Bila Gunung Gede Meletus..!!

Gunung Gede di perbatasan Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi diwaspadai akan meletus. Namun, saat ini tidak ada tanda-tanda gunung ini akan meletus. Bila gunung 2.958 m dpl ini meletus, maka aliran lava dan laharnya akan mengarah ke Cianjur. “Dari bentuk kawah jika terjadi letusan, maka aliran lahar atau lavanya ke wilayah Sukabumi sangat kecil kemungkinannya, karena dari topografi, lahar itu akan turun ke wilayah Cipanas-Cianjur,” kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Sukabumi Balai Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango Noor Rakhmat Danumiharja, Rabu (4/7/2007) kemarin.

Menurut dia, bila Gunung Gede meletus, daerah di wilayah Sukabumi yang harus diwaspadai adalah sekitar Perbawati, Selabintana, Sukabumi. Kemungkinan yang paling rawan adalah perkebunan Perbawati dari batas hutan di kaki Gunung Gede.

“Jadi kalau ada letusan atau material debu, tampaknya yang harus diwaspadai adalah daerah yang berada di perbatasan hutan, termasuk Perbawati yang dekat dengan kawah. Sebab, peluang untuk mendapatkan debu cukup tinggi jika tertiup angin,” jelas dia.

Gunung Gede diwaspadai akan meletus, karena selama 50 tahun terakhir tidak meletus. Gunung Gede terakhir meletus pada tahun 1957 dengan letusan yang cukup dahsyat. Masa istirahat Gunung Gede ini sudah melebihi siklus sedang gunung ini, 40 tahun.

Menurut Rahmat, sebenarnya tidak ada penjelasan pasti mengenai waktu periodik gunung itu meletus. Sebab, fakta vulkanologis menunjukkan adanya pergeseran di lapisan rongga-rongga pada Gunung Gede tersebut, yang meletusnnya tidak berdasarkan teori setiap 40 tahun sekali.

Meski begitu, dugaan-dugaan akan adanya letusan Gunung Gede perlu diwaspadai. Apalagi saat ini di sekitar Gunung Gede sudah banyak tempat wisata dan pemukiman, termasuk vila-vila di kawasan Puncak dan Cipanas.

Sumber : detik.com

About these ads
Explore posts in the same categories: Dan Lain - Lain

37 Komentar pada “Bila Gunung Gede Meletus..!!”

  1. gerry Berkata

    sumpah w pengen k gunung gede,,,
    tp wktunya mepet uii

  2. viki iki sispala wanabakti Berkata

    gunung gede asik banget tapi inget g gratisssssssssss
    tak akan gue lupain sebagi orang sukabumi naek gunung gwdw asik man
    bahaya bgt kalo g.gede sampai meletus
    rumah ana ancurr dwonkk

  3. ovk Berkata

    pengen lagi ke GEDE uy…udah kangen niZz…kalo ada acara naek gunung bilang-bilang yZ…

  4. SUKMA Berkata

    gunung gede bagi gue mempunyai kenangan yang sangat panjang yang takan pernah gue lupakan


  5. bagi gue GUNUNG GEDE mempunyai kenangan yang tidak mungkin gue lupain

  6. Yuyuk Hakuso Berkata

    wei para pecinta alam kalo mo camp d gede sampah yang lo bawa jgn di tinggal ya…jangan hiasi keindahan alunalun edelweisnya dengan sampah juga dong..ok

  7. Gw sbg nak goalpara merasa bngg taz gunung GEDE coz dy pny keindahan alam yg sangat menakjubkan,nak2 d tempat gw sering bgt lo nanjak.... Berkata

    Geogle

  8. herman Berkata

    w sneng teringat masa-masa masih skolah n kenangan itu gak akan terlupakan

  9. dery Berkata

    wah seneng tuch punya hobby naek gunung…..aku juga seneng banget naek gunung ampir tiap bulan dulu.aku pernah aktiv jadi volunter pantera di ph Sukabumi

  10. Billah Berkata

    gw juga pengen ke gunung gde lagi coz tiap taun pasti kesana,tapi taun ni gw blom bisa

  11. zakaragi Berkata

    gw udah 13 kali naik gunung gede…tapi tetep aja ga bosen2…emang karna kebutuhan orang kli yah agar tidak jenuh dari pekerjaan……

    susah banget menghilangkan HOBBY yg satu ini

  12. kusno haryanto Berkata

    gunung gede tempat gua nginep kalo lagi suntuk di kota

  13. HENDRIK Berkata

    Bila gunung gede meletus hancurlah keluargaku, jadi mudah mudahan gunung gede jangan meletus sebab keluaraga gua berada di sekitar kaki gunung gede tepatnya di PTPN VII..

  14. bunut team Berkata

    gunung gede bener2 angker men,pertama kesana gue dikejar2 harimau jadi jadian,sumpah swerem tapi pengen kesana lagi

  15. irfan Berkata

    PERTAMA KALI SAYA MENDAKI GUNUNG,BOLEH DI BILANG MASIH PTARAF PEMULA,TAPI APA YANG DI TWARKAN GUNUNG INI SUNGGUH SANGAT MEMPESONA.SELAIN KEINDAHAN ALAMNYA,DISINI JUGA MASIH BANYAK BINATANG2 LANGKA YANG DI LINDUNG.
    GG.GEDE TOP BGT

  16. rian Berkata

    mudah-mudahan gunung gede teu meletus lamun sampai kajdian bahAYA UY

  17. anton Berkata

    gunung gede adalah gunung pernama yang saya daki dari 13 gunung. sayang banget kalo meletus pasti banyak tempat yang berubah.

  18. aditya pratama Berkata

    hari minggu w ma anak” mo k’sukabumi tp tadi w liat kata’ya gunung mo meletus, tapi bener tu gunung mo meletus
    BY” ADITYA PRATAMA

  19. aditya pratama Berkata

    TOLONG BERI TAHU,,,,,,,,,,,,,,

  20. senapati SWB cjr Berkata

    gunung gede imah aink, tong di rusak euy

  21. Ari Bawono Berkata

    Saya sangat berkesan dgn keindahan Gunung Gede.Sudah34 Tahun saya tdkpernah melihat lagi,mungkin untuk selmanya.Seperti apa sekarang?diKandang Badak ada yg jualan?Gimanadilembah surya kencana?

  22. bontot sii petualang Berkata

    jangan ampe gunung gede meletus…!!
    bwt gw gunung gede itu suatu anugrah yang indah yang gw pernah rasain waktu itu..gw berasa berdiri di atas awan..dan gw sangat merasakan alam yang sangat indah..!!

    intinya..gede pangrango is the best….!!
    salam lestarii..!
    by’sispala tangerang..!

  23. Mahmudah Berkata

    Baru saja kmarin jum’at tgl 9-11 Juli saya mendaki k gunung dede sungguh indah sekali………..bagi saya pemula mendaki G.Gede sngt baik bgs,syang sekali jika gunung tersbut meletus psti bnyk yg berubah, smga tetep di lestarikan g tersebut

    • salfarino Berkata

      GW SETUJU BANGET TUH,kita jaga dah kebersihannya di gunung itu,sekarang dah mulai banyak yang buang sampah
      sembarangan di gunung itu…

  24. salfarino Berkata

    memang gunung gede meninggalkan kesan yang teramat dalam
    penuh dengan memori,walaupun dah berkali2 gw kesana tapi ngga ada bosennya sama yang satu ini,i love u full
    GEDE PANGRANGO….

  25. purwo Berkata

    wah kalo ampe meletus gawat………kota sukabumi kayaknya ancur……..

  26. dewo1234 Berkata

    cepetan mumpung masih muda.., nyesel ntar kalo blum pernah manjat ke puncak gn Gede Pangrango…..

  27. yans74 Berkata

    rumah gw cm 7 km dr g gede…… ngungsi kemane ye… sukabumi k tempat nenek..atau ke cirebon… dekat g ciremai…. kalao jakarta Gunung sahari…. hehe

  28. Bang Nur Berkata

    Saya baca pertama kali gunung Gede meletus tahun 1669 disini ditulis tahun 1957, yang bener mana nih,yang jelas masa itu saya belum lahir,rumah saya di Jakarta,kalau meletus apakah terkena ?

  29. Jojon dan UU Berkata

    Artikelnya tidak menarik

  30. WULANDARI SAEPULLOH Berkata

    saya lihat gunung gede dari kejauhan kayannya serem,,,banget eh.pas saya PH wih indahnya,,,saya salut banget deh pada sukabumi yang kaya objek wisatanya,,,I LOVE YUO SOEKABUMI.

  31. Tom Huruhara Berkata

    7 jam yg lalu saya baru plg dari gunung gede…tmpatnya keren cooooyyy..saya jg ambil bunga abadi(edelweis)..pos jaganya lg amaannn..ihihhihihih…

    waduh mas..
    kasian kan tuh bunga jadi merana, mana bunga itu kan sekarang jumlahnya makin terbatas.
    andaikan semua yg mendaki seperti kamu, bawain bunga edelweis, bisa dipastikan sebentar ajah udah lenyap tuh bunga dari gunung
    mohon jangan diulangi lagi

  32. arie anggara Berkata

    pengalaman w yg tak terlupakan walau hny sekali dgn teman”, ga akan w lupakan…

  33. Ade Budi H Berkata

    Kaki G. Gede (PTPN VIII. Perk Gedeh) tempat Sy lahir n tumbuh jd gede, Dah puluhan x Naik trn taya bosenna, Tp kusaba Suratan takdir lan tungtutan hirup, Simkuring jd kuli d tengah sagara, Kangen euy kalembur d tutugan G,Gede.

  34. aliza Berkata

    Widihh..pasti seru deh ksana…

    Nah kebetulan bgt gw rencana tour kls 6 mauu ke gunung gede pangrango tuh…

    Pasti kenangan terindah ƨåмα temen2 SD gw gk akan gw lupain karna gw tour ke tempat yg menyenangkan..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: