[CATPER] Slamet (3428 mdpl) Jateng 20 – 24 Maret 2008

Jauh2 hari sebelum hari keberangkatan, saya sudah ngobrol2 via YM ama s1nch4n & idos tentang rencana utk naek gunung bareng. Awalnya s1nch4n ngajakin utk naik ke Ciremai, tetapi beberapa hari kemudian dia bilang klo mau pindah haluan ke Slamet. Saya sih oke2 aja secara saya lagi sange bgt pengen naek gunung lagi setelah vacum selama 4 thn (terakhir saya naek gunung Gede taun 2004).

Ya udah, setelah tujuan fix ke Slamet, saya langsung mempersiapkan perlengkapan2 dan logistik. Konsultasi ama s1nchan & idos perlengkapan apa aja yg dibutuhkan dan yg masih kurang, bagaimana medan di sana, dlllll.

Ok ..perlengkapan inti kumplit, tinggal belanja perlengkapan tambahan & logistik. Biar

persiapan lebih mateng (emangnya duren?) , saya ngajakin ketemuan ama idos di mega bazar JCC hari sabtu, asal tau aja saya belom pernah bertemu muka sama idos & s1nch4n. Emang pas hari sabtu saya berencana utk belanja dikit perlengkapan printilan kayak rain coat & senter.

Hari sabtu siang saya meluncur ke ITC permata ijo bwt nyari rain coat & senter, tadinya mau ke avtech tebet tp kejauhan. Ya udah saya gak jadi beli raincoat beneran tapi beli raincoat bwt motor alias poncho. senter LED jg dapet di sono, tiba2 idos sms nanyain jadi ke JCC gak? saya bilang aja jadi. langsung saya meluncur ke JCC bwt ketemuan nyampe JCC saya bingung gimana cara nyari idos, mukanya aja blom pernah ngeliat. Ya udah saya telpon dia, katanya udah di dalem. Akhirnya melalui beberapa kali telpon & sms, saya berhasil menemukan batang idungnya yg ternyata dia dateng ama 2 temennya lagi ngisi kuisioner biar dapet hadiah .

Ternyata hadiah yg diharapkan cuma sebuah gantungan konci (kirain laptop)…

Ngobrol2 ama idos, tanya brapa orang yg jadi jln ternyata cuma ber 4(idos, s1nch4n, seandyt dan saya). tadinya kata idos antara 6-8 org yg jln. ya udah deh cuma ber 4 juga yg penting jalan.

Di JCC saya juga ketemu ama abon a.k.a open_sesame yg lagi mencari mangsa para SPG pameran yg montok binti bahenol. Ada 3 org aktivis OANC yg ngumpul di JCC, saya coba sms s1nch4n siapa tau dia juga bisa dateng ke pameran. Ternyata dia lagi sibuk ama kerjaan dan gak bisa ditinggal.

Hari berganti hari saya makin gak sabar menanti tgl keberangkatan.

Senen pulang kantor buru2 mau belanja logistik ke C***f**r ITC permata ijo. Selasa malem pulang kantor langsung packing barang2.

Akhirnya…

-Rabu, 19 Maret 2008-

Pagi2 periksa lagi barang2 biar gak ada yg ketinggalan, sarapan, langsung pamitan sama mami saya jalan ke kantor sambil nenteng keril berisi perabotan lenong segede lemari es 3/4 pintu. bingung juga nih bawanya, maklum naek angkot. akhirnya nyampe kantor, orang2 kantor pada binun. nanyain mau kemana lo??? hehehe, saya bilang aja mau bertapa di gunung slamet.

Malem harinya jam stgh 7 saya telp idos nanya posisi dimana, ternyata dia masih dirumah, dah mau jln ke pasming nitip motor di tempat s1nch4n. saya tanya di rambutan kita ngumpul dimana? idos bilang di mesjid sebelum peron luar kota! Ok saya langsung cabut aja menuju kp rambutan lokasi dimana ke 4 orang ini bertemu sebelum bertolak ke purwokerto. Jam 8 waktu yg ditentukan utk ngumpul, jam di kantor saya masih menunjukkan pukul 7 kurang seperempat.

Takut macet dan telat. Saya mampir dulu di warung padang beli nasi bungkus bwt makan malem. saya nunggu koantas bima 510 jurusan ciputat-rambutan lewat. pas lewat blom begitu penuh, saya naek diomelin keneknya, wah bawa barang gede gini bayarnya 2 orang! sial… gak gitu lama bis jalan, penumpang dah penuh berjubel kaya ikan sarden. kenek teriak2 merapat kanan kiri, terus masuk tengah masih kosong! kosong? ndasmu kosong…

Jam 8 kurang seperempat, bis nyampe pasar rebo, macet bgt! waduh telat deh gw, diomelin nih ama anak2. mana bis mampir dulu di pom bensin lagi. anjist…

akhirnya jam 8 kurang 5 saya nyampe di terminal kampung rambutan.

Celingak-celinguk bentar langsung menuju mesjid. Nyampe mesjid celingak-celinguk lagi nyari siapa tau ada orang yg mengenali dan dikenali. ternyata belom ada. ya udah duduk dulu sambil nunggu. gak lama kemudian seandyt nelpon, katanya dia udah di peron. saya bilang aja kalo saya ada di mesjid dan saya suruh dia ke mesjid. dia bilang, ya udah tunggu bentar. Gw kesono. gak lama kemudian, kucluk-kucluk sesosok makhluk gempal menggendong keril berjalan menuju mesjid. sampai depan mesjid celingukan deh dia, saya panggil aja. Dah 2 orang yg ngumpul, tinggal nunggu 2 makhluk lagi. Lama menunggu, dan yg ditunggu gak nongol2, seandyt telpon idos menanyakan posisi dimana. katanya udah di jalan. ya udah nunggu lagi. sambil nunggu gw baru inget perut yg laper dan tadi saya dah beli nasi bungkus. langsung aja gw makan tuh nasi padang dengan lahapnya tanpa memikirkan klo besok di gunung repot klo kebelet boker.

Jam menunjukkan pukul 9 malem, 2 makhluk yg ditunggu blom nongol juga. Malah nongol sesosok wanita yg juga bawa keril gede. dalam hati apakah rombongan kita bertambah? si seandyt bilang klo tuh cewe dulu juga ikutan ke situ gunung.

gw suruh seandyt samperin, tapi seandyt agak setengah ragu2 juga. gak jadi di samperin deh tuh cewek. gak lama kemudian, dari kejauhan ada penampakan 2 sosok makhluk menggendong keril nongol dari kegelapan, berjalan menuju mesjid. Nah itu dia makhluk yg dari tadi kita tungguin. langsung aja kita samperin kedua makhluk tersebut. ngobrol2 sebentar, si s1nchan langsung mesen soto, nawarin kita klo dia yg mau bayarin. Damn, gw udah makan. akhirnya Cuma bertiga deh yg makan tuh soto.

Usut punya usut, tuh cewe yg tadi nungguin udah ber 4 ama temennya. Ternyata dia adalah sekar, adik kelasnya idos di purwokerto dulu. Mereka mau naek ke papandayan.

Setelah anak2 selesai makan, kita langsung siap2, kencing dulu, periksa keril lagi, pamitan ama rombongan yg mau ke papandayan, cabut menuju peron. ampe peron kita dicegat ama petugas, bilang klo bis ke jawa tengah Cuma tinggal 2 biji dan itupun udah penuh. kita disarankan berangkat besok pagi aja.

WTF…??? kata idos, biasanya bis ke jateng ampe jam 12 malem juga masih berjejer. berdasarkan pengalaman yg lalu, walaupun long weekend sekalipun.

bingung juga memikirkan nasib kita, kita langsung jalan ke tempat bis jurusan bandung dan sekitarnya. rencana mau naek bis jurusan tasik. tetapi, bis jurusan tasik pun penuh, dan penumpang banyak yg terlantar. Celingak-celinguk lagi, idos ngeliat bis jurusan banjar yg baru mau mencari tempat utk parkir. langsung aja kita menyerbu utk naek tuh bis, walaupun masih jalan dan belum pada tempat seharusnya kita naek. daripada gak dpt tempat duduk dan sempet ditereakin ama petugas terminal. dah dapet tempat duduk, keril dimasupin ke bagasi.

nunggu bis ngetem. tapi gak lama, bis dah penuh dan langsung jalan jam stgh 11.

Nyampe tol cikampek, macet pun menghadang. gak tau apa penyebabnya, mungkin si komo lewat! jam menunjukkan tepat pukul 12, bis masih berusaha mengantri di tengah2 kemacetan. mau tidur jugak gerah banget, maklum bis AC (angin cendela), bayarnya 50 rebu. yg seharusnya ke purwokerto dah dapet bis sinjay executive toilet. gakpapa deh yg penting bisa nyampe purwokerto. khirnya bis berhasil melewati si komo, penyebab kemacetan. bisa tidur jugak deh, walaupun hanya tidur ayam. jam 4 subuh bis berhenti di tasik. istirahat gitu lho. ada yg kencing, ada yg berak, makan, minum. gw mah cuman kencing doang.

-Kamis, 20 Maret 2008-

Lanjut, akhirnya sekitar jam 7 or 8 gitu bis nyampe di karang pucung. turun, semua, bongkar bagasi, ambil barang masing2. nunggu bis menuju terminal purwokerto. sampe terminal pwkrto jam 9, bongkar keril lagi. si seandyt mandi, klo gw tanggung mau mandi ntar juga keringetan lagi. selesai bongkar keril, cari sarapan. yg dituju adalah warung soto. anak2 mesen soto, gw sendiri mesen nasi rames. kenyang… langsung cari bis ke bobotsari. turun di serayu sepi. kata ibu2 tukang warung, anak2 yg mau naek dah banyak yg dateng dari pagi. kita belanja dikit snack, dll. langsung naek omprengan ke basecamp bambangan.

di basecamp cuma ada beberapa rombongan yg lagi siap2. bongkar keril lagi sambil registrasi. sekalian nunggu rombongan buluk yg lagi ekspedisi triple S, biar bisa naek bareng. Denger2, rombongan buluk yg terdiri dari buluk a.k.a blue_cloud, mahe, top_eiger dan kopral_jono tinggal tersisa 2 orang yakni buluk dan mahe. kopral jono cuma dapet sindoro, eiger dapet sindoro sumbing.

nunggu ampe jam stgh 3 buluk gak dateng2, ya udah langsung jalan deh.

Ditengah hujan yang tak kunjung reda, kami ber 4 pun memulai pendakian.

Ditengah jalan kita lupa kalo belom berdoa Berhenti dulu, s1nch4n mimpin doa (gak tau dia baca apaan?). Perjalanan pun kami lanjutkan.

Ini adalah bagian yg paling bersejarah dari perjalanan kami. Belum juga sampai di bosweisen alias masih di ladang penduduk, stamina kami begitu cepat drop krn terus menerus diguyur hujan lebat. Akhirnya kita memilih utk berteduh dulu di sebuah gubuk petani yg kemudian kita namakan “gubug derita” i bawah gubug ini, kita masak kecil2an. masak air sekedar utk bikin teh panas & energen serta bongkar snack berupa biskuit. Lumayan buat nambah tenaga.

Hujan lebat belum juga reda maupun berkurang intensitasnya, sementara hari semakin gelap dan angin berhembus kencang, membuat tubuh kami semakin menggigil. Kita mengambil keputusan utk melanjutkan perjalanan, krn kalau semakin lama berhenti malah semakin bikin kedinginan. Saya dan idos mulai melangkah meninggalkan tenda, tiba2 s1nch4n berteriak, “Dos, seandyt kakinya kram”, terpaksa kita balik lagi ke gubug derita. Melihat kondisi seandyt yg gak mungkin melanjutkan perjalanan, idos berinisiatif utk buka tenda. langsung gerak cepat kita bangun tenda dibawah gubug. satu tenda utk 2 org berdiri. Tinggal bangun 1 tenda lagi utk 2 org. Tetapi, setelah dilihat kondisi lahan yg begitu sempit, dan tdk mungkin utk buka 1 tenda lagi, kita langsung berpikir gimana caranya ngecamp dimari? mau balik ke basecamp udah jauh, mau buka tenda udah gak ada tempat. sementara hari udah gelap. Akhirnya idos dpt ide, saya dan s1nch4n suruh lanjut naek, idos & seandyt tetep ngecamp dimari.

Krn seandyt dah gak mungkin naek, keesokan paginya idos nganterin seandyt turun ke basecamp.

Ok, akhirnya dg sangat terpaksa dan berat hati team kita terpecah jadi 2. Team 1 (andreexxx & s1nch4n) melanjutkan perjalanan, Team 2 (idos & seandyt) balik ke basecamp.

Masih dibawah guyuran hujan dan gelapnya malam, kira2 jam stgh 7 saya & s1nch4n melanjutkan perjalanan dg diterangi senter. Selangkah demi selangkah, setapak demi setapak, kami lalui. Melewati hutan belantara dg track yg terjal serta tanahnya yg licin, menembus gelapnya malam, guyuran hujan dan tiupan angin. Ditengah jalan saya baru teringat & menyadari, hari apa ini? kamis. Malam apa ini? malam jumat. dimana ini? di gunung slamet. hehehe… saya cuma diem aja, gak berani ngomong macem2 apalagi ngomong sembarangan. mau kencing aja takut, ampe gw tahan.

Stamina kami semakin drop, s1nch4n sempat beberapa kali berhalusinasi, ngomong sendirian gak jelas. kita harus cepet2 cari tempat buat ngecamp. tadinya target kita adalah ngecamp di pos 5, tapi krn udah capek, kita buka tenda di pos 3. udah ada 1 tenda orang yg berdiri disitu, saya bilang assalamualaikum.

gak ada jawaban. ya udah, bangun tenda, ganti baju, masak2 bentar, langsung molor…balikin tenaga buat besok pagi.

-Jumat, 21 Maret 2008-

Pagi2 terdengar suara berisik diluar tenda kami, ternyata dari tenda sebelah. Matahari bersinar cerah pagi ini. saya langsung bangun keluar tenda utk menjemur barang2 yg basah kehujanan semalam. Masak2 bentar, makan2, langsung beres2 & packing. bersiap melanjutkan perjalanan ke pos 5. Waktu beres2, ada orang lewat tenda kami, baru turun dari puncak. Ternyata si buluk. Sial, sukses dia ekspedisi triple S. Selamet bro buluk ….!!

ngobrol2 bentar, koq cuma sendirian? Mahe mana? Masih dibelakang, kata buluk. Anjrit, ternyata buluk menggunakan taktik & perhitungan yg jitu. Dia jalan dari basecamp jam 11 malem, muncak dpt sunrise, langsung turun jam 8 lewat depan tenda gw.

Gak ketemu ujan setetes pun. Salut gw ama elo bro

Asal tau aja, menurut penduduk sekitar, biasanya ujan turun lewat tengah hari ampe sore atau malem. tengah malem ampe siang biasanya cerah.

Buluk juga bawa keril gak berat2 bgt. cuma 60 liter, itupun jg gak penuh. Krn yg berat2 dibawain ama Mahe yg kuli itu. hehehe… gw jg salut ama elo bro

Gak lama berselang setelah buluk lewat, baru deh si Mahe lewat dg keril di punggung dan daypack di dada. anjrit, kuat banget lo bro… naek turun 3 gunung, tek-tok tanpa nge camp dg dobel keril depan belakang.

kira2 jam 10 kita lanjutin perjalanan menuju pos 5. sekitar jam 12 kita sampe di pos 5. pas kita nyampe baru ada 2 tenda yg berdiri. langsung bangun tenda. Gak lama tenda kita berdiri, dateng beberapa rombongan pendaki yg juga mau ngecamp di pos 5. gak lama lahan di pos 5 penuh terisi tenda. untung kita dateng lebih cepet, klo telat dikit bingung gak dapet lahan.

Ambil air, masak2, makan, istirahat menunggu malam. pas sore menjelang malam, hujan lebat disertai angin kembali menyerang. kami pun panik krn tenda kita (boleh minjem dari om bajindul) kurang meyakinkan menghadapi kondisi seperti ini, krn pasak dah banyak yg ilang. malam datang, hujanpun belum reda, perlahan tapi pasti hal yg dikhawatirkan terjadi. Tenda mulai rembes oleh air hujan, air menggenang di dlm tenda. shit, banjir… Apa boleh buat, sambil nunggu ujan reda, kita peres air dalem tenda keluar egitu ujan reda, bersih2, langsung tidur dg kaki menekuk ampe kesemutan. ….maklum tenda 2 org, diisi keril lagi.

-Sabtu, 22 Maret 2008-

Jam 3 dinihari, saatnya Summit Attack. packing barang2 secukupnya, air minum, snack, kamera, dan tidak lupa spanduk OANC yg udah di jampi2 sama aki

Kata orang2 sih dari pos 5 ampe puncak paling 2-3 jam. Cukup buat dapet sunrise. kita jalan menuju puncak (kayak AFI). sampe plawangan masih gelap, merayap diterangi cahaya bulan dan senter. kondisi medan mulai berpasir & berbatu. makin keatas makin berat dan terjal. kemiringan mencapai 70 derajat.

anjrit, gak terasa matahari dah nongol tapi kita belum juga nyampe puncak.

medan yg berat membuat kita kesulitan mendaki lebih cepat. susah utk mencari pijakan yg kuat, salah2 malah nggelinding kebawah tanpa tau nyangsang dimana.

akhirnya sekitar jam stgh 8, puncak selamet berhasil kita gapai! segala rasa lelah yg dari kemarin menyerang, hilang dalam sekejap. berganti dg rasa, puas, bangga, haru, dlllll. sujud syukur adalah ritual pertama yg saya lakukan begitu menapakkan kaki di puncak. Nampak jelas kebesaran Tuhan, betapa kecil

hambamu yg hina ini. Tiada daya dan kekuatan tanpa pertolonganMu.

Dari puncak slamet ini terlihat juga gunung Ciremai kuningan di sebelah barat, gunung sindoro, sumbing, merbabu & merapi di sebelah timur, laut jawa & pantura di sebelah utara.

Betul2 view pagi hari yg menakjubkan karena memang cuaca lagi cerah banget.

Langsung deh siap2 utk bentang spanduk. Tapi, pas kamera s1nch4n mau dinyalain, eng…ing…eng…gak mau nyala alias ngadat. aaarrrggghhh… sia2 deh pendakian kali ini tanpa dokumentasi coba kutak-kutik, batere di lepas trus dijemur bentar, tetep gak mau nyala.

Ternyata pas diganti batere baru mau nyala tuh kamera. Untung bawa batere cadangan. sial, batere soak bikin panik juga. ya udah deh jadi bentangin spanduk, minta tolong orang suruh jepretin, cheers… agak kecewa juga sih krn wakil OANC di puncak slamet cuma 2 biji.

S1nch4n ngajakin turun ke kawah, ok aja deh krn kita juga ngejar waktu jgn lama2 dipuncak krn siangan dikit pasti ujan turun. bisa repot turunnya ntar. Pas jalan turun ke kawah, kaki saya terasa gak beres. makin lama jalan makin sakit. Wah sendi lutut gw kena nih. sial…

Acara poto2 kelar, buru2 kita turun balik ke pos 5. pas turun inilah saya baru sadar klo pas naik tadi, kita salah ambil jalur. damn pantesan koq jalurnya sulit bgt, gak nyampe2. Di tenga jln menuju pos 5 hujan benar2 turun dg derasnya. terpaksa neduh dolo di pos 7. reda dikit lanjut. Nyampe pos 5 sekitar jam 12, masak2 dolo, makan, beres2 & packing.

Tepat jam 2 kita turun manuju basecamp bambangan. Dg kaki cedera, saya turun dg benar2 merangkak ditemani rintik hujan. s1nch4n dah ngacir duluan. Nyampe bosweisen dah jam 5. track licin banget. mana sendal gw penuh lumpur. Akhirnya lewat juga kita di gubug derita. habis lewat gubug derita saya kepleset 2 kali. shit!

hari semakin gelap, saya terpaksa ganti sepatu biar gak licin. lanjut jalan, koq ada yg aneh sama jalannya? rumputnya tinggi, semak2 lagi. WTF, ternyata kita nyasar, s1nch4n salah ambil jalur. mana dah malem lagi. balik lagi, muter2 gak jelas cari jalur yg bener, akhirnya ketemu 2 org pendaki anak Kelometal, bandung. ya udah gabung deh, soalnya mereka tau jalan. meraba2 di kegelapan diterangi senter yg udah soak baterenya, akhirnya sampe juga di gapura desa bambangan. Alhamdulillah…

Sampe basecamp jam 8 malem disambut ama idos & seandyt yg 2 hari 2 malem nungguin kita dg cemas. gak tau apa yg mereka kerjain selama nunggu di basecamp.

istirahat dolo, sambil makan nasi goreng extra (extra porsinya). laper bos…

abis makan s1nch4n ngajakin mandi di pancuran mesjid. pas mau mandi ini gw inget dah 4 hari gak boker. walah mana gak ada wc. terpaksa nunggu ampe pagi lagi. malem ini kita nginep di basecamp.

-Minggu, 23 Maret 2008-

pagi harinya, anak2 masak2 ngabisin logistik daripada dibawa balik ke jkt lagi.

Chiken nugget yg gw beli sebanyak sekilo, krn gw stock bwt ber 4, tp di gunung cuma ber 2, gak sempet dimasak. sekarang di basecamp baru dimasak.

Udah sharing ama anak bandung tetep gak abis juga.

sebenernya kita rencana mau ke purwokerto subuh, tapi idos celingukan pas subuh gak ada mobil sayur yg berangkat, terpaksa nungguin rombongan lain yg belom nyampe basecamp.

Siang jam 11, baru nongol rombongan yg baru turun. nungguin mereka, jam 2 baru siap2. ya udah, kita jg siap2. 3 mobil yg berangkat menuju terminal purwokerto. di perjalanan pulang inilah kami anggap sbg bonus. krn mobil lewat jalur kebun raya baturaden yg wuiiih mangstab gan pemandangannya.

Hutan masih rimbun & rapat, dibeberapa tempat terlihat air terjun dan sungai yg kuereeen. jam setengah 4 sore kita sampe terminal purwokerto, idos langsung antri tiket bus sinjay. anjrit, tiket abis. adanya tiket sisa jurusan cibitung. Maklum puncak arus balik sehabis long weekend. yo wess lah anak2 memilih nginep di kosan idos dulu, dan baru pulang ke jkt senen pagi. padahal anak2 pada gawe hari senen, tp gpp bolos ajah.

Malemnya kita jalan2 keliling purwokerto sambil makan mendoan. Mak nyusss…

Idos mampir ke kosan seorang wanita adik kelasnya utk mengharap cintanya lagi. Tapi apa daya, wanitanya sudah bertunangan dg pria lain. hiks…hiks… sabar ya dos, dunia tidak selebar daun kelor.

habis dari tempat tuh cewek, kita makan lesehan dolo di pasar wage. makan nasi bandem, sejenis nasi kucing ditemani segelas susu jahe panas. hmmm ajiiib… nikmatnya hidup ini. udah kenyang kita balik ke kosan. gak terasa dah jam 10 malem. kita langsung molor, krn besok subuh harus dah jalan ke terminal.

-Senen, 24 Maret 2008-

Subuh2 buta, anak2 siap2 menuju terminal purwokerto. Cuma cuci muka & gosok gigi tanpa mandi

Mampir sarapan di pinggir jalan menunya gudeg krecek. hmmm mak nyooosss…

Nyampe terminal jam 6, idos langsung ngantri tiket. akhirnya dapet executive 50 rb brangkat jam 7. nunggu 1 jam dolo.

Jam 7.15 bis brangkat, ditengah jalan istirahat saya ama idos beli cemilan buat di jalan. sasaran saya adalah lanting dan idos kacang tau kacang apaan?. gak banyak2 belinya, krn masih ada sisa makanan semalem yaitu keripik belut.

Nyampe rambutan jam 15.15, anak2 berpisah. seandyt naek busway ke kelapa gading, idos & s1nch4n ke pasming, saya ke grogol. Ada pertemuan pasti ada perpisahan. selama 6 hari kita bersama semakin mempererat persahabatan kita. Mudah2an lain waktu kita bisa berpetualang bersama lagi…

==============================

Terima kasih buat:

  1. Allah Tuhan pemilik alam ini, yg telah memberiku kekuatan & perlindungan selama perjalanan ini.
  2. s1nch4n, yg telah menemaniku berjalan hingga puncak.
  3. idos, yg telah memberiku banyak pelajaran di gunung. kesuksesanku kali ini juga kupersembahkan buat elo, walaupun elo pasti kecewa telah gagal memuncaki slamet utk kedua kalinya. gw salut ama elo bro krn sudah dg rela berkorban turun lagi ke basecamp buat nganterin seandyt.
  4. seandyt, walaupun elo gagal sekarang, tetap semangat. lain kali pasti bisa naek ampe puncak. kesuksesan saya juga buat elo deh…
  5. Buat idos, seandyt, s1nch4n, udah minjemin gw duit selama perjalanan. Klo gw masih ada utang, hibahkan saja
  6. anak kelometal bandung, yg udah ngasih tau jalan pas kita kesasar malem2.
  7. Anak2 OANC yg gak bisa saya sebutkan 1 per 1.

sori tulisannya berantakan, maklum nulisnya gantian ama gawean gw. Klo ada yg kurang mohon ditambahin.

Ditulis oleh andreexxx anggota Kaskus-OANC

Iklan
Explore posts in the same categories: Adventure, Hiking

%d blogger menyukai ini: