◙ Catper : Gn Slamet ◊ 15-18 Agustus 07 ◙

Ini catper waktu ke slamet kemaren. Walaupun sedikit “mengecewakan” tetapi apa mau dikata…setiap perjalanan pasti menyimpan kisah menarik dan bisa dipetik pelajaran darinya.

Trip ke slamet ini cuman diikutin trio libels…eh tiga orang ajah ; s1nch4n, kitkit, ane

Awal pembicaraan trip ke slamet dimulai saat gath di ayam bakar gantari, lalu berlanjut ke komprengan. Yang ngebet banget sih s1nch4n, bisa dibilang dia jadi biangnya. Setelah beberapa perbincangan (kayak berita ajah), akhirnya ane setuju untuk ngikut secara ane udah pernah kesana sebelumnya.

► Seminggu sebelumnya
Kita kumpul dulu dicitos, malem mingguan bareng sambil makan frenchfries di A&W plus cola, buat briefing kecil2an tentang persiapan ke slamet. Didapatlah kesepakatan hari rabu malem 15/08/07 berangkat ke purwokerto, naek lewat jalur bambangan, so hari kamis cuti kerja (cuti apa bolos neh )

► 15 Agustus 07
Kita sepakat kumpul di terminal kampung rambutan jam 19.30 WTS –>> waktu setempat. Ane yang datang pertama (tepat waktu pula ). Sambil nunggu yang laen datang, makan siomay dulu soalnya laper. Pas lagi pesen siomay, s1nch4n dateng. Pesen deh satu porsi lagi. Setelah siomay abis, ngaso dulu bentar….Pukul 20.00 teng kitkit dateng. Langsung deh kita tancap ke tempat bis yang ke jawatengah. Akhirnya kita naek ke bis SINARJAYA jurusan purwokerto. Ternyata ntu bis kutukupret juga….baru berangkat jam 22.10

► 16 Agustus 07 : pagi
Jam 9 pagi bis baru nyampe purwokerto. Bener2 telat tuh bis…Pas nyampe di terminal, eh ternyata kita ketemu temen laen dari bekasi yang mo ke slamet juga, tapi katanya dia mo nunggu temennya dolo yang belum nyampe. Pagi2 perut laper….sarapan soto banyumas dolo ah. Abis sarapan, langsung kita naik bis jurusan serayu-purbalingga.
► 16 Agustus 07 : siang
Turun di serayu, udah nampak pendaki laen yang nunggu angkutan ke basecamp di bambangan. Setelah belanja keperluan laennya di warung deket situ, akhirnya berangkat ke basecamp bambangan pake angkutan carry yang udah dilengkapi AC (Angin Cipas). Kurang lebih setengah jam perjalanan, nyampe juga di bambangan.
Tak disangka tak diduga…ternyata di basecamp udah penuh sesak oleh para pendaki.

► 16 Agustus 07 : pendakian
Ternyata ada acara pendakian massal pengibaran bendera merah putih 500m.
Setelah mendaftar dan sedikit persiapan di basecamp, pendakian pun dimulai. Dengan langkah pasti, sedikit demi sedikit tanjakan dilalui sambil melewati kebun yang asri disertai debu yang terus menghantui…halah.
Nyampe di pos 1 ternyata ada warung rame banget. Kita pun nyempetin beli extrajozz 2 sachet buat dikocok sama aqua botol. Lepas dari pos 1 dan mulai memasuki kawasan hutan, trek pun semakin berat. Pas lagi capek2nya…eh ternyata ada yang jualan semangka. Siapa yang tidak tergoda pas lagi capek+panas+gerah liat semangka merah memanggil-manggil. Serbuuuu……lanjut naek dikit…eeeh ada yang dagang lagi. Kali ini giliran mendoan yang jadi sasaran.
Perjalanan dilanjutkan, tak terasa udah malam. Ditengah gelapnya malam, kita lanjutkan perjalanan ditemani cahaya senter led. Setelah hampir tengah malam, salah satu teman kami kitkit mengalami cedera di bahu. Akhirnya kita pun mendirikan tenda di pos 3 untuk beristirahat. Setelah berdiskusi, ane sama s1nch4n mo ngelanjutin perjalanan ke pos 5, sementara kitkit tetap di pos 3 karena secara kondisi tidak memungkinkan untuk naek ke pos 5.
Tidak lama kemudian terdengar kabar dari pendaki yang laen kalo terjadi kebakaran di pos 7 dan mulai menjalar ke bawah. Awalnya gak percaya sih. Ternyata setelah dicek, memang benar telah terjadi kebakaran. Dari bawah terlihat api yang semakin membesar dan terus merambat ke pos 5. Didapat kabar kalau kebakaran terjadi karena api unggu yang dibuat sembarangan oleh pendaki.
WHUAAAA….GAK JADI MUNCAK…!!!!
Sesaat kemudian banyak pendaki yang berduyun2 turun karena panik. Kita pun akhirnya ikut turun untuk menghindari resiko yang tidak diharapkan.
Perjalan turun sangat menyiksa. Ngantri…macet…debu…ditambah asap dari para pendaki yang membuat api unggu sembarangan yang membuat sesak dan mata perih.
Tiba di pos 2 akhirnya kita sepakat untuk mendirikan tenda, karena kondisi fisik yang sudah loyo. Dengan sedikit hati kesal karena api unggun yang terus mengganggu, tenda pun didirikan. Setelah makan dan perut kenyang, saatnya sleeping beauty.

► 17 Agustus 07
Pagi harinya setelah sarapan, kita packing untuk kembali turun. Dalam perjalanan turun, kita sempatkan untuk kembali menikmati buah semangka yang menggoda selera. Setelah dihitung ala pitagoras, ternyata setiap pos harga semangka berbeda. Semakin tinggi pos, harganya beda 500 perak.
Sedikit demi sedikit, trek turun dilalui. Debu yang tebal menghambat perjalanan. Akhirnya siang hari sampai juga di basecamp. Setelah bersih-bersih, kita melanjutkan perjalanan kembali ke purwokerto.

► 17 Agustus 07 : purwokerto
Siang hari setibanya di terminal purwokerto, sempat terjadi kebimbangan di hati kitkit. Apakah akan langsung pulang ke jakarta atau jalan2 dulu ke kota purwokerto. Akhirnya diputuskan jalan2 dulu ke kota purwokerto. Wah, kebetulan kita bisa nginep di kos2an ane dulu waktu sekolah di purwokerto. Setelah tiba di kos2an, malam harinya saatnya keliling purwokerto. Alun-alun purwokerto pun jadi tujuan. Setelah puas, kembali lanjut hunting oleh2 khas daerah sono. Ditengah perjalanan pulang, nyempetin dulu makan nasi bandem…..puas….3500 udah dapet nasi 2 bungkus+gorengan 2+es susu
Udah nyampe kos2an, langsung tidur

► 18 Agustus 07
Pagi2 abis packing ulang, langsung tancap ke terminal purwokerto. Naik bis SINARJAYA, perjalanan menuju jakarta pun dimulai. Sore harinya, tiba kembali di jakarta. Saatnya kembali pulang ke rumah masing2……….

Yaah…itulah catper slamet yang lumayan mengecewakan akibat ulah manusia tidak bertanggungjawab. Tetapi masih ada waktu lain untuk kesana….semoga

Untuk ulasan lengkap “kekecewaan” pendakian slamet, silahkan baca ini :
Pendaki slamet yang tidak beradab

Sedikit lampiran ongkos trip ke slamet
> Jakarta – Purwokerto = 35.000 – 50.000
> Purwokerto – Serayu = 7.000 – 10.000
> Serayu – Bambangan = 7000 – 10.000
> Tarif masuk = 3.500

Ditulis oleh Idos, member Kaskus OANC

Iklan
Explore posts in the same categories: Dan Lain - Lain, Hiking

4 Komentar pada “◙ Catper : Gn Slamet ◊ 15-18 Agustus 07 ◙”

  1. rey Says:

    untung beta g jdi 17an di slamet, ga jadi apes deh.hweheehee

  2. eghie Says:

    terbayang bayang dimata waktu ikutan nge-sar nyari anak mapagama yang nyangkut dipuncak slamet bareng anak mpa unsoed, salam buat oyong dari team biru SRU alfa 2.

  3. morishige Says:

    awalnya aku juga mau ke Slamet 17an. tp gak jadi, jadinya ke Merbabu. udah dapet kabar sih dari temen beberapa waktu lalu kalo 17an kemarin ada kebakaran setelah pos 7..

  4. El Mitha Says:

    Aduh sayang banget g bs nyampe puncak slamet…
    Karena tangan bodoh yang betanggung jawab. Semoga orang yg Salah itu akan mengakui kesalahan yg fatal yg prnh dia p’buat. Itu adalah kesalahan yg Fatal..
    Yg bukan hanya merusak Hutannya, tapi Kehidupan yg berada d sekelilingnya.
    Salam Persahabatn untuk semua anak MAPALA yang mengatas namakan dirinya Pecinta Alam SejatI. Mari sama2 kita jg alam kita n’ STOP Global Warming…

    Mari….!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: