Penyakit2 kegiatan Outdoor – 02

BLOOD CHANGES
Erythropoietin / EPO mendorong sumsum tulang menghasilkan lebih banyak sel darah merah (yg tugasnya membawa oksigen). Hormon ini dihasilkan oleh ginjal kalau terjadi level oksigen yg rendah. Dalam 4-5 hari, sel darah merah yg baru itu masuk ke sirkulasi. Setelah beberapa minggu di ketinggian, tubuh terus memproduksi sel darah merah untuk membawa oksigen dari paru2 ke lapisan tubuh yg memerlukan. Darah ini juga mengalami perubahan kimiawi supaya oksigennya tetap menetap di paru2.
Ini mendorong saturasi oksigen atau jumlah oksigen yg dibawa tiap sel darah merah semakin meningkat.

TISSUE CHANGES
Untuk meningkatkan pengiriman oksigen, tubuh meningkatkan jumlah saluran darah/kapiler di dalam otot. Ukuran otot ini juga kian mengecil sehingga jarak yg ditempuh oksigen ke otot semakin berkurang.

SLEEP CHANGES
Sudah biasa kalau kita sulit tidur jika berada di ketinggian. Biasanya pernafasan dikontrol oleh tingkat karbon dioksida dalam darah. Kalau tingkatnya naik, otak menyuruh kita bernafas. Kalau tingkat oksigen menurun, otak juga menyuruh kita bernafas. Saat kita
bernafas dgn cepat di ketinggian, semakin banyak karbon dioksida yg dihembuskan – otak merasakan tingkat yg rendah – kita berhenti bernafas. Saat oksigen menurun dari tidak adanya nafas itu, otak menyuruh kita kembali bernafas sehingga kita bernafas dan
menghembuskan lagi karbon dioksida. Jadilah seperti satu lingkaran yg tak berujung.
Fase tak bernafas tadi bisa mencapai 30 detik atau lebih. Istilahnya periodic breathing dan umum terjadi selama aklimatisasi. Ini tentu bisa mengganggu pola tidur yg normal. Mungkin kita pernah tiba2 bangun karena merasa tercekik dan perlu sekali bernafas lagi. Saat aklimatisasi berlanjut, fenomena ini akan berkurang tapi tidak akan menghilang sepenuhnya. Obat Acetazolimide / Diamox bisa menurunkan periodic breathing dan sering dipakai membantu untuk bisa tidurselama aklimatisasi.

SUMBER

Iklan
Explore posts in the same categories: Dan Lain - Lain, Hiking

One Comment pada “Penyakit2 kegiatan Outdoor – 02”

  1. cecep Says:

    terus bikin artikel tntng penyakit gunung ya….!byr anak gunung gak asal naek……..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: