Catper : Pendakian MERAPI (6-9 Maret 2008)

Hari kamis sore (06/03/08), bawaan udah gelisah aja…kira2 nyampe gak yah di stasiun senen sebelum jam sembilan malam, secara ntu hari terakhir kerja sebelum long weekend, pasti macet. Duh, mana packingan juga belum beres, P3K sama logistik belum dimasukin. Akhirnya ada angin segar juga…gw dikasih tugas keluar kantor. Kalo kelar cepet, bisa buru2 pulang buat beresin packing neh. Doooh senengnya, ternyata ntu kerjaan bisa kelar cepet juga. Akhirnya buru2 balik kerumah, beresin packing, langsung cabut kerumah temen diciputat buat nitipin motor butut kesayangan, soalnya kalo pake kendaraan umum dari rumah bisa lebih lama lagi.

Nyampe juga diciputat jam 5 sore lebih dikit, langsung jalan kedepan kampus UIN nungguin bis jurusan ciputat-senen. Gak lama kemudian bis yang ditunggu dateng, abis say goodbye ma temen, langsung naek, untung masih kosong plong tempat duduknya. Baru jalan kira2 200meter, eeeh ntu bis malah ngetem lagi. Beuh….dalam hati udah ngedumel ajah. Sabar…sabar…. Akhirnya bis baru jalan jam 6 sore

Sepanjang perjalanan ke senen udah dag-dig-dug ajah, secara jakarta abis maghrib pasti macet. Mana ntu bis jalannya pelan2 banget. Dari ciputat ampe fatmawati jalannya lemot banget. Nyampe jalan diponegoro, hal yang dari tadi ditakutin kejadian juga….macet total!!! Mana jam udah nunjukin setengah 8 lagi! Untung ntu supir punya inisiatif bagus, langsung ngambil jalan ke jalan kecil yang gak macet. Akhirnya nyampe di stasiun senen jam 8.10. OMG….thnx banget pak sopir. Sori menyori kalo gw ngedumel mulu

Masuk depan stasiun, bused…banyak banget orang ngantri beli tiket. Clingak-clinguk dikit sambil caling plus sms temen, ternyata belum ada yang dateng. Yah terpaksa musti nungguin depan pos reservasi. Pas lagi jalan, dari kejauhan keliatan ada 2 orang yang bawa carier segede gaban. Ah…ternyata bukan orang yang gw cari. Tapi gapapa, lumayan buat temen ngobrol. Eh ternyata ntu 2 orang mo ke slamet, trus pernah buka trit gw waktu trip ke slamet kemaren yang gagal gara2 kebakaran. Gak lama, kereta yang mereka tunggu udah mo dateng, so pamitan dah. Yaaah…sepi…sendiri lagi daku disini…pecahkan saja gelasnya biar dimarahin abang bakso…halah

Kira2 setengah 9 yang gw tunggu2 dateng juga, sekar nongol bareng dana n ipul. Trus disusul sugenk, ade, ma aris. Jam 10 kurang dikit, kereta baru nongol. Berhubung yang mo naek ntu kereta bejubel, alhasil mo naek ke kereta ajah ampe dorong2an. Goyang kanan…goyang kiri….masuk juga. Untungnya kita dah pesen tiket seminggu sebelumnya jadi dapet tempat duduk. Tapi dipikir2, ngapain juga rebutan masuk kalo udah pasti dapet tempat duduk

Jes…gonjes…gonjes…(eh gojes gojes ) berangkat juga. Sepanjang perjalanan diisi obrolan ngalor-ngidul sambil sesekali poto narsis. Rada garing sih, soalnya gak ada celaan khas anak2 OANC yang ngangenin…halah . Acara inti perjalanan pun dimulai….moloooor grak

Gak kerasa udah pagi waktu masuk ke stasiun poncol (07/03/08), bubar…bubar…kereta mo mandi dolo. Di stasiun nunggu bentar temen seangkatannya sekar. Sekitar jam 7 langsung cabut ke boyolali pake bis jurusan solo yang lewat depan stasiun. Ditengah jalan, ntu bis malah mogok lagi…terpaksa dioper ke bis laen. Bused…bisnya penuh, mana bawa carier lagi. Gapapa….langsjut teyus. Lumayan latihan jadi tentara yang nungguin pos jaga, berdiri terus Nyampe juga terminal boyolali sekitar jam 11 siang. Langsung dah nyari tumpangan ke daerah selo. Tawar-menawar harga ampe ngotot2an…akhirnya dapet deal harga 85rebu ampe basecamp selo. Yo wis…munggah kabeh.

Nyampe pos retribusi selo jam 12 teng…gak ada orang sama sekali didalem pos. Eh pas mau naek ke basecamp ntu bis diberhentiin ama orang yang katanya petugas retribusi. Katanya gak boleh naek…. Ya udah, turun dipos retribusi, trus ngurus administrasi dolo.

Berhubung waktunya jumatan, the cowok’ers shalat jumatan dolo. Neng sekar jadi petugas penjaga barang dolo. Udah kelar jumatan, langsung nanjak ke basecamp. Ngeek…..capek juga, secara dari pagi belom pada sarapan. Nyampe basecamp langsung pesen nasi goreng….alamaaaak nikmatnya pas lagi laper gini

Rencana kita mo jalan abis shalat ashar, secara masih ada temen yang ditungguin dari solo belum dateng, isnandi n the gank yang rencana bawa 7 personil. Eh ternyata ntu anak baru nongol sore banget…ada juga yang baru dateng abis maghrib . Pas mo magrib, dateng rombongan pake mobil truk, ternyata anak2 sipil UGM. Bused, banyak banget 45 orang. Wah, musti atur strategi biar gak kehabisan tempat camp dipasar bubrah. Setelah briefing dan cek n ricek perlatan, akhirnya baru jalan abis shalat isya. Tujuan kita, langsung ngecamp di pasar bubrah.

Setelah berdoa bersama, perjalanan dimulai. Gerimis terus menyertai sepanjang perjalanan. Sedikit obrolan dan canda jadi penghangat dikala dingin. Semangat kebersamaan jadi obat dikala lelah. Semakin tinggi, trek terasa semakin berat. Lambat laun rombongan pun tercerai berai jadi beberapa kelompok. Gw didepan bareng sekar, sugenk, sama ade. Yang dibelakang gak tau siapa bareng siapa. Beberapa kali kita tungguin, tapi yang ditunggu gak muncul juga, jarak kita sama rombongan belakang lumayan jauh. Yang ada malah ada kelompok kecil dari rombongan anak UGM yang nyusul kita. Akhirnya kita mutusin terus lanjut sampe pasar bubrah biar bisa langsung buka tenda buat temen2 yang kelelahan dibelakang kita.

Sampe lokasi dekat watu belah, kondisi alam udah semakin berat. Kabut tebal didepan mata, tebing dikiri-kanan trek, kerikil kecil dijalur bekas lahar bikin langkah jadi susah, gerimis gak pernah berhenti, jarak pandang paling hanya 2 meter. Ya Tuhan….kuatkanlah langkah kaki kami. Akhirnya secercah petunjuk dikala kegelapan kabut muncul. Dari kejauhan beberapa pendaki yang udah nyampe di deket pasar bubrah memberi sinyal lampu senter kepada kami. Terima kasih Tuhan…. Dari kejauhan pendaki yang memberi sinyal tersebut memanggil kami dan memberikan semangat. Sedikit demi sedikit kami terus melangkah sambil terus mengingatkan dan memberi semangat satu sama lain. Akhirnya dengan perjuangan sepenuh tenaga, jam 12 malam sampai juga dipasar bubrah

Weks…ternyata sebagian besar tempat buat ngecamp udah diisi. Dengan sisa2 tenaga ditengah gerimis dan gelapnya malam, kami berkeliling mencari lokasi yang lumayan bagus. Yah lumayan, nemu juga tempat yang lumayan datar. Dengan susah payah sambil tangan gemeteran akibat dingin yang luar biasa, akhirnya kami berhasil mendirikan 2 tenda. Udah langsung pada beres2 didalem tenda sambil berharap temen2 yang ketinggalan dibelakang bisa cepet sampe.

Berhubung perut udah laper, kita mutusin buat masak duluan. Ups……ternyata carier yang isinya logistik dibawa sama temen dirombongan belakang Waduh, gawat neh, cuman ada mie instan 4 bungkus sama air mineral 1 liter. Air di streamer gw udah abis pula Ya udah, walaupun air pas-pasan, tetep ajah dimasak. Lumayan buat ngisi perut, mulihin tenaga. Berhubung temen yang ditunggu gak dateng2, ya udah kita mutusin buat istirahat dulu sambil terus berdoa supaya gak terjadi apa2 sama mereka.

Sayup2 diluar terdengar ada orang teriak2 “Sunrise….Sunrise….”. Ternyata udah jam setengah 6 pagi (08/03/08). Gw langsung bangun dan buka pintu tenda. Wuuuiiiih…..pas didepan terlihat mata keindahan matahari terbit…Maha Besar Tuhan… Langsung buru2 gw bangunin ade, sugenk, sama sekar. Dinginnya pagi hari gak bikin semangat buat foto narsis jadi berkurang. Abis puas nikmatin keindahan matahari terbit, kita mutusin buat muncak. Awalnya gw sempet ragu soalnya temen2 yang ketinggalan dibawah belum dateng juga. Dengan beberapa pertimbangan, akhirnya gw mutusin buat ngikut muncak. Eit….jangan lupa pake sunblock dulu, biar kulitnya gak item (padahal udah item pula)

Puncak merapi terlihat gagah didepan mata, tapi trek batu2annya bisa bikin ngeper juga. Dengan semangat 45…eh 2008 ding…kita naek sedikit demi sedikit. Baru beberapa puluh meter naek, dari kejauhan kelihatan temen2 yang ketinggalan semalem baru nyampe pasar bubrah. Akhirnya ade mutusin turun lagi buat nemuin mereka sambil nunjukin posisi tenda. Gw ama sekar naek bareng, sugenk malah udah ngacir duluan didepan. Ditengah jalan, tiba2 gw ma sekar nemuin kompor sama nesting yang isinya susu. Karena kehausan, akhirnya sekar minum juga ntu susu Yah gw pikir gpp lah, daripada nanti dia dehidrasi tambah parah, bisa brabe, soalnya cadangan air kita udah habis. Batu besar dan kerikil licin yang mudah jatuh serta bau belerang yang menyengat jadi rintangan sepanjang perjalanan, tapi semangat menggapai puncak mengalahkan semuanya.

Akhirnya sang puncak garuda terlihat didepan mata. Buru2 kita percepat langkah. Alhamdulillah……terima kasih Ya Tuhan….akhirnya sampai juga kita dipuncak merapi. Setelah beberapa lama menunggu, akhirnya temen2 yang ketinggalan semalem nyampe puncak juga. Rupanya mereka ngecamp dibawah pasar bubrah, soalnya ada 2 orang temen, ipul ma dana cedera. Syukur lah, mereka selamat semua.

Dipuncak diisi dengan sesi foto narsis. Foto sana…foto sini….foto situ….beragam gaya dikeluarin. Sugenk pun jadi reporter dadakan bermodal kolor naruto. Semua panji kebesaran dipajang. Sayang…gak bawa spanduk OANC Rasa duka selama perjalanan berubah menjadi ceria. Perjuangan akhirnya terbalaskan, keindahan puncak merapi jadi balasan setimpal. Kepuasan tiada tara….keindahan ukiran alam Sang Maha Pencipta

Puas foto2 sekitar 1 jam di puncak, kita turun ke camp. Gw ma ade nyampe duluan. Pas nyampe camp, hujan tiba2 turun. Waduh, gimana ma temen2 dibelakang, pada bawa raincoat gak tuh Wah lega juga, dari kejauhan mereka udah keliatan, ternyata bawa raincoat.

Abis masak2 dikit, telor ceplok rasa air hujan plus roti tawar basah, kita mutusin buat turun ke camp temen yang ketinggalan tadi dibawah. Ya udah, walaupun flysheet tenda basah kuyup, terpaksa musti packing juga. Sekitar 45 menit jalan, nyampe juga. Walah, ternyata ujan tambah deres aja. Terpaksa ngendon dolo ditenda cukup lama. Sekitar 45 menit, tiba2 cuaca berubah jadi panas banget. Tenda jadi kaya oven aja….pada ngacir keluar tenda dah. Acara pun berubah jadi ngejemur pakaian sama alat2 yang basah.

Beberapa lama kemudian, kita mutusin buat langsung turun ke basecamp. Tapi terjadi insiden. Isnandi ngilang gak tau kemana. Ya udah…panik lah semua. Ada sebagian yang naek lagi keatas buat nyariin dia. Trus sebagian mutusin turun, kali aja dia turun duluan tapi gak bilang2.

Gw duluan turun ma sugenk. Baru beberapa langkah, waduh ternyata ujan lagi. Gak tau gara2 gak konsen ato kenapa, gw tiba2 kepisah sama anak2 laen. Alhasil gw jalan turun sendirian. Dalam hati udah deg2an ajah…jangan2 kesasar. Tambah dag-dig-dug lagi soalnya hari mo gelap. Pas deket perbatesan bosweisen, akhirnya ketemu juga sama rombongan pendaki yang baru naek. Mereka malah tanya “Mas, jalurnya bener gak yah, soalnya diseberang sana sempet liat pendaki yang turun”. Weleh….kok bisa, padahal diseberang itu jalurnya dipisahin sama tebing terjal trus dibawahnya aliran sungai. Pas gw liat, ternyata yang dimaksud sama orang tadi itu sekar, dana sama aris. Tapi gw pikir, kalo gw nyasar, kenapa mesti ketemu sama mereka yang baru naek yang notabene lewat jalur perkebunan yang kemungkinan nyasar kecil banget. Walah…..jangan2 malah sekar, dana ma aris yang nyasar. Ya udah lanjut turun sendirian lagi. Tambah sepi aja neh. Tiba2….gubrak….gw nabrak batu. Alamak…sakit banget kaki gw Mana gak ada orang sama sekali, padahal butuh p3k. Ya udah dengan sisa tenaga sambil tertatih-tatih, gw lanjutin perjalanan. Akhirnya lega juga hati gw, nyampe juga di new selo. Gw mampir bentar diwarung sambil minum pocari sweat…sueger. Gak lama kemudian ipul, dana, sekar, ma aris nongol. Ternyata dugaan gw sebelumnya bener, sekar, dana ma aris kesasar. Untung mereka nemu jalan balik.

Buru2 kita ke basecamp, secara badan udah menggigil kedinginan. Akhirnya nyampe juga….. Ternyata orang yang “ngilang” diatas, isnandi, udah ada di basecamp

ini yg paling gue benci….vandalisme

Berhubung udah basah kuyup, buru2 dah ganti baju. Awalnya setelah pendakian merapi, kita mo lanjut ke merbabu. Tapi kondisi gak memungkinkan, jadi pendakian ke merbabu dicancel. Kita mutusin buat nginep di basecamp, trus baru balik ke jakarta besok. Sepanjang malem kita diskusi masalah pulang ke jakarta. Menurut kabar, semua tiket kereta dah ludes. Jalan satu2nya pulang pake bis. Ya udah, disepakati pake bis aja. Abis makan malem, langsung lanjut ke acara inti….molor

Paginya (09/03/08), pas bangun tidur badan udah kerasa pegel2. Tapi semangat kembali lagi pas waktu sarapan tiba . Pagi itu sarapan masakannya sekar Kenyang…kenyang…. Panas matahari lumayan juga buat jemur baju sama peralatan yang basah. Alhasil, lahan jemuran yang punya rumah habis sama kita Tapi sayang pas mo mandi, air susah banget. Musti nunggu lama biar ember keisi setengahnya

Setelah shalat dzuhur, kita lanjut perjalanan pulang ke boyolali. Sama sopir bus, kita diturunin di agen bis ke jakarta. Awalnya sempet ngotot2an soal harga. Akhirnya deal diharga 60rebu. Sambil nunggu bis datang, kita jalan2 dulu ke toko outdoor yang kebetulan ada diperempatan jalan diseberang agen bis. Walah…ternyata banyak merk aneh sama merk palsu bertebaran. Gak jadi beli dah

Sekitar jam 4 sore, bis yang ditunggu akhirnya dateng. Untung ada toiletnya, jadi gak brabe kalo kebelet Berhubung lelah, perjalanan pulang gak banyak diisi obrolan, rata2 pada diem kecape’an. Gak terasa kita pun tertidur pulas. Tiba2 terdengar suara “Pasar rebo…pasar rebo….”. Kucek2 mata bentar, wah ternyata dah nyampe jakarta. Kita turun di daerah pasar rebo.

Akhirnya kita berpisah menuju tempat masing2. Sugenk naek ojek. Sekar bareng dana ma ade. Aris bareng ipul. Gw sendiri naek taksi kearah ciputat, mo ngambil motor ditempat temen. Nyampe rumah temen, ngobrol2 bentar, langsung cabut kerumah. Wuuuaaaahhh…senengnya nyampe rumah lagi

==========================================================
Akhirnya sebuah perjalanan baru dengan teman2 baru gw lalui lagi.
Sebuah tali persaudaraan kembali terjalin. Sebuah semangat kembali terukir.

Thanks to :
– my GOD
– my familly
– OANC’ers
– sekar…maaf yah kalo masih sama kaya trip kemaren
– aris…semangat terus jadi kapten
– dana…salut buat persiapan perlengkapannya
– ipul…doooh, iket kepala gak pernah ketinggalan
– ade…kesan pertama, pendiem, tapi u nice guy
– sugenk…alamak, ntu kolor naruto gak nguatin banget
– isnandi n the gank…maaf gak terlalu mbaur
– semua pendaki yang udah bantu kita selama perjalanan

special for sekar n the SQ adventure : salut buat semangatnya

==========================================================
REVIEW

biaya :
jakarta – poncol/semarang (kereta ekonomi) : 38.000/orang
semarang – boyolali : 10.000/orang
boyolali – selo : 85.000 (rombongan carter bis 3/4)