Tebing Simarsolpa

Ada mitos yang mengatakan bahwa Tebing Simarsolpa ini angker. Tapi ternyata mitos itu tidak pernah menyurutkan minat para pemanjat Tebing untuk terus memanjatnya. Dolok Simarsolpa, demikian penduduk sekitar menyebutnya. Dalam bahasa Simalungun, Dolok artinya gunung. Dolok Simarsolpa terletak di Dusun Duren Bauggal, Desa Sindar Raya, Kecamatan Raya Kahean, Simalungun, Sumatera Utara. Duren Bauddal adalah sebuah dusun yang agak terpencil di antara perkebunan sawit. Jaraknya sekitar satu jam perjalanan kaki dari Desa Sindar Raya yang sudah cukup ramai. Selain penduduk asli setempat, daerah ini juga banyak dihuni masyarakat asal Pulau Jawa yang dulu datang bertransmigrasi.

Di sisi timur Dolok Simarsolpa terletak tebing terjal menjulang setinggi 250 meter. Tebing yang dikelilingi Bukit Barisan ini kerap menjadi incaran pemanjat tebing yang berkunjung ke Sumatera Utara. Bagian bawah tebing berlumut dan licin karena tertutup pepohonan lebat membentuk kanopi. Cacat tebingnya bervariasi, dari cerukan panjang mirip talang air sampai beberapa crack (rekahan). Pengaman yang banyak digunakan terutama sisip pegas (friend) dan beberapa buah piton (paku tebing). Juga terdapat banger pada tiap pitch (titik perhentian sementara). Di bagian tengah terdapat tiga buah gua kecil yang cocok untuk menginap jika menggunakan pemanjatan alpine. Puncak tebing berupa hutan lebat yang didominasi tumbuhan bambu. Secara keseluruhan grade (tingkat kesulitan) rute pemanjatan di Simarsolpa adalah 5.8 menurut versi Amerika.

Tebing Simarsolpa terletak di tengah perkebunan kelapa sawit, tepat di belakang rumah Pak Wir, seorang lelaki berkelahiran Solo, Jawa Tengah, yang telah puluhan tahun menetap di dusun ini. Di rumah Pak Wir biasanya para pemanjat yang ingin menaklukkan tebing Simarsolpa menginap. Rumah kayu yang berlantai tanah ini sering disulap menjadi base camp yang ramai oleh pemanjat.

Apabila anda berniat memanjat Tebing Simarsolpa, di awal pemanjatan terdapat cerukan panjang mirip crack sampai pitch 1. Bentuk crack seperti ini yang biasanya menjadi santapan nikmat saat memanjat karena tidak banyak tenaga yang harus dikeluarkan, tapi lebih mengandalkan teknik keseimbangan. Setelah pitch 1, jalur pemanjatan berupa face nyaris tanpa crack menuju pitch 2. Pitch 2 merupakan tempat yang asik untuk istirahat makan siang sambil menikmati alam Simalungun dan deretan pegunungan Bukit Barisan. Apabila anda kebetulan membawa kamera, sesekali anda bisa membidik kawanan burung rangkong yang melintas.

Apabila anda sudah sampai di pitch 5 maka anda dapat leluasa melihat puncak tebing yang jaraknya hanya sekitar 40 meter. Bentuk permukaannya bervariasi, dari vertical (tegak lurus 90°), overhang (menggantung) dan slab (kemiringan 70°-80°). Titik overhang ini yang biasanya sulit dilalui. Namun, asal punya sedikit nyali semua jadi diatasi.

Untuk tiba di Dusun Duren Bauggal, pengunjung dapat memulai perjalanannya dari kota Medan. Dari Medan, dapat menggunakan kendaraan umum jenis Colt L-300 menuju Pasar Sakti, Tebing Tinggi. Pasar Sakti adalah kota terakhir sebelum kita memasuki desa Sindar Raya. Dari Pasar Sakti berganti angkutan bus ukuran tiga perempat yang langsung dapat mengantarkan kita ke Desa Sindar Raya. Selama perjalanan Pasar Sakti -Tebing Tinggi, kita akan disuguhkan pemandangan perkebunan kelapa sawit yang tertata rapi dan eloknya alam Simalungun. Sesekali terlihatkumpulan penduduk yang banyak meluangkan waktu di kedai-kedai kopi.

Desa Sindar Raya bukan tempat perhentian terakhir. Dari sini harus berjalan menuju Duren Bauggal sekitar satu jam lebih. Namun, jika beruntung akan ada kenderaan menuju Dusun Duren Bauggal dengan hanya sepuluh menit perjalanan.

Dolok Simarsolpa, kini tidak sebaik dulu lagi. Tatanan rapi kebun sawit di kaki tebing adalah hasil bongkaran hutan yang dulu masih lebat, populasi burung rangkong dan walet menurut cerita penduduk, tidak sebanyak lima-enam tahun lalu. Titik-titik api masih sering kelihatan membara memusnahkan lebatnya hutan untuk dijadikan perkebunan. Dan yang paling mengerikan tebing celah timur Dolok Simarsolpa mungkin akan lenyap digusur dinamit akibat rencana penghancurannya. Batu-batu tebing khabarnya akan digunakan untuk pembangunan bandara Kuala Namu di Deli Serdang.
16 Jan 2006

Iklan
Explore posts in the same categories: Climbing

48 Komentar pada “Tebing Simarsolpa”

  1. my home town Says:

    ngga nyangka, my dolok simasolpa terkenal juga di kalangan para pemanjat tebing
    jadi ingat masa lalu, setiap pulang ke kampung saya selalu sempatkan ke dolok simolpa tuk melihat keindahan dan merasakan semilir angin dolok simasolpa


    • Horas tu na siam,

      salam kenal ma tene,
      Kami dari Warung Risky Sindarraya mengucapkam salam kepada seluruh pecinta dolok simarsolpa dimana kalian berada, khusus nya bagi pengelola web ini dan seluruh rakyat Simalungun..

      Pemberitahuan kepada teman-teman yang datang dari luar kota menuju dolok simarsolpa yang akan melakukan pendakian, pastinya akan sangat lelah dalam perjalan, karena menempuh jarak dan waktu yang cukup lama,

      maka dari itu bagi teman-teman yang nantinya akan menuju lokasi dolok simarsolpa pastinya akan melewati desa Sindarraya, nah di sindarraya terdapat tempat peristirahatan sebelum menuju kesana, singgah dan mampir ke Warung Risky Sindarraya untuk beristirahat dan mengisi tenaga kembali untuk persiapan pendakian.

      tempat nya tidak terlalu jauh dari lokasi (di sindarraya jl. panglima nunut, simpang empat), hanya berbedakan kampung saja (durian baggal), dan pelayanan kami akan memuaskan kalian dalam pengisian tenaga anda.,.

      semoga informasi ini berguna untuk kita semua khusus nya pecinta dolok simarsolpa…

      Keterangan lebih lanjut…
      web : http://www.warungrisky.blogspot.com
      fb : Warung Risky Sindarraya
      tweet :@warungrisky

  2. Wijaya H I Damanik Says:

    Sudah seharusnya dolok simarsolpah dilestarikan karna potensinya sangat bgs dan tempatnaya jg strategis .saya adalah salah satu putra yg tinggal dekat simarsolpah tepatnaya nagori Durian Baggal……..horazzzzzzzzzzz

  3. akhyar lubis Says:

    hmm… terakhir kali saya ke gunung tersebut di akhir tahun 2007. mashi terlihat burung rangkong bertengger di kayu tualang… dan sungai masih kelihatan bersih.
    gimana ya rasanya kalau sudah sampai puncak gunung.. apalagi gunung marsolpit… kelihatan ya… semuanya,,….

    lestari alamku….!!!!

  4. MURSAING DAMANIK Says:

    ” Ketika menyaksikan begitu indahnya gunung “simarsuppit” dan “simarsolpah” hati sangat terkesan dan bahagia tak terungkapkan, yang mana sungguh besar kuasa Tuhan akan bumi ini. Tuhan memang sayang sama mahluknya sehingga bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan. Memang sejak dulu hingga kini simarsolpah sudah terkenal, khusunya bagi para pencinta alam – pendaki gunung. Meskipun medan kesana sangat sulit tapi orang selalu saja berusaha menaklukkannya ” said : mursaingputratinasaragih.blogspot

  5. willy Says:

    hai king

    Aku sedang ad di medan sumatera utara.
    Kl. Yos Sudarso No. 3.B Lk.15 Gelugur Medan Sumatera Utara Indonesia.

    Aku pengen manjat. Ajak ya.

    Leader
    Willy.


  6. Horas ma batta ganupan ,mudah2an simarsolpah tetap berjaya hususni huta Durian Baggal””””””””””’Diateitupa

    apa tuh artinya bang ?

  7. Wijaya Hot Imando Damanik Says:

    perlu kami beritahukan kepada semua teman2 yg hobbynya HIKING pada saat ini .kami sangat menunggu teman2 semua dimana pun berada supaya datang ke tebing SIMARSOLPAH tepatnya di desa DURIAN BAGGAL raya kahean.dan jga perlu km sampaikan akses mau kesana sdh gampang krna jalan mau menuju kesana udh dibangun.jd anda bisa mengambil dua jalur alternatif yakni dr TEBING TINGGI dan PEMATANG RAYA .sekian informasi yg dpt km sampaikan smga dpt berguna bt kt semua.

    SALAM DARI KAMI SEMUA
    **anak pencinta alam**

  8. pemuda GKPS Durian Baggal Says:

    kami selaku pemuda setempat sngt bangga sekali atas keberadaan TEBING SIMARSOLPAH yg ada dikampung kami.setidaknya ini adalah salah satu instrument buat kami utk memperkenal kan desa kami ke khalayak banyak dimana pun berada.dan kami rasa ini jga potensi keindahan alam yg ada di SIMALUNGUN .dan kami sangat berharap kepada pemerintah SIMALUNGUN dapa mengambil sisi positif utk membangun SIMARSOLPAH ini untuk menjadikan salah satu tempat pariwisata yg ada di SIMALUNGUN..
    “SALAM DARI KAMI PEMUDA GKPS DURIAN BAGGAL RESORT RAYA KAHEAN V”


  9. Ternyata simarsolpah sudah banyak dikenal khalayak banyak//tapi sayangnya belum ada perhatian khusus dari pemerintah untuk pelestarianya.tapi kita tidak tahu tindakan pemerintah kedepanya apalagi ibu kota simalungun sudah di P.Raya.

    salam dari kami Jemat GKPS Durian Baggal……

    gkpsdurianbaggal@yahoo.com


  10. memang kalau kita sadari .TEBING SIMARSOLPAH sngt berkesan bagi semua orng..

    ..SIMARSOLPAH BERSERI.!!


  11. Pada saat SIMARSOLPAH disebut maka teringat lah kami kampung halaman.yg mana ini adalah salah satu tempat yg berkesan dan indah..
    …moga SIMARSOLPAH akn lebih maju khususnya desa DURIAN BAGGAL..syaloom


  12. SIMARSOLPAH memang sngt berkesan buat kami putra/putri DURIAN BAGGAL.yg skrng sudah jauh dari kampung tepatnya di kalimantan timur .namun bayanganya masih terniang dibenak ketika msh kecil yg mana setiap paginya menatap indahnya pemandangan SIMARSOLPAH yg indah..

    salam dr kami..


  13. dipagi hari yg indah kelihatan simarsolpah yg sngt menawan di tutupi asap putih yg tebal..km sngt senang begitu besar kuasa Tuhan utk semua..

    ….Murid2 SDN 091717 Durian Baggal..

    Sepertinya anda bertempat tinggal gak jauh dari lokasi, boleh minta foto terbarunya bro ?


  14. Tepatnya tanaggal 1january 2009 di tebing Simarsolpah Desa Durian Baggal sangat banyak dikunjungi khalayak banyak dan dapat diinformasikan hampir setiap hari orng berkunjung disana dalam suasana Tahun baru .dan diperkirakan pengunjung2 bukan hanya masyarakt setempat melainkan diluar daerah seperti Tebing Tinggi dan Medan.

  15. Alfared D Says:

    Nasiam hasoman par huta in jaga nasiam ma ase ulang iparseda alam ni dolok simarsolpa in, songon hayu-hayu ulang i robohi, batu-batuni ulang i di namit, ase tetap lestari, jadi boi maholi jadi tujuan wisata hutanta in. Boi do bahen nasiam homa songon LSM na manjaga kelestarian ni simaprsolpa.

  16. Parda Ligraya Says:

    Boi do homa ibahen harungguan parguruan “dihar” use i huta Durian Banggal pakon i huta Bah Pasunsang, lanjar harungguan on ma gabe pangawas bani halestarion ni Dolog Simarsolpah sonai age Dolog Simarsumpit na hampit Bah Pasunsang.
    Ai bahat do niombah ni huta homa na boi mandukung laho mambahen harungguan nidokan ai. Adong do Lawei nami Jan Toguh Damanik, adong do homa pandodingta Damma Silalahi.

    Horas ma………

  17. yasir muammar lubis Says:

    Bwat.., Kawan kawan Yang Maw MAnjat ,Kira kira kapan kmi bisa ke sana..,,. ??? Atau Dalam Tahun ini ada G Turnament Panjat Tebing.,.,.,.,!!! Thanks

  18. Robin Says:

    Seharusnya,kita harus menjaganya.karna merupakan aset yg sangat berharga.tp,jgn lupa ke panei raya.disana ada satu objek wisata yg blm anda ketahui.ialah bahapis.sungai yang indah jernih,bersih.juga dapat dipakai untuk arum jeram.hanya 4km dr desa sindara

  19. melky sipayung Says:

    simarsolpah potensi kabupaten simalungun, mari kita jaga, dan dimasa yg akan datang yg mengelola harus kita juga.

  20. u.pur tam.kp tongah Says:

    siholan use au mulak lo,hu huta, halani mandingat dolg simarsolpah ai,halani tiap taun baru tiki marumur kira2 sappulu dua taun au,ongga ma naik hu atas simarsolpah ai,sonari domma daoh lo dol, jai attigan do hita mulak lo parantou par dur bag? arah kon nassiam au da,tarlobih natading ijakarta on da keh,…

  21. u.pur tam.kp tongah Says:

    etah marsitandaan sahuta par dur bag….

  22. riki arman Says:

    Saya Riki muhammad arman xPLW006TA dari PMPA PALAWA UNPAD bandung. mau perintisan jalur ke tebing simarsolpa. bisa minta CP n nama organisainya.?
    mohon penjelasanya.


  23. Hanami na iparantau an.sihol mlk do,laho mangidah dlk in.tar lobih nagori Bornoh Horas

  24. saiden saragih Says:

    hanami pangaranto sihol do uhurnami laho manatap hu dolok simarsolpah in,

  25. jaka Says:

    horas simalungun jaya
    horas batta ganupan


  26. dur bag,memang membuatku rindu ingin pulkam,,

  27. Anonim Says:

    memang indah pemandangan simasolpah selain keindahannya tempatnya jga sejuk.tapi jarang jga aku kesitu walau pun aku orang situ(org amborokan).sekarang susah lah buat q tuk lihat simalsolpah karna aku udh jauh

  28. karlo Says:

    tapi selain simalsolpah ada juga tempat wisata yg tak kalah menarik di raya kahean yaitu bah apis.sekitar 3 kilometer dari sindar raya


  29. Horas tu na siam,

    salam kenal ma tene,
    Kami dari Warung Risky Sindarraya mengucapkam salam kepada seluruh pecinta dolok simarsolpa dimana kalian berada, khusus nya bagi pengelola web ini dan seluruh rakyat Simalungun..

    Pemberitahuan kepada teman-teman yang datang dari luar kota menuju dolok simarsolpa yang akan melakukan pendakian, pastinya akan sangat lelah dalam perjalan, karena menempuh jarak dan waktu yang cukup lama,

    maka dari itu bagi teman-teman yang nantinya akan menuju lokasi dolok simarsolpa pastinya akan melewati desa Sindarraya, nah di sindarraya terdapat tempat peristirahatan sebelum menuju kesana, singgah dan mampir ke Warung Risky Sindarraya untuk beristirahat dan mengisi tenaga kembali untuk persiapan pendakian.

    tempat nya tidak terlalu jauh dari lokasi (di sindarraya jl. panglima nunut, simpang empat), hanya berbedakan kampung saja (durian baggal), dan pelayanan kami akan memuaskan kalian dalam pengisian tenaga anda.,.

    semoga informasi ini berguna untuk kita semua khusus nya pecinta dolok simarsolpa…

  30. raja Says:

    nantikan saya di sana. 🙂

  31. Coki Gultom Says:

    akhir-akhir ini, aku makin sor mengenal dan memahami sedikit banyak tentang dolok simarsolpah…. dengan rasa penasaran, setiap lewat dari durian baggal ke sondi raya, tidak pernah lupa utk menanyakan alkisah seputar simarsolpah dan simarsuppit. banyak bilang bahwa keduanya adalah bukit (dolok) kembar… masih dalam pencarian ku…

  32. Cyndy Says:

    Gunung tersebut merupakan gunung yang ada di kampung opung kami. Kampung tersebut di namakan bahpasunsang

  33. arion euodia saragih Says:

    parlobei makkatahon tarima kasih ma hubani hasoman nami na adong isekitar lokasini dolok simarsolpah in termasuk ma ai, Durian Baggal, Buttu Ganjang, Bornoh, Pakon Bahpasunsang, pakon haganup sekitarni .tarlobih hubani pemuda pemudi na tading ihuta, tolong jaga kerukunan antar desa ulang be namin songon nadopin anggar jago ganupan, perobahilah sikap pribadi kita masing- masing anggo sihol do uhurta daerah ta in maju. halani untuk mamajuhon sebuah daerah namarpotensi jadi tempat wisata naiutamahon ai ma kedamaian/ keamanan ni jd ai tergantung bani pemuda setempat. HORAS TANOH SIMALUNGUN.
    HIMAPSI, KOTA MEDAN

  34. Boruni parsarunei durian banggal Says:

    Tarimakasihma hubani haganupan nassiam hasoman na mrmlsni uhur mrhtei huta nami durian banggal aima dlok simarsolpah, pangindoan nami haganupan parhta ase ulang ibuat sada batu pe hun dolok ai nlaho padearhon aha pe,, lng stuju hanami anggo huta hatubuhan nami ai iparseda. Halani aido sada moment gmbaran hta nami na jngs,, hubani si parjuma sektr dolok ai ulng ma iprsda, ase totap gbe kebanggaan hta hatubuhanQ Durian Banggal goranni,,
    salam nami keluarga parsarunei sumbayak,, horss

  35. daulat saragih Says:

    horas. sekedar informasi bukit simarsolpah menuju kerusakan karna pembalakan liar dan penanaman kelapa sawit, kurangny sosialisasi dari pemkab untk menjaga kelestarian kpd masyarakat sekitar. dulu cuaca sejuk tp sekarang berubah panas.

  36. Trikora Says:

    Mari rapatkan barisan untuk Kab, Simalungun lebih baik…
    http://bonapetruspurba.wordpress.com/


  37. hidup simarsolpah ulang lupa bani simarsolpit.horas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: