Bikin Pull Up Board

Pull Up Board

Untuk menunjang latihan fisik buat Climber, lebih baik kita punya Pull Up Training Board sendiri, ini barang kalo gak mo repot bisa dibeli di toko2 yg menyediakan perlengkapan kegiatan outdoor. Ada banyak ukuraran dan model, ini ada beberapa contoh yg diambil dari beberapa website yg menjual barang tersebut.



ini yg dari kayu


Nah, berhubung di Indonesia ini rada susah nyari barang kaya gitu, apa lagi untuk yang berdomilisi diluar kota2 besar, maka lebih baik kita sedikit berkreasi dengan membuat sendiri.

Disini akan diilustrasikan bagaimana pembuatannya, tapi mari kita bahas dulu pengaplikasiannya.

Setelah nanti Pull Up Boardnya jadi, bisa dipasang di atasnya kusen pintu / pintu kamar dimana kita sering lewat atau yg jarang dilewatin orang banyak sekalipun itu dirumah kita sendiri. Contoh pemasangannya seperti ini..

atau

Pada gambar kedua, itukan keliatan dasarnya adalah papan dan untuk pegangannya dari climbing hold atau disini lebih dikenal dengan istilah ”point”. Kalo emang gak mau repot yah bisa ajah beli point seperti itu atau pakai yg kita bikin sendiri [lihat artikel “Membuat Point Climbing”] tinggal dipasang dipapan dan di baut ke tembok diatas kusen pintu.

Tapi seumpama mo sedikit repot / susah dapetin point / mo lebih irit, masri kita berkreasi dengan bahan besi siku / besi L, papan dan dyna bold.

Bahan-bahan yg diperlukan :

Papan kayu keras [jangan kayu borneo, kalo bisa minimal dari kayu jati belanda / kayu nangka] dengan ketebalan minumal 15 mm supaya gak mudah patah / belah. Lebar 15 cm Panjang 50 cm

Dyna Bold 7 cm, 5 buah

Besi L / Besi Siku, Lebar 5 cm Panjang 45 cm Tebal 3 mm

Kayu reng [kayu keras] à untuk membuat model lainnya

Peralatan yang diperlukan :

Gergaji

Bor [mesin / tangan / manual sama ajah]

Mata Bor Kayu

Mata Bor Tembok

Mata Bor Besi à untuk bolongin besi siku, kalo gak mau repot, bisa minta bolongin di tukang besi

Kunci pass / Kunci Hex

Cara buat :

  1. Pastikan kayu yg dipilih adalah jenis kayu keras, seperti kayu jati, nangka, jati belanda, ulin atau sejenisnya
  2. Kalau mau yg halus, papan bisa di serut dulu sebelum dipotong
  3. Potong papan sepanjang 50 cm
  4. Buat lubang di pojok kanan-kiri bagian atas untuk penempatan dynabold
  5. Ambil besi L / Besi siku yg sudah dipotong sepanjang 45 cm, lalu dilubangi 3 buah tersebar merata disatu sisi, jangan melubangi terlalu dekat dengan ujung agar tidak mudah patah
  6. Pasang besi L / besi siku yg sudah dilubangi tsb ke badan papan, lalu lubangi lagi papan sesuai dengan lubang yg ada di besi L / besi siku
  7. Ukur posisi penempatannya di atas kusen pintu, lalu tandai titik-titik yang harus dilubangi
  8. Lubangi tembok dengan menggunakan bor tembok, leboh baik sedikit lebih panjang dari panjang dynabold yang akan digunakan, tapi hati2 jangan sampai tembus tembok
  9. Pasang dynabold-nya dan kencangkan

Catatan :

Sebaiknya penempatan tinggi board sedikit lebih tinggi dari jangkauan terjauh dalam artian kita harus jinjit untuk meraih pegangannya dengan maksud supaya sewaktu melakukan pull up kita tidak perlu menekuk kaki terlalu banyak

Informasi Tambahan :

Pengunaan :

Alternatif Design :


Pull Up yng benar :

Selamat berkarya dan berlatih..!!

Explore posts in the same categories: Adventure

%d blogger menyukai ini: