Goa Surawana: Nikmatnya Berada di Nirwana Kegelapan

Bagi anda penggemar sepak bola tentu masih ingat beberapa waktu lalu di kota Solo, tim sepak bola asal Kediri, Persik, dinobatkan sebagai juara Liga Indonesia untuk yang kedua kalinya. gelar ini mengukuhkan Persik sebagai salah satu tim yang paling banyak menggondol gelar juara di negeri ini. Prestasi ini tentu mengangkat pamor Kediri, sebuah kota kecil di Jawa Timur, ke pentas nasional.

Namun, bicara soal kediri bukan hanya kehebatan anak–anak kediri yang patut kita ingat. Lho, lalu apa lagi yang wajib diingat selain soal sepakbola? Goa Surawana. Goa ini adalah objek wisata yang tak pantas dilewatkan.

Goa ini dinamai demikian sesuai dengan desa dimana goa ini bermula. Desa Surawana terletak sekitar satu jam perjalanan dari Kota Kediri.dengan menggunakan `kol`. Ini adalah sebutan generik untk angkutan jenis minibus. Kendaraan angkutan merek Colt sangat populer di Jawa. Nah, orang Jawa biasa menyebut sesuatu dengan kata yang memudahkan mereka. Jadilah merek mobil itu nama angkutan yang biasa mereka gunakan.

Goa Surawana terletak 2–3 meter di bawah tanah, mirip terowongan kereta yang ada di Jepang. Terowongan itu terbentuk alami akibat pengikisan air yang terjadi ratusan tahun. Hingga saat ini air yang bersumber di Desa Surawana itu masih mengalir di bagian bawah goa dengan ketinggian 20–30 cm.

Memasuki liang Surawana kita harus ekstra hati–hati dengan tanah merah yang licin karena belum tersentuh tegel dengan kemiringan mencapai 70 derajat. Selain itu, kita juga harus hati–hati terhadap orang yang sedang mandi memanfaatkan air gua yang jernih, biar tidak disangka sedang mengintip.

Panjang terowongan Goa Surawana kurang lebih 6 kilometer. Dalam gelap sambil melakukan susur goa(caving) kita bisa bernostalgia merasakan perjuangan Jendral Sudirman saat bersembunyi di dalam dinding terowongan ini kala bergerilya menghadapi Belanda.

Tapi ingat, saat berada di dalam goa kita tak boleh membawa lilin karena cahaya lilin mengisap oksigen di sekitarnya sementara aliran oksigen di terowongan itu tipis. Bisa repot kalau kita terjebak kekurangan oksigen di bawah bumi. Tapi, masyarakat sekitar masih sering kurang mengindahkan larangan tersebut.

Iklan
Explore posts in the same categories: Caving

One Comment pada “Goa Surawana: Nikmatnya Berada di Nirwana Kegelapan”

  1. erwan mahmudi Says:

    Panjang terowongan sebenarnya tidak sampai 6 kilometer, perkiraan kurang lebih 400 an meter.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: