego/ Grow smile

  3. VieNa Holidays Jogjakarta Says:

    Bagi rekan2 yang ingin wisata adventure di Jogja & sekitarnya, kami punya paket full board untuk wisata Adventure di Jogjakarta. Info lebih lengkap dapat menghubungi :
    VieNa Holidays Jogja
    Jl. Glagah Sari No. 62 Umbulharjo Jogjakarta (Depan Kampus UTY/STIE Yogyakarta)
    Telp : 0274 – 7847979 / 7853536
    Hp : 081 383 259535
    Fax : 546205
    Email / !YM : travel_srvc@yahoo.com

  4. One Stop Adventure Says:

    Buat penggemar rafting di mana saja, Tasikmalaya sekarang menyediakan beberapa paket Wisata Arung Jeram. Info lebih lengkap :
    One Stop Adventure
    Jl. Pertanian no 70 Cilembang Tasikmalaya (Arief Wahyudi)
    Telp : 081323089089
    Email : buih_putih@yahoo.co.id

  5. Tijok Says:

    Kalian seharusnya nyoba kayan dan bahau di kalimantan timur. Sungainya menantang banget. Bahau grade III-IV dan Kayan III-…
    salam rafting

  6. Dits Says:

    datang aja ke jogja adventure di jalan solo. atau buka websitenya http://www.jogjaadventure.com


  7. wah makasih ya..lg searching tempat rafting di magelang, nyasar kesini

  8. Andrew Says:

    Saya Andrew dari BINUS Jakarta..
    Saya ingin bertanya tentang lokasi arung jeram yang bagus di daerah Sukabumi dan sekitarnya.. Kalo bisa tolong disertai dengan Contact Person yang bisa saya hubungi. Karena saya akan mengadakan acara Rafting ini pada tanggal 13 Januari 2008 mendatang.
    Jadi saya sangat mengharapkan rekomendasi nya..Email saja di wongso_in_tarsi@yahoo.com ato hub saya di 08179997139..
    Terima kasih atas perhatian nya…

  9. agus Says:

    halo para penggemar arum jeram
    gw mau nanya nih kalau harga paket arum jeram di sungai pakalen sekarang brp yah?
    terus di sungai serayu brp? mohon konpirmasinya makasih

    silahkan cek disini

  10. fuad Says:

    bro minta tolong dong biasanya berapa tarif or harag untuk arung jeramnya
    or contact person yang bisa kasih tau aq

    soal tarif bervariasi kok, tergantung sungai, tingkat kesulitan, lokasi, jarak tempuh dan operator penyelenggara
    range nya rata2 Rp. 50.000 – Rp. 450.000.
    Detailnya silahkan kirim Email kesaya, biar gak terkesan promosi, jgn lupa tinggalin contact person

  11. VieNa Holidays Jogjakarta Says:

    Bagi rekan2 yang ingin menikmati tantangan di Sungai Elo, Progo Atas, Progo Bawah & Serayu, dapat menghubungi staff kami ( by phone / email ). Kami memiliki Paket2 Rafting dengan Fasilitas Fullboard & Harga yang selalu UpDate…

    VieNa Holidays Jogja
    Jl. Glagah Sari No. 62 Umbulharjo Jogjakarta, Indonesia
    Telp : 0274 – 7847979 / 7853536
    Hp : 081 383 259535
    Fax : 546205
    Email / !YM : travel_srvc@yahoo.com

    Pastikan keinginan petualangan anda berjalan lancar bersama kami…

  12. pi Says:

    minta tolong dong bagi yang tau alamat arum jeram di daerah bogor e bandung dong sama kalau bisa sama telp e sama juga sama masing-masing tarif or harag..??? tlg ya lagi mau ini… thx kalau pada kasih info…


    mau yg daerah mana ?
    atau sungai apa ?

  13. nonie Says:

    untuk pemula di daerah sukabumi minta info tempat dan harga donk…
    contact person jangan lupa yaaa…
    thanks..

    PM saya lewat japri

  14. Nila Says:

    saya mau tanya harag arung jeram di sungai Progo yang dari kyai langgeng itu berapa yah? kalo ada yang tahu tolong saya di berikan informasinya…thanks before

  15. lani Says:

    saya mau nanya donk,untuk tarif arum jeram di sungai citarum bogor brp,ama contact person plus telp yg bs dihubungi.thx

  16. wIDinO Cirebon Says:

    wah…, infonya keren banget. Thans ya……, info ini gw pake sebagai materi siaran radio hari minggu, 17 Feb, 2008. Never mind kan??? Saya jadi kepengen arung jeram tapi gak ada partner neh.

    sayang ente jauh di cirebon, padahal temen2 pada mo rafting di ciberang awal bulan depan

  17. tety Says:

    Hallo buat yang mau rafting di sungai cisadane, ada paket menarik nih.
    Silahkan hubungi saya:
    Tety W
    0818.0710.0632
    Bisa nginep di Resort exclusive, bisa punya pengalaman asik rafting, dan fasilitas lain yang ok.
    ditunggu…

  18. rafter....... Says:

    Om, grade sungai Elo pas musim HUjan NAek GA.?

  19. wawa Says:

    nanya dunk…gw di jakarta, blm pernah rafting sama sekali dan sangat berminat tuk rafting gw meminta alamat / contact person yang bisa dihubungi untuk mengadakan kegiatan rafting??

    Kalau bisa yang harganya terjangkau.

    gwberdomisili di jakarta

    Kira-kira berapa biaya yang aikan di keluarkan oleh masing-masing orang???

    Tengkyu

  20. wawa Says:

    nanya dunk…gw di jakarta, blm pernah rafting sama sekali dan sangat berminat tuk rafting gw meminta alamat / contact person yang bisa dihubungi untuk mengadakan kegiatan rafting??
    Kalau bisa yang harganya terjangkau.
    gwberdomisili di jakarta
    Kira-kira berapa biaya yang aikan di keluarkan oleh masing-masing orang???

    Tengkyu

  21. catros Says:

    ———–silahkan kontak saya via japri

  22. Ana Says:

    Bisa info lokasi & EO arum Jeram yg ok punya dimana ?.. kalo bisa lokasi nya jangan jauh2x dr Jakarta

    hubungi 021 71450068

  23. w@hyue Says:

    kalo ada yang mau refting di daerah magelang kali progo ajak2 saya ya,,saya butuh teman,,,,,,,,tapi jangan mendadak minimal 2 minggu sebelum nya…thanks ya…hub aja Email ipoeng_redevil@yahoo.com,

  24. !nov Says:

    Wah menarik mas😀
    aku pengen ke sungai elo,,
    enaknya elo apa progo ya mas di wilayah magelang??

  25. muhammad Soffian Says:

    Saya mau tanya tentang paket wisata arung jeram di daerah Bogor / jawa barat.
    1. Berapa harga per paket untuk arung jeram tingkat pemula dan maxmimal berapa orang?
    2. Dimana alamat pengelola wisata arung jeram yang ada di jakarta?

    Terima kasih


    info lengkapnya bisa hubungi 021 714 500 68 / 08164827661

  26. joseph Says:

    mao nanya donk:daerah bogor tmpt arung jeram?

    Silahkan telp 021 714 500 68 / 0816 4827 661

  27. aket Says:

    mao nanya donk, arum jeram yg dekat2 daerah jakarta dmn ya? yang suasananya enak n kira2 bth biaya brp? hub 02192070099,02192829881,081318816600

    silahkan hubungi 021 714 500 68 / 0816 4827 661

  28. Anonim Says:

    mw duonk liat poto2nya….

  29. arungjeram Says:

    nih kalau mau rafting di magelang klik http://www.kompasadventure.co.cc

  30. Seno says Says:

    arung jeram sungai progo pada awal bulan maret grade berapa? Ada acomodasi disekitarnya untuk kira-kira 50 orang selama 2 hari?

  31. Seno says Says:

    Arung jeram sungai progo pada awal maret 2009 grade berapa? Disekitar lokasi ada tidak acomodasi untuk 20 orang?


  32. mau tanya biaya per kapal atau par pakek, contc informasi ada gak


  33. besuk minggu 1-02-2009,rencana aku ma temen2 kantor mau coba. tolong dong kasih informasi bwat aku.
    hubungi: 085647008415

  34. feddy Says:

    gw dan temen2 (tot 5 org) berencana mo rafting nih (first time) kami berdomosili di jakarta, mo tanya nih kalo mo rafting yang deket dimana yach apa di cisadane, citarik, cicatih??? yang murah???? cari infonya dimana yach???? mohon bantuannya buat tanggal 2 maret

  35. christina Says:

    saya belum pernah sama sekali main arum jeram, jadi saya mau tanya yg untuk pemula di Sungai Cisadane.
    harga untuk aram jeram disana berapa?
    tepatnya tempatnya dimana?
    apa bisa di tempuh dengan kendaraan umum jika saya dari jakarta?
    minimal berapa orang?

  36. Dodi Says:

    Dear temans,
    Mohon bantuan informasi utk operator rafting di s. Sadang – Sulawesi. Kebetulan ada request utk turun di sungai itu. Thanks before.

  37. linratno Says:

    dokumentasi sungai sadang kok gak ada,saya pernah punya tapi hilang.karna saya adalah korban yg selamat dr keganasan sungai sadang,pada tgl 1 maret 1992,mahasiswa dr universitas merdeka malang ( IMAPALA )
    klo misalkan ada yg punya tolong kirim ke email saya ya!!!!!!!
    john.lin234@gmail.com

  38. Fahrul Says:

    saya minta contac person untuk arum jeram secepatnya beserta rincian biayanya ya?

  39. yudit Says:

    mau tanya agen rafting didaerah wonosobo,banjar ato semarang untuk rafting di sungai serayu mana??bila perlu sekalian tarif2nya…makasih

  40. wahyudi Says:

    saya mau rafting dicisadane bogor…
    untuk info lebih jelasnya saya hub kmn y?
    thx b’4…

    ini email saya:wahyu_150f@yahoo.co.id

  41. Monang Says:

    INFO :
    Jika suatu saat ada waktu luang & berminat arung jeram di Jawa Tengah, silahkan hubungi kami SABANA RAFTING, cp : 085292367233 – 085878699948, mari bergembira bersama kami…Aman, Nyaman, Ramah & Amanah…Welcome…
    http://sabanarafting.blogspot.com
    http://sabanarafting.wordpress.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: