Pisau, dari Urusan Dapur Hingga Suvenir

Bagi para petualang yang sering merambah hutan dan gunung, pisau adalah benda yang wajib dibawa. Karena saat berpetualangan, pisau pasti berperanan sangat penting. Di belantara hutan misalnya, pisau bisa menjadi alat potong ranting atau dahan yang menghalangi jalan. Lebih dari itu, pisau juga berfungsi melindungi diri dari serangan binatang buas.

Pisau memang multi fungsi, tergantung dari jenis dan tujuan penggunaannya. Kita, telah sangat mengenal berbagai jenis dan ukuran pisau. Yang sangat familiar adalah pisau dapur. Ibu rumah tangga atau para juru masak, pastinya sudah sangat mengenal pisau jenis ini.

Lalu, faktanya terdapat beberapa jenis pisau dapur. Diantaranya Chef Knife yang panjang bilahnya 8 – 10 sentimeter. Pisau jenis ini paling banyak digunakan ibu rumah tangga atau juru masak. Ukurannya cukup besar sehingga cocok dipakai untuk mencincang daging sampai memotong bumbu.

Termasuk sebagai jenis pisau dapur lainnya, Serrated Bread Knife atau pisau roti. Bilah pisau ini panjangnya 8 – 10 sentimeter. Pada bagian yang tajam terdapat gerigi. Bahan pembuatnya biasanya adalah stainless stell sehingga mudah dibersihkan dan tidak gampang berkarat. Desain pisau ini memang dimaksudkan agar roti yang dipotong tak rusak.

Pisau dapur lainnya berupa Paring Knife. Panjang bilahnya 3 – 4 sentimeter. Bentuknya yang pendek memudahkan untuk memotong atau mengupas buah dan sayuran.

Masih mengupas soal pisau. Tetapi yang ini adalah pisau untuk para petugas keamanan, seperti Satpam atau polisi. Jenisnya adalah pisau belati. Pisau jenis ini sangat tajam dengan ujung yang runcing, serta bilah dan gagang yang kokoh.

Bagi para prajurit, pisau juga mempunyai fungsi yang penting. Jenis yang digunakan adalah pisau komando. Pisau jenis ini memiliki ketajaman hebat. Ujungnya sangat runcing dengan permukaan yang kuat. Ada juga yang bergerigi. Bagi seorang prajurit, pisau jenis ini menjadi alat pertahanan dari serangan musuh.

Pisau Komando

Salah satu jenis pisau komando yang terkenal adalah buatan Inggris yaitu British Fairbairn/Sykes Dagge. Pisau jenis ini sering dijuluki Pisau Rambo. Sebab pisau ini digunakan tokoh Rambo yang diperankan Sylvester Stallone. Dalam trilogi Rambo yang sangat sukses di pasaran, pisau komando digunakan sang tokoh yang merupakan veteran Perang Vietnam untuk menaklukkan musuh-musuhnya.

Pisau untuk pertahanan diri lainnya adalah MOD Nightwing Fixed Blade produksi Knife Outlet Amerika Serikat. Pisau ini memiliki ketajaman yang bagus sekaligus desain yang menarik. Di kedua sisinya terdapat gerigi. Di pasaran, pisau ini dijual seharga 179.95 dolar AS. Merek lainnya adalah MOD Keating Hornet yang dijual senilai 149.95 dola AS.

Sementara bagi para pecinta arum jeram, pisau juga merupakan perbekalan yang wajib dibawa.Pisau diperlukan untuk menghadapi situasi dan kondisi darurat. Misalnya ketika tali perahu tersangkut pada tempat yang tidak semestinya.

Kebanyakan para petualang olagraga ini menggunakan pisau sisip (pisau dengan sarung) atau pisau terkunci jenis pendek yang memang didesain untuk aktivitas arung jeram.
Pisau komando atau pisau berbadan besar jarang digunakan oleh para pengarung jeram. Pisau sisip banyak digunakan karena si pengguna bisa melepaskan dari sarungnya dengan mudah.Tapi pisau terkunci lebih aman digunakan karena tidak akan mudah menusuk.

Para pengarung jeram memang sering menghadapi situasi sangat berbahaya, yang mengharuskannya untuk memotong atau menusuk badan perahu, atau malah harus membelah badan perahu.

Untuk Suvenir
Pisau juga bisa digunakan untuk suvenir. Jenis pisau ini biasanya memiliki desain menarik. Umumnya berupa pisau tradisional suatu suku. Misalnya rencong Aceh, mandau Dayak, atau badik Ujungpandang.Jenis pisau ini banyak diproduksi oleh pengrajin pisau di Hegarmanah, Bandung.

Tapi ada jenis pisau suvenir lainnya, yaitu yang diproduksi Muliawan, pengrajin pisau asal Bekasi. Dia mengukir pisau lipat dengan tulisan atau bentuk-bentuk tertentu sehingga nampak lebih indah.
Kepada Republika, Muliawan mengatakan, proses pengukiran pisau lipat membutuhkan waktu 2 – 3 minggu. Jika pesanan banyak, maka waktunya bisa lebih lama.

Tulisan atau logo yang akan diukir pada pisau lipat tergantung permintaan konsumen. ”Saya menyediakan dua jenis pisau lipat, yaitu yang terbuat dari stainless stell dan plastik. Tulisan atau logonya tergantung permintaan. Saya akan kerjakan sesuai dengan pesanan,” katanya. Selain perorangan, pemesan juga berasal dari perusahaan di Jakarta dan sekitarnya dan digunakan untuk suvenir.

Proses pengukiran sendiri, setelah tulisan didesain pada komputer, lalu ditempelkan di permukaan pisau. Selanjutnya permukaan pisau diukir menggunakan alat khusus yaitu drafograph. Proses pengukiran ini tidak akan merusak ketajaman pisau. ”Harganya bervariasi. Kalau dihitung untuk satu buah pisau sekitar Rp 45 ribu. Jika pesanan banyak, harganya bisa lebih murah,” paparnya.

Memilih dan Merawat Pisau
Memilih pisau untuk berbagai keperluan tidaklah mudah. Butuh kecermatan dan kejelian agar pilihan tidak meleset. Namun yang lebih penting adalah merawat pisau agar tetap tajam, menarik, dan awet.
Untuk memilih pisau dapur misalnya, selain mempertimbangkan bahan pembuat pisau, juga perlu dicermati ketajaman pisau tersebut.

Dalam memilih pisau dapur ini, pilihlah yang berbilah dari bahan karbon atau stainless stell. Ini penting untuk diperhatikan. Sebab pisau yang memiliki kandungan karbon, mata pisaunya bisa tetap tajam. Sedangkan bahan stainless steel membuat pisau tidak mudah berkarat. Selain itu, pisau juga lebih mudah untuk dibersihkan.

Pisau yang terbuat dari baja biasanya akan mudah berkarat. Oleh karenanya, untuk pisau dapur, lebih baik yang berbahan stainless stell daripada baja karena akan menentukan umur pisau dan cara perawatannya.

Merawat pisau juga butuh kecermatan tersendiri. Untuk mempertahankan ketajamannya, maka harus diasah secara teratur. Pengasahan ini bisa dilakukan secara tradisional dengan menggunakan batu asah. Namun proses pengasahan perlu diperhatikan agar jangan sampai justru merusak permukaan dan ketajaman pisau.

Jika ingin lebih praktis dan aman, asahlah pisau dengan alat yang lebih modern atau dibawa ke tukang asah pisau. Selain praktis, cara ini juga lebih menjamin keawetan pisau.

About these ads
Explore posts in the same categories: Computer, Dan Lain - Lain

27 Komentar pada “Pisau, dari Urusan Dapur Hingga Suvenir”

  1. moko Berkata

    saya pesan 1 saja kalau bisa tlong hubungi saya ke no 0811351471

    waduh…dapet orderan nih..
    tapi maaf…saya gak jualan, cuma numpangin artikelnya aja

  2. ienoenk Berkata

    bos.. bisa minta no yg bisa di hubungi atau keterangan lain tentang Muliawan.. si pengrajin piso di bekasi..??

  3. Blade1928 Berkata

    Hello Bro…artikelnya bagus jg tp ada beberapa yg salah tentang pisau, but it’s OK :o) klo boleh gw minta alamat and no tlp Muliawan donkz kirim aja ke alamat e-mail gw di gett_party@yahoo.com ditunggu ya….thanks Bro, God Bless U

  4. gunawan setianegara Berkata

    boss ok punya loh artikelnya, tolong alamat di hegarmanah neh klo ada waktu mo kesana u/. pemesanan. Thank’s brat boss

  5. Untung Wijaya Berkata

    Pak bisa di forward e-mailnya PakMuliawan yang di Bekasi ke alamat saya di untung.wijaya@yahoo.com, terimakasih

    untuk pecinta pisau, silahkan diskusi di –THREAD PECINTA PISAU–

  6. tety Berkata

    biasanya yang dibutuhkan gambar2 yang lengkap untuk artikel anak sekolah tata boga sebagai tugas… tapi disini gk ada tuuu…. tolong lebih lengkap lagi! thx

  7. xyx Berkata

    saya butuh alat pembuat pisaunya tlg ya

  8. xyx Berkata

    saya butuh alamat pembuat pisaunya tlg ya

  9. Jeff Berkata

    yang tak kalah pentingnya ketika pendakian atau camping adalah “pisau dapur” untuk mengiris/memotong makanan :)

    “A Good Hiking is Where the Good Food are Served” — JT, on my first journey

  10. ontong Berkata

    saya butuh contoh/gambar lengkapnya

  11. agus Berkata

    apa ada pembuat pisau dengan dimensi yang saya mau

    Ada,
    malah udah berkualitas internasional walaupun buatan lokal dan hasil produksinya udah dipakai paskhas-TNI AU, Marinir, Pasukan Elite Inggris, Wanadri. dll. Bisa pesan dengan design sendiri asal informasinya jelas dan detail. Minat buat ?

  12. uta888 Berkata

    wah bagus ulasannya…

  13. prasetyo Berkata

    bos, aku pengin banget punya pisau lipat yang berkualitas. dimana ya tempat belinya… tolong kasih tau aku (mas.prasetyo@yahoo.co.id)

    lokasi dimana bro ?
    kalo dijakarta, coba datang ke lapangan tembak senayan, disana ada counter HUSKY, ketemu dengan Mas Tomo, mayoritas pisaunya handmade gak cuma fixblade tapi ada juga yg folding, mutu udah internasional. Bilang ajah rekomendasi dari aki catros [kaskus], mudah2an dia masih ingat dan dapet harga khusus

  14. kahlil Berkata

    bagi penggemar piasau coba
    www’tokopisau.com

  15. Uloh Berkata

    Postingan yang menarik boss
    beberapa boleh koppas ya….

  16. abid Berkata

    klo mo pesan pisau yg pernah di pakek Sylvester Stallone
    di film Rambo khususnya didaerah Surabaya ad gk ya..?

    kalo daerah surabaya saya gak tau, taunya daerah tasikmalaya, tapi dia sering terima orderan dari luar kota, malahan dari luar negeri
    coba buka http://www.walagri.com, bilang rekomendasi dari catros, mudah2an bisa dikasi diskon

  17. qwq Berkata

    wqeqweqeqweqweqwewq

  18. adji Berkata

    mas kalo buat pisau souvenir untuk buka surat berapa kalo material stainless atau kuningan dengan gagang kayu ukuran panjang maksimum 130 mm

    Mas Adji
    Saya hanyam memuat artikelnya, kebetulan saya menyukai pisau dan ikut dalam komunitas pencinta pisau indonesia, kalau mas Adji berminat membuat custom knife, saya ada referensi terpercaya, silahkan komunikasi langsung dgn pembuatnya via sms, email, YM atau telp, ini link web nya http://www.walagri.com

  19. henchen Berkata

    dear company, I’M from china,

  20. henchen Berkata

    dear company,
    how are you? I’m from Yangjiang City Guangdong China, my company is Yangjiang bonware Industry and Trade co.,ltd。my comany is making lots of kines ,Scissors ,grooming kits and others, my products are good quality , new style and low price(On the basis of factory price),my Products have been sold to Vietnam,US,Europe,Canada,Japan and Asia.. so many people like them, (if you will ask for chinese other products,also my company can help you Quickly)。my company may customs,transport to Vietnam,the best youself transport at vietnam. now show some my products to you, welcome ask prices and cooperate。welcome open and see my company website: http://www.bonwarechina.com

    thanks!

    Manager. henrychen
    MP:+86-18607611248
    Skype:yjhenrychen
    E-mail: bonware@bonwarechina.com
    Yangjiang Bonware Industry and Trade co.,Ltd
    TEL:+86-662-2221239 FAX:+86-2221229 Add: 2nd Floor,Union City Building,Jiangchen Zone,Yangjiang City Guangdong province china

  21. henchen Berkata

    dear company,
    how are you? I’m from Yangjiang City Guangdong China, my company is Yangjiang bonware Industry and Trade co.,ltd。my comany is making lots of kines ,Scissors ,grooming kits and others, my products are good quality , new style and low price(On the basis of factory price),my Products have been sold to Vietnam,US,Europe,Canada,Japan and Asia.. so many people like them, (if you will ask for chinese other products,also my company can help you Quickly)。my company may customs,transport to Vietnam,the best youself transport at vietnam. now show some my products to you, welcome ask prices and cooperate。welcome open and see my company website: http://www.bonwarechina.com

    thanks!

    Manager. henrychen
    MP:+86-18607611248
    Skype:yjhenrychen
    E-mail: bonware@bonwarechina.com
    Yangjiang Bonware Industry and Trade co.,Ltd
    TEL:+86-662-2221239 FAX:+86-2221229 Add: 2nd Floor,Union City Building,Jiangchen Zone,Yangjiang City Guangdong province china

  22. Kuliarang Berkata

    wow nice blog..


    thanks atas kunjungannya bro

  23. dhiel Berkata

    gan kmrn w dpt pisau lipet dr tmn, mereknya eiger,,
    pertamanya tjem, ekh kseringan d pake jd ga tajem lg, bhanya dr stenless yg bgus d asahnya pake pa gan.?

  24. suwandi Berkata

    Bagus mas artikelnya. Bisi kirimin saya alamat lengkap sama no Hp pengrajin pisau itu ke email ini ya, pangerancigalumpit@yahoo.co.id
    Ditunggu ya. Terima kasih

  25. Anonymous Berkata

    tolong minta alamatnya (pengrajin pisau) sms ke 082115053130 dicki.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: