Puncak Tertinggi Afrika Sasaran Kedua Franky Kowaas

sinar harapan, 7 april 2008

Puncak Tertinggi Afrika Sasaran Kedua Franky Kowaas

Jakarta–Franky Kowaas (46) pendaki yang tergabung dalam Federasi Mountaineering Indonesia (FMI), Minggu (6/4), meninggalkan Jakarta menuju Tanzania, untuk memulai pendakian puncak Kilimanjaro (5.963 m) yang merupakan tertinggi di benua Afrika. Pendakian ini merupakan rangkaian pendakian tujuh puncak tertinggi di tujuh benua, di mana selain Kilimanjaro, juga McKinley di Amerika Utara, Aconcagua di Amerika Selatan, Elbrus di Eropa, Everest di Asia dan Vinson Massif di Antartika. Untuk benua Australia, Puncak Carstensz Pyramid di Papua yang memang masih satu lempeng benua dengan Australia, merupakan yang tertinggi.

Puncak Carstensz sendiri sudah puluhan kali didaki oleh Franky Kowaas, pemandu pendakian yang beroperasi dari Manado, Sulawesi Utara.

Hubungan baiknya dengan para pendaki dunia yang banyak berdatangan ke Indonesia untuk menyelesaikan pendakian tujuh puncak benua mereka itu yang memungkinan Franky untuk diantar oleh Zachariah Minja dari African Adventure. Zachariah sendiri adalah pendaki gunung terbaik Tanzania. “Saya akan mendampingi Franky dalam pendakian dan memastikan keberhasilan ini,” demikian dikutip oleh siaran pers FMI hasil kontak dengan pendaki yang mencatat rekor 200 kali mendaki Kilimanjaro.

Jody Alexander, Ketua FMI, sangat percaya akan keberhasilan Franky. Ketika dihubungi SH Senin pagi ini, ia menyatakan,” Kalau saya rasa, Franky gue yakin lah karena kerjaannya mendaki gunung, karena memang niatnya pingin melakukan seven summit (istilah kalangan pendaki untuk tujuh puncak benua-red), gue yakin dia mampu melakukan itu.”

Jody menjelaskan lebih lanjut bahwa rencananya akhir pekan ini Franky sudah menjejak puncak tertinggi Afrika, dan ia akan kembali ke Indonesia untuk beristirahat seminggu dan kemudian melanjutkan pendakian lagi ke McKinley di Alaska, AS.

Pendakian ini yang sudah mendekati kawasan kutub merupakan uji cuaca ekstrim pertama bagi Franky dan ia akan didampingi oleh Tod Rutledge, dari Mountain Trip, yang merupakan seorang pemandu pendakian terkemuka dunia dengan klien yang dibawanya sampai ke puncak Everest. (adiseno)

Laporan perjalanannya bisa diikuti melalui situs http://fmi-7summits.com atau media online dan cetak lainnya.

Iklan
Explore posts in the same categories: Adventures, Climbing, Hiking, Rafting, Rolling, Rute Pendakian, Tutorial

%d blogger menyukai ini: