Mendaki Eksotisme Gunung Rinjani

PERSERIKATAN Bangsa-Bangsa yang bermarkas di New York, menetapkan tahun 2002 sebagai tahun “Ekowisata, Gunung Berapi Internasional, dan Warisan Budaya”. Tema utama yang diusung itu terasa tepat di tengah maraknya kerusakan lingkungan, yang berakibat buruk bagi kehidupan manusia.

 

Di Indonesia, Presiden Megawati meresponnya dengan Pencanangan Tahun Ekowisata 2002, yang peresmiannya dilaksanakan di Puncak Selo, Kabupaten Boyolali, tepatnya di celah Gunung Merapi-Merbabu. Gerakan nasional ini mencerminkan kepedulian dunia pariwisata terhadap kelestarian lingkungan.

Secara sederhana, ecotourism atau sering disebut ekowisata merupakan sebuah produk pariwisata yang memanfaatkan aset alam dan lingkungan secara arif dan bijaksana. Sehingga kekayaan serta keanekaragaman hayati bisa lestari dan serasi dengan komunitas manusia di sekelilingnya.

Keputusan pemerintah untuk menggalakkan ekowisata di Indonesia adalah sebuah langkah tepat. Hal ini didasari kenyataan bahwa basis kekuatan pariwisata Indonesia sebenarnya terletak pada anugerah kekayaan alam yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Dengan memiliki 129 gunung berapi atau 13% gunung api di dunia, prospek pengembangan ekowisata di Indonesia bisa dibilang cerah. Sayangnya, hanya sedikit kawasan gunung berapi yang dikelola secara ekowisata yang menghasilkan devisa negara. Selebihnya terbengkalai dan rusak parah akibat kesalahan pengelolaan dan penebangan liar.

Salah satu gunung berapi di Indonesia yang terkenal ke seantero dunia adalah Rinjani. Setiap tahun, tercatat ribuan wisatawan asing dan domestik mendaki gunung berketinggian 3.726 m dpl (dari permukaan laut) ini. Tak pelak lagi, Gunung Rinjani menjadi incaran pencinta petualangan alam bebas.

Terletak di sebelah utara tanah Lombok, Nusa Tenggara Barat, Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia. Ketinggian puncaknya hanya terkalahkan oleh Pegunungan Jayawijaya di tanah Papua dan Gunung Kerinci yang berada di tanah Sumatera.

Ada beberapa jalur pendakian yang sering dipakai untuk mendaki Gunung Rinjani. Namun bagi petualang yang pertama kali berkunjung ke Lombok, disarankan memilih jalur Sembalun Lawang. Pos awal pendakian di jalur ini relatif murah dan mudah dijangkau dengan transportasi umum.

Dari gerbang pelabuhan laut Lembar, perjalanan menuju terminal bus di Kota Mataram. Di terminal tersedia kendaraan elf jurusan Mataram-Aikmel. Sekira 1 jam perjalanan, sampailah di kawasan Aikmel. Di sini, para petualang disambut kendaraan elf yang langsung menuju pos pendakian Sembalun Lawang.

Selama menempuh perjalanan, kita melewati hutan tropis ditambah atraksi monyet liar di pinggiran jalan. Areal perkebunan kol, cabai dan bawang terbentang luas. Selain itu, tersaji pemandangan ngarai hijau mempesona yang dihuni suku Sasak tradisional, suku asli Pulau Lombok.

Setiba di pos pendakian Sembalun Lawang, para pendaki wajib mendaftarkan diri. Sebelum keberangkatan, petugas jagawana memberikan pesan agar menjaga kebersihan dan menghormati adat istiadat penduduk setempat. Tak lupa diterangkan pula lokasi mata air yang tersembunyi.

Bagi yang membutuhkan, tersedia jasa guide (pemandu) atau porter (tenaga angkut), yang dilengkapi penyewaan peralatan serta perbekalan standar pendakian gunung. Pengelolaan jasa wisata yang melibatkan suku Sasak ini, menerapkan tarif berbeda bagi wisatawan asing dan wisatawan lokal.

Medan pendakian

Tantangan awal yang mesti ditempuh adalah padang sabana yang luas dan berbukit-bukit. Karakteristik alam ini memberikan pengalaman baru bagi petualang yang biasa mendaki pegunungan di tanah Jawa. Biasanya pegunungan di Jawa lebih banyak menyuguhkan hutan homogen dan heterogen.

Tanah tandus berdebu disertai iklim yang menyengat membuat stamina cepat terkuras. Hanya di beberapa tempat terhampar rumut ilalang yang lebat sebagai makanan lezat bagi lembu-lembu gembala. Di tempat tertentu terdapat pos khusus yang bisa digunakan berkemah dengan mata air dan wc darurat.

Sehabis padang sabana, medan perjalanan terasa semakin berat. Tanjakan terjal dengan jurang menganga mulai hadir di antara rimbunan hutan heterogen. Gunung Rinjani bisa dikatakan aman dari ancaman binatang buas. Burung, monyet yang bergelantungan dan ayam hutan yang kerap dijumpai di hutan.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 7 jam, sampailah di pelawangan (punggungan gunung) Sembalun Lawang. Lokasi yang ditumbuhi cemara gunung (Casuarina junghuniana) ini merupakan pos pendakian terakhir sebelum menuju puncak.

Pelawangan Sembalun Lawang terletak persis di lereng penyangga Danau Segara Anakan. Walhasil, sembari istirahat, pendaki bisa sepuasnya menyaksikan keeksotisan danau raksasa yang terbentuk secara vulkanik akibat letusan Gunung Rinjani.

Sayangnya cuaca di ketinggian ini sangat mudah berubah. Serangan kabur dingin bisa datang mendadak menggantikan cuaca panas menyengat. Tak jarang angin badai mampu merobek bahkan menerbangkan tenda. Namun, pesona sunrise dan sunset menjadi momen yang tak terlupakan seumur hidup.

Lantas ada dua pilihan: melanjutkan petualangan menuju puncak atau langsung turun ke Danau Segara Anakan. Medan perjalanan menuju puncak berat dan cukup berbahaya. Padang pasir, kawah, dan jurang yang seolah tanpa dasar, akan memaksa berpacunya adrenalin selama 3-5 jam perjalanan.

Sedangkan medan perjalanan menuju Danau Segara Anakan tak kalah menegangkan. Para pendaki harus lincah menuruni lereng cadas dengan kemiringan berkisar 40-80 derajat. Yang patut diperhatikan ialah resiko reruntuhan batuan yang membahayakan jiwa pendaki.

Danau Segara Anakan

Bagi suku Sasak, Danau Segara Anakan dianggap tempat sakral yang harus dijaga kesuciannya. Danau berwarna hijau dan biru itu, digunakan pula sebagai tempat ziarah dan peribadatan umat Hindu, Islam Wettu Telu (sinkretisme Islam-Hindu) serta kepercayaan pada Tuhan Yang Maha Esa.

Maka tak perlu heran, bila mencium asap dupa atau menemukan kembang sesaji di sekitar tepian danau. Selain itu, Suku Sasak sangat menghormati tempat persemayaman Dewi Anjani ini, yang dipercaya sebagai penguasa tertinggi alam gaib Gunung Rinjani ini.

Air danau yang berasa kesat, akibat campuran air tawar dan air belerang ini, diyakini sebagai obat ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Percaya atau tidak, nyatanya keadaan ini menyebabkan tumbuhnya kearifan budaya lokal untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menghindari eksploitasi sumber daya alam.

Terlepas dari semua itu, para pendaki akan merasa dimanjakan alam. Untuk melemaskan otot yang tegang, kita bisa berendam air panas seharian di beberapa kolam belerang alami. Walaupun dijadikan tontonan puluhan monyet liar yang bertaring tajam.

Yang paling mengasyikan, tentunya membakar ikan di pinggir danau. Ikan mas, mujair dan harper yang berukuran besar berkembang biak dengan pesat di danau ini. Bila kurang ahli memancing atau sedang apes, kita bisa membeli ikan dari pemancing lokal yang sering muncul di musim liburan.

Di seberang danau terlihat gundukan bukit pasir yang sering mengeluarkan asap putih ke angkasa. Orang-orang menyebutnya sebagai Gunung Baru. Tak banyak keterangan mengenai gunung pasir yang masih aktif tersebut

About these ads
Explore posts in the same categories: Dan Lain - Lain, Hiking

244 Komentar pada “Mendaki Eksotisme Gunung Rinjani”

  1. La An Berkata

    Foto diatas itu dr plawangan senaru ya…
    pernah ngedaki sekali
    jenis medannya banyak bngat
    pantas teman2 bilang “klo dah naik rinjani serasa dah naik semua gunung yg ada di indonesia, soalnya semua jenis medan ada di gunung rinjani”

    iya poto ini di ambil di sisi pelawangan senaru
    setiap yg naik ke rinjani lewat sini mayoritas ambil posisi potonya gak jauh beda dari ini.

    medan, cuaca dan sensasi rinjani emang luar biasa…
    bikin pingin balik lagi

    beruntunglah orang2 yg dapet kesempatan untuk ke rinjani

  2. tia Berkata

    aku pengin liat lagi foto gunung rinjani soalnya aku br sekali naik ke merbabu lewat selo indah banget kan terus pengin tau literaturnya gunung rinjani bagusnya naik dari mana gitchuuuu thank.

    makasih udah mampir ke sini..
    kalo saya lebih suka naik Gn. Rinjani dari Sembalun Lawang, turun ke Senaru, karena startnya landai walaupun panjang banget jalurnya dan cuma ketemu apa padang ilalang, menjelang pelawangan baru deh medannya berat, sampai di pelawangan bisa istirahat dan ada sumber air walaupun rada jauh, nah dari sini bisa summit attack dini hari, baliknya turun dulu ke danau segara anakan, bermalam disana akan dapettin suasana yg gak akan bisa dirasakan didaerah manapun, unik deh pokoke..
    nah pulangnya baru ke arah senaru, menjelang jalan mendaki gak jauh setelah danau, kamu bakalan dapet spot untuk photo2 seperti gambar diatas….. selamat mendaki…!! tapi tetep jaga kelestarian alam yah…!

  3. haikal Berkata

    duuhh…. bulu kuduk q jadi berdiri baca ni tulisan. Jadi pengen pulang ke Lombok ….. hu..hu… hu…pengen ke puncaknya lagi…. Wait for me, Rinjani. Doain biar bisa daki ni gunung ya, siapa tau suatu saat kita ketemu, di Rinjani. ^_^

    wew…ente orang lombok yah….
    boleh dong nih kapan2 main2 ke lombok..ente jadi tuan rumahnya…

  4. haikal Berkata

    boleh aja. tapi kalo liburan aja yah. soalnya sekarang lagi kul di pulau seberang. tapi besok mo pulang nih, rencananya mo naik Rinjani. ikut??? :D

    wah…mantap nih
    dimana posisi sekarang ?

  5. La An Berkata

    Agustus emang waktu yg pas buat ndaki. lupa nama acara 2 tahunan yg di adakan mahasiswa2 disana. mngkin tahun ini kali acara itu di adain lagi. dan biasanya di bulan agustus.

    hehehehehe…. ndaki lwat sembalun, trus turun lewat senaru, bermalam dan macing 2 ato 3 hari di danau. waoooowwww… jadi pingin lagi. yg mau naik rinjani, jngan lupa bawa peralatan mancing. rugi dah klo ga nyempatin diri nginap di danau, trus menikmati ikan hasil mancing. benaran bakal rugi bangat klo ga ngelakuin itu…..

    Kayanya mancing di segara anakan udah jadi menu wajib kalo naik ke Rinjani..:D
    emang sih rugi banget kalo naik Rinjani gak pake acara bermalam di Segara Anakan, sambil mancing tentunya..

  6. FrYDay Berkata

    tolong disertakan juga dong keterangan jalur bis ato angkutan serta harganya ..?
    kita yang biasa bokek ini biar bisa kumpul2 duit…hehehehe
    ada tempat yang bagus ga buat mancing ikan disana….dilaut maksutnya….
    sebab selain hobi naik gunung kita hobi juga mancing dilaut….
    sbab kabarnya laut sana bagus masih asri…hehehehe
    tapi kita ga suka mancing keributan…..hehhehehehhe

    coba liat ke halaman jalur2 pendakian deh, kayanya udah pernah saya posting disana
    kalo untuk mancing emang enak di lombok… bisa berangkat dari gili trawangan, dari arah ampenan disana gampang dapetin sewa perahu untuk ketengah

  7. rully @btm Berkata

    lama sdh tak naek gunung lagi, pengen lagi mengulang masa2 dl. Dulu hbs ker injani trus ke gili trawangan.Gili trawangan dulu bule2 terutama cewek pada nudis tak tau skrg. Gili trawangan asyik jg coy.

  8. iyon Berkata

    Subhanallah…cuma kata itu yang pantas buat ngungkapin keindahan dan kemegahan pesona Rinjani.Bener-bener agung dan ga’bisa diungkapin dengan kata-kata

  9. b.upit wong edan Berkata

    gunung ini danaunya bnyk ikan tai eh tau…!

  10. yanuar Berkata

    keren dech rinjani…,
    besok pas pengambilan NO q mau kesana ah….,
    tungguin kita dari arek2 PATAGA Untag Surabaya………

  11. Q WEL Berkata

    NTAR GW DAKI AH….

  12. yasinta kaban Berkata

    jadi pengen daki

  13. yasinta kaban Berkata

    sebagai manusia kita pantas ngucapin syukur…syukur…syukur..alhamdulillah karena allah SWT dengan penuh anugrahnya masih mau ngasi kita sesuatu yang mang bener-bener indah seperti gn. rinjani

  14. yasinta kaban Berkata

    bener kata iyon, subhanallah bgt
    deh

  15. Desta Berkata

    Trnyata da juga z, lombok ya g pedez tapi nikmat
    hehehe……………………………………………………..!!!!!

  16. mooi Berkata

    hueh,,,jd ngiri,,,,

    gw penginnn…nnnn! bgt muncak rinjani,, takut krburu lu2s kuliah,,trus kerja,,nikah,,yah,,tanggung jwb makin banyak,,(cewe sih..)n gw bkl nyesel seumur hidup klo blom jajal rinjani,,,,

  17. sh1nch1 Berkata

    Rinjanii.. kapan yach bisa naik gunung rinjaniiii..

    ajak2 donk klo daki gunung rinjaniiii

  18. fitriani Berkata

    waw… keren banget…….
    jd pengen kesana, mungkin gak yach????????

  19. anton Berkata

    pengen kerinjani
    kasih info donk
    hub 08883345987

  20. anton Berkata

    ya minimal peta perjalanan
    apa bantuan dana
    gak yang penting info peta
    apa rute perjalanan dari malang
    berapa lama
    peralatan yang ngedukung
    thanks banget

  21. dame Berkata

    wahh..jd ga sabar nunggu desember, pgn naik neh…btw, desember bagus ga buat naik rinjani??

    setahu saya, waktu terbaik untuk mendaki Gn. Rinjani itu bulan Juli – Oktober atau pada musim kemarau, karena akan dapetin pemandangan yg spektakuler dan minim bahaya, karena medan setelah pos terakhir / pelawangan sembalun adalah pasir yg rawan merosot, biasanya desember udah masuk musim hujan jadi perjalanan kurang nyaman dan disana akan sering terjadi badai

    .

  22. permadi Berkata

    boleh juga ya

  23. Muhammad Rausyan Fikry Berkata

    wahh, jadi inget waktu ke Argopuro. ngelewatin perkebuanan teh… air terjunnya yang tinggi… dan indah.. banget.tebing2nya itu lho, yang bikin cape banget!!!belum puncaknya, yang susah didaki,tapi indah banget, kota malang keliahatan jelas.(aliran sesat). kang,ini mah serius. dari Bandung berapa biaya buat ke Gn Rinjani?2008 kita mau ke sana.

  24. rivai Berkata

    seandai cewe gw tau betapah indahnya alam diatas pegunungan, ingin sekali w ajak dia.

  25. feldi Berkata

    naik gunung adalah hal yang paling membahagiakan

  26. ramly Berkata

    kpn-kpn kl ada pendakian massal kerinjani gw dari KARPALA Universitas indonesia mau dong ikut.tp maaf nihh pengalamannya masih sedikit.maklum aja KARPALA baru ke bentuk 6bulan ini.thanks

  27. Cahyo Berkata

    Pgn bgt naek g.rinjani.. klo dr jakarta rutenya gmn ya.. Trims.

  28. anton Berkata

    rinjani
    kasi info donk
    081334400300
    yang fren ilang

    • supermen lombok Berkata

      Selamat and sukses utk teman2 KARPALA,utk tmn2 yg pengen naik rinjani kapan aj sy and tmn2 tunggu dngn senang hati. sy tinggal di lereng timur rinjani lombok timur. Sy tnggu di 087 863 300 080.

  29. anton Berkata

    selamat buat KARPALA
    viva Pecinta ALam
    salam dari anak MAPAWIKA_MALANG

  30. taqi Berkata

    salam rimba
    ekowisata adalah proyek imperialisme (investor asing) untuk bisa menguasai kekayaan alam dana keindahan alam di indonesia, dan tidak ada hubungannya dengan kelestarian lingkungan, silahkan kawan-kawan cek sendiri siapakah pengelola ekowisata itu, apakah pengelolaannya diberikan pada masyarakat sekitar kaki atau lereng gunung yang hidup miskin ataukan dikelola perusahaan swasta yang hanya bertujuan mengeruk keuntungan semata tanpa memperdulikan kesejahteraan masyarakat sekitar atau kerusakan lingkungan yang mungkin timbul.
    ekowisata yang ada saat ini hanya tameng pemerintah untuk terus mempertahankan pengusaan lahan hutan yang potensial untuk diberikan pada perusahaan-perusahaan swasta (imperialisme = investor asing), dan bukan untuk menumbuh kembangakan kesejahteraan rakyat sekitar hutan gunung dimaan tempat ekowisata itu berada, seandainya adapun status masyarakat disekitar ekowisata itu hanya sebatas kuli dan bukan pemilik sah selaku pemegang ulayat atas lahan itu.
    salam rimba

  31. fathur Berkata

    rinjani, wah gw pengen banget naek.abangku pernah naek,fotonya keren2 banget lho,gw juga jadi pengen naek.

  32. sigit Berkata

    rencana gua pengin kesana kalo ada temen gua mau. kapan ya. hubgi saya. gua tgg. dulu gua suka naik ke sumbing n merbabu. udah lama gak naik. ayuk rencnain. gua di jakarta. fathur, cahyo, kesana yuk. tapi cewek gua ribet. 081383488344

  33. sigit Berkata

    maret ada tgl merah rencana mau kemerbabu

  34. Aminudin Berkata

    Tolong donk kirim rute penerbangan dari surabaya lombok sampai dengan kaki Gn Rinjani dan salam lestari ya

  35. cantigi Berkata

    Salam Rimba………..!!!!!!!!!!
    familiy saya sering menceritakan G.rinjani,saya sangat terobsesi dengan gunung ini.kalo ada waktu dan kesempatan saya ingin merasakan naik gunung rinjani

  36. Ross Itari Berkata

    *_* Duh’khangen-x bs sprti klian2 smua yg bs mendaki/melihat Rinjani dri dkt….

    Aq jdi iri….. Syg’Allah blm bs ijin’kn Aq ke Rinjani,tpi ngk apa2 dri artikel ini Aq

    smakin tau tntg gunung2 yg aq mimpi’kn ini….

    Mkasih’atas artikel-x…

  37. restu trustiana Berkata

    enak ya dach yampe di sana.gue ikutan dong klo ada yg ke sana.pingin tahu rasanya lihat sunrise rinjani.

  38. vero sendi Berkata

    saya pengen banget naik ke rinjani gunung nya keren abiss………
    saya iri sama kaka saya yang udah ke rinjani padahal cwe loh aku jadi mlu.

    liat fotonya aj keren2 pokonya mak nyussssssssssss

  39. vero sendi Berkata

    saya pengen sekali naik gunung rinjani?????

    saya iri sama kaka saya karna dia udah perna k rinjani……
    liat foto-foto nya keren….

  40. amien gagah Berkata

    aku kagum ma keindahan gunung rinjani tapi kok banyak orang yang ga peduli dengan kebersihannya

  41. Gaper BATICAGA Berkata

    T.O.P Abiesss,,,,,,,,,,,,,,,,,,RINJANI MOUNTAIN,,,,,,,,Segara Anak,,,,,W Pgn jelajah ksna,,,,,,,tnggu tanggalnya,,,,,,,,Salam Rimba,BATICAGA Pondok Bambu,Cip MUara 02,Jack-Team,,,,

  42. RIAN PALASIGO Berkata

    alow fren2,,,,,w cah PALASIGO,GOMBONG Jawa-Tengah,w kmrn bais event ke G.MERBABU,SLAMET,SINDORO,,,,,,,W m ank2 jg pnya planning ke G.RINJANI LOMBOK,,,,,,Tnggu diSEGARA ANAK,W BW PANCING,,,,,

  43. asmila Berkata

    hei temen2 yang udah ke gunung rinjani,,,,,,,pengen liahat donk foto-foto nya cz aku ga pernah ke sana,,,,

    dihalaman foto2 disini juga ada kok fot2 rinjani

  44. aji Berkata

    rencana saya bareng anak2 mapela(mahasiswa penikmat alam) sipil POLBAN mo kesana.Tp,kayaknya diundur deh coz,kebentur dana uy,,,
    mmmh,,,RINJANI,,,RINJANI,,,
    wait me o.k

  45. bagoi Berkata

    aku,pendaki dari Tasikmalaya nama organisasiku ”ARTAVIO” setelah membaca semua ini aku ma kawan kawanku rasanya belum cukup exspedisi kami tanpa mencoba menapakan kaki ini di gunung rinjani.mudah mudahan dengan keadaan seperti sekarang ini kita masih bisa mendaki gunung itu.benar benar bikin aku penasaran ..rinjani tunggulah kami.Salam hormat dari kami buat pendaki and pecinta alam di seluruh indonesia marilah kita jaga semua titipan illahi ini.

  46. nova Berkata

    GOES 2 RINJANI
    dua hari lagi aq ke Rinjani

    wah asik tuh.. sukses yah and bagi2 catper dan poto2 nya dong sepulang dari sana

  47. eddy Berkata

    ceritanya menarik…. jadi pengen daki nie

  48. ery' scout Berkata

    saya bangga jadi anak sasak yang memiliki panorama gunung rinjani yang terkenal di seantero jagat dunia

  49. Arif Tirtana Berkata

    Bagus sekali yach……. salam kenal dari saya…………….?

  50. g. balak. s Berkata

    rinjani…rinjani…rinjani…
    tunggu gw y!!!

  51. Yudi Berkata

    Hi rekan-rekan pencita alam, adakah diantara kalian yang mempunyai contact person di Rinjani, seperti guide dan porternya? Saya rencana mendaki di bulan Oktober ini bersama 4 teman saya. Seandainya anda bisa membantu untuk memberi info tersebut, alangkah berterimakasihnya saya. Sebelumnya terima kasih banyak.

  52. brekele Berkata

    dear yudi, coba kontak Pak Aam, 081339609205. bulan lalu saya pakai jasa dia untuk organize perjalanan di rinjani, 3d/2n summit & lake.

  53. galing Berkata

    to yudi: yu coba datang saja ke Kampus UNRAM ke FAk.Ekonomi disana rekan2 siap ko u/ anter kalian.

  54. rendra aditya p Amd Berkata

    Salam rimbaaaaa n salam kenal buat kawan2 pecinta alam?ane dari jakarta nh tepatya di bekasi he.he?ane mau nawarin tenda isi 4 orang ama tas cerill ya 60 liter harga 500ribu masih bisa nego lh klo ente2 ada yang niat bsa sms ke no ane 08988351294/or krim lewat email or friendster ane rendra_adoma@yahoo.com

  55. upHiL Berkata

    GW SIY BELOM PERNAH KE rInjani tapi gw liat coment temen temen kayanya seru gila …
    klo gw pengen ke sana gw temenin ya …

  56. Yudi Berkata

    makasih buat brekele dan galing….gimana dong ke Unram? masuk gitu saja? terus nanya nanya siapa yang mau nganter ke Rinjani….he he kan malu dong….by the way berapa ya kira kira sewa guide dan porter ama perlengkapan segala? satu lagi…ada yg tahu ngga kapan Pakelem di Rinjani untuk tahun ini?

    Maksih lagi

  57. inot Berkata

    aku mo ke rinjani bulan agustus , kalo ada yg mo ke sana boleh gsbung dong

  58. ina Berkata

    gue jadi penasaran ngedaki rinjani, i coming rinjani………..wait me!!!!!!

  59. semut ireng bppn Berkata

    kang seru bnget ya di rinjani……….
    jdi kepingin nie………
    rencana ama temen2 mau ksna bulan juli awal da yang mau temenin ngak
    and aku btuh info yang banyak nie…………….
    thanks
    salam lestari

  60. Dania Berkata

    ada macan nya ga?

  61. Sora Kangsalegawa Berkata

    Weeeihhhh…, RINJANI MAnnnnnnn!!!!!,
    Gunung yang paling menawan seindonesia.., tapi kapan ya gw ke sana.., waktunya euy yang selalu mepet.., Ada Bro2 yang tau pasti ga… berapa hari yang diperlukan ke Rinjani (Normal), kalo dari Bhekhashe???? Thx

  62. fiqihsantoso Berkata

    wah Rinjani tuh gunung ayng belum kesampean saya daki…kira2 kalau dari bandung abis berapa yah budgetnya?

  63. jogja`hiking Berkata

    wew keren banget potonya..
    bikin pengen kapan ajak anak jogja naik ke rinjani.. hehehe

  64. joshbudhi Berkata

    Salam kenal… gw anak Jogja, rencn ber:3 mo ke G.Rinjani (agst 17-an) tlg dunk ksh inpo ttg izin pndakian, route n porter yg dpt dihubungi. Ato ada yg mo kesana tgl2 tsb,boleh kami gabung? Plz hub gw 085643187515 mail joshbudhi@gmail.com ok thxs.. (tlg inpo secepatnya..)

  65. mpl 012 05 pl Berkata

    tunggulah aq rinjani !!!!!

  66. anton(goog'Dier)mapawika Berkata

    rinjani….
    17 agustus ini kita ketemu di sana ya…
    semoga yang kuasa mengijinkan
    buat anak unram
    aku boleh minta anterinkan

  67. bie2 Berkata

    katanya agustus bsk da lomba di gn.rinjani?lomba pa?dalam rangka pa?bsa ga gw gabung?

  68. emilio Berkata

    uiih kalo naik gunung rinjani bikin pengen lagi pengen lagi pengen lagi…………………ahh ah ahhhhhhh

  69. emilio Berkata

    nih bagi yg pengen naik gunung rinjani gue cuma ngasih info adveture rawamagun tiap tahun ngadain pendakian bareng mau ikut

  70. Rino Berkata

    satu2nya gunung yang membuat saya merasa malu coz aku belum bisa menaklukan nya …….. TUNGGGGGGGGGGGUUUUUUUUUU PEMBALASAN DARI SSSSSSSSSSSSSSSAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

  71. edzie Berkata

    mang biasannya brp baget’a???
    kebetulan hum gout dsekitar jak-tim…
    lamkenal…

  72. gembel Berkata

    rinjani…
    best thing in my sucks life

  73. Margoe_Leo Berkata

    Salam petualang……

    Memang benar menurut berita yang saya dapat dari media cetak maupun telekomunikasi terutama dari internet… Pemandangan disana katanya sangat bagus sekali tidak kalah dari Semeru, saya sendiri belum pernah mendaki kesana…

    Insyaallah akhir lebaran tahun ini nanti kalau dikasih umur panjang, saya rencana mau mendaki kesana… Itu juga dalam acara mendaki bareng ama JEJAK…

    Kalau ada info sekitar rinjani khususnya bagi kawan-kawan yang baru naik kesana, boleh e-mail ke saya dan saya tunggu beritannya…..

    Salam…

  74. Margoe_Leo Berkata

    Ehhh sorry lupa,

    E-mail gw…. margo@sewi.co.id atau ke ponsel saya 081510231789

  75. samar Berkata

    insyaallah agustus ini aku ke Rinjani , doain bisa muncak dan selamat kembali yaa!
    tank’s

  76. Rama1 Berkata

    woi..bro, ,klw lo pd mo ke RiNjanI, Qta rncana bln desember jg maw ksna, ,mau ngelewatin TAUN BARU’an di RinjaNi. bagi yg mo gabung contact us 08567915255/085624636667 fajar/Rama1

  77. talas Berkata

    Salam lestari………
    Selama ini saya dengar tentang eksotisme G.rinjani, insya allah setelah lebaran ini saya akan ekspedisi ke rinjani. Minta doanya kepda semua yach? O ya klo bisa aku minta jalur-jalur g.rinjani atau petanya donk!

  78. Nirmahda Bertha Berkata

    belum sempurna kaki ini kalo belum k Rinjani, tapi saya udah janji sama diri sendiri engga bakalan ke Rinjani kalo belum lulus kuliah, bentaaaaaaaaaaaar lagi, ngelarin skripsi dulu,setelah Rinjani trget berikutnya adalah Lembah Baliem dan CarteinZ…….beeeeeeeeeeeh. kalo udah lulus kuliah kan enak, mo mati di sana sekalian juga engga masalah


    weeeeehhh…. ckckckckck
    targetnya mantaf men..!! lembah baliem…& cartenz ..!!
    congratz yah…semoga cepat terlaksana niatnya…!

  79. Yudi Berkata

    Haluuuuu semuanya..yang dah pernah ke Rinjani, tolong dong kasih saya contact person di Rinjanni! Aku tunggu benar2 dari kalian bisa kirim disini atau ke emailku yudisaptono@yahoo.com

    Maksihhhhh

  80. riki yakup Berkata

    bagi Para pendaki…. baru. di umumkan ayo….. cepet naik mendaki Gn.Rinjani
    KAMI Dari RAWAPALA BEKASI KATE, PACOK. Yang pernah naik Gn.Rinjani
    25 kali. lagi-lagi trs tiap thn pergi ke lombok.
    duch seru bgt yang belum pernah pasti akn ingin ke Rinjani.
    semua Gn. yg ada cuma di pulau jawa yang indah perjalanannya YAITU gn. RINJANI
    BEST PARA PENDAKI INDONESIA
    RAWAPALA BEKASI

    Rinjani emang spektakuler….LUAR BIASA…!!
    kalo ada kesempatan, saya juga masih mau kesana lagi..

  81. harie Berkata

    Hanya ada satu kata yang terucap klo dah sampe sana. MANTAAB…..
    Saran tuk Pencinta Alam dimana aja yang blm mampir, jangan fikir panjang lebar, ada wakttu, dana cukup, BRANGKAAAAAAT……..

  82. Sastra Irawan Berkata

    Gunung rinjani…. Luar biasa indahnya. saya pernah berjanji “sebelum menginjak kaki di atas puncak rinjani belum bisa melepas mas lajang ku ” akhir 2002 lalu…. kuwujudkan niat ku….. bagaimana kabar rinjani skg? Mungkinkan seindah dulu? Pingin jg kesana lagi suatu saat nanti bersama istri dan anakku .

    Salam Rimba,
    Anak_KERINCI

    ajak anak istri ke rinjani….? wow…
    itu juga niatan saya ….

  83. endang Berkata

    awalnya ini impiannya
    tapi kini tlah menjadi impianku juga
    Rinjani,,,,,
    sabarlah menanti kedatangan kami

  84. riotzky Berkata

    wah2…mudah2an november gw jadi ke rinjani,soalnya gw pnasaran sama gunung yang satu ini,skalian nyoba naik gunung diluar pulau jawa..
    thx yah buat infonya

    sukses yah pendakiannya

  85. spl_abay Berkata

    aq lyt fto senior qu wktu di rinjani
    mngkin ini panggilan jiwa gw,,,,
    gw hruz kesana,,,,,

  86. aqyel_31 Berkata

    kalo dari jogja kira” habis biaya brapa ? Apa benar sampe 1.5 jta ? Mohon d blas karena ini penting seX . Insya 4Wi saya akan naek rinjani bulan juli . Amien :-) .. Makasi

  87. mountainering Berkata

    .gw anag jogja . .kira” kalo maw naek
    Rinjani dari jogja brapa hari ? Biayanya brapa ? Bles yah . Ptg bgd nui .. Aq pgn bgd naek gnung luar jawa. Aq uda naek merapi,merbabu,sndoro,smbing,slamet,lawu .. Insya 4Wi dalam waktu dkat pgn k rinjani. . Mohon d balas.

  88. mountainering Berkata

    .gw anag jogja . .kira” kalo maw naek
    Rinjani dari jogja brapa hari ? Biayanya brapa ? Bles yah . Ptg bgd nui .. Aq pgn bgd naek gnung luar jawa. Aq uda naek merapi,merbabu,sndoro,smbing,slamet,lawu .. Insya 4Wi dalam waktu dkat pgn k rinjani. . Mohon d balas ya ya ya

    wekekekeke…saking semangatnya ampe nulis berkali-kali….
    Ke Rinjani dari jogja abis berapa hari ? yah tergantung transportasi apa yg dipakai, kalo naik pesawat sih perjalanan jogja – lombok – jogja sih cuma 2 hari, nah untuk pendakiannya sendiri sebenarnya bisa dilakukan 3 hari 3 malam, tapi gak enjoy.. yg enak sih minimal 4 hari, dengan perhitungan 1 hari pertama pendakian sampai post terakhir [pelawangan sembalun] hari 2 summit attack dan langsung meluncur turun ke Segara Anakan, Hari ke 3 Istirahat di Segara Anakan. Hari ke 4 Meluncur turun. Dari Mataram ke pos pendakian PP kira2 abis deh ongkos 100rb. ongkos jogja – mataram tergantung naik kendaraan apa…

  89. zakaragi Berkata

    wahhhh rinjani…….kangen banget gw mau ke sono lagi
    mau tanya dunkz …..klo ke rinjani sekrang ongkosnya berapa yah
    secara gw dulu pernah ke sana taun 96 masih bisa bawa duit 300rb…

    RINJANI……..semua yg kita mau ada disana

    bulan apa tuh bro ?
    jangan2 pernah ketemu, gw taon segitu juga naik sana…

  90. Anonymous Berkata

    bahenolelo

  91. Haryo Berkata

    mau tanya donk

    perincian biaya ke rinjani kalo kita berangkat dari jakarta.

    bales ke email gw yak !

    terima kasih banget buat infonya

    -salam rimba-


    dishare disini ajah yah
    biar bisa berguna juga buat yg lain

    • agus sulis Berkata

      mau tanya lagi soal masalah biaya kerinjani berangkat dari jakarta.karna terakhir disini saya lihat tahun 2008 sudah selang 2 th kira2 ada perubahan harga ga ya…kalo bisa tolong kirim ke email.setan_alas79@yahoo.com,kalo tidak ya tidak apa2 tapi mungkin saya akan kesulitan mencari alamat ini lagi.trims salam rimba

  92. kriskartika Berkata

    Salam Rimba !!
    kawan tlong liatain air plawangan sembalun masih ngalir ndak ?!
    cinta dan pengabdian ada di rinjani semua
    ____________i love rinjani——————–

  93. david Berkata

    rinjani…
    aku pasti k sana..
    suatu saat nanti..

  94. Rivan Berkata

    Rinjani…

    I love Rinjani…

    Mudah2an gw bisa kesana lagi…

    See U Rinjani…


    Amin….
    semoga cepat terlaksana…

  95. ipunk_tm Berkata

    hore….akhirnya w jd jg ke rinjani….

    WOW….
    selamat yah….pasti pengalaman yg sangat mengesankan,
    bagi2 cerita perjalanan dan fotonya dong, nanti saya posting disini deh artikelnya…

  96. roman Berkata

    jadi pengen ke rinjani neh……

    kpan massal rinjani????

    tolong kabarin

  97. marulam Berkata

    Aku ke Rinjani 26 Nov – 01 Des 2008. Ada yang mau bergabung? Bisa ketemu di Sembalun atau Mataram. Mudah-mudahan dapat cuaca bagus di musim hujan ini.

    Tabik..

    duh…
    kok naiknya musin gini sih bro…
    paling ideal pendakian Gn Rinjani pada bulan Juli – September, pada puncaknya musim kemarau akan dapet pemandangan spektakuler…
    Tapi kalo emang udah tekad sih gpp… moga2 lancar, aman dan nyaman…

    Salut..!!

  98. safar22 Berkata

    sepuluh tahun lalu rinjani terabadikan..
    gimana kabar sekarang “ndo”???
    smoga panji kebesaran rinjani trus berkibar…

    take nothing but picture
    leave nothing but fot print.
    kill nothing but a time

  99. erpan Berkata

    pengen

  100. dewiq maniz... Berkata

    iyo ta……..??? bagus bgt ta rinjani……..???
    da yang mo ngajakin kesana buat pembuktian….???
    hub: dewiq_mps@yahoo.com
    w tunggu ya…

  101. Rian Berkata

    broooo, salam kenal… tulisan ente top markotop, perjalanan ane ke rinjani bikin ane makin akrab sama temen temen ane, makin manyuss lah pokoknya, alhamdulillah perjalanan perjalanan bareng temen temen apalagi pas naik gunung bareng pasti selalu berkesan, mau enak mau engga enak pasti rasanya enaak aja…. mantappppp =)

  102. Senja Berkata

    Pengeeeennnnnn…..


  103. [...] Yang satu ini juga kenangan manis waktu masih suka hiking ke gunung-gunung. Rute terjauh adalah Gunung Rinjani di Lombok. Waktu itu tujuannya bukan mendaki puncak Rinjani, tapi mengambil sampel air, tanah, dan [...]

  104. dedy Berkata

    rencana mw ke rinjani nih tanggal 24dèsember doain lancar2 aja yah pulang pergi(akhirnya keturutan jg naek rinjani) ada yg mw ikut ga? hehe

  105. sigit Berkata

    g jg pngen bener nih k,rinjani

  106. NOVI Berkata

    29 desember 2008
    hai….
    mau dong ikut mendaki rinjani,kapan lg yah?…
    hubungi aku yah klo ada yang mau ke rinjani,thx

  107. edra Berkata

    aduh,.,.,saya udah d lombok nih.tapi g punya partner bet ke sana.padahal saya udah d rumah sdra d selong.saya pgn bgt ke sana.jauh2 dari bandung.ad yg bisa bantu saya ga?
    plisss.,.,.,,bls

    dear edra
    bisa hubungi :

    MAPAWIMA Univ.Widya Mataram
    mereka pasti dengan senang hati menemani kawan sehobby ke gn rinjani

  108. awing Berkata

    gak rugi deh kalo dah sampe rinjani,

  109. sinyo politani SMD Berkata

    rencananya aku ma teman teman mau ke rinjani bulan agustus
    mudah mudahan cuaca bagus ya……
    salam dari kami MAPA POLITANI SAMARINDA
    RINJANI WAIT ME………

  110. bojes Berkata

    mau cie meNDAki Rinjani BuT JauH BanGet daRi LampUng…y MoGA2 Ja Suatu HaRI naNTI KesaMpaian,,,, Bwt Kang KUli N Ka’ Uya aQ ikuT dONk pi GreTongAn y . . .

  111. aL Berkata

    Salam rimba..
    jujur gw Iriiiiiiiii sm u C mUa,Tp dgn ijin “NYA”
    suatu saat mimpi akn terbyarkn. WaiT for me ……..RINJANI
    pLease bNTu doa na …!!!

  112. aL Berkata

    sLam rimba !!! Jujur gw Iriiiiiiiii sm u C Mua,
    Tp suatu saat MIMPI akn terbyarkn. waiT for me …….. RINJANI

  113. Frans Berkata

    Rinjani Is my dream and will be the next destination so if you have information about it. Please sent your information at noctuorno@yahoo.co.id

    Salam Lestari….

  114. d'wOx Berkata

    Ajiiii…b bener!! sebenernya gue juga pengen kesana mungkin belum waktunya kali.semoga aja sebelum gue mati, gue bisa ke Rinjani atau ke gunung-gunung yang belum gue berikan silaturahminya.Amiii…n

  115. ra Berkata

    saya masih menyimpan kerikil2 dari punggung Rinjani dan Air dari Segara Anak yang kukumpul sejak Agustus 2008 kemaren.. Alhamdulilah pernah kesana ..
    dan ingin kesana lagi …
    eksotis abis ..
    tapi sedikit disayangkan, ada tebaran “noda2 tisu” karena kurangnya jamban …
    kita memang susah merawat ..
    hihi .. jadi malu ma tamu dr negeri lain…:)

    SALAM RIMBA …

  116. toni Berkata

    4x aq ke rinjani,gak ada bosennya nikmati keindahannya.sekarang aq uda married jd bertanya tanya dl diri sendiri” Kapan aq ke sana lagi “

  117. toni Berkata

    kapan ya aq kesana lg?istri mungkin g kuat kl ke rinjani,walaupun istriku bekas anak PA.ARDIRIMBAYA GIKI II Surabaya

  118. aura Berkata

    indah sekali negriku,inginku berkunjung sana……!

  119. oky djenonk Berkata

    hos IKMPA
    salam damai bwt pr pcnta alam


  120. Bagus banget………
    Buat anda yang ingin ke gunung Rinjani, silahkan kinjungi http://www.rinjaniadventure.com, kami akan organize semua keperluan mendaki anda. mulai dari, Transport, ticket, asuransi, makanan & minuman, guide & porter, dsb. atau langsung hub 081805231908 (Mr Puspa) untuk info lebih lanjut & sepesial discount.

  121. yasinta Berkata

    wah gunung rinjani oke bgt ya ternyataaa. kalo naek kesana apa aja yang bisa didapet selain keindahannya? buat referensi para pemula ajaaa. hehe

  122. HILMAN ZOY Berkata

    rinjani nmnya aj bikin nafsu ardenalin,ap lg kl ud didaki..smpe kepuncakny,bikin hidup kt jd lebih hidup, duit ad cm mslah wktu aj.cos gw krjany dipabrik sih.. kpn yah bs ksna…

  123. HILMAN ZOY Berkata

    yg punya foto koleksi rinjani .. mau dong.. kirim ke mail gw vmoc_man@yahoo.com. gw tnggu ya..!!

  124. mahapena F.E.unej jember Berkata

    salam lestari……………..

    kami mau ke rinjani dan tambora tapi bingung biaya transportasinya……???

    minta refrensi biaya dari Bali (terminal ubung)ke tambora rinjani…

    kirim ke email ya,,,

    trim’s

    wassalam

  125. AYUNIANDARI Berkata

    kl gw nungg ad yg ngajak aj deh …call me ke no 081383516545

  126. micko Berkata

    rinjaninemang keren abizz……………..bwt kita ngerasa damai…..salam lestari bwt sobat2 mapala semua……..

  127. Joko Berkata

    hmm,….
    saya,. sangat mendukung kegiatan Pencinta alm Kalian.
    karna saya Juga suka dengan hal yang bersangkut pautan dgn alam.
    tp,. 1 Kendala saya untuk itu.
    saya tidak di Dukung oleh Orang Tua.
    Alasan nya Sangat berbahaya.

    Saya, orangnya Suka dengan tantangan,.

  128. ai Berkata

    juli gw mo ke rinjani

  129. boedhy Berkata

    asyik…moga2 bisa slamat ke RINJANI…jaga nama baik MAPA POLITANI FROM BHETET sek

  130. boedhy Berkata

    GOOD LUCKY..tuhan bersama orang yg “berani”. jaga nama baik MAPA POLITAI

  131. harry Berkata

    wah aku pengen banget ni hiking ke puncak rinjani tapi…biasalah nak muda bokek q dah pernah naik kepuncak dijateng. yang dekat dekat tempat tinggal wah kalau da geratisan ke rinjani pasti kan naik

  132. rini Berkata

    rinjani memang penuh kenangan.naik kerinjani taun 99. kami bersepuluh.cewek 4 cowok 6. kami menamakan ini pendakian putri. karena tim inti memang cewek semua.he he yang cowok porter.kapan bisa kerinjani lg????

  133. Rendy Berkata

    Rinjani..Pasti semua pecinta alam siapa yang ga kenal yang namanya Gunung Ini, gunung yang terindah no 1 dimiliki negara kita indonesia..
    InsyaAllah sih bis lebaran idulfitri tahun ini ank2 pecinta alam kita ingin mengunjungi gunung yang terindah di indnesia ini…
    Doain yach semoga pleaning kami tercapai untuk menikmati sunries di puncak Rinjani…

  134. lithe luve Berkata

    gue anak kalimantan…pengen banget naek rinjani….rencananya agustus nanti kalo emank rencananya positif pengen tau neh kalo dari kalimantan kerinjani rute dari mana kemana? besar gak biayanya.kalo dari malang kemana lagi ya…..diblz….dtunggu informasinya

    wah anak kalimantan yah…
    yg pasti dari kalimantan naik kapal laut atau pesawat, cari yg rute mampir ke lombok, kalu gak ada, bisa ambil trip yg mampir ke bali, dari bali bisa naik kendaraan umum / bus ke mataram, lombok via pelabuhan padang bay – lembar, dari terminal mataram tinggal naik bus 3/4 ke pos awal, terserah mo naik dari sembalun atau dari senaru, masing2 punya karakter jalur yg berbeda jauh.
    Kalau dari malang, harus ke surabaya dulu, trus lanjut ke ketapang naik ferry ke pelabuhan gilimanuk, bali, trus lanjut ke plabuhan padang bay, selanjutnay sama dengan penjelasan diatas

    • Wisnu Krenz Berkata

      Dari surabaya ada langsung Mataram by Bus,itu gk repot gan krn dl gw pernah ngeteng tp sengsara di Padang Bay sm di Lembar krn Angkutan umumnya tunggu Penuh dr kapal ferry yg datang sedangkan kapal ferry nya datangnya berjam jam lamanya.(just info)

  135. MES Berkata

    Aku juga mo ke rinjani,pengen mancing & ngecamp di danau segara anakan.

  136. MES Berkata

    Aku (Mukhtar) & Arie rencana mo mendaki rinjani,rencananya lewat jalur sembalun trus ke puncak,pulangnya singgah ke danau segara anakan utk ngecap 1 malam dan mancing2 ikan didanau, kebetulan si arie punya keluarga di lombok yg akan mensuport segala sesuatunya utk pendakian ke puncak rinjani. Dari Jakarta berangkat naik pesawat ke lombok,dan dari lombok akan dimulai petualangannya.. Ada yang mo joint,terserah mo ketemu dilombok atau bareng brangkat dr bandara soekarno hatta. Yang serius dapat menghubungi di 021 98586922, see U di Lombok bro….

  137. fresto 144 Berkata

    dengar nama rinjani keren””pa lg orng2 yg ud prnah naik psti hebat2″tp gw sndri ga prnah naik..ya ntar deh klu da duit””ya pling tidak gambar gnung rinjani Mmotivasi gw tuk Go to RINJANI!!!!!!!Lam Lastri aja

  138. aditya Berkata

    SUBHAN 4JJ1

  139. rusmin nuryadin,sh Berkata

    q udah lama merindukan rinjani, masa kuliah sampai sekarang. tapi apa daya udah kerja tambh susah mau kesana………,..tlg doanya biar kita bisa ke surga para pendaki.kira-kira PNS bisa nggak izin buat daki gunung ya………?

  140. den Berkata

    gue suka naik gunung, tapi gue paling pingin naik Rinjani . . . bisa gak ya?
    gue masih 17th
    ada yang gratisan gak ya? klo dari jakarta kira2 ngabisin berapa duit?

  141. hari prasetyo Berkata

    salam persahabatan!
    bung hi aq anak pumapala jateng
    niat banget naik ke puncak rinjani!
    gmana bsa ajak q? tp gratis ya ……hhe

  142. ridho B Berkata

    rinjani oh rinjani
    suatu saat…

    matur nuhun mas ceritanye

  143. fernando Berkata

    salam kenal bro..!!kira2 budgetnya berapa ya ke rinjani?? gw dari jkt&kalo ga ada halangan akhir tahun gw&teman2 mo ke sana kalo bisa se seminimal mungkin maklum pelajar(tau dong isi kantongnya)wakakakakaka.

  144. naya Berkata

    subhanaallah,,,, keren abiz ciptaan Allah..

  145. zaini Berkata

    buat team LA-ROUND, COMPOR CORPS, MATE reuni ke rinjani yuk…. (… ongkosnya mana ?.. minta ama babe MATE…) kangen nih uda lama ga naik gunung. Pokoke rinjani seger tenan……

  146. eric Berkata

    ongkos dari jkt klo mau ke rinjani berapa yah??
    rencananya mau awal agustus backpacker k rinjani.mksh

  147. @.903.nk Berkata

    FANTASTIS, BOMBASTIS, SPEKTAKULER, FENOMENAL

  148. Rudy Berkata

    Here I come Rinjani….yahuuuuuuuuuuuuuu……..Hey guys siapa ikut aku tunggu dibelok-belokan ya…ha….ha…ha…

  149. cie Berkata

    punya info kl dr gilimanuk smp ke padang bay brp lama?
    nyebrang dr bali ke lombok brp lama?
    dr pelabuhan lombok ke mataram brp lama?

    rencananya bulan agustus mo kesana. lagi itung2an cuti nih…

    thanks…

    Gilimanuk -> Padang Bay bisa 4 jam, udah bagus
    Padang Bay -> Lembar bisa ampe 4 jam kalo arus lagi kencang
    Ke Terminal Lombok ? palingan 1 jam dari pelabuhan

  150. Toto Sugiranto Berkata

    Soal Gunung, saya sangat menyukainya. Menyempatkan ngumpul sesama komunitas Pencinta Alam, yang kemudian membawa saya untuk mendaki Beberapa Gunung di Pulau Jawa. Rinjani seperti yang anda kupas dalam artikel di atas sungguh sangat menarik Hati saya untuk menggapai Puncak dan menikmati alamnya. Namun kesibukkanku sekarang sulit untuk mencari waktu yang tepat hingga ku bisa mendaki lagi Puncak-puncaak Gunung yang tinggi. Tetap Semangat Buat hati yang punya Cinta terhadap Alam dan Damaikan Selalu Dunia Petualangan. ( Toto Sugiranto)

    Rinjani emang eksotis
    coba deh usahakan cari waktu dan kumpulin dana untuk pergi kesana, dijamin gak akan nyesel, sebaiknya naik dari sembalun turun ke senaru

  151. ari maapala uny Berkata

    mau tanya kl mau ke pos pandakian rinjani akses dr kota NTB naik apa ja………

    ada mobil angkutan kota jurusan sembalun, mobil colt L300
    tapi adanya gak sampe sore, jadi kalo kesorean biasanya carter, jangan ragu nawar karena biasanya suka nembak, gak tau sekarang ongkosnya berapa

  152. zenal Berkata

    akhir tahun saya mw ke rinjani,, mdh2an jd tempat yg tepat buat ngabisin waktu 2009. thanks berat bwt infonya..

  153. tarry Berkata

    pengen banget bsa diajakin krnjani,,,akhirnya kesampean jg prgix…berangkatnya tgl 25 sep ne,,da yg mo ikutan gbung g??pngalaman perdana aq mendaki neh…doain ya,,

  154. tarry Berkata

    klo da yg berminat hub q di08175702794 ato tarry_sls@yahoo.com

  155. kiki jovi Berkata

    rencanya Des 09 ini gw mau hiking bareng teman2 ke Rinjani… tp ada masukan dari teman2 yg bilang klu bln Des, angin kencang di Puncak Rinjani… jdnya kita undur sampai bln Januari 2010… kira2 Bulan Jan 2010, cuaca bagus tidak di Rinjani???? mohon informasinya ya… tks

  156. Joko Kurnianto Berkata

    sebenarnya tanggal 22 Sept-02 Okt’09 gw mo ikut keRinjani dari “JEJAK” tapi quotanya cuma 50 orang, gw ga kebagian, padahal gw tanya sama Crew dari ADVENTURER yg dirawamangun waiting list-nya banyak yg mau ikut. Lain waktu kalo “JEJAK” & ADVENTURER punya acara ke Rinjani quota-nya dibanyakin ya……!!!!! thanks

  157. dirga Berkata

    klo ada pendakian bersama, tolong di hub 081342977933

  158. Arda Berkata

    Insya allah bln november ini saya dr salatiga mw ke rinjani.Berdua sama temen.Terus terang msh buta soal rinjani.Doain aj lancar n gak ad halangan.

  159. satria Berkata

    sor w mo tnya kpn pendakiangunung rinjani dimulai, tepatnya bulan apa..

  160. eddy Berkata

    I was there, it was very beautifull. Info mobil bekas

  161. vi-zing Berkata

    keren banget nich ke rinjani……..gue jadi pengen,,,,,antar gue ya entar bulan agustus key…..!!!!!!!!!!

  162. raphul010 Berkata

    wow, abis uan gw mau ke sana
    doa in ya

  163. candra Berkata

    slm rimba,,,,,,,,,

    q nak sby nie rencanya mau naik ke rinjani tp g tau seluk beluk gunung rinjani. stlah baca diatas q jd tmnh pgen bgt nie. bwt cp aja yg pernah dr rinjani minta tlg donx infokan biaya dr sby kl ke rinjani……..tak tunggu kbrx secepatx

  164. syafrudin Berkata

    lombokku memang indah seindah kota kecil selong aku kangen pengen pulang kampung trus joint lagi ma all kru pecinta rinjani……. kangennnnnnnnnnnnn

  165. DAYAT Berkata

    Salam Kenal ….
    Askum, Bos rencananya tanggal 1 ini aku mau naik rinjani bawa keluarga ( Rombongan )mumpung liburan tapi kabarnya anak gn. rinjani lagi agak batuk kalau boleh infonya tentang kondisi saat ini apa masih diperbolehkan naik atau tidak oleh Balai Taman Nasional GN. Rinjani dan info tarif Porter dan guest house di Senaru maklum biar bugdetnya gak kedodoran …

  166. okie Berkata

    haloooooooo
    sodara sehobi
    mau tanya dari sby ke rinjani habis berapa?
    truz untuk contact person yang bisa dihubungi di sana?
    thaks atas sarannya….saya berangkat 19 juni 2010
    salam rimba

  167. phie Berkata

    Bismillah…
    2 hari lagi akan memulai Rinjani dari Sembalun

  168. agus sulis Berkata

    salam rimba..
    bisa tolong ga ni minta informasi berapa ya kira2 biaya ke rinjani sekarang insyaallah bis lebaran ini mau berangkat ni…..bisa di ser dalam forum ini atau di kirim ke email saya di setan_alas79@yahoo.com

  169. deco Berkata

    rinjani…………………..i will coming soon..

  170. Anonymous Berkata

    lesatari & salam rimba!!!
    insyaallh bulan februari 2011 kmi mau ke rinjani…
    kmi dari padang…
    tolong bgi informasi ny donk…
    tentang tranportasi dan biayanya…
    thanks ya sobat…

  171. putra Berkata

    LESTARI & SALAM RIMBA….
    kami dari padang (paitua)
    INSYAALAH kmi akan bergkat k kerinci blan februari 2011…
    tolong beri informasi ttg tranformasi dan biaya nya sobat..
    thanks ya sob

  172. alwi Berkata

    salam teman2 pecinta gunung rinjani ataupun gunung2 lainnya di negara kita. pokoknya mulai hari ini kita jaga taman nasional kita untuk kita dan untuk anak cucu kita kelak. teman2 perlu kita ketahui bahwa salah satu cara menjaga alam kita terutama di gunung adalah dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat. banyak dari teman2 kita ngaku pecinta alam tapi buang sampah sembarangan di gunung. hanya kitalah yang buang sampah di atas ketinggian 1.000meter, bukan anak2, orang2 kampung, dan lain2. jadi kalau gunung kotor maka kitalah yang tanggungjawab. terimakasih. salam rimba, salam lestari alam indonesia.

  173. Ronie Berkata

    Salam untuk semau”

    Recommended items to bring to Trekking
    1. tent, sleeping beg, matress, cooking gear.
    1. Suitable walking shoes / warm clothing / wind breaker
    2. Waterproof gloves / extra socks / towel / hat / tissue paper
    3. high energy food (chocolates,nuts, raisins)
    4. Headache tablets / lip gloss / deep heat lotion / plasters
    5. Torch light / walking stick / waterproof bag for camera
    6. 2 or 3 T shirt / long trouser, short, swimm cloth

    Special Note (For trekkers):
    It is recommended that all trekkers should have themselves medically checked before attempting any high altitude trek. If you have a history of suffering from the following ailments, it is highly recommended that you should refrain from trekking to a high altitude.

    Hypertension, Arthritis, Heart Disease, Severe Anemia, Peptic Ulcers, Epileptic Fits, Obesity (overweight). Chronic Asthma, Muscular Cramps, Hepatitis (Jaundice); or any other disease, which may hamper the trekker.

  174. Thacym Berkata

    wah mantap. . . . . :P

    tpi ga’ prnah ke sna :D

  175. parno' Berkata

    smoga gunung rinjani cpat meletus…….:P


  176. kira kira kalo akhir bulan desember bagus gak ya buat daki rinjani??? gue mau kesana rencananya akhir bulan ini

  177. diway Berkata

    mantap dh ….
    jdi pengen ksana cpet – cpet

  178. Yatno Zigana Berkata

    Mantap pendakiannya ni kawan kok di doakan gunung meletus kurang asin nama nya tu

  179. nizarjoe Berkata

    rinjani memang indah, saya beberapa kali mendaki rinjani dan tidak pernah bosan. kunjungi blog saya sob di skepat lombok banyak info tentang rinjani trekking dan photo dokumentasi.

  180. budi asmara Berkata

    jagalah gunung rinjani dan gunung yang ada seluruh indonesia ummumnya,karena merupakan anugrah dari tuhan yang maha esa.salam lestari by buas sumatera utara.

  181. alan Berkata

    sebentar lagi pendakian ke rinjani akan terealisasikan setelah perencanaan beberapa bulan kebelakang… pertengahan juni ini tepatnya tgl.23 kami (Mapad Purpala FPBS UPI) akan mendaki rinjani… mantaps…

    minta tips nya kang,,,
    hatur nuhun……..

  182. alan Berkata

    sebentar lagi pendakian ke rinjani akan terealisasikan setelah perencanaan beberapa bulan kebelakang… pertengahan juni ini tepatnya tgl.23 kami (Mapad Purpala FPBS UPI) akan mendaki rinjani… mantaps…

    minta tips nya kang,,,
    hatur nuhun……..

    saya percaya ente dan temen2 udah berpengalaman dalam pendakian, jadi sarannya adalah “Safe Climbing”
    selamat mendaki


  183. plawangan senaru mang asik, pi naik lewat senaru menyakitkan gak bisa melihat piew yang indah karna leawat hutan teruss.. enaknya naik lewat sembalun dan turus lewat senaru…

    yup betul, berangkat lebih enak naik dari sembalun, pemandangannya elok sekali, luar biasa. tapi pelit sekali dengan air dan naungan. jadi perlu persiapan air yg cukup dan sunblock. pulangnya baru ke senaru sambil singgah di segaranakan trus belewati gunung barujari…mantaf tuh… mo turun ajah lewatin 2 gunung dulu..:D

  184. angesti Berkata

    wah, buat pendaki pemula kayake rada berat kalo medannya kayak gitu. :(

  185. ekodanu Berkata

    pengalaman yang menyenangkan..

    ehm,kpan ada rencana kesana lagi bang..

  186. andry Berkata

    See you at september RINJANI !! Aku akan sampai puncakmu ☺

  187. saftiyan Berkata

    rencana liburan idul fitri gue ma kawan” pngen ksitutuh …
    kira” menuju ke lomboknya biar cepat lwat darat naik ap aj ya .. tnks …

  188. Anonymous Berkata

    naik kepuncak rinjani mang asik lewat torean, jalan yang mengerikan tapi kalo dipandang bikin hati kita jadi sadar ma sang khalik, pa lagi kalo lagi mandi di kalak besi tu, mang panas keringetan trus gak putus-putus, disana “kalo dingin “mandi” tapi kalok panas ttp “diatas “

  189. salim salimudin Berkata

    kapan aku bisa pergi kegunung rinjani,kepingin baget,tapi kapan belum ada uang

  190. Adi Berkata

    Ada yg mo ke rinjani ga utk bulan sptember/oktober, klo ada gw pgen ikut donk, gw tinggal d bekasi..
    Tolong infonya ya..

  191. Adi Berkata

    Ada yg mo ke rinjani ga utk bulan sptember/oktober, klo ada gw pgen ikut donk, gw tinggal d bekasi..
    Tolong infonya ya..
    Hub w di 08567051397

  192. Adi Berkata

    Ada yg mau ke rinjani ga utk bln september/oktober?
    Klo ada gw pgen ikut donk, gw tinggal di bekasi
    TOLONG INFONYA YA..
    Hub w di 08567051397

  193. Wisnu Krenz Berkata

    Saya sudah 3x mendaki Gn Rinjani dan hanya bs sekali sampai di Puncaknya pd pendakian pertama krn yg ke 2 dan ke 3 di hantam badai dahsat yg pernah saya temui slama mendaki semua gunung,namun seperti Mytos yg ada bahwa kl Dewi Anjani menyukai kita yg datang maka kita akan datang dan datang kembali kesana termasuk saya.Bukan Puncaknya yg saya ingin taklukan namun karena Mytos nya yg telah buat saya selalu ingin kembali dan kembali lagi.
    Di setiap tapak yg kita jalani, Rinjani adalah Surga bagi para Pendaki

  194. Anonymous Berkata

    denger cerita temen2 bikin q ngiler pengen ke rinjani,, 16 des 2011 – 9 jan 2012 q rncnanya backpackeran ke bali n lombok,, so klo ada temen ke rinjani pengen masukin rinjani ke daftarq,,, mohon infonya ya,,,, bisa email q di karizgurkey@gmail.com,,,

    salam ransel,,,

  195. kariz Berkata

    denger cerita temen2 bikin q ngiler pengen ke rinjani,, 16 des 2011 – 9 jan 2012 q rncnanya backpackeran ke bali n lombok,, so klo ada temen ke rinjani pengen masukin rinjani ke daftarq,,, mohon infonya ya,,,, bisa email q di karizgurkey@gmail.com,,,

    salam ransel,,,

  196. satriandi Berkata

    rinjani emang luar biasa,,
    aku aja yang anak lokal ga pernah bosen dakinya..
    terakhir naik ketemu sama anak jakarta yang biasa dipanggil gondrong,,
    salam kenal ya..

  197. woyo Berkata

    iam camming….

  198. Anonymous Berkata

    doa kan gua supaya gua bisa ke mountain rinjani yang menakjubkan …

    ghaver repala d’jaya community …

  199. Mirzsa Pangestu Berkata

    mas, saya dari PANGEA CRUISER dari jogja mas, saya berniat buat melakukan xpdc ke rinjani mas melalui jalur torean, kira2 bisa gak mas minta tolong kasih saya rute dari jogja sampe ke start jalur torean ?? tolong hubungin saya ke 085710293669 thx bgt mas buat infonya :)

  200. Bzack Pamungkas Berkata

    Puncakmu akan kudaki, akan ku taklukan kau Rinjani…..
    Tunggu aku, aku akan datang…..

  201. lungko alas Berkata

    baru 2 bulan udah kangen lagi :D

  202. RINJANIIII Berkata

    Pengen bgt k rinjani,,,
    mngkin wt pemula sangat besar resikonya,,tp aq ttp pengen ksana,,tertantang,,,bgttt ayoo donk brother jd kesananya,,,aq pasti di izinin kq,,,yuuuuk

  203. m.zein Berkata

    rinjani, aku pasti datang menemuimu karna engkau adalah bagian dari hidup ku.

  204. lungko alas Berkata

    desember nanti insya_ aku k’rinjani lagi, tp sendiri.. So bwt temen2 adventurer yg mo mandaki atw nyari barengan bs email aku >abiedalleh@yahoo.com

  205. lungko alas Berkata

    salam lestari :D

  206. nurulusianto Berkata

    tanggal 7 desember 2011 gw berangkat ke rinjani klo ada yang mo ikut bisa bgabung 021-98368187

  207. Anonymous Berkata

    rinjani asyiiiiiiiik

  208. anamoga king Berkata

    naik2 kepuncak gunung asik2 sekali
    tunggu aq gunung rinjani dan semeru
    hhhmmmmmm
    semuanya deh dari sabang sampe merouke

  209. Karta saputra Berkata

    Trek jakarta-lombok…

  210. lina Berkata

    Insya allah saya akan ke rinjani. Ingin sekali memeluk tuhan melalui alam ini

  211. efendi Berkata

    alhamdulillah, teman-teman Jasmapala Surabaya taggal 18 Mei lalu berhasil melakukan pendakian ke Rinjani, Selamat bro…….

  212. winnymarch Berkata

    indonesia emang sangat luar biasa!! ane juga buat perjalanan ane tentang wisata indonesia,, silahkan mampir gan ke blog ane winnyradc.wordpress.com dan semoga bermanfaat :)

  213. satubumikita Berkata

    semoga kami bisa menikmati langsung keindahan rinjani..

    salam kenal..satubumikita

  214. shuzud Berkata

    jadi teringat lebaran th 2008, org2 pada kumpul dgn keluarga masing2, saya brdua dgn teman berlebaran di lombok, untuk naik ke gn rinjani, jadi ingin ke sana lagi suatu saat nanti, brdua dgn anak saya…

  215. afika Berkata

    subhanallahhh….
    aku merinding bacanya. ngebayanginnya aja udah merinding. iri sama temen temenku yang bulan depan kesana. mudah mudahan aku dapet kesempatan menginjakkan kaki dirinjani

  216. Joko Suprayitno Berkata

    Rinjani memang sudah terkenal sih…karena memang banyak wisatawan asing yang ke rinjani.
    Tinggal kapan ya saya bisa mampir ke rinjani????

  217. fery Berkata

    Numpang posting mas :D

    Paket perjalanan “jakarta – rinjani – gilitrawangan” PP 1.200.000 @orang.

    Include : kaos keren, biaya selama perjalanan pulang pergi jakarta-rinjani-gilitrawangan dan logistik (di gunung)

    *ketentuan panitia berlaku

    CP : fery 085711970117
    CP : febri 083898753950


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: